Ragam Manfaat Video ASMR, Ini Faktanya!

Pernah dengar istilah ASMR? Beberapa tahun belakangan, istilah cukup populer bahkan menempati urutan ketiga terpopuler di kolong pencarian di kanal YouTube.

Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan ASMR? Padahal, konon kabarnya ASMAR ini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dari masalah kecemasan hingga insomnia. Daripada penasaran, simak dulu yuk ulasan lengkapnya berikut.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sekilas tentang ASMR

loader

Pernahkah kamu merasakan perasaan yang tenang, bahagia, merinding, atau bahkan menggelitik saat mendengar suara suatu benda atau gemericik air? Bisa jadi hal itu karena adanya ASMR. Memangnya apa sih ASMR itu? 

ASMR atau autonomous meridian response merupakan munculnya sensasi tertentu pada tubuh akibat stimulus auditori atau visual. Hal tersebut merupakan kondisi emosi yang kompleks dan dialami sebagian orang saat melihat, mendengarkan atau merasakan sesuatu. Contohnya saja seperti suara bisikan,  gesekan benda, gerakan tangan hingga suara sentuhan.

Dikutip dari scientificamerican, ASMR mulai muncul di dunia Internet sekitar tahun 2007. Saat itu, seseorang dengan nama akun “okay whatever” membagikan pengalamannya mengenai sensasi ASMR ke sebuah forum diskusi tentang kesehatan daring.

Akan tetapi, saat itu fenomena unik tersebut belum memiliki nama. Saking fenomenalnya, banyak yang kemudian membuat konten ASMR. Bahkan pembuat konten ASMR pun juga mendapat julukan sebagai ASMRtist.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Youtuber adalah Profesi yang Menjanjikan

Ragam Manfaat Konten Video ASMR

loader

Fenomena ASMR ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari mulai mengatasi masalah gangguan tidur hingga meredakan rasa nyeri. Berikut diantaranya.

1. Mengatasi masalah Insomnia

Percayakah kamu jika nonton video ASMR bisa mengatasi masalah insomnia? Jika kamu mengalami masalah gangguan tidur, tidak ada salahnya untuk nonton video ASMR saat malam hari.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Multisensory Research di tahun 2017 yang lalu menyebutkan bahwa ASMR mampu membantu masalah gangguan tidur pada penderita insomnia. Sekitar 41% peserta survei menyatakan jika video ASMR yang mereka tonton mampu membantu mereka tertidur lebih mudah.

2. Meningkatkan suasana hati

Sedang merasa sedih atau berduka saat ini? Coba tenangkan diri dengan nonton video ASMR. Penelitian yang dilakukan Sheffield University serta Manchester Metropolitan University, menyebut jika nonton video ASMR bisa mengurangi perasaan sedih yang dirasakan.

Sekitar 80% dari peserta melaporkan adanya efek yang cukup positif pada perubahan suasana hati yang mereka alami. Seseorang yang berisiko mengalami depresi juga melaporkan jika ASMR mampu meningkatkan mood atau suasana hati yang kurang stabil.

3. Memberikan efek yang menenangkan

Dikutip dari journals.plos.org, dengan nonton video ASMR disebut-sebut mampu memberikan efek yang menenangkan. Hal ini dikaitkan dengan adanya penurunan ritme detak jantung serta meningkatnya tingkat konduktansi pada kulit.

Sebuah temuan menunjukkan jika ASMR menjadi pengalaman yang cukup andal, bahkan secara fisiologis memberikan manfaat terapeutik bagi kesehatan fisik dan juga mental.

4. Menurunkan tingkat stres

Dikutip dari huffingtonpost, riset terbaru yang dilakukan dari SEMRush menyebutkan jika penelusuran dengan keyword ASMR naik sekitar 22% selama masa karantina di Inggris.

Hal ini karena sebagian besar orang mengalami stres akibat tak bisa beraktivitas secara normal seperti biasanya. Untuk menurunkan stres tersebut, kebanyakan orang mulai nonton video di kanal Youtube yang kategorinya ASMR. Seketika, stres yang dirasakan bisa mereda meski memang hal ini tetap membutuhkan penelitian yang lebih mendalam.

Baca Juga: Bagaimana Langkah Jitu Menghasilkan Uang dengan Cepat dari YouTube?

5. Membantu menaikan fokus 

Percaya atau tidak, dengan menonton konten video ASMR nyatanya mampu meningkatkan fokus, baik saat bekerja maupun belajar. Penelitian dari Panasonic, menyebutkan bahwa sekitar 7% orang dewasa yang ada di Inggris, saat bekerja mereka juga mendengarkan konten ASMR. Riset yang lain juga menyebut setidaknya seperlima dari orang-orang yang mengalami ADHD atau ADD melaporkan jika konten ASMR sangat membantu mereka agar lebih fokus.

6. Membuat kualitas tidur meningkat

Kerap merasa cemas saat tidur malam hari atau sering terbangun sendiri? Sebelum tidur, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk nonton video ASMR.

Riset menunjukkan, menonton konten video ASMR bisa memperbaiki kualitas tidur sehingga meningkatkan ADHD serta fungsi kognitif yang lainnya.

7. Mengurangi Rasa Nyeri

Untuk manfaat yang satu ini memang membutuhkan penelitian yang lebih mendalam. Namun, hasil survei yang dari Department of Psychology dari Swansea University di Britania Raya menyebutkan jika 42% peserta survei percaya dengan menonton konten video ASMR mampu membuat rasa nyeri mereda.

Hal-hal Kecil yang Memiliki Manfaat Besar  

Meski terdengar agak aneh namun konten video ASMR begitu fenomenal. Ternyata hanya dengan suara saja, bisa memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental secara tidak langsung. Untuk itu, jangan pernah menganggap sepele hal-hal kecil yang kita lihat, karena siapa sangka jika manfaatnya begitu mencengangkan!

Baca Juga: Kasus Youtuber Prank Ojol, Viral! ini Aturan Youtube yang Seharusnya Ditaati