Putus Kuliah Demi Karir, Begini Kisah Chika Jessica yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Cantik, lucu, ramah dan selalu mampu mengundang tawa banyak orang. Siapa yang tak akan tertarik dengan sosok seperti itu. Ya, dia adalah Sisca Jessica alias Chika Jessica.

Wanita kelahiran Bandung, 25 April 1988 tersebut sudah berkiprah sebagai pembawa acara, artis, dan komedian Tanah Air sejak lama. Terjun ke industri hiburan di tahun 2007, aksinya yang kocak, polos dan lugu selalu dinanti-nanti para pemirsa televisi.

Itulah sebabnya Chika selalu dibanjiri banyak tawaran di panggung entertainment Indonesia, baik on air maupun off air. Namun jarang diketahui, di balik sosoknya yang lucu dan kocak, Chika ternyata merupakan sosok yang tegar. Ia punya perjuangan yang terbilang getir sebelum sukses seperti sekarang, salah satunya ia rela meninggalkan kuliahnya hanya demi menekuni karirnya di dunia hiburan.

Bagi yang penasaran, bagaimana kisah perjalanan karir wanita yang akrab disapa Chika ini? Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Awal Terjun ke Dunia Hiburan

View this post on Instagram

A post shared by 𝗖𝗛𝗜𝗞𝗔 𝗝𝗘𝗦𝗦𝗜𝗖𝗔 🌈 (@chikajessica88) on

Chika pertama muncul di tahun 2007 dalam sinetron perdananya, Emang Gw Pikirin. Aktingnya yang tampak polos dan lugu itu berhasil menarik perhatian pemirsa layar kaca. Alhasil sejak kemunculan pertamanya, ia pun didapuk untuk bermain dalam film televisi (FTV) dan film layar lebar.

Debut layar lebar pertamanya terjadi di tahun 2009. Aktingnya yang terbilang sukses dalam film Merantau membuat nama Chika semakin dilirik dan diperhitungkan di dunia perfilman. Setelah film Merantau mendulang sukses, Chika mulai mendapat tawaran untuk bermain dalam berbagai film. Antara lain seperti Dendam dari Kuburan, Bangkit dari Kubur, Ngenest dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Paula Verhoeven, Super Model yang Kini juga Jadi Youtuber

Tinggalkan Bangku Kuliah Demi Meniti Karir

Tumbuh besar di Kota Bandung, Chika sempat memilih Universitas Padjadjaran sebagai tempatnya untuk lanjut menimba ilmu. Setelah lulus SMA pada tahun 2006, ia memutuskan untuk meneruskan pendidikannya dengan kuliah.

Namun pekerjaannya di industri hiburan ternyata menyita waktu lebih banyak. Alhasil Chika yang pernah merilis single berjudul Sweet bersama Dwi Andhika (2014) ini terpaksa putus kuliah. Pendidikannya terbengkalai, ia pun memilih untuk fokus berkarir dan mencari nafkah di dunia entertainment.

Kiprah Chika di Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by 𝗖𝗛𝗜𝗞𝗔 𝗝𝗘𝗦𝗦𝗜𝗖𝗔 🌈 (@chikajessica88) on

Sinetron Emang Gw Pikirin (2007) menjadi cikal bakal kemampuan seni peran Chika makin terasah. Kemudian disusul dengan kemunculan perdananya di dunia layar lebar, yakni Merantau (2009). Dalam film tersebut, Chika berperan sebagai Astri. 

Selanjutnya di tahun 2012, Chika memerankan tokoh Trisa dalam film horror berjudul Bangkit dari Kubur. Setelah film perdananya ia kembali membintangi film seram lainnya, yakni Dendam dari Kuburan. Di film tersebut, Chika berperan sebagai Agnes.

Kemudian di tahun 2013, ia turut hadir dalam film Get M4rried. Ia juga ikut bermain sebagai Penny dalam film Slank Nggak Ada Matinya. Beralih ke tahun 2014, Chika membintangi film Aku, Kau & KUA. Adapun di tahun 2015, Chika melakoni film Ngenest dan Gue Bukan Pocong.

Menyusul di tahun 2016, Chika membintangi film Triangle the Dark Side. Yang menarik, di film ini Chika tak hanya menunjukkan kebolehannya dalam berakting. Ia juga terjun langsung sebagai kru serta penulis cerita. Sementara di tahun 2017, Chika mengisi suara untuk film Knight Kris.

Jadi Presenter di Banyak Acara

Chika juga telah menjadi presenter untuk berbagai acara televisi. Sebut saja seperti Sketsa, Musik Asik, Mantap serta Ayo Bernyanyi. Chika juga membawakan acara Tahan Tawa, Lolipop, Ceplas Ceplos dan X'tra Seru

Ia tampil membawakan Sebelas Duabelas Kompas TV, Dahsyat, I Music RCTI dan Hitam Putih. Selain itu, Chika menjadi presenter untuk Bintang Dubi dan It's Showtime Indonesia. 

Pembawaan karakternya yang polos membuatnya cocok untuk mengisi berbagai acara musik serta komedi. 

Ia juga mampu membawakan acara talk show dengan sukses. Seperti dalam talk show berjudul Hitam Putih yang tayang di Trans7 contohnya. Dalam acara tersebut, Chika sukses menjadi pemandu bersama Deddy Corbuzier.

Baca Juga: Acha Septriasa, Artis Serba Bisa yang Buka Usaha Kuliner Ayam Tanjakan

Chika Sebagai Tulang Punggung Keluarga

View this post on Instagram

A post shared by 𝗖𝗛𝗜𝗞𝗔 𝗝𝗘𝗦𝗦𝗜𝗖𝗔 🌈 (@chikajessica88) on

Sejak dulu, Chika sudah menjadi tulang punggung keluarganya. Pernah viral di media massa, hal ini juga diungkap oleh Deddy Corbuzier di Instagram.

Perpisahan orang tua Chika membuat keadaan ekonomi keluarga menjadi tak stabil. Selain itu, salah satu kakaknya juga menderita gangguan mental sehingga butuh disokong secara finansial.

Belum lagi, Chika harus tangguh karena ia diharapkan membiayai keponakan-keponakannya dari kakaknya yang lain. Pasalnya, sang kakak hanya mengandalkan penghasilannya dari mata pencahariannya sebagai sopir truk. 

Hal ini membuat sosok Chika tumbuh tegar sebagai wanita hebat bagi keluarganya. Menjadi tumpuan keluarga, Chika yang selalu tampak dekat dengan sang Mamanya ini harus membiayai kebutuhan hidup keluarganya.

Barangkali itulah juga sebabnya mengapa Chika saat ini masih memilih sendiri. Beberapa pria memang pernah dirumorkan dekat dengannya, termasuk Deddy Corbuzier

Sebelumya, Chika juga pernah dikabarkan dekat dengan Dwi Andhika, Ruben Onsu, hingga gitarisnya band Govinda yang bernama Ade. 

Meski jarang mengekspos hubungan cintanya ke ranah publik, namun Chika tetap tersenyum dan meniti karirnya di industri entertainment dengan canda tawa.

Merambah Bisnis Fashion ala Korea

Dikenal publik sebagai K-Pop Lover, Chika yang fasih meniru mimik dan gaya para seleb Korea ini juga punya bisnis fashion. Berawal dari kegemarannya terhadap fashion Korea, ia pun mulai merintis bisnis online yang bernuansa Negeri Gingseng.

Bisnis yang dirintis sejak 2015 ini menyediakan busana bergaya Korea yang chic and girly. Untuk labelnya sendiri, Chika memberinya nama CJ yang merupakan singkatan dari namanya.

Diberitakan di sejumlah media, Dwi Andhika ikut membantu Chika untuk promosi bisnis fashion tersebut.

Bekerja Keras untuk Keluarga Tercinta

Menjadi tulang punggung keluarga yang memenuhi kebutuhan keluarga besarnya merupakan sebuah tanggung jawab besar dan beban yang berat. Namun, kewajiban ini tentu bisa dipenuhi dengan baik, jika seseorang mau berusaha bekerja keras mencari banyak penghasilan.

Baca Juga: Kontroversi hingga Idap Bipolar, Bikin Artis Cantik Marshanda Jadi Motivator