Raih Karir Internasional dengan Bekerja di Perusahaan Multinasional

Bekerja di perusahaan multinasional merupakan impian banyak orang. Bagaimana tidak? Perusahaan-perusahaan seperti ini memang membuka peluang kerja yang lebih luas, bahkan untuk kamu yang memiliki mimpi ingin bekerja di luar negeri. Bukan hanya itu saja, gaji yang ditawarkan setiap bulannya juga tidak main-main, belum lagi tunjangan hingga adanya bonus yang diberikan.

Pada umumnya, perusahaan multinasional memiliki satu kantor utama yang akan menjadi pusat koordinasi global manajemennya dan terdapat kantor cabang di beberapa negara terpilih. Dengan begitu, jika kamu bekerja di perusahaan seperti ini, maka kamu tentunya harus siap jika sewaktu-waktu ditempatkan di negara lain, sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja perusahaan itu sendiri. 

Selain itu, kamu akan memiliki kesempatan bekerja dengan orang-orang dari berbagai negara. Hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga, terutama untuk kamu yang suka berpetualang dan bertemu dengan orang-orang dengan kebudayaan yang beragam. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Peluang Karir di Perusahaan Multinasional

Terkait urusan karir, perusahaan multinasional akan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi setiap karyawannya untuk mengembangkan karir mereka. Perusahaan akan melihat berdasarkan prestasi yang dimiliki karyawan, tanpa melihat berbagai hal lainnya yang tidak penting, seperti: ras, jenis kelamin, agama, dan lainnya. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri untukmu, apalagi jika kamu berniat untuk mengejar karir hingga ke jenjang yang paling tinggi di perusahaan ini.

Untuk bekerja di perusahaan multinasional, kamu tentu harus memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu. Tingkat persaingan saat masuk akan begitu tinggi, mengingat jangkauan perusahaan ini sangat luas hingga ke berbagai negara sekaligus. 

Menguasai bahasa asing (Inggris) dengan baik merupakan hal wajib, sebab perusahaan multinasional biasanya membuat syarat sertifikasi Bahasa Inggris bagi pelamarnya, seperti: TOEFL, IELTS, atau TOEIC dengan jumlah minimal skor tertentu. 

Selain itu, pengalaman kepemimpinan juga tentu akan sangat dibutuhkan ketika masuk ke dalam perusahaan multinasional. Kebanyakan perusahaan menginginkan pegawai yang cakap dan sudah memiliki pengalaman bekerja di dalam tim atau bahkan menjadi pemimpin tim itu sendiri. 

Kemampuan menangani masalah dan tugas juga akan menjadi pertimbangan penting lainnya, terutama untuk kamu yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Persiapkan semua ini dengan baik, agar peluang kamu berkarir di perusahaan multinasional bisa terbuka dengan lebar.

Baca Juga: Rahasia Sukses Agar Karir Melesat, Ini 10 Keahlian Dasar yang Wajib Dimiliki di 2020

Perusahaan Multinasional yang Bisa Dijadikan Pilihan

1. Google

google

Google menjadi perusahaan multinasional yang paling banyak diminati hingga saat ini. Perkembangan perusahaan yang satu ini memang begitu pesat, dan bahkan belum bisa tertandingi.

Bergerak di layanan jasa dan juga produk internet, Google memang memiliki berbagai produk yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh belahan dunia. Jadi tidak mengherankan jika bekerja di perusahaan ini menjadi impian banyak orang. Berdiri sejak 1998 di Menlo Park, California, Google kini sudah memiliki kantor di Indonesia, tepatnya di Pacific Century Place Tower Level 45 SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman No.53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

2. Microsoft

mc

Microsoft Corporation merupakan perusahaan multinasional teknologi yang memiliki banyak bisnis sekaligus. Bukan hanya melakukan kegiatan produksi saja, Microsoft juga melisensi dan bahkan menjual berbagai software dalam berbagai produk yang mereka ciptakan. 

Sistem operasi Windows dan juga Windows Phone merupakan produk ternama yang dikeluarkan perusahaan ini. Bagi kamu yang ingin bergabung di Microsoft Indonesia tepatnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, SCBD, Jakarta, jangan lupa sering-sering cek lowongan yang tersedia di websitenya.

3. Unilever

unilever

Perusahaan yang berasal dari Belanda ini sudah tidak asing lagi untukmu. Unilever memproduksi beragam FMCG (fast-moving consumer goods) atau berbagai produk kebutuhan sehari-hari yang bisa dijual cepat dengan harga yang cukup murah di pasaran. Ada banyak produk dengan merk ternama yang dikeluarkan oleh perusahaan ini, seperti: Sunsilk, Blue Band, Dove, dan lainnya. 

Perusahaan ini membuka kesempatan kerja melalui Unilever Future Leaders Programme, untuk berbagai bidang sekaligus, seperti: customer development, finance, human resources, marketing, dan yang lainnya. Sedangkan untuk mahasiswa,  Unilever juga menyediakan program internship untuk waktu 2-6 bulan.

4. Schlumberger

sc

Schlumberger merupakan perusahaan yang menyediakan layanan oilfield services, yakni layanan jasa bagi industri eksplorasi dan juga produksi migas. Hingga saat ini, Schlumberger memiliki sekitar 100.000 pegawai yang berasal dari lebih 85 negara yang berbeda. 

Perusahaan yang berasal dari Prancis ini sering melakukan rekrutmen bagi fresh graduate. Bukan hanya itu saja, Schlumberger juga memiliki program vacation trainee untuk para mahasiswa, di mana alumninya bisa langsung bekerja di perusahaan tersebut begitu lulus kuliah.  

5. Danone

danone

Danone adalah perusahaan yang berfokus pada nutrisi dan juga produk makanan bayi. Di tanah air, Danone juga dikenal melalui berbagai produknya yang sangat populer, seperti: VIT, Bebelac, dan yang lainnya, Perusahaan yang berasal dari Barcelona, Spanyol ini, kini bermarkas di Paris, Prancis. 

Danone membuka program khusus untuk fresh graduate ataupun profesional di Indonesia dengan berbagai latar belakang pendidikan, seperti: bisnis, farmasi, informatika, dan yang lainnya.

Baca Juga: 12 Perusahaan Besar ini Memiliki Tunjangan Karyawan Paling Menarik

Tambah dan Tingkatkan Keahlian yang Menunjang Karirmu 

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional merupakan hal yang sangat mungkin bisa kamu wujudkan. Mengingat prosesnya yang tak mudah, sejak sekarang  persiapkan dirimu dengan baik. Mulai tambah dan tingkatkan keahlian yang kamu miliki untuk menunjang karir kamu. Dengan begitu mimpi berkarir sukses di perusahaan multinasional bisa segera terwujud.

Baca Juga: Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir