Cantik dan Jago Masak, Chef Marinka Ternyata Juga Pandai Berbisnis

Para penggemar Master Chef Indonesia sejak season 1 pasti sudah sangat akrab dengan wajah seorang Chef Marinka. Chef cantik ini memang semakin dikenal oleh publik sejak dirinya bergabung menjadi juri dalam kompetisi memasak versi Indonesia ini.

Semenjak itu, karirnya sebagai seorang selebriti chef pun semakin menanjak. Berbagai tawaran untuk membintangi acara televisi berdatangan. Membuat namanya jadi semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Selain jago masak, rupanya chef satu ini juga jago dalam berbisnis. Berbagai jenis bisnis pun sudah berhasil dijalankan, baik yang dikelola sendiri atau bersama beberapa rekan lain. Bisa sukses seperti itu apa ya rahasia chef Marinka? Berikut kisah selengkapnya.

Bercita-Cita Jadi Agen Rahasia Saat Kecil

Keberadaan selebriti chef memang telah menjadi idola tersendiri bagi masyarakat. Selain dinilai memiliki kemampuan memasak yang mumpuni, para selebriti chef ini juga memiliki wajah rupawan yang membuat orang semakin kagum.

Salah satunya adalah Chef Marinka atau yang juga dikenal dengan Rinrin Marinka. Meski sekarang sudah menjadi chef terkenal, siapa sangka sewaktu kecil perempuan bernama asli Maria Irene Susanto ini justru berkeinginan menjadi seorang agen rahasia.

Rinrin muda ternyata merupakan sosok yang tomboi. Meski begitu, ternyata ia juga sangat senang bermain di dapur. Apalagi kesibukan sang ibu sebagai wanita karir membuat mantan juri Master Chef Indonesia ini jadi semakin leluasa menggunakan dapur.

Kegemaran Marinka ini rupanya tidak hanya menjadi hobi masa kecil semata. Semakin bertambah usianya, justru passion memasaknya semakin kuat. Meski sempat mencicipi kuliah di jurusan Art & Design di Australia, masak akhirnya menjadi minat terbesarnya.

Perempuan yang melanjutkan pendidikan tinggi di Australia ini pun semakin sering membeli buku resep dan mencoba aneka jenis masakan. Ia pun senang ketika orang-orang menikmati masakan yang dibuat. 

Dengan mantap akhirnya Marinka memutuskan untuk lebih mendalami dunia kuliner lewat Le Cordon Bleu di Australia. Salah satu sekolah kuliner terbaik ini menjadi tempat bagi perempuan kelahiran 22 Maret 1980 ini untuk belajar masakan Perancis dan pastries.

Sejak itu Marinka pun semakin serius untuk menjadi seorang professional chef. Pengalamannya kuliah di jurusan seni juga membuat tampilan makanan yang disajikan Marinka selalu menggugah selera.

Baca Juga: Meski Batal Menikah, Susan Sameh Tetap Fokus Berkarir di Dunia Perfilman Indonesia

Melejit Lewat Master Chef Indonesia

View this post on Instagram

A post shared by Chef Marinka (@rinrinmarinka) on

Karir Marinka sebagai seorang chef diawali semenjak dirinya masih tinggal di Australia. Kemampuannya memasak yang memukau rupanya membuat berbagai restoran menawarkan posisi sebagai executive chef di tempat mereka.

Tetapi menimbang kesibukan yang dimiliki seorang executive chef yang banyak menyita waktu, Marinka pun menolaknya. Baginya menghabiskan banyak waktu bersama orang-orang terdekatnya seperti keluarga lebih berharga.

Meski begitu, Marinka tidak menolak ketika ada tawaran untuk tampil di berbagai acara TV. Karakter nyata yang cerewet, cantik dan memiliki kemampuan memasak yang mumpuni memang membuatnya jadi sosok yang menarik di layar kaca.

Tidak heran jika kemudian ia ditunjuk untuk menjadi juri di Master Chef Indonesia. Bersama dengan Juna Rorimpandey dan Vindex Tengker, mantan kekasih Nino Fernandez ini merupakan juri pertama di kompetisi masak yang banyak melahirkan chef ternama tersebut.

Lewat acara ini, nama chef Marinka pelan-pelan mulai dikenal oleh masyarakat luas. Karirnya sebagai seorang celebrity chef pun semakin terbuka. Tawaran untuk mengisi berbagai acara TV juga berdatangan menghampiri. 

Ia sering diajak untuk menjadi pembawa acara dalam berbagai program kuliner di televisi nasional. Apalagi dengan penampilannya yang selalu tampak cantik dan awet muda di umur yang hampir 40 tahunan. Selain itu, wajahnya juga semakin sering tampil di layar kaca sebagai bintang iklan.

Kepiawaiannya memasak dan membawakan acara rupanya tidak hanya menarik dunia pertelevisian Indonesia saja. Televisi asal Singapura Asian Food Channel pun pernah menjadikan dirinya sebagai presenter untuk acara kuliner yang memperkenalkan masakan Indonesia ke kancah internasional.

Punya Jiwa Maskulin Dibalik Penampilan Feminin

View this post on Instagram

A post shared by Chef Marinka (@rinrinmarinka) on

Melihat sosok chef Marinka yang mungil dan selalu tampil menawan dalam balutan rok cantik kesan feminin memang melekat kuat dalam dirinya. Namun siapa sangka, dibalik penampilannya ternyata seorang Marinka memiliki jiwa maskulin.

Sedari kecil memang Marinka ini merupakan sosok yang tomboi. Kegemarannya memasak pun rupanya tidak menenggelamkan sisi tersebut. Hal itu terlihat dari hobi presenter Wonderful Indonesia Flavours yang banyak memacu adrenalin. Beberapa di antaranya adalah panjat tebing, paralayang, arung jeram, hingga menyelam. Bahkan, di tempat tinggalnya ada sebuah boneka manusia setengah badan yang biasa digunakannya untuk berlatih tinju.

Tetapi lulusan Le Cordon Bleu ini begitu pandai menutupi sisi tomboi tersebut dan selalu berhasil tampak feminin. Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai peralatan termasuk sarung tinju berwarna pink.

Baca Juga: Bertahan Jadi 'Senbatsu', Begini Kerennya Perjalanan Karir Jessica Veranda Selama di JKT48

Buka Bisnis dan Tulis Buku

View this post on Instagram

A post shared by Chef Marinka (@rinrinmarinka) on

Kemampuannya di bidang kuliner memang sudah tidak diragukan lagi. Menimba ilmu selama tiga tahun di Le Cordon Bleu sudah lebih dari cukup bagi seorang Marinka untuk menjadi modal membuka bisnis kuliner.

Sebuah tempat makan bernama Warung Telor Ceplok pun akhirnya didirikan oleh Marinka. Sayangnya, kafe tersebut tidak berumur panjang. Kesalahan dalam pemilihan lokasi dan juga pemasaran yang kurang baik menjadi alasan harus ditutupnya tempat tersebut.

Meski sempat gagal, jiwa pengusaha yang mengalir dari kedua orang tuanya membuatnya tidak kapok untuk kembali menekuni bisnis. Sebuah kafe yang menjual makanan sehat pun menjadi pilihan selanjutnya. 

Selain makanan sehat, orang-orang tertentu yang memang tidak bisa makan gluten juga bebas menikmati hidangan di sini. Sebab, di tempat makan yang diberi nama Mars Kitchen ini menggunakan bahan yang bebas gluten.

Selain bisnis kuliner, presenter At Home with Marinka ini ternyata juga pernah mengeluarkan produk fashion berupa tas. Diberi nama Badha, tas-tas kulit tersebut didesain sendiri oleh celebrity chef yang pernah menempuh pendidikan di Australia tersebut.

Selain itu, Marinka juga disibukkan dengan bisnis bulu mata bersama Marissa Nasution dan Aimee Juliette. Ia pun sibuk membagikan ilmunya melalui buku dan menjadi pengajar masak. Dengan banyaknya sumber penghasilan tersebut, tidak heran ya jika chef cantik ini punya banyak uang.

Kelola Passion Jadi Sumber Penghasilan

Seorang Marinka mengajarkan kita bahwa memiliki lebih dari satu passion di dalam hidup bukanlah hal yang salah. Bahkan passion tersebut menjadi sumber penghasilan bagi chef cantik ini. Hal tersebut terjadi karena Marinka menjalankan semua passionnya dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab.

Baca Juga: Kisah Endank Soekamti, Grup Rock Sukses Berhati Mulia Bangun Sekolah Gratis