Punya Kekayaan Hingga Rp10 Miliar, Jessica Iskandar Putuskan Hengkang dari Dunia Hiburan

Nama Jessica Iskandar alias Jedar telah cukup lama malang melintang di industri hiburan Indonesia. Dikenal sebagai sosok multitalenta, Chika, demikian sapaan akrabnya telah menjadi model, aktris, komedian, pembawa acara, penulis buku, business woman, dan juga penyanyi.

Menjadi sosok serba bisa membuat Jedar dicintai banyak penggemarnya. Terjun ke dunia entertainment sejak tahun 2005, wanita yang kelahiran Jakarta, 29 Januari 1988 ini telah berhasil menancapkan namanya di deretan selebritas papan atas Indonesia.

Sukses besar, per tahun 2019, total kekayaan ibu dari El Barack Alexander ini disebut-sebut mencapai hingga Rp10 miliar. Berikut perjalanan karier Jessica Iskandar yang fenomenal.

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

Dari Modeling ke Akting

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Jedar yang merupakan putri dari pasangan Wulandari dan Hardi Iskandar ini mengawali kariernya sebagai model. Ia pernah mengenyam sekolah modeling di John Casablanca. Seraya mengikuti beberapa casting di sejumlah agensi, Chika akhirnya berhasil melakukan debut perdananya sebagai aktris.

Ia membintangi film percintaan remaja yang berjudul Dealova (2005) dan berperan sebagai tokoh utama bernama Karra. Dealova berhasil melambungkan namanya dengan banyak fans dari kalangan remaja. Dua tahun kemudian, Chika melakoni sebuah film produksi Negeri Jiran yang berjudul Diva (2007).

Tak butuh lama baginya untuk menapaki popularitas tingkat tinggi. Sejak tahun 2008, Jedar semakin menunjukkan keseriusannya berakting. Ia membintangi film layar lebar Nazar dan Coblos Cinta di tahun 2009, kemudian Istri Bo’ongan (2010) dan Kung Fu Pocong Perawan (2012).

Ia juga ikut melakoni sinetron Kanaya, Kasmaran, Cinta Anak Majikan, dan My Best Friend’s Sister. Ia pun jadi semakin sering melakoni puluhan judul FTV dan sinetron yang tayang di layar TV. Salah satunya seperti Gadis Pengantar Telur, The Bad Luck Stiletto, Kepentok Cinta Shahrukh Khan, Tabrak Gue Dong, dan Jangan Deportasi Cintaku.

Aktingnya juga tampak semakin mantap dalam FTV bertajuk Nona Sabrina, Be My Valentine, Romantika Cinta di Pasar Kambing, Tertusuk Keris Cinta dan Terjaring Cinta Nelayan Cantik. Ia juga ikut bermain dalam SMS untuk Bidadariku, Juliet Sang Penakluk Arjuna, I Love You Juminten, Badai Pasti Kembali, Pangeran Kodok Mencari Cinta, dan masih banyak lagi yang tayang di stasiun TV swasta tanah air.

Korbankan Kuliah Demi Kariernya

Memasuki tahun 2011, Jedar didapuk menjadi pembawa acara program TV Dahsyat di RCTI. Ia menjadi presenter untuk acara tersebut hingga tahun 2013. Di tahun 2012, ia juga didapuk menjadi Duta Earth Hour (Jam Bumi).

Seiring dengan berlalunya waktu, Jedar terus mengasah keterampilannya sebagai host TV. Hingga kemudian ia pun makin sibuk wara-wiri sebagai presenter dalam berbagai program acara layar kaca. 

Tak hanya menjadi presenter untuk acara Netijen dan Target Operasi. Ia juga sukses membawakan acara The Hits, Pesbukers, Waktunya Kita Sahur, Ngopi Dara, dan berbagai program seru lainnya.

Tapi sebagai imbas dari kesibukan jadwal syutingnya yang begitu padat, ia pun harus mengorbankan kuliahnya demi karier. Diketahui, wanita lulusan SMA Bunda Mulia ini sempat mengenyam bangku kuliah.

Namanya pernah tercatat sebagai mahasiswi Desainer Interior dari Universitas Trisakti, Jakarta. Namun pendidikan tinggi yang ditempuhnya tersebut hanya bertahan hingga ke semester tiga.

Rilis Mini Album Musik

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Tak hanya berhenti di ranah presenting acara TV. Wanita yang pernah menjadi Juri Tamu untuk Asia’s Next Top Model Episode 6 Season 6 di Thailand ini juga merambah dunia tarik suara. 

Di tahun 2010, ia pernah merilis mini album bertajuk Cerita Cinta. Mini album yang mengusung genre musik Pop tersebut terdiri dari enam lagu yang dikemas manis dengan judul Surat Cinta, Kapan Sih, Peri Cinta, Merindukanmu, dan Jatuh Cinta. 

Baca Juga: Putus Kuliah Demi Karir, Begini Kisah Chika Jessica yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Terbitkan Dua Buah Buku

Selain menjajal dunia tarik suara, Chika juga memasuki ranah kepenulisan dan menerbitkan dua buah buku. Buku pertamanya yang berjudul JEDAR (Jessica is Jessica) dikeluarkan pada tahun 2013. 

Buku biografinya tersebut diambil dari diary yang telah ditulisnya sejak masih remaja. Berbagi kisah dan pengalaman asam garam kehidupan, ia menyebutkan ada pesan yang terkandung dalam bukunya itu.

Tak perlu mengalami sendiri pahit manisnya, siapapun dapat belajar dari pengalaman dan kisah orang lain. Dengan begitu, Jedar berharap kisah hidupnya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain dan belajar agar kepahitannya tak perlu dialami oleh mereka.

Adapun buku keduanya diberi judul JEDAR POWER (Love, Life, Lord) dan rilis ke pasaran pada akhir tahun 2014. Buku keduanya itu membeberkan pengalaman hidup Jessica yang lebih serius ketimbang buku pertamanya.

Buku JEDAR POWER (Love, Life, Lord) dengan isi mencapai 153 halaman tersebut didedikasikan khusus untuk putra terkasihnya, El Barack Alexander yang lahir pada 21 Juli 2014. Dalam buku tersebut, Jedar juga mengaku bersyukur dan berbahagia karena salah satu passion impiannya telah berhasil ia wujudkan.

Buku tersebut juga menyinggung kisah cintanya dengan Ludwig Franz Willibald Maria Joseph Leonard Erbgraf von Waldburg und Waldsee. Seperti diketahui, rumah tangga mereka hanya berlangsung dari 2013-2015 dan berakhir dengan pembatalan pernikahan.

Kisah Cinta Sempat Jadi Sorotan

Sempat menghebohkan dan bikin penasaran publik, Jessica pernah dihantui rumor tak sedap. Pasalnya, ia pernah dicurigai mengandung anaknya di luar nikah. Namun faktanya tidak demikian.

Kenyataannya, ia telah secara resmi menikah dengan Ludwig (putra mahkota yang berdarah Jerman). Namun pernikahan tersebut berujung perpisahan. Adapun putra semata wayang mereka belakangan diasuh sepenuhnya oleh Jedar.

Kekayaan Mencapai Rp10 Miliar

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Tajir melintir, kekayaan Jedar disebut telah menembus angka Rp10 miliar. Kepada aktor dan vlogger Boy William, ia berbagi kisah. Demi mencapai mapan finansial, ia rela banting tulang bekerja keras dari pagi hingga malam. 

Tak hanya itu, ia juga merintis sejumlah bisnis di pelbagai bidang. Berkat dedikasi dan ketekunannya tersebut, ia pun berhasil mempunyai villa di Bali, dua mobil mahal, hingga dua hunian mewah.

Seperti diketahui, Jedar aktif menerima endorsement produk extravagant dan mewah di akun media sosialnya yang diikuti jutaan followers. Salah satunya seperti Louis Vuitton yang berkelas. 

Ia juga mengelola bisnis kue kekiniannya yakni Baby El Bakery serta usaha kosmetiknya di bawah brand Jedar Cosmetic. Di sela-sela jadwal kesibukannya yang padat, Jedar masih kerap diundang sebagai guest star untuk beragam acara di stasiun TV swasta.

Alami Sejumlah Penyakit Serius

Sayangnya, mantan tunangan Richard Kyle ini tengah mengidap dua penyakit serius sekaligus. Selain didiagnosa menderita Takikardia, Jedar juga mengalami Graves’ Disease (hyperthyroid autoimmune).

Berkenaan dengan kondisi jantung, Takikardia membuat penderitanya berdetak lebih dari 100 kali per menit. Sedangkan Graves' Disease merupakan penyakit autoimun yang terjadi akibat adanya hipertiroid. Terkait kondisinya ini, dikabarkan muncul benjolan tiroid di lehernya.

Menurut Erick Bana Iskandar, kondisi tersebut dialami Jessica lantaran adiknya mengalami stress sehubungan begitu banyak hal yang dipikirkannya. Kini Jessica masih menjalani pengobatan dan perawatan terkait dengan kondisi kesehatannya. 

Putuskan Pensiun dari Dunia Hiburan

View this post on Instagram

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar)

Kepada vlogger Atta Halilintar, baru-baru ini Jedar mengutarakan niatnya untuk pensiun dari kariernya sebagai entertainer. Ia menjabarkan, dirinya ingin lebih berfokus total mengurus putra semata wayangnya. Kabar terkini, ibu susu dari Gempita Nora Marten ini juga telah memutuskan untuk pindah ke Pulau Dewata dan menetap di sana. 

Seperti Jessica Iskandar, kerja keras menekuni karier hingga sukses memang terdengar menggiurkan. Meski demikian, bijaklah mengelola waktu dan jangan pernah abai terhadap kondisi kesehatan kita. 

Karena biar bagaimanapun, kekayaan sejati yang paling mahal harganya adalah kesehatan. Semoga Jedar segera diberkahi dengan kesembuhan dan Tuhan segera mengangkat segala penyakitnya. 

Baca Juga: Yuk Kenali Perbedaan Hipertiroid dan Hipotiroid