Rahasia Taklukkan Tes Potensi Akademik (TPA) agar Tak Lagi Jadi Momok

Bagi yang sedang meniti karier, Anda pasti pernah mendapati beberapa proses rekruitmen saat mendaftar CPNS atau karyawan di sebuah perusahaan swasta. Anda mungkin menyadari bahwa salah satu tahapan seleksi yang ada pada proses rekrutmen tersebut adalah Tes Potensi Akademik atau TPA.

Ya, TPA bisa disebut sebagai salah satu tes yang wajib dikerjakan oleh para pencari kerja sebelum diterima di sebuah perusahaan atau lembaga pemerintahan. Nyatanya, saat mendaftar ke perguruan tinggi, calon mahasiswa juga diharuskan untuk mengerjakan Tes Potensi Akademik sebagai salah satu syarat seleksi.

Tak hanya di Indonesia, Tes Potensi Akademik juga seringkali diberlakukan di seluruh penjuru dunia. Namun, di taraf internasional, TPA dikenal dengan istilah GRE, singkatan dari Graduate Record Examination. GRE inilah yang setara dengan TPA yang berlaku di Indonesia.

TPA adalah serangkaian tes yang berisi empat bagian. Di masing-masing bagian, ada beberapa kategori pertanyaan yang berbeda, yaitu, tes Bahasa, tes numerik atau yang berhubungan dengan angka, tes gambar, dan juga tes logika. 

Tentunya, semakin banyak pertanyaan yang bisa dijawab, semakin tinggi pula nilai yang didapatkan peserta. Namun, seiring berkembangnya zaman, saat ini Tes Potensi Akademik Online pun tersedia.

Menjadi salah satu syarat penting dalam proses rekrutmen bekerja serta masuk perguruan tinggi, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari cara mendapatkan nilai TPA yang tinggi. 

Untuk itu, bagi Anda yang akan mengerjakan Tes Potensi Akademik, simak rahasia agar nilai yang didapatkan semakin tinggi. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Cepat Mendapat Pekerjaan

7 Rahasia Sukses Jalani Tes Potensi Akademik (TPA)

1. Lakukan Simulasi Tes Potensi Akademik Sesering Mungkin

Lakukan Simulasi Tes Potensi Akademik

Sesuai dengan ungkapan “proses tidak akan mengkhianati hasil”, Anda bisa mendapatkan nilai TPA yang tinggi saat sering malakukan belajar dan latihan. Semakin sering melakukan simulasi mengerjakan TPA, semakin besar pula nilai yang bisa didapatkan.

Biasanya, Anda akan diberi waktu beberapa bulan sebelum Tes Potensi Akademik dilaksanakan. Untuk itu, pergunakan waktu yang cukup lama tersebut dengan sering mencari materi yang biasa ditanyakan pada TPA. Tentunya, hal ini akan menjadi harapan utama untuk dapat meraih nilai yang tinggi pada Tes Potensi Akademik.

Anda dapat membeli buku kumpulan soal TPA dari kurun waktu beberapa tahun sebelumnya di banyak toko buku. Bahkan, Anda juga dapat mencari kumpulan soal TPA di internet / Contoh Soal Tes Potensi Akademik online yang bisa didapatkan secara gratis. Namun, agar soal yang didapatkan kredibel, membeli buku simulasi TPA bukanlah hal yang merugikan untuk dilakukan.

Setelah mendapatkan bahan belajar tes tersebut, pastikan bahwa Anda rutin mempelajarinya. Bila perlu, saat memiliki waktu senggang di akhir pekan, cobalah untuk melakukan simulasi Tes Potensi Akademik. 

Hal ini bertujuan agar Anda tidak kaget dengan jenis soal yang biasanya ditanyakan pada TPA dan dapat membangun strategi dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan secara efisien. Selain itu, Anda juga tidak lagi merasa gugup saat tes yang sungguhan dilaksanakan. Dengan begitu, soal-soal dapat dikerjakan dengan lebih cermat dan mendapatkan skor yang maksimal.

2. Biasakan Diri dengan Jenis Soal Tes Potensi Akademik (TPA) Terbaru

Biasakan Diri dengan Berbagai Macam Tes Potensi Akademik Terbaru

Meski memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mengetahui kemampuan akademis seseorang, Tes Potensi Akademik ternyata memiliki tingkat kesulitan yang beragam, lho! Hal ini disebabkan karena penyelenggara tes tersebut yang berbeda dan memiliki tujuan perekrutan yang tak sama pula. Tentunya, Anda perlu mempersiapkan diri dengan kemungkinan tingginya tingkat kesulitan soal TPA nantinya.

Sebagai contoh, saat mengerjakan soal TPA yang diselenggarakan oleh Bappenas, tingkat kesulitannya akan berbeda dengan TPA sebagai syarat kuliah pasca sarjana. Oleh sebab itu, pergunakan waktu yang dimiliki untuk mempelajari karakteristik serta jenis soal yang sering keluar pada Tes Potensi Akademik. 

Mencari karakteristik soal TPA terbaru yang biasa digunakan oleh penyelenggara seleksi juga perlu dilakukan. Cara ini dapat memberikan nilai minimum yang harus Anda dapatkan agar dikategorikan sebagai pelamar yang lolos seleksi TPA. Jadi, mengakrabkan diri dengan soal TPA keluaran terbaru wajib untuk dilakukan agar tahapan seleksi ini dapat dilewati dengan sukses.

3. Strategi Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik Kategori Verbal

Soal Tes Potensi Akademik

Saat mengerjakan Tes Potensi Akademik di kategori verbal, Anda diharuskan untuk menjawab soal yang berkaitan dengan sebuah bahasa. Biasanya, soal yang ditanyakan adalah arti sebuah kata atau peribahasa, antonim, sinonim, dan lain sebagainya. Juga perlu menambah wawasan seputar Bahasa Indonesia agar soal di kategori ini bisa terjawab dengan lancar.

Membaca buku atau berita di sela kesibukan harian juga perlu dilakukan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan beragam kosakata baru dan mengetahui maknanya. Melakukan kebiasaan tersebut juga memungkinkan untuk menemukan kata yang jarang digunakan dalam kegiatan komunikasi sehari-hari.

Alhasil kemampuan dalam mengerjakan soal di kategori verbal ini akan meningkat dengan cukup signifikan. Kemungkinan mendapatkan skor TPA yang tinggi pun akan semakin besar. Jadi, usahakan untuk mempelajari soal di kategori verbal ini karena banyak yang menganggapnya paling mudah ketimbang soal TPA di kategori lainnya.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian? Lakukan Tips Ini

4. Strategi Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik Kategori Numerik

Tes Potensi Akademik Numerik

Sesuai dengan namanya, soal TPA di kategori numerik berhubungan dengan angka dan rumus matematika dasar. Kategori inilah yang seringkali dianggap momok oleh para peserta TPA dan membuat nilai yang didapatkan jeblok.

Namun, agar nilai TPA bagus, Anda tidak harus menjadi seorang lulusan jurusan matematika terlebih dahulu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, soal matematika di kategori ini adalah tingkat dasar saja. Jadi, soal yang ditanyakan adalah soal yang biasa dikerjakan oleh siswa SD hingga SMA saja.

Saat mengerjakan soal di kategori ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya adalah belajar cara menghitung yang cepat. Karena ada batas waktu dalam mengerjakan soal TPA, Anda perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik agar waktu tidak habis secara cuma-cuma untuk hitungan yang sebenarnya sederhana.

Selain itu, trik sukses dalam mengerjakan soal di kategori numerik ini adalah mencari soal yang sekiranya mudah dan mampu dikerjakan. Pastikan Anda mengerjakan soal yang benar-benar bisa diselesaikan agar nilai tes tidak berkurang karena menjawabnya dengan tidak tepat. Untuk itu, pastikan untuk melihat soal di kategori ini secara menyeluruh terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyelesaikan sebuah pertanyaan.

Dalam mengerjakan soal numerik, kemampuan dalam berlogika juga seringkali berpengaruh. Jika kemampuan logika yang dimiliki cukup baik, bukan tidak mungkin Anda akan merasa mudah untuk mengerjakan soal di kategori numerik. Jadi, sering-seringlah melakukan latihan berpikir logis agar Tes Potensi Akademik Anda mendapatkan skor yang memuaskan.

5. Konsentrasi dengan Kategori yang Sedang Dikerjakan

Tes Potensi Akademik

Sama halnya saat mengerjakan tes atau ujian pada umumnya, Anda perlu memfokuskan diri pada kegiatan tersebut sepenuhnya. Tujuannya agar konsentrasi tidak terpecah yang berpotensi menjadi hambatan dalam menjawab soal dalam tes tersebut.

Buang jauh-jauh keresahan serta pikiran yang dapat mengganggu fokus Anda saat mengerjakan soal TPA. Pastikan pula bahwa memilih soal dari yang paling mudah dan mampu diselesaikan. Dengan begitu, Anda tidak kehabisan waktu untuk menjawab soal yang sulit atau yang memerlukan proses penyelesaian yang panjang.

6. Cukupkan Istirahat Sebelum Tes Dilaksanakan

Istirahat yang Cukup

Dalam pelaksanaan TPA, Anda diharuskan untuk menjawab ratusan pertanyaan dalam kurun waktu beberapa jam. Selama kurun waktu tersebut, Anda akan tanpa henti menggunakan setiap sel yang ada dalam otak untuk berpikir. Untuk itu, menjaga kondisi tubuh agar tetap fit adalah hal yang wajib dilakukan beberapa hari sebelum tes dilaksanakan.

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh lebih kuat menghadapi risiko terjangkit penyakit. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin agar kondisi senantiasa prima sampai Tes Potensi Akademik selesai dilaksanakan. Dengan begitu, nilai tes yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

7. Jangan Lupa Berdoa agar Lancar Mengerjakan Soal TPA

Jangan Lupa Berdoa sebelum TPA

Selain tubuh yang sehat, Anda juga perlu memastikan bahwa batin berada dalam kondisi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan berdoa dan meminta restu kedua orang tua jika memungkinkan. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih siap berjuang mengerjakan soal TPA.

Percaya atau tidak, memiliki pikiran yang tenang akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan soal TPA. Konsentrasi akan menjadi tidak gampang terpecah saat tengah mengerjakan soal. Untuk itu, jangan lupa untuk berdoa agar Tes Potensi Akademik dapat Anda kerjakan dengan lancar dan nilai maksimal akan bisa untuk diraih.

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja

Tes Potensi Akademik Bukan Lagi Momok yang Menyeramkan dengan Persiapan yang Tepat

Karena berpotensi untuk membuka peluang untuk bisa mendapatkan masa depan yang lebih cerah, banyak orang yang merasa gugup saat mengerjakan soal Tes Potensi Akademik. Namun, saat memahami tentang soal yang biasa ditanyakan pada tes tersebut dan melakukan banyak persiapan, TPA tidak lagi menjadi momok yang menyeramkan.

Untuk itu, lakukanlah tips menaklukkan Tes Potensi Akademik tersebut agar nilai yang didapatkan memuaskan.