Kumpulan Quotes Sabar Penuh Inspirasi yang Bisa Membuat Hatimu Lebih Ikhlas Menjalani Hidup

Masalah dan tantangan sudah pasti akan silih berganti menemani kehidupan setiap manusia. Ibarat ujian, masalah dan tantangan tersebut ada untuk membuat seseorang mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta lebih siap menjalani kehidupannya di masa mendatang. Bukan sekadar karena kesialan atau kurangnya rasa cinta Tuhan terhadap kita, masalah tersebut datang juga berguna sebagai penguji kesabaran.

Di antara beragam hal yang kamu rasakan dalam hidup, senantiasa menjaga rasa sabar serta sikap pantang menyerah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada kalanya seseorang merasa hidup begitu tidak adil hingga memunculkan rasa marah dan sedih yang sulit untuk dibendung. 

Akan tetapi, percayalah bahwa di setiap masalah yang dihadapi dengan kesabaran dan sikap pantang menyerah, kamu pasti bisa mendapatkan hikmahnya di kemudian hari. Percaya dan yakin bahwa Tuhan saat ini tengah menempamu menjadi seorang dengan kualitas yang lebih bagus lagi dibanding sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kebahagiaan dan manfaat dari adanya ujian yang pernah dilalui sebelumnya.

Nah, agar kamu bisa lebih ikhlas menjalani hidup yang mungkin sedang memiliki banyak rintangan seperti sekarang ini, Cermati telah mengumpulkan quotes sabar dan ikhlas penuh makna nan inspiratif.

20 Quotes Sabar dan Ikhlas

loader

Quotes Sabar dan Ikhlas

  1. Percayalah Akan Keajaiban Bersabar

    "Satu momen kesabaran bisa menangkal bencana besar. Satu momen ketidaksabaran bisa menghancurkan seluruh hidup." - Pepatah Cina

    Tips: Dalam hidup, tak sedikit masalah muncul dan semakin memburuk karena tidak dihadapi dengan sikap sabar dan tenang. Dengan kesabaran, seseorang pasti akan lebih mampu untuk berpikir lebih jernih dan positif guna mencari solusi dari segala masalah yang sedang dihadapinya. Sebaliknya, jika dihadapi dengan amarah, apalagi yang meruah-ruah, masalah tidak akan terselesaikan dan malah menjadi semakin parah serta berimbas panjang hingga seumur hidup.

  2. Kesabaran Memupuk Kebijaksanaan

    "Kesabaran adalah pendamping kebijaksanaan." - St. Augustine

    Tips: Kebijaksanaan bukanlah sebuah sikap yang datang dan dimiliki oleh seseorang begitu saja. Selain melalui pengalaman hidup dan mengambil hikmah dari segala masalah yang pernah dihadapinya, kebijaksanaan dapat muncul karena kesabaran. Itulah mengapa kesabaran dianggap sebagai pendamping dari kebijaksanaan seseorang.

  3. Sabar Kunci Kemenangan

    "Kehilangan kesabaran berarti kalah dalam pertempuran." - Mahatma Gandhi

    Tips: Dalam pertempuran, kemampuan membaca pergerakan lawan merupakan kunci penting untuk bisa meraih kemenangan. Namun, kemampuan tersebut tidak akan bisa didapat tanpa adanya sikap sabar. Begitu juga dalam hidup yang perlu dijalani dengan penuh kesabaran agar bisa mengambil langkah yang tepat dan terbaik demi meraih keberhasilan di masa mendatang.

  4. Sikap Sabar Bukanlah Anugerah yang Didapat Serta-Merta

    "Kesabaran tidak bisa didapat dalam semalam. Ini seperti membangun otot. Setiap hari kamu perlu memakainya." - Eknath Easwaran

    Tips: Kesabaran bukanlah anugerah yang diberikan oleh Sang Pencipta secara serta-merta kepada segelintir orang saja. Melainkan, kesabaran perlu dilatih dan ditempa setiap hari agar semakin kuat tertanam dalam hati. Karenanya, cobalah untuk senantiasa bersabar di antara berbagai hal tak menyenangkan yang mungkin saja bisa terjadi setiap hari dalam hidupmu.

  5. Kesabaran Merupakan Kekuatan

    "Kesabaran adalah kekuatan. Kesabaran bukanlah tidak adanya tindakan; melainkan 'waktu' yang menunggu pada waktu yang tepat untuk bertindak, untuk prinsip yang benar dan dengan cara yang benar." - Fulton J. Sheen

    Tips: Tak sedikit orang yang menganggap bahwa sabar sebagai suatu sikap tanpa adanya tindakan apa pun. Padahal, kesabaran lebih mengarah kepada menunggu waktu yang lebih tepat untuk bertindak, dengan prinsip dan juga cara yang tepat pula. Menjadi kekuatan, kesabaran mampu membuatmu mengambil langkah yang sempurna terhadap suatu kesempatan yang mungkin hanya akan datang sekali seumur hidup. 

  6. Bendung Beragam Sifat Buruk dengan Kesabaran

    "Kesabaran memperkuat semangat, mempermanis amarah, menahan amarah, memadamkan iri hati, menaklukkan kesombongan, mengekang lidah, menahan tangan, dan menginjak-injak godaan." - George Horne

    Tips: Siapa sangka jika dengan bersabar mampu memberikan efek beruntun yang bisa menutup pintu terhadap berbagai sifat buruk? Namun, fakta inilah yang dimiliki oleh seseorang dengan sifat yang sabar.  

  7. Tempa Diri dengan Kesabaran

    "Kesabaran dan keheningan adalah dua energi yang kuat. Kesabaran membuatmu kuat secara mental, diam membuatmu kuat secara emosional." - BK Shivani

    Tips: Kesabaran dan keheningan sering kali dianggap sebagai suatu hal yang sepele dan tak bermanfaat. Padahal, melalui kesabaran seseorang mampu mendapatkan mental yang lebih kuat, dan melalui keheningan seseorang mampu mendapatkan kondisi emosional yang lebih baik. Jadi, jangan pernah sekalipun memandang kesabaran dan keheningan dengan sebelah mata.

  8. Sabar Bukanlah Tanda Kelemahan

    "Banyak orang mengira kesabaran itu tanda kelemahan. Saya pikir itu adalah kesalahan. Kemarahan adalah tanda kelemahan, sedangkan kesabaran adalah tanda kekuatan." - Dalai Lama

    Tips: Kesabaran bukanlah tanda seseorang lemah atau tak mampu berbuat apa pun. Sebaliknya, kesabaran adalah bukti kekuatan yang sebenarnya jarang dimiliki oleh banyak orang. Di lain sisi, lawan kesabaran, yakni kemarahan merupakan tanda kelemahan pada diri seseorang yang tak mampu mengontrol perasaannya sendiri.

  9. Salah Satu Kunci Kesuksesan Adalah Sabar

    "Ambillah sebuah ide, dedikasikan dirimu padanya, berjuanglah dalam kesabaran, dan matahari akan terbit untukmu." - Swami Vivekananda

    Tips: Tanpa perjuangan yang dilakukan dengan penuh kesabaran, ide sebaik apa pun tidak akan pernah bisa terwujud dan memberikan keberhasilan yang sempurna. Ide yang baik akan berakhir baik pula jika dibumbui dengan dedikasi serta perjuangan yang dilengkapi dengan kesabaran. Percayalah bahwa rumus tersebut dapat membawa kesuksesan dan kejayaan padamu selayaknya matahari yang terbit seiring berjalannya waktu. 

  10. Tanda Cinta Sejati

    "Kesabaran adalah tanda cinta sejati. Jika benar-benar mencintai seseorang, kamu akan lebih sabar dengan orang itu." - Thich Nhat Hanh

    Tips: Cinta sejati bukanlah pertemuan dua insan yang langsung mendapat kecocokan tanpa usaha untuk menyamakan terlebih dahulu. Melainkan, cinta sejati dapat memunculkan kesabaran dari seseorang untuk mampu menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangannya, serta melakukan penyesuaian dengan dirinya. Kesabaran itulah yang menjadi tanda dari suatu cinta sejati. 

  11. Bersabar Adalah Bentuk Konsistensi

    "Kesabaran bukanlah tentang tidak melakukan apa-apa. Kesabaran adalah tentang terus-menerus melakukan semua yang kamu bisa. Tapi bersabar tentang hasil."

    Tips: Bersabar tak sama artinya dengan tidak melakukan apa pun. Sebaliknya, bersabar merupakan salah satu fondasi dari sebuah konsistensi agar terus berjuang melakukan sesuatu secara terus-menerus tanpa berpikir untuk menyerah. Dalam kata lain, kesabaran adalah hal yang bisa menuntunmu kepada keberhasilan dan mencegah terjadinya kegagalan yang menyakitkan. 

  12. Hanya dengan Kesabaran Kamu Bisa Mendapatkan yang Pantas

    "Bersikaplah cukup kuat untuk melepaskan dan cukup sabar untuk menunggu apa yang pantas kamu dapatkan.”

    Tips: Hampir semua hal yang terbaik akan datang melalui proses yang panjang dan penuh liku. Terkadang, agar bisa mendapatkan yang terbaik dan pantas, kamu perlu bersikap kuat untuk melepaskan, serta sabar menunggu datangnya sosok tersebut. Pasalnya, hampir tidak ada hal baik yang datang jika didapatkan secara terburu-buru dan dipaksakan. 

  13. Makna Bersabar dengan Wujud yang Berbeda

    "Sabar dengan orang lain adalah cinta, sabar dengan diri sendiri adalah harapan, sabar dengan Tuhan adalah iman.”

    Tips: Kesabaran akan berganti wujud sesuai maksud sikap tersebut dilakukan. Pada diri sendiri, kesabaran disebut sebagai harapan, pada orang lain kesabaran dianggap sebagai cinta, dan kesabaran pada Sang Pencipta adalah bentuk keimanan. Jadi, jangan pernah menganggap kesabaran sebagai suatu sikap yang hanya memberikan satu makna saja. 

  14. Kadang, Hal Terburuk Perlu Dilalui untuk Dapatkan yang Terbaik

    "Sabar. Terkadang kamu harus melalui yang terburuk untuk mendapatkan yang terbaik."

    Tips: Kesabaran adalah suatu hal yang diperlukan agar bisa mendapatkan hal terbaik dalam hidup. Pasalnya, tak jarang hal yang terburuk perlu dilalui terlebih dahulu agar hal yang terbaik tersebut bisa muncul. Tidak selalu berupa ujian, hal terburuk tersebut bisa membentuk dirimu untuk lebih menghargai hal baik yang nantinya didapatkan dan menganggapnya sebagai sesuatu yang sempurna. 

  15. Orang Sabar Tak Pernah Gentar

    "Jangan pernah membayangkan sakitnya hati orang yang ikhlas, sekeras apa pun kamu berusaha menyakitinya, hanya akan membuatnya lebih kuat untuk bersyukur."

    Tips: Ibarat tembok yang kokoh, orang yang sabar dan ikhlas tidak akan goyah dengan segala masalah ataupun hal yang menyakitinya. Berdampak seperti semen yang membuatnya semakin tegak berdiri, hal buruk yang terjadi pada orang sabar hanya akan membuatnya semakin kuat dalam menghadapi masalah lain yang mungkin akan terjadi ke depannya. 

  16. Bijak dengan Kesabaran 

    "Kesabaran adalah pendamping kebijaksanaan." - St. Augustine

    Tips: Setiap orang yang dianggap memiliki kebijakan dan nasihat yang baik dan bermanfaat pasti merupakan orang yang juga memiliki kesabaran yang besar. Itu karena setiap permasalahan yang menimpa dalam kehidupan mereka membuat mereka semakin kuat baik secara fisik ataupun emosional dan mampu melihat keindahan dibalik setiap hal yang buruk yang sedang menimpanya. Itu kenapa, orang yang sabar pasti memiliki kebijakan dalam dirinya begitu juga sebaliknya

  17. Sukses = Kesabaran

    "Dia yang memiliki kesabaran dapat memiliki apa yang dia mau." - Benjamin Franklin

    Tips: Untuk meraih kesuksesan yang besar, maka tidak ada yang namanya proses yang mudah dan mulus. Pasti kamu harus menghadapi berbagai kegagalan dan kekalahan. Tapi karena usaha tiada mengkhianati hasil, kegigihan bukanlah satu-satunya dibutuhkan dalam meraih target kesuksesan yang diinginkan. Kesabaran yang ekstra juga penting yaitu kekuatan pantang menyerah walaupun harus mencoba berkali-kali.

  18. Keberhasilan yang Berbuah dari Kesabaran

    "Kesabaran itu pahit, tapi buahnya manis." - Aristoteles

    Tips: Dalam mencapai sebuah keberhasilan atau kesuksesan, selain kegigihan, rasa optimis yang tinggi kamu juga harus memiliki kesabaran yang ekstra. Karena percuma jika kamu memiliki keterampilan dan materi untuk mencapai kesuksesan tersebut tapi sekalinya menghadapi kegagalan langsung menyerah.

  19. Menjaga Kesabaran adalah Salah Satu Skill Terbaik

     "Kesabaran bukanlah kemampuan untuk menunggu, tetapi kemampuan untuk menjaga sikap yang baik saat menunggu.” - Joyce Meyer.

    Tips: Mengutamakan kesabaran bukan artinya kamu cuman bisa menunggu tapi bisa melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat selama menunggu. Bisa diartikan dalam menjalani hidup guna mencapai keinginan atau keberhasilan, hanya sekedar menjalani dan mengharapkan hasil terbaik tidaklah cukup, tapi diperlukan juga langkah-langkah lain yang bisa dilakukan selama menunggu baik itu mempertajam skill atau menciptakan yang baru.

  20. Kesabaran pada Setiap Fase Kehidupan

    "Sabar dengan orang lain adalah cinta, sabar dengan diri sendiri adalah harapan, sabar dengan tuhan adalah iman.”

    Tips: Sabar bisa menjadi bentuk kasih sayang kepada orang yang kita sayangi termasuk diri sendiri dan kepada keimanan kita. Dengan bersabar kamu juga membuktikan betapa berharganya mereka dalam kehidupanmu.

Jangan Pernah Berhenti Berharap dan Bersabar

Tidak ada yang bisa memastikan apa yang bakal terjadi pada hidup seseorang ke depannya. Namun, yang terpenting, percayalah bahwa ada banyak hal baik yang bisa kamu dapatkan dalam hidup di kemudian hari. Hingga hari-hari tersebut tiba, tanamkan dalam diri makna pada quotes tentang sabar di atas dan jangan berhenti berharap dengan tetap berusaha semaksimal mungkin di kehidupanmu saat ini. 

Baca Juga Kumpulan Quotes Lainnya: