Punya Banyak Fans dan Kaya Raya, Jungkook BTS Sempat Ingin Jadi Atlet Bulutangkis

Boy band ternama dari Korea Selatan, BTS, mempunyai begitu banyak fans (yang disebut ARMY) yang tersebar di seluruh dunia. Demikian juga dengan salah satu personelnya yang bernama Jungkook. Jeon Jung-kook yang lahir di Busan, Korea Selatan, 1 September 1997 ini tak hanya tampan tapi juga penuh prestasi dan kaya raya.

Sebagai penulis lagu, penyanyi dan produser rekaman, Jungkook dengan BTS berhasil meraih popularitas papan atas. Berbagai rangkaian tur konser yang diselenggarakan serta penjualan album yang meledak pun membuat para personel BTS semakin dibanjiri kekayaan. Belum lagi dengan sejumlah endorsement dan benefit lainnya yang mereka terima.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Jungkook bersama BTS dikenal jarang memamerkan kekayaan mereka. Padahal, BTS yang membawakan lagu Boys with Luv bersama Halsey ini juga menghasilkan banyak uang. Sebagai grup, di tahun 2019 saja, mereka disebut telah mendapat income sebesar $60 juta (sekitar Rp 861 miliar).

Bercita-Cita Jadi Atlet Bulutangkis

View this post on Instagram

A post shared by JUNGKOOK (전정국) (@jungkook_bighitentertainment) on

Sepak terjang seorang Jungkook tentu tak lepas dari nama BTS. Bangtan Boys yang juga disebut sebagai Beyond The Scene ini telah dibentuk oleh Big Hit Entertainment sejak tahun 2013. Di BTS sendiri, Jungkook merupakan vokalis utama, lead dancer (penari), serta sub-rapper dan center.

Meski begitu, siapa yang mengira jika dulunya ia tak pernah bermimpi bergelut di dunia entertainment. Malahan, Jungkook yang penggemar berat Iron Man ini dulunya bercita-cita menjadi pemain bulu tangkis. Namun seketika impiannya berubah saat memasuki kelas satu SMA.

Saat itu, ia mulai mendengarkan berbagai lagu G-Dragon dan karena lagu Heartbreaker, mimpi Jungkook berubah. Sejak saat itulah ia bertekad untuk menekuni profesi penyanyi.

Baca Juga: BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya

Pernah Tak Lolos Audisi Superstar K

Kesuksesan yang kini diraih Jungkook bersama BTS memang tak bisa dibilang instan. Pasalnya, ia pun pernah mengalami kegagalan dan tidak lolos audisi Superstar K. Dalam audisi tersebut, Jungkook yang  gemar mengoleksi bluetooth speaker ini membawakan lagu Lost Child (IU).

Sayangnya, saat itu ia tak berhasil lolos ke melewati babak penyisihan. Namun dari situ, Jungkook yang kerap dijuluki Nochu, Golden Maknae, Jeon Jungkookie dan Kookie ini berhasil mendapat berbagai tawaran dari setidaknya delapan agensi hiburan. 

Menjadi Member Termuda BTS

View this post on Instagram

A post shared by JUNGKOOK (전정국) (@jungkook_bighitentertainment) on

Menjadi personel dengan usia termuda di BTS membuat Jungkook mendapat panggilan Maknae (anggota termuda). Selain itu, kebolehannya yang serba bisa membuat dirinya dipanggil Golden Maknae. Seperti diketahui, Jungkook tak hanya berbakat dalam bernyanyi dan menari, ia juga andal sebagai rapper dan tekun berolahraga.

Bersama V dan Jimin yang juga merupakan anggota termuda BTS, Jungkook kemudian dijuluki sebagai Maknae Line. Menjadi salah satu yang termuda, wajah Jungkook yang mempesona juga menduduki peringkat ke-13 sebagai The 100 Most Handsome Faces of 2018 dalam TC Candler.

Menyukai perempuan idaman dengan tinggi setidaknya 168 cm, pintar, pandai memasak dan baik, sudah menjadi rahasia umum jika pesona Jungkook sanggup meluluhkan jutaan hati para penggemar dari berbagai negara. 

Perjuangan yang Tak Selalu Mulus

Bersama BTS, Jungkook aktif terlibat dalam sejumlah penulisan lagu mereka seperti Begin yang dibawakan solo olehnya dalam album Wings. Ia juga menjadi pencipta lagu Magic Shop. Perjalanan karirnya dengan BTS pun tak selalu berjalan mulus karena berbagai kendala yang ada.

Memulai perjuangan dari nol, sudah banyak rintangan yang dihadapi oleh Jungkook bersama Jimin, Jin, RM, J-Hope, V dan Suga ini.  Mereka tak hanya pernah dituding melakukan video klip. Salah satu video klip lagunya yang berjudul DNA juga sempat mendapat banyak dislike.

Bahkan mereka pun pernah digosipkan akan bubar akibat pihak agensi yang kekurangan modal. Ada banyak kerja keras yang dilakukan Jungkook dan kawan-kawan demi mencapai puncak kesuksesan di industri K-Pop yang keras.

Punya Jumlah Kekayaan yang Fantastis

View this post on Instagram

A post shared by JUNGKOOK (전정국) (@jungkook_bighitentertainment) on

Meski merupakan personel termuda di BTS, namun jumlah kekayaan Jungkook berada di angka yang fantastis. Masih berusia 22 tahun, Jungkook sudah membeli apartemen mewah di Seoul Forest Trimage. Harganya pun terbilang fenomenal, yakni kurang lebih Rp 25 miliaran di bulan Oktober 2018 silam. 

Bahkan, Jungkook dikabarkan telah membeli apartemen yang populer di kalangan artis dan idola papan atas itu secara langsung serta kontan. Sebenarnya hal ini tak mengherankan mengingat Jungkook telah berhasil mengumpulkan kekayaan sejumlah $ 8.000.000, atau sekitar Rp 115.326.000.000.

Baca Juga:  Inspirasi Positif dari BTS ‘Kpop Group’ Pertama yang Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia

Tampil Dalam Berbagai Acara Musik Besar

Prestasi BTS sebagai salah satu boyband terbesar Korea telah meraih banyak apresiasi. Tak hanya menjadi pemenang berbagai penghargaan bergengsi, Jungkook dan BTS juga kerap tampil dalam sejumlah acara penghargaan bergengsi. Antara lain seperti Mnet Asian Music Awards (MAMA), Asian Artist Awards (AAA), Melon Music Awards (MMA), Seoul Music Awards (SMA), Golden Disc Awards (GDA), serta Soribada Awards.

Tak hanya itu saja, Jungkook bersama BTS pun pernah muncul dalam acara Billboard Music Awards (BBMAs) dan Golden Disc Awards (GDA) di Amerika Serikat. Menariknya lagi, Jungkook juga pernah mewujudkan impiannya jadi nyata saat tampil di panggung 2018 MBC Plus x Genie Music Awards.

BTS berhasil melakukan kolaborasi dengan Charlie Puth untuk membawakan salah satu hits terkenal mereka, Fake Love. Selain itu, Jungkook dan Charlie Puth juga berduet membawakan We Don't Talk Anymore

Cetak Banyak Prestasi dan Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by JUNGKOOK (전정국) (@jungkook_bighitentertainment) on

Dengan pamornya yang kian meroket, BTS bersama Jungkook telah berhasil mengantongi trofi di MAMA 2015 untuk kategori Worldwide Performer. Jungkook juga meraih piala Daesang untuk kategori Album of The Year album BTS yang judulnya The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever (2016).

Jungkook dan BTS juga telah membawa nama harum boyband Kpop Korea di kancah musik internasional. Pasalnya mereka telah memenangkan Top Social Artist dari ajang musik skala besar, Billboard Music Award 2017.

Yang tak kalah membanggakan, video musik BTS bertajuk Save Me dan Fire juga pernah dengan suksesnya merajai nomor satu dan dua di YouTube (versi Billboard). Dalam chart Social 50 Billboard, BTS juga berhasil melewati posisi Justin Bieber. 

Sebagaimana diketahui, Social 50 Billboard ialah daftar peringkat artis paling aktif di situs jejaring sosial terkemuka sedunia. BTS berhasil bertahan selama 57 minggu di posisi puncak. Bersama Jungkook, mereka juga dipercaya untuk perform dalam acara America’s Got Talent yang mana penampilan mereka telah berhasil membuat takjub Simon Cowell.

Baca Juga: BTS, Pernah akan Dibubarkan Hingga Menjadi Idol Group Korea Pertama yang Masuk Forbes

Berani Mengikuti Passion

Kini sosok Jungkook dikenal sebagai salah satu selebriti paling berpengaruh di dunia dan internet. BTS diketahui masuk dalam daftar 25 Most Influential People on the Internet versi majalah Time. Bahkan unggahan Jungkook di Twitter telah menjadi yang terbanyak di-retweet di tahun 2019.

Euphoria, lagu solo Jungkook di BTS, telah mendapat lebih dari 108 streams di Spotify. Alhasil, Jungkook menjadi idol pria yang lagunya paling banyak stream di Spotify. Tak hanya itu saja, Jungkook BTS juga merupakan idol yang paling sering dicari di Google dan YouTube di sepanjang tahun 2019.

BTS juga berada pada daftar pertama untuk Tumblr Kpop Groups 2019. Para member BTS mendominasi daftar tersebut, dengan Jungkook berada di puncaknya. Uniknya lagi, Jungkook juga menjadi pemenang predikat Instagrammer Global dalam MTV Millennial Awards.

Kendati tak punya akun Instagram pribadi dan resmi, tapi akun fans dengan nama @bts.jungkook itu nyatanya meraih penghargaan Instagrammer global tersebut dan berhasil menyingkirkan akun resmi pesohor dunia seperti Marshmello, Ariana Grande hingga Shawn Mendes.

Ia juga kembali menjadi Most Handsome Face of 2019 versi TC Candler di tahun 2019. Semua prestasi ini tak mungkin diraihnya jika ia tak berani mengikuti passion. Seperti moto Jungkook BTS ini: Living without passion is like being dead, yuk jangan takut meraih mimpi.