Biar Rasa Makin Mantul! Ini 8 Tips Memasak Ala MasterChef Indonesia

Memasak menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan, bahkan sebagian orang menjadikan ini sebagai hobi mereka. Saat memasak, kamu bisa bereksperimen dan menghasilkan berbagai menu masakan yang lezat dengan. Bukan hanya itu saja, membuat berbagai menu unik yang populer dan banyak disukai orang juga akan menjadi hal menyenangkan lainnya. 

Untuk kamu yang senang memasak, program tayangan MasterChef Indonesia tentu menjadi salah satu tontongan wajib, bukan? Ya, MasterChef Indonesia menjadi salah satu tayangan yang cukup banyak diminati. 

Sejak kemunculannya pertama kali beberapa tahun yang lalu, tayangan ini langsung mendapatkan sambutan positif dari para penonton. Selain kompetisinya yang menarik, proses dan berbagai hal yang dilakukan para peserta  dan juri dalam acara populer ini juga banyak menyita perhatian. Dengan begitu, para penonton bisa mendapatkan banyak ilmu tentang memasak di MasterChef Indonesia.

Bagi kamu yang ingin hasil masakannya makin mantul alias mantap betul, tak ada salahnya tiru proses masak ala MasterChef. Berikut tipsnya yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bawang Bombay

bawang bombay
Bawang bombay

Bawang bombay menjadi salah satu bumbu yang kerap digunakan untuk berbagai tumisan sayur maupun daging. Sama seperti bawang pada umumnya, bawang bombay juga harus kamu olah dengan cara yang tepat, sebab aromanya bisa saja berbeda saat tingkat kematangannya tidak sempurna. Untuk mendapatkan rasa khas dari bawang yang berukuran besar ini, kamu harus tumis hingga berubah warna menjadi kecoklatan terlebih dahulu. 

2. Blender atau Food Processor

Menggunakan blender atau food processor merupakan hal yang biasa ketika kamu sedang memasak. Blender akan membantumu mengolah bumbu menjadi halus dalam waktu yang cepat. Hampir sama dengan blender, food processor juga akan membuat berbagai bahan makanan menjadi lebih halus atau bahkan tercampur rata.

Selain menghemat waktu, kedua peralatan ini juga akan menghemat tenaga ketika memasak. Kamu tak perlu mencincang atau memotong berbagai bahan yang akan diolah dalam alat tersebut terlalu halus. 

3. Jamur

jamur
Jamur

Jika ingin memasak jamur, membuatnya lembut tentu menjadi poin yang harus diperhatikan dengan baik. Jamur yang lezat haruslah bertekstur lembut, namun tidak terlalu matang dan mudah hancur. Saat kamu memasak jamur, jumlah air yang keluar di pancinya bisa menjadi tanda bahwa jamur tersebut sudah lembut.

Baca Juga: Mau Makanan Sehat Tapi Murah? Praktekkan Cara Ini!

4. Udang

Udang menjadi salah satu makanan yang paling banyak disukai, sebab makanan laut ini lezat dan bisa diolah menjadi berbagai menu yang mudah. Namun meski begitu, pengolahan udang kerap dilakukan dengan cara yang tidak tepat, sehingga tekstur dan rasanya menjadi berubah. 

Jika ingin mengolah udang, pastikan kamu mengupasnya dalam kondisi yang telah matang. Hal ini akan membuat tekstur udang tidak rusak dan hancur, bahkan ketika dimasak.

Udang juga tidak perlu direbus atau dimasak terlalu lama, karena hal ini bisa membuat ukurannya menjadi lebih kecil. Agar udang tetap kenyal dan tidak mengecil, masak udang dengan cara yang tepat. Masukkan udang ke dalam air mendidih sebentar, lalu angkat dan masukkan segera ke dalam air dingin.

5. Telur Rebus

telur rebus
Telur rebus

Jika kamu ingin membuat telur rebus yang lezat dengan tingkat kematangan yang pas, maka lakukan dengan cara yang tepat. Soft boiled egg yang sempurna dibuat dengan menggunakan air mendidih dan hanya dalam waktu 6,5 menit saja. Gunakan sendok untuk memasukkan telur ke air mendidih dengan perlahan, agar telur tidak pecah. 

Baca Juga: Kaya Serat dan Baik untuk Kesehatan, Ini Dia Jenis-jenis Gandum dan Manfaatnya!

6. Sushi

Membuat sushi mungkin tampak mudah dan bahkan bisa dilakukan dengan waktu yang cepat. Namun untuk mendapatkan sushi dengan tekstur yang baik, maka kamu harus mengolah nasinya dengan cara yang tepat. Pastikan kamu terus mengaduk nasi dengan cara disisir perlahan, agar sushi yang kamu hasilkan nanti bertekstur bagus dan tidak menggumpal.

7. Bahan Masakan yang Lengkap

bahan masakan
Bahan masakan yang lengkap

Menggunakan bahan-bahan yang lengkap ketika memasak tentu menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. Namun jangan gunakan bahan yang terlalu banyak, karena hal ini justru bisa berakhir dengan food waste.

8. Buah Durian

Buah durian yang matang pada umumnya berwarna kekuningan di bagian kulitnya. Hindari untuk memilih durian yang masih berwarna hijau, sebab ini menjadi salah satu pertanda jika durian tersebut belum matang.

Saat kamu salah memilih durian dan mendapatkan yang mentah, maka rencana untuk mengolahnya menjadi makanan tentu bisa berantakan. Untuk menyiasati hal ini, campurkan sedikit gula pada olahan durian tersebut, sehingga rasanya menjadi lebih manis.

Memasak dengan Cara yang Tepat

Apapun bahan masakan bisa menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang sangat lezat asalkan kamu bisa mengolahnya dengan cara yang tepat. Mulai dari memperhatikan tingkat kematangan, bumbu yang pas dan sebagainya. Untuk itu, perhatikan cara-cara memasak yang tepat di tayangan memasak yang diadakan berbagai televisi Indonesia.

Baca Juga: 7 Menu Masakan Indonesia dengan Harga Murah Namun Sehat