Punya Skill Desain Grafis Mumpuni? Ini 7 Ide Bisnis yang Tarik Cuan

KOMPAS.com - Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika memilih profesi sebagai desainer grafis profesional. Hanya saja, sebagian besar desainer grafis justru merasa frustasi karena tak tahu caranya menggunakan skill mereka untuk menghasilkan cuan.

Bahkan tak sedikit yang merasa kehabisan inovasi kreatif, sehingga merasa kesulitan mengubah ide yang ada di dalam kepala mereka menjadi bisnis yang menguntungkan. Berprofesi sebagai desainer grafis alias seniman grafis sebetulnya tidak terbatas hanya menjadi desainer saja, lho.

Ada banyak lini bisnis lainnya yang masih terkait dan berpeluang menghasilkan cuan menguntungkan. Bisnis di bidang desain grafis pun juga bisa berjalan dan bergandengan tangan bersama bisnis lainnya.

Penasaran bisnis apa saja yang bisa menghasilkan cuan menguntungkan buat yang jago di bidang desain grafis? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan selengkapnya dilansir dari Cermati.com:

1. Buka Program Pelatihan Desain Grafis

Punya skill mumpuni di bidang desain grafis? Jangan sia-siakan kemampuan Anda dan cobalah untuk menghasilkan cuan dengan skill tersebut. Salah satunya dengan menawarkan program pelatihan untuk mengasah skill desain grafis.

Anda bisa membuka kelas khusus untuk peserta terbatas atau membuka kelas online. Jangan khawatir tidak ada peminat, karena di luaran sana cukup banyak yang tertarik dengan desain grafis, tapi tak tahu tempat yang tepat. Ini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan buat Anda coba.

2. Bisnis Liputan Video

Dengan skill desainer grafis, ide bisnis berikutnya yang patut sipertimbangkan untuk dicoba adalah bisnis pembuatan liputan video. Sebagian besar orang yang suka dengan liputan video, mereka bekerja langsung atau berkaitan erat dengan para desainer grafis. Terlebih saat melibatkan pembuatan video montase maupun hal sejenisnya yang diperlukan sebagai bahan untuk memproduksi video secara lengkap.

3. Layanan Jasa Desain

Selanjutnya, ide bisnis yang tak kalah menarik untuk dicoba seorang desainer grafis yakni membuka layanan jasa desain. Dari sini klien yang tertarik dengan skill dan hasil kerja yang ditampilkan, mereka akan merekrut Anda untuk membuat desain sesuai permintaan.

Tentunya hal ini bisa jadi cara yang menarik untuk menghasilkan cuan lebih di masa mendatang. Terlebih jika bisnis layanan jasa desain tersebut berlokasi tidak jauh dari kawasan percetakan komersial.

Selain itu, Anda bisa mulai menawarkan layanan jasa desain grafis tersebut di situs khusus desain baik di dalam maupun luar negeri. Dengan menjangkau target market yang lebih luas, layanan jasa yang ditawarkan akan semakin banyak peminatnya.

4. Jasa Edit Video Editing

Video merupakan ide bisnis selanjutnya yang bisa dijalankan seseorang dengan skill di bidang desain grafis atau mereka yang menjadi seniman grafis. Bisnis ini cocok buat Anda yang tak punya banyak waktu atau kapasitas untuk menghasilkan liputan atau produksi video secara full time.

Solusinya Anda bisa menambahkan opsi editing video sebagai salah satu bagian dari layanan desain grafis yang ditawarkan. Satu hal yang terpenting adalah Anda wajib punya skill yang mumpuni dalam mengedit video.

Pastikan bahwa opsi layanan jasa ini sudah jelas tertera dan menjadi salah satu bagian penawaran bisnis yang Anda kenalkan. Tentunya, ini akan menarik semakin banyak klien sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar di masa mendatang.

Baca juga: 5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Jasa Desain dan Percetakan Online

5. Desain Buku Anak

Lanjut ke ide bisnis menarik lainnya buat para desainer grafis yakni mengembangkan bisnis desain sampul buku. Terutama buku-buku menggambar untuk anak, komik, hingga buku cerita.

Bisnis ini termasuk jenis bisnis yang cukup potensial untuk para desainer grafis. Meningkatnya permintaan akan buku dengan grafis yang cantik dan menarik membuat layanan ini mengalami peningkatan luar biasa.

Kemampuan berpikir secara kreatif dan keterampilan desain yang memadai menjadi faktor terpenting dalam kelangsungan bisnis ini. Fokus yang dibutuhkan ada pada kemampuan meneliti apa saja karakter kartun atau animasi yang disukai kebanyakan anak-anak. Baik di daerah maupun komunitas tertentu.

Ini supaya lebih memudahkan dalam mengembangkan karakter maupun animasi serupa di dalam buku sesuai minat anak-anak.

6. Membuat Program Kartun Animasi Edukatif

Bisnis lainnya yang bisa menghasilkan cuan dengan skill desain grafis yakni dengan mengembangkan animasi kartun. Baik untuk ditayangkan di televisi maupun layanan streaming video. Ketika kartun animasi yang Anda buat berhasil menembus TV, maka bisa dipastikan cuan akan mengalir dengan sendirinya.

Untuk memulai bisnis ini, pastinya harus membuat video animasi lebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan menawarkan softcopy-nya ke rumah produksi atau bisa mulai membangun kanal di layanan streaming video online. Produksi kartun animasi yang berkualitas pasti bakal dilirik investor.

7. Desainer Situs Web

Bisnis di bidang desain grafis sebetulnya memiliki peluang yang cukup besar dan luas. Salah satunya, bisa dengan membuka layanan desain web. Terlebih saat ini kebutuhan akan situs web profesional dan user friendly menjadi cukup tinggi.

Inilah mengapa bisnis layanan desain situs web sangat berpeluang untuk menghasilkan banyak keuntungan. Selain itu, bisnis ini juga sangat cocok buat mereka yang memang ahli di bidang desain grafis sekaligus desain situs web.

Termasuk memiliki pengetahuan dalam pengkodean CSS (Cascading Style Sheet) dan HTML (Hypertext Markup Language) baik dasar maupun ahli. Mengetahui potensi dalam diri sangat penting, terutama bagi seorang desainer grafis. Agar bisa menentukan pilihan jenis bisnis apa yang sesuai dengan skill yang dimilikinya tersebut.

Selain skill, perlu juga kreativitas dan ketekunan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Karena desain grafis sangat lekat dengan dunia kreatif yang penuh inovasi. Selanjutnya, mulai bergerak mengembangkan ide bisnis yang penuh peluang.