Rekomendasi Investasi Murah dan Menguntungkan untuk Pemula

Investasi bukan lagi hal yang tabu untuk diperbincangkan. Kini, hampir semua kalangan, baik dewasa, anak muda, pebisnis, karyawan hingga mahasiswa sekalipun sudah melek pentingnya investasi dalam finansial.

Pasalnya, investasi bukan hanya untuk mengamankan finansial di masa depan, tapi investor akan mendapatkan keuntungan yang lumayan selama investasi berlangsung. Alhasil, investasi menjadi cara yang tepat untuk menambah aset finansial dan kekayaan seseorang.

Tak sedikit orang juga melakukan investasi untuk mencapai tujuan finansial tertentu yang telah direncanakan, seperti membeli rumah, mobil, barang branded tas, sepatu dan barang lainnya yang memiliki harga tinggi.

Bagi kamu yang baru saja ingin memulai investasi, tak perlu khawatir. Sebab. Sekarang ini Investasi murah alias investor pemula bisa dimulai dengan modal kecil tapi tetap memiliki peluang untung yang lumayan besar.

Lantas, apa saja rekomendasi investasi murah dan menguntungkan untuk pemula dan bagaimana tips investasinya biar bisa mendapatkan untung yang lumayan?

Simak ulasannya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Rekomendari Investasi Murah dan Menguntungkan untuk Pemula

Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa seseorang yang ingin memulai investasi memerlukan modal yang besar. Namun, sekarang ini kamu bisa berinvestasi dengan mudah, yaitu modal minim mulai dari puluhan ribu rupiah dan ratusan ribu rupiah saja.

Dengan adanya investasi murah ini tentunya menjadi peluang besar bagi para investor pemula yang juga memiliki gaji kecil. Jadi, investasi bisa berjalan sesuai kemampuan finansial dan tetap memperoleh keuntungan.

Berikut rekomendasi investasi murah dan menguntungkan yang bisa dijadikan pilihan:

1. Reksadana

loader
Investasi Murah

Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27), Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Artinya, investasi reksadana kamu akan dikelola oleh manajer investasi dan kamu hanya tinggal menerima dan mengecek portofolio saja. Investasi reksadana ini sangat cocok buat para pemula yang masih minim pengetahuan atau ragu untuk menjalankan investasi secara mandiri.

Kamu bisa memulai investasi reksadana mulai dari Rp50 ribu saja dan kamu juga bisa memilih produk reksadana berdasarkan tingkat risikonya, yaitu mulai dari risiko rendah, sedang hingga tinggi.

Dirangkum dari situs Infovesta reksadana, ada beberapa produk reksadana yang memiliki peluang untung tinggi selama satu tahun hingga 28 Januari 2022, antara lain:

Reksadana Pendapatan Tetap (Risiko Rendah):

  • Bahana Pendapatan Tetap Utama 2: 38,70% per tahun
  • Si Dana Obligasi Maxima: 9,40% per tahun

Reksadana Pasar Uang (Risiko Rendah):

  • Danareksa Gebyar Dana Likuid II: 654,25% per tahun
  • Bahana Kas Syariah Fund: 28,19% per tahun

Risiko Campuran (Risiko Sedang):

  • Capital Optimal Balanced: 21.84% per tahun
  • Jasa Capital Campuran Dinamis: 46,59% per tahun

Reksadana Saham (Risiko Tinggi):

  • Manulife Institutional Equity Fund: 55,59% per tahun
  • Pacific Equity Progresif Fund VI: 26,88% per tahun

Baca Juga: Net Profit Margin: Pengertian, Rumus Menghitung Hingga Tips Meningkatkan NPM

2. Saham

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang kini sedang naik daun karena termasuk investasi murah. Meski memiliki risiko yang tinggi, tapi tak membuat patah semangat para investor saham pemula untuk belajar sehingga dapat untung besar.

Investor saham bisa memperoleh keuntungan dari dua cara, yaitu:

  • Dividen, keuntungan yang dibagikan perusahaan terbuka atau Tbk kepada investor
  • Capital gain, keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli saham

Dirangkum dari cnbcindonesia.com, investasi saham yang murah bisa dilihat berdasarkan metode PER (Price Earning Ratio) dengan membandingkan laba bersih per saham dengan harga pasarnya. Tujuannya untuk menganalisa nilai saham suatu emiten, wajar, murah, atau kemahalan (overpriced).

Berikut investasi murah pada saham per 28 Januari 2022:

Saham LQ45

Kode

Emiten

Harga Terakhir (Rp)

PER (x)

ITMG

Indo Tambangraya Megah Tbk.

22,550

4.92

PTBA

Bukit Asam Tbk.

2,880

5.22

INKP

Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.

7,500

5.5

MNCN

Media Nusantara Citra Tbk.

860

5.77

PGAS

Perusahaan Gas Negara Tbk.

1,370

6.08

 Saham IDX30

Kode

Emiten

Harga terakhir (Rp)

PER (x)

PTBA

Bukit Asam Tbk.

2,880

5.22

INKP

Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.

7,500

5.5

PGAS

Perusahaan Gas Negara Tbk.

1,370

6.08

INDF

Indofood Sukses Makmur Tbk.

6,375

7.76

UNTR

United Tractors Tbk.

23,250

8.32

Baca Juga: 10 Investasi Menjanjikan yang Cocok untuk Investor Pemula

3. Emas Murni

loader
Investasi Murah

Emas bagian dari investasi murah dan menguntungkan yang bisa kamu lakukan sejak dini. Tak harus memulainya dengan membeli 1kg emas murni atau batangan. Melainkan, kamu bisa membeli emas murni 99,99% mulai dari puluhan ribu saja.

Kian kemari, para platform jual-beli emas murni terpercaya menyediakan ukuran logam mulia yang beragam, seperti 0,01 gram, 0,25 gram, 0,5 gram, 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram dan sebagainya. Selain itu, logam mulia juga tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang kotak, bulat hingga ada cetakan ukiran pada logamnya.

Kamu juga bisa membelinya dengan mudah baik di platform atau toko emas online terpercaya hingga toko emas yang ada di sekitarmu.

Berikut perkiraan harga emas murni:

  • Emas Minigram 0,01 gram: Rp18.700
  • Emas Minigold 0,25 gram: Rp287.000
  • Emas Antam 0,5 gram: Rp514.000
  • Emas Antam 1 gram: Rp928.000

4. P2P Lending

P2p lending atau peer to peer lending merupakan platform jasa keuagan yang mempertemukan dua pihak antara orang yang membutuhkan dana dengan pemilih modal atau investor. Kamu bisa memilih p2p lending ini karena modal investasi murah atau bisa dengan Rp100 ribu saja.

Setiap p2p lending memiliki bunga imbal hasil yang beragam, tapi pada umumnya p2p lending memberikan bunga yang cukup tinggi, yaitu mulai 12% hingga 36% per tahun

Namun, perlu kamu ingat bahwa jangan sampai salah pilih platform karena banyak oknum penipuan yang mengatasnamakan p2p lending. Pastikan p2p lending yang kamu pilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tips Investasi Biar Untung Maksimal

Memang sekarang ini banyak investasi murah dan menguntungkan yang bisa dipilih, tapi kamu sebagai pemula jangan langsung menjalankan semua investasi. Hal ini tentunya hanya akan membuat kamu tidak fokus yang bisa berujung risiko kerugian.

Berikut beberapa tips investasi yang perlu kamu lakukan agar untung maksimal, antara lain:

  1. Pilih instrumen yang mudah dipahami
  2. Siapkan modal investasi sesuai kemampuan finansial
  3. Khusus saham, belilah di waktu yang tepat pada saat harga saham turun
  4. Lakukan investasi dengan disiplin, misal beli logam mulia 1 gram per bulan.
  5. Upgrade pengetahuan investasi agar bisa menambah investasi di instrumen lain
  6. Cek investasi secara berkala agar terhindar dari risiko kerugian

Investasi Butuh Strategi

Apapun investasi murah yang dipilih, kamu tetap harus memiliki strategi agar investasi untung maksimal. Strategi ini bisa berupa waktu yang tepat untuk menyetor modal, jumlah modal investasi, waktu untuk menjual dan sebagainya. Agar kamu bisa mengetahui dan menyusun strategi investasi yang tepat, tambah wawasan investasimu dengan belajar dari berbagai media atau berdiskusi dengan investor yang berpengalaman.

Baca Juga: Investasi: Pengertian dan Jenis-Jenis Investasi Populer yang Cocok untuk Para Pemula