Quotes Kehidupan yang Bisa Membuatmu Merenungkan Hidup

Hidup memang kadang melelahkan, tetapi bukanlah alasan bagi kita untuk menyerah dengan segala masalahnya. Saat lelah, cobalah untuk mencari kata-kata yang bisa membangkitkan dirimu karena ternyata deretan kata yang menjadi kalimat mampu membakar semangat, lho.

Seringkali kita terpengaruh dengan kata-kata yang diucapkan orang lain, kata-kata yang kita baca di buku atau di jalan, maupun kata-kata yang tidak sengaja kita dengar. Mungkin kamu pernah asal mengunggah kalimat indah di media sosialmu dan kamu tidak tahu bahwa kalimat yang kamu unggah tersebut memiliki dampak untuk orang lain.

Begitu juga, saat kamu memiliki masalah, hal yang ingin kamu dengar hanya kalimat pendek yang tidak bertele-tele, tetapi bisa membuat kamu merenung dan membantu menyelesaikan masalahmu.

Sebesar itu kekuatan kata atau kalimat dalam kehidupan. Berikut beberapa quotes tentang kehidupan yang bermakna dan bisa direnungkan. Bisa juga untuk kamu unggah di sosial mediamu.

Baca juga: 71 Kata-Kata Motivasi Hidup Terbaik Supaya Diri Kamu Lebih Semangat dan Sukses

Quotes Tentang Kehidupan Patut Direnungkan

loader

Quotes Tentang Kehidupan

  1. Nikmati Keindahan Semesta

    “Semesta memberikan pelajaran yang sangat berharga tentang keindahan melalui indahnya pelangi dengan adanya warna yang beraneka ragam.”

    Tips: Terkadang kita terbelenggu dengan apa yang ada di depan mata kita, padahal semesta ini luas, ada banyak hal berharga yang kita lewatkan, ada banyak keindahan yang luput dari mata, ada banyak warna yang tidak kita ketahui. Cobalah untuk keluar dari belenggu tersebut dan nikmati apa yang semesta suguhkan.

  2. Jangan Membuat Alasan untuk Orang Lain Meninggalkanmu

    “Jangan pernah berharap seseorang untuk terus bersamamu, jika yang kau berikan padanya adalah alasan untuk meninggalkanmu.”

    Tips: Apa yang kamu berikan kepada orang lain juga akan kamu terima dari orang lain. Jika kamu memperlakukan orang lain dengan baik, kamu juga akan diperlakukan dengan baik. Sebaliknya, jika kamu memperlakukan orang lain dengan buruk kamu juga akan mendapatkan hal tersebut. Karena itu, jangan berharap mendapatkan kesetiaan, jika kamu sering meninggalkan.

  3. Kesetiaan adalah Hal yang Sulit Dicari

    “Mencari kesetiaan itu seperti mencari jarum di dalam tumpukan jerami.”

    Tips: Kesetiaan adalah hal yang sulit untuk ditemukan. Karena itu, jika kamu memiliki seseorang yang setia dan selalu ada untukmu, cobalah untuk mempertahankan. Selain itu, jangan hanya menuntut kesetiaan, kamu juga harus setia kepada orang lain.

  4. Jangan Menyesali Hari Kemarin

    “Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin, karena akan mengganggu hebatnya hari ini, dan akan merusak indahnya hari esok.”

    Tips: Jika kamu merasakan hari yang buruk kemarin, lupakanlah! Apa yang sudah terjadi biar terjadi. Mulai hari baru dengan semangat yang baru. Jadikan yang terjadi kemarin sebagai langkah mencapai tujuanmu di hari ini dan hari esok.

  5. Mulailah dengan Langkah Kecil

    “Sebuah langkah kecil adalah sebuah awal jalan yang panjang.”

    Tips: Saat menggapai sebuah tujuan, kita harus mulai dengan langkah yang kecil. Langkah pertama kita adalah awal dari perjalanan panjang yang akan kita lewati. Cobalah untuk berani mengambil langkah tersebut meskipun terlihat kecil dan tidak berarti.

  6. Teruslah Melangkah Jangan Berhenti

    “Jangan berhenti ketika lelah. Berhentilah ketika selesai.”

    Tips: Saat ingin mencapai tujuan, kita mungkin sering merasa lelah dan menyerah. Berpikir apakah ini saatnya untuk berhenti? saat itu terjadi, jangan coba untuk berhenti! kurangi kecepatan dan cobalah ingat apa saja yang sudah kamu lalui sebelumnya. Tanamkan dalam dirimu, kamu boleh berhenti saat kamu sudah mencapai tujuanmu!

  7. Jangan Pernah Takut Mencoba

    “Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi.”

    Tips: Jangan pernah takut untuk mencoba. Lakukanlah apa yang sudah kamu rencanakan. Kegagalan memang bisa terjadi dan setiap orang pasti pernah merasakannya. Tapi, kesuksesan juga bukan hal yang tidak mungkin. Maka cobalah dan kamu akan tau!

  8. Cintai dan Syukuri Pekerjaanmu

    “Apa pun pekerjaan yang kamu geluti, cintailah dan syukurilah.”

    Tips: Belajarlah untuk mencintai apapun yang kamu alami. Mencintai pekerjaan salah satunya. Mungkin awalnya akan sulit, tetapi dengan mencinta dan bersyukur, apapun yang kamu lakukan akan menjadi lebih mudah. Cobalah untuk melihat pekerjaanmu dengan sudut pandang yang lain.

  9. Jadilah Dirimu Apa Adanya

    “Jadilah dirimu sendiri. Orang tidak harus menyukaimu, dan kamu tidak perlu peduli.”

    Tips: Mendengarkan pendapat orang lain tidak akan ada habisnya. Jadi, mulailah untuk tidak usah memperdulikan mereka yang tidak menyukaimu. Jadilah dirimu sendiri. Mereka yang menyukaimu akan datang tanpa perlu kamu bersusah payah mengubah penampilan, karakter, dan sebagainya.

  10. Buatlah Peluang Menghampirimu

    “Jika peluang tidak mengetuk, bangunlah sebuah pintu.”

    Tips: Kamu mungkin bingung dan bertanya-tanya, kenapa mereka bisa berhasil atau kenapa aku tidak memiliki peluang seperti mereka. Padahal peluang yang kamu impikan tersebut tidak datang karena kamu tidak memiliki pintu untuk mereka mengetuk. Bangunlah pintu agar mereka datang menghampirimu.

  11. Jangan Pernah Berbuat Curang

    “Majulah tanpa menyingkirkan orang lain. Naiklah tanpa menjatuhkan orang lain.”

    Tips: Jika kamu ingin meraih tempat yang lebih tinggi, entah dalam pekerjaan, sekolah, atau hal lain. Cobalah untuk maju dengan cara yang adil, jangan pernah menjatuhkan orang lain untuk meraih apa yang kamu inginkan.

  12. Kesabaran adalah Obat Terbaik

    “Obat terbaik dari segala kesulitan adalah kesabaran”

    Tips: Setiap cobaan dan kesulitan menghampirimu cobalah untuk lebih bersabar. Memang tidak mudah, tetapi dengan sabar kita tidak perlu membuang energi berlebihan. Segala ujian dalam hidup pasti akan hilang perlahan. Kesabaran adalah obat dari segala obat hati.

  13. Jangan Takut untuk Berjalan

    “Jangan takut berjalan lambat, takutlah jika hanya berdiri diam.”

    Tips: Jangan pernah takut untuk mencoba, meskipun terlambat dan terhambat teruslah berjalan. Karena meskipun sedikit tapi progress pasti akan ada. Hal tersebut lebih baik daripada kamu diam di tempat dan tidak melakukan apapun.

  14. Nikmatilah Hidupmu

    "Memanjakan diri dengan menikmati hidup. Dengan tetap gaya hidup yang sederhana dan apa adanya."

    Tips: Kita mungkin sering merasa iri terhadap orang lain, tidak ingin tertinggal tren yang sudah ada, berusaha dan memaksakan diri menyesuaikan gaya hidup orang lain. Padahal hal tersebut sangatlah melelahkan. Coba nikmati hidupmu dengan hidup apa adanya dirimu, tidak meniru atau ingin menjadi orang lain.

  15. Bersyukur membuat Hidup Sempurna

    “Hidup akan terasa sempurna bagi mereka yang pandai bersyukur dan menikmati hidup apa adanya.”

    Tips: Jika kita mampu menikmati hidup apa adanya, mampu bersyukur dengan apa yang kita punya, kita akan merasa hidup kita lebih sempurna. Inti dari kesempurnaan adalah bersyukur atas apa yang kita miliki.

  16. Kemenangan Kecil bisa menjadi Kemenangan yang Besar

    “Kemenangan kecil lah yang memberimu keberanian dan kepercayaan diri untuk mencapai hal-hal yang lebih besar dalam hidup.”

    Tips: Saat kamu memeroleh kemenangan kecil, kamu akan lebih berani dan percaya diri untuk mencoba hal-hal lain yang bahkan lebih besar. Sebuah kemenangan baik kecil maupun besar artinya tetaplah sama, yaitu kamu mencapai garis finish dari tujuan yang kamu impikan, Tetaplah berjuang untuk mencapai kemenangan-kemenangan lain di hidupmu.

  17. Jangan Pernah Takut Gagal

    “Gagal adalah masalah kecil, namun putus asa adalah masalah yang besar.”

    Tips: Jangan pernah takut gagal saat kamu memimpikan keberhasilan yang besar. Kegagalan pasti akan terus menghampirimu, tetapi keberhasilan juga akan mendatangi jika kamu berusaha. Jangan takut gagal apalagi merasa putus asa. Akan ada banyak jalan untuk kamu memeroleh keberhasilan.

  18. Berani Melawan Arus

    “Orang yang tersesat adalah orang yang terus mengikuti arus keramaian.”

    Tips: Saat kamu tersesat kamu pasti mengikuti arus keramaian. Akan tetapi ketahuilah, kamu tidak akan pernah berhasil jika kamu selalu mengikuti dan meniru apapun yang dilakukan oleh orang lain. Cobalah lawan arus dan cari jalan hidupmu sendiri.

  19. Dunia Tidak Memihak Selamanya

    “Dunia tak lagi sama tak selamanya memihak kita, di saat kita mau berusaha di situlah kebahagiaan akan indah pada waktunya.”

    Tips: Ada saatnya memang terasa dunia seperti memihak kita tanpa kita harus berusaha, terutama ketika sedang dalam kesusahan. Namun, keberpihakan itu tidak akan terasa selamanya. Sebagai manusia, kita tetap harus berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang kita inginkan. Jika berusaha, kebahagiaan dan keindahan akan datang pada waktunya.

  20. Nikmati Hidup Sebelum Menyesal

    “Jangan menghabiskan seluruh hidup tanpa menikmatinya karena kamu akan menyesal saat melihat ke belakang.”

    Tips: Nikmatilah segala aspek dari kehidupanmu, baik di masa muda, sekarang, atau kemudian. Sebab, hari terus berjalan dan umur terus bertambah. Ketika sudah melalui satu masa dan masa itu tidak dinikmati, kamu pun akan menyesalinya.

  21. Saat Ini, Masa Lalu, Masa Depan

    “Hidup saat ini, lupakan masa lalu, dan jangan khawatirkan masa depan.”

    Tips: Kita semua hidup untuk masa ini, maka nikmatilah dan maksimalkanlah hidup itu. Tetapi, jika ada masa lalu yang mengganjal, lupakanlah dan fokus pada saat ini. Jika ada keinginan di masa depan, jalani saja saat ini. Sebab, saat ini akan menjadi masa lalu dan masa depan akan menjadi saat ini.

Baca juga: 12 Quotes Malam untuk Renungan Kehidupan

Jalani Hidup dengan Quotes Kehidupan yang Bermakna

Hidup adalah sebuah perjalanan, meskipun terasa melelahkan, cobalah untuk terus berjalan menikmatinya. Jika lelah, cobalah untuk mencari kata-kata yang bisa menyemangatimu, seperti quotes tentang kehidupan di atas.

Meskipun terlihat kecil dan sederhana. Tetapi kata-kata memiliki kekuatan yang bisa membangkitkan seseorang. Semoga kata-kata di atas, bisa menjadi solusi dalam setiap masalah yang kamu hadapi.