Punya Cita Rasa dan Selera Sendiri, Renatta Moeloek Bagikan Tips Sukses Usaha Kuliner

"Harta, Tahta, Renatta," demikian seringkali terdengar komentar dari netizen pria yang kagum kepada sosoknya. Perempuan bernama lengkap Puti Renatta R. Moeloek ini memang kerap mencuri perhatian masyarakat. 

Kelahiran tahun 1994, Renatta lulus dari sekolah masak Le Cordon Bleu Culinary Arts Paris di Perancis. Namanya semakin dikenal sejak ia menjadi bagian dari formasi juri acara Masterchef Indonesia di musim kelima dan keenam (2019-2020).

Sosoknya yang mahir memasak berpadu dengan paras manis dan rupawan. Ia juga dikenal tegas dalam menilai para kontestan. Bagaimana perjalanan kariernya hingga ia duduk di kursi juri sebagai celebrity chef menggantikan Chef Rinrin Marinka?

Baca Juga: Berkenalan dengan Istri Chef Arnold, Tiffany Soetanto Si Cantik Pemilik Bebini Gelati di Surabaya

Bekerja di Restoran Terkenal Perancis

View this post on Instagram

A post shared by Renatta Moeloek (@renattamoeloek) on

Sejak kecil, Renatta memang senang makan. Meski begitu, ia tak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang koki. Keadaan berubah ketika suatu waktu beberapa teman dan kerabat datang berkunjung ke rumah.

Sang ibu tak begitu mahir memasak. Sebagai gantinya, ia mencoba berkreasi di dapur dan mengolah masakannya sendiri untuk disajikan kepada para tamu. Di luar dugaan, momen tersebut membuatnya banjir pujian.

Ia pun menekuni masak memasak dengan tekun. Setelah lulus dan mendapat gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry di tahun 2018 di Perancis, ia sempat bekerja di Garance Saint Dominique di Perancis. Mendapat predikat Michelin Star, ia menghabiskan waktu sekitar satu tahun bekerja di sana.

Sebelumnya, putri dari pasangan Radianti Ratnasuminar dan Nudie Moeloek ini memang sudah bercita-cita untuk mengenyam pendidikan cuisine di luar negeri. Salah satu sebabnya dikarenakan ia ingin secara aktif memperkenalkan culinary Nusantara di kancah internasional.

Itu juga sebabnya ia memilih mengambil jurusan spesialisasi makanan Eropa dan Asia. Renatta Moeloek diketahui sering ikut serta dalam tur keliling dunia di sejumlah negara-negara Benua Eropa. Kegiatan dengan tema Rites of Our Ancestors ini dilakukannya dengan Chef Maxie Millian.

Alhasil, ia pun berkesempatan untuk menjadi salah satu juri pada program acara mencari bakat memasak di Masterchef Indonesia. Sejak kemunculannya dalam acara tersebut, sosok Renatta Moeloek kian tenar dan menjadi idola banyak penggemar.

Punya Cita Rasa dan Ciri Khas Unik

View this post on Instagram

A post shared by Renatta Moeloek (@renattamoeloek) on

Sebagai juru masak ternama, Chef Renatta dikenal dengan ciri khas yang unik dalam masak memasak. Selain menyajikan makanan dengan cita rasa lezat dan menggugah selera, tampilan hidangan pun kerap dilakukannya dengan terperinci. Bahkan, ia pun tak segan turun sendiri ke pasar atau kebun demi memilih bahan masakan berkualitas tinggi yang akan diolahnya. 

Tak hanya itu saja, wanita yang senang tampil look androgininya ini juga gemar melakukan eksperimen dengan racikan resep, bumbu, hingga bahan olahan di dapur. Inilah yang menjadikan sosoknya semakin istimewa.

Memahami Empat Bahasa

View this post on Instagram

A post shared by Renatta Moeloek (@renattamoeloek) on

Tak hanya cantik dan andal dalam memasak. Ternyata Chef Renatta juga tergolong andal berbahasa. Sedikitnya, ia mampu memahami empat bahasa, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jepang, dan Bahasa Indonesia.

Ia dapat fasih menggunakan Bahasa Inggris, Indonesia, dan Bahasa Perancis. Sedangkan untuk Bahasa Jepang, wanita yang hobi olahraga dan menggemari motor antik ini dapat memahaminya dengan baik.

Baca Juga: Mengintip Keseruan Kaesang Pangarep Kelola Gurita Bisnisnya

Bisnis Restoran dan Private Dining

Kini, Chef Renatta juga disibukkan dengan berbagai kegiatannya sebagai koki. Ia diketahui menjadi konsultan menu untuk beberapa restoran terkemuka Indonesia. Selain itu, ia juga mengelola usahanya sendiri, yakni sebuah bisnis restoran.

Tempat makan yang dinamai Fedwell tersebut mengusung konsep healthy food bagi para pengunjungnya. Bersama Laura Basuki, Chef Renatta telah membuka dua cabang restorannya di ibukota. 

Selain menghadirkan menu makanan yang sehat dan lezat seperti salad dan pasta, interior restoran pun tampak elegan, luas, menyenangkan, Instagramable, dan nyaman. Yang unik, semua makanan disajikan tanpa mengandung bahan pengawet dan pengunjung dapat bebas berkreasi meracik menu pesanan mereka sendiri.

Ia juga kerap melakukan private dining Maindine di berbagai kesempatan. Selain untuk acara-acara komersial, sang koki yang punya sejumlah tattoo di tubuhnya ini juga sering memasak khusus untuk private dining. Entah itu untuk kedutaan besar, grup, perusahaan, hingga pop-up kitchen di beberapa restoran.

Berhasil Wujudkan Rumah Impian

View this post on Instagram

A post shared by Renatta Moeloek (@renattamoeloek) on

Yang menarik, Renatta Moeloek berhasil mewujudkan rumah impiannya sendiri. Dengan income yang besar dari karier sebagai koki selebriti, ia telah membangun rumah unik yang didambakan sejak kecil.

Hunian yang didesain dengan konsep sederhana dan minimalis itu juga mempunyai interior yang kreatif dan lain daripada yang lain. Pekarangan di sekitarnya sangat luas dan asri, dengan aksen pepohonan rindang serta kandang ayam. Namun ruangan lainnya cenderung simple dan minimalis. 

Yang teristimewa adalah bagian dapurnya. Kitchen tentu menjadi spot yang penting bagi sang koki. Tak heran jika ruangan dapurnya mewah, canggih, mutakhir serta profesional layaknya kitchen di restoran atau hotel terkemuka. 

Kehidupan Pribadi Jadi Sorotan

View this post on Instagram

A post shared by Renatta Moeloek (@renattamoeloek) on

Menjadi selebritis membuat kehidupan pribadi Chef Renatta kerap mengundang penasaran publik. Sebelum resmi berpacaran dengan Antoine Fantino, pria bule asal Perancis, Renatta Moeloek pernah menjalin kasih dengan Pradikta Wicaksono.

Sosok Dikta juga terkenal dengan puncak popularitasnya mengingat ia merupakan vokalis band Yovie & Nuno. Alhasil, hubungan keduanya semakin membuat para penggemar mencintai mereka. Sayangnya, kisah kasih Renatta-Dikta yang tadinya tampak hangat dan romantis itu harus kandas dan tak dapat bertahan.

Tips Sukses Buka Usaha Kuliner Ala Chef Renatta

Wisata kuliner yang kian digandrungi masyarakat luas menjadikan lahan yang satu ini sebagai ladang uang. Banyak lapisan masyarakat yang melirik jenis usaha ini dan mulai merintis bisnisnya. 

Sehubungan dengan hal ini, Renatta tak segan berbagi tips seputar kesuksesan usaha kuliner. Menurutnya, untuk membuka bisnis kuliner tentu tak hanya mengandalkan skill memasak saja.

Diperlukan faktor penting lainnya seperti pengetahuan akan model bisnis, cara pemasaran, hingga pangsa pasar yang hendak dijadikan target. Selain itu, dibutuhkan juga berbagai inovasi dan pengelolaan modal yang terstruktur agar kelangsungan usaha kuliner terkait dapat terus bertahan lama. 

Tak hanya itu saja. Ia menambahkan, branding dan packaging juga berperan penting dalam produk makanan yang hendak ditawarkan. 

Produktif Berkarya dan Punya Keunikan Sendiri

Perjalanan karier Chef Renatta yang karismatik dan penuh pesona ini memuat pesan inspiratif seputar kesuksesan karier. Dengan terus aktif dan produktif dalam berkarya, niscaya Anda bisa mencapai puncak keberhasilan yang didambakan.

Aktif berkreasi dengan produktif seputar skill dapat mengasah keterampilan yang kita miliki. Anda bahkan dapat bereksperimen hingga akhirnya menciptakan karya baru yang unik dengan cita rasa berbeda daripada yang lain. 

Seperti Chef Renatta, merangkul keunikan dengan racikan resep sendiri terkadang dapat mengantarka Anda kepada keberhasilan yang diimpikan. Jadi, jangan pernah takut bereksplorasi, ya!

Baca Juga: Biar Rasa Makin Mantul! Ini 8 Tips Memasak Ala MasterChef Indonesia