Kumpulan Quotes Pernikahan yang Bisa Bikin Hubungan Semakin Erat

Pernikahan adalah momen sakral yang menyatukan dua insan atas dasar cinta dan kasih sayang. Walaupun memiliki karakter yang tak sama, pernikahan mampu menyatukan kedua insan tersebut dalam satu ikrar yang akan bertahan selamanya, tak peduli dalam keadaan suka maupun duka. 

Dari awal pertemuan yang sekadar menganggapnya orang asing, menjadi teman dekat, lalu beranjak ke orang terkasih, pernikahan mewujudkan niatmu untuk menjalani hubungan yang lebih serius bersama pasangan. Karenanya, pastikan momen mempersunting orang paling berharga dalam hidupmu tersebut terasa spesial dan terukir seumur hidup dalam benaknya.

Untuk menyempurnakan rencana pernikahanmu bersama pasangan, melantunkan kalimat yang sesuai dengan isi hatimu bisa menjadi pilihan terbaik. Tak perlu repot mencari, Cermati telah mengumpulkan quotes pernikahan romantis dan penuh makna sebagai ucapan janji sehidup semati bersama pasangan. 

Kumpulan Quotes Tentang Pernikahan

loader

Quotes Tentang Pernikahan

  1. Lakukan Perjanjian Pernikahan dengan Penuh Suka Cita

    "Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita."

    Tips: Pernikahan adalah salah satu jenis ibadah yang bertujuan untuk meraih cinta Sang Pencipta. Karena bermuara pada cinta-Nya, maka sudah sewajarnya jika pernikahan dilakukan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Tidak hanya pada pasangan di atas pelaminan, namun kebahagiaan tersebut juga harus dirasakan oleh setiap orang yang menghadirinya. 

  2. Tanda dari Pernikahan yang Sukses

    "Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali dan selalu terhadap orang yang sama."

    Tips: Pernikahan bukanlah resolusi dari kisah cinta, namun permulaan dari cerita cinta sebenarnya yang jauh lebih panjang. Dan kunci dari sebuah pernikahan yang bahagia adalah berulang kali jatuh cinta terhadap orang yang sama, lagi dan lagi, tanpa henti hingga akhir hayat. 

  3. Pernikahan Menemukanmu dengan Pasangan Sampai Mati

    "Pernikahan itu sekali seumur hidup. Pasangan yang kamu pilih adalah pasanganmu sampai mati. Salah atau benar, itulah pasanganmu." - Anggun Prameswari

    Tips: Pernikahan bukanlah perhelatan yang bisa dengan mudahnya dirayakan berulang kali. Akan tetapi, pernikahan pada dasarnya hanya terjadi sekali seumur hidup dengan pasangan yang sepenuh hati kamu pilih dan bersedia menerimamu apa adanya. Apa pun yang terjadi di masa setelah pernikahan tersebut, dia akan tetap menjadi pasangan hidupmu yang harus dicintai sepenuh hati.

  4. Pernikahan Adalah Proses Menyatukan Momen Kecil Menjadi Kisah Cinta

    "Pernikahan seperti mosaik yang kita buat dengan pasangan kita, jutaan momen kecil yang menjadi kisah cinta.”

    Tips: Kisah cinta tidak begitu saja datang menghampiri hidup seseorang. Sebaliknya, kisah cinta yang sebenarnya tercipta dari jutaan momen kecil yang terjadi setiap hari dan dijalani dengan suka cita bersama pasangan. Oleh karena itu, tak jarang pernikahan akan menjadi awal dari kisah cintamu yang sebenarnya.

  5. Empat Syarat Pernikahan yang Bahagia

    "Ada empat persyaratan dalam setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan." - Elbert Hubbard

    Tips: Cinta tanpa kepercayaan hanya akan menimbulkan masalah hati yang jika terlalu lama dibiarkan menjadi penyakit. Walaupun memang pernikahan dilakukan atas dasar ibadah dan keimanan, namun, kepercayaan dari kedua belah pihak menjadi fondasi yang menjaganya tetap utuh dan berdiri tegap sepanjang hayat.

  6. Modal untuk Dapatkan Pernikahan Bahagia

    "Kenali masalahnya, ketahui risikonya, dan pelajari solusinya. Ini modal kamu untuk bisa punya pernikahan yang bahagia nanti."

    Tips: Dalam menjalani hidup pasca pernikahan, masalah akan selalu berdatangan, silih berganti, dan menggoyahkan cinta kedua insan yang sudah bersatu. Hal ini pulalah yang sering kali menjadi godaan untuk berpisah dan menjadikan kebersamaan tak menyenangkan. Namun, asal mampu mengenali masalahnya, memahami risikonya, serta mempelajari solusinya, pernikahan akan tetap terjaga dan selalu berakhir dengan kebahagiaan. 

  7. Tidak Hanya Cinta, Pernikahan Juga Memerlukan Jalinan Persahabatan

    "Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia. - Friedrich Nietzsche

    Tips: Dalam memilih pasangan hidup, jangan pernah hanya berpaut pada kekaguman atau rasa cinta saja. Akan tetapi, pastikan pula bahwa pasanganmu juga bisa menjadi sahabat yang selalu ada di setiap masalah maupun hal baik yang terjadi di hidupmu. Barulah dengan begitu kamu bisa merasakan pernikahan yang begitu membahagiakan. 

  8. Alasan Seseorang Mampu Jatuh Cinta

    "Kita jatuh cinta bukan karena menemukan orang yang sempurna, melainkan karena melihat kesempurnaan pada orang yang tidak sempurna."

    Tips: Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar bisa memunculkan rasa cinta, kamu harus bisa melihat kesempurnaan seseorang dari segala kekurangan yang dimilikinya. Dengan begitu kamu baru bisa melihat pasanganmu sebagai orang yang sempurna.

  9. Persahabatan yang Indah Adalah Bentuk Pernikahan yang Baik

    "Tidak ada persahabatan yang lebih indah, bersahabat, dan menyenangkan selain pernikahan yang baik.”

    Tips: Memiliki pasangan yang bisa dijadikan sebagai sahabat adalah anugerah yang sering kali tak disadari oleh banyak orang. Tidak hanya berlandaskan cinta atau bahkan nafsu semata, pernikahan yang baik hanya akan terlahir dari perasaan rela membantu dan berkorban di setiap fase kehidupan tanpa pamrih bersama pasangan.

  10. Jatuh Cinta Setiap Hari pada Orang yang Sama Merupakan Kunci Pernikahan Langgeng

    "Apa yang membuat pernikahan orang tua dulu langgeng berpuluh-puluh tahun? Karena mereka jatuh cinta setiap hari pada orang yang sama. Itulah yang terjadi. Maka, kesedihan apa pun, ujian seberat apa pun bisa dilewati dengan baik." - Tere Liye

    Tips: Rahasia pernikahan orang tua dulu senantiasa langgeng hingga berpuluh-puluh tahun adalah karena mereka selalu jatuh cinta pada orang yang sama setiap harinya. Sebab rasa cinta yang tak pernah pudar tersebut ujian hidup seberat apa pun akan terasa ringan dan lebih mudah untuk dihadapi bersama tanpa ada pertengkaran yang tak perlu. 

  11. Menikahlah dengan Orang yang Mampu Mendekatkan Surga Padamu, Bukan Sekadar Sudah Waktunya

    "Jangan menikah hanya karena didesak umur. Menikahlah kalau kamu sudah yakin bahwa dengannya surga akan lebih dekat kepadamu."

    Tips: Tak sedikit orang yang terburu-buru menikah karena umur terlihat sudah mapan. Padahal, pernikahan bukan sekadar karena umur yang memaksa, namun juga kecocokan pribadi diri dengan pasangan. Yang utama, hanya lakukan pernikahan ketika kamu meyakini bahwa kehidupan bersama pasangan nantinya mampu mendekatkanmu kepada surga-Nya dan juga berkah-Nya.

  12. Proses Mendapatkan Pernikahan Bahagia

    "Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan."

    Tips: Pernikahan bukanlah proses simpel yang bisa dengan mudahnya dilakukan oleh semua orang. Tanpa dua insan yang bersedia untuk saling mengerti, memahami, serta memaafkan, pernikahan hanya akan menjadi prosesi yang memunculkan kebencian dan penyesalan. Karena, sikap-sikap tersebutlah yang mampu menjadikan pernikahan penuh dengan kebahagiaan. 

  13. Pernikahan Bukanlah Sesuatu yang Begitu Saja Terjadi

    "A great marriage isn’t something that just happens; it’s something that must be created." - Fawn Weaver

    “Pernikahan yang baik bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja, melainkan pernikahan adalah sesuatu yang harus diciptakan.” - Fawn Weaver

    Tips: Segala hal yang baik menurut seseorang dan sesuai keinginannya tidak akan pernah bisa didapatkan tanpa usaha. Terutama dalam hal pernikahan, kebahagiaan hidup bersama pasangan hanya bisa tercipta saat kedua insan bekerja sama untuk menciptakan kebahagiaan tersebut. Jadi, berjuanglah bersama dengan pasangan agar pernikahan yang baik, membahagiakan, dan tanpa penyesalan bisa terwujud.

  14. Keindahan Pernikahan

    "The beauty of marriage is not always seen from the very beginning but rather as love grows and develops over time." - Fawn Weaver

    “Keindahan pernikahan tidak selalu terlihat dari awal tetapi lebih sebagai cinta yang tumbuh dan berkembang dari seiring waktu.” - Fawn Weaver

    Tips: Perselisihan di awal pernikahan bukanlah hal yang seharusnya dimasukkan dalam hati. Sebab, hal tersebut hanyalah bagian dari proses untuk menyatukan dua hati agar mampu tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu hingga mencapai titik kecocokan yang sempurna. 

  15. Pengorbanan dalam Pernikahan Adalah untuk Kesatuan Hubungan

    "When you make the sacrifice in marriage, you’re sacrificing not to each other but to unity in a relationship." - Joseph Campbell

    “Ketika kamu berkorban dalam pernikahan, kamu berkorban bukan untuk satu sama lain tetapi untuk kesatuan dalam suatu hubungan.” - Joseph Campbell

    Tips: Pengorbanan dalam sebuah pernikahan adalah hal yang lumrah terjadi. Dengan pengorbanan, kamu mampu menjamin pernikahan tetap utuh dalam satu kesatuan dan menjaga suatu hubungan. Yang terpenting, tetap sadari hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh pasangan, lakukan pengorbanan, dan juga hargai pengorbanan yang telah dilakukannya agar hubungan bisa terus bertahan selamanya. 

  16. Bentuk Cinta dalam Pernikahan

    "Mencintai bukan untuk menyamai, tetapi keikhlasan menerima perbedaan."

    Tips: Mencintai yang paling tulus bukanlah merubah pasangan kamu menjadi yang terbaik versi kita, tapi menjadi yang terbaik versi di. Dan sebagai pasangan yang baik, kamu harus belajar menerima perbedaan tersebut, karena perbedaan lah yang bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing baik kamu dan pasangan.

  17. Saling Mendukung dan Melengkapi

    "Pernikahan adalah selalu bersama dan tetap dalam satu tujuan, meski dengan cara yang terkadang berbeda."

    Tips: Dalam menjalani kehidupan pernikahan, perbedaan merupakan hal penting guna untuk bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. Baik kamu dan pasangan berhak menjalani cara yang berbeda dalam mempertahankan kebahagiaan dalam pernikahan, yang penting saling memahami dan menerima perbedaan tersebut.

  18. Pernikahan Tidak Hanya Butuh Cinta

    "Cinta tidak menciptakan pernikahan. Pernikahan yang sadar, terencana, menciptakan cinta. Hal yang sama terjadi dalam semua hubungan."

    Tips: Hanya memiliki perasaan cinta tidak cukup dalam membangun sebu.ah pernikahan yang kokoh dan harmonis. Pernikahan membutuhkan perencanaan yang tersusun rapih demi kehidupan dimasa depan yang lebih baik lagi bersama pasangan, dan kemudian si buah hati.

  19. Pernikahan yang Indah adalah Mereka yang Mampu Melihat Keindahan Pasangannya dengan segala Kekurangannya

    "Kita jatuh cinta bukan karena menemukan orang yang sempurna, melainkan karena melihat kesempurnaan pada orang yang tidak sempurna."

    Tips: Pilihlah pasangan hidup yang bisa menerima berbagai kekurangan mu dan tetap bisa melihat keindahanmu meskipun pada fase terburuk dalam hidupmu begitupun sebaliknya.

  20. Cintai Pasanganmu Sepenuhi Hati, Sampai Kamu Tidak Bisa Melihat yang Lain

    "Pasanganmu adalah rezekimu, pilihan adalah takdirmu. Maka janganlah memandang kepada selain milikmu dan janganlah membanding-bandingkan dengan yang bukan milikmu."

    Tips: Cintailah pasangan mu sepenuh hati, maka niscaya dia akan memberikan hal yang sama kepadamu. Terus belajar saling memahami dan perbedaan pasangan mu.

Jadikan Pernikahan Sebagai Sarana Menjalani Hidup Berumah Tangga Penuh Kebahagiaan

Itulah kumpulan quote pernikahan yang bisa kamu jadikan sebagai ucapan di pesta pernikahanmu nanti ataupun anniversary pernikahan bersama pasangan. Sebagai pengikat ikrar suci antara dua insan, semoga pernikahanmu berlangsung dengan baik sepanjang hayat dan menjadi jembatan pada kehidupan berumah tangga yang selalu diberkahi dengan kebahagiaan. 

Baca Juga Kumpulan Quotes Lainnya: