Investasi: Pengertian dan Jenis-Jenis Investasi Populer yang Cocok untuk Para Pemula

Trendi, cuan dan mudah dilakukan menjadikan alasan investasi semakin menjadi primadona dikalangan para generasi millenial dan Z saat ini. Ditambah dengan beragam aplikasi online yang membuat akses untuk bermain investasi secara online, sehingga membuat peminat investasi semakin tinggi. Seperti investasi saham, emas dan reksa dana online.

Namun, seiring semakin populernya saham dan semakin canggih pula fitur-fitur online yang mendukungnya tujuan asli dari investasi sendiri semakin pudar.

Meskipun saat ini masih banyak orang yang melakukan investasi karena telah sadar pentingnya investasi untuk finansial yang sehat. Tapi ternyata masih banyak juga orang yang bermain investasi dengan hanya sekedar menanam uang, tanpa memahami dengan betul tujuan dari investasi, risiko dan strateginya dan akhirnya justru mengarah kepada kerugian.

Nah, untuk kamu yang benar-benar ingin berinvestasi dengan cara yang benar. Yuk kita mulai lagi dari hal yang paling mendasar mengenai investasi itu sendiri. Sehingga kedepannya kamu bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi sebelum berinvestasi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Investasi

loader

Hal paling mendasar yang harus diketahui pertama adalah apa itu investasi. Investasi adalah kegiatan penanaman modal.

Penjelasan lengkapnya investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Investasi merupakan salah satu cara untuk melipat gandakan harta yang kamu miliki tanpa perlu melakukan usaha yang lebih. Jadi dengan berinvestasi kamu hanya perlu menanamkan modal dan menunggu dana kamu berkembang biak.

Pada umumnya, investor yang memanfaatkan investasi yang digunakannya untuk mencapai tujuan tertentu diantaranya:

  • Memperoleh imbah hasil/keuntungan
  • Untuk mengembangkan usaha
  • Jaminan dalam berbisnis
  • Melindungi keuangan dari inflasi
  • Persiapan untuk dana/pengeluaran tertentu di masa depan

Investasi biasanya digunakan sebagai bagian dari perencanaan keuangan untuk jangka panjang, seperti untuk modal bisnis, beli rumah, biaya menikah dan dana pensiun atau bisa disebut sebagai investasi jangka panjang.

Meski bisa juga untuk jangka pendek seperti dana untuk liburan atau membeli kebutuhan atau barang yang diinginkan atau bisa disebut dengan investasi jangka pendek.

Baca Juga: Investasi Asing Langsung dan Tidak Langsung di Indonesia

Jenis-Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

loader

Untuk kamu yang ingin mencoba berinvestasi, ada baiknya untuk mencari tahu investasi jenis apa yang terpopuler, karena semakin populer sebuah investasi biasanya semakin besar pula imbah hasil/keuntungan yang didapat karena potensinya yang tinggi untuk berkembang dan tinggi peminat.

Berikut jenis-jenis investasi yang sedang populer di Indonesia dan bisa kamu coba:

1. Investasi Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang bisa dikatakan paling cocok untuk para pemula yang masih ingin belajar berinvestasi, tapi tetap terhindar dari risiko tinggi dan menghasilkan cuan.

 

Banyak perusahaan yang menyediakan investasi reksa dana menawarkan modal awal dengan biaya yang sangat rendah mulai dari Rp10.000 – Rp100.000 ribu saja.

 

Selain itu, kamu tidak perlu memantau setiap saat karena dana yang kamu keluarkan sudah dikelola oleh manajer investasi.

2. Investasi Saham

Saat ini, investasi saham menjadi instrumen paling populer tidak hanya di Indonesia tapi juga di banyak negara lainnya.

 

Dengan cara membeli dan menjual saham secara tepat, kamu bisa berpotensi mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari modal awal kamu.

 

Bahkan bisa dikatakan, saham saat ini menjadi satu-satunya instrumen investasi yang bisa berikan keuntungan paling tinggi dari jenis investasi lainnya.

 

Namun, bermain saham tidak sesederhana beli dan jual saham saja. Ada strategi dan manajemen yang apik didalamnya agar bisa meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan.

3. Investasi Emas

Emas dan logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dari dulu hingga kini.

 

Investasi ini juga cocok bagi Anda yang ingin memiliki investasi jangka panjang yang cenderung aman karena harga emas dan logam mulia akan terus naik.

 

Investasi emas juga bisa dikatakan sebagai investasi dengan modal yang murah, jika melakukannya secara online dan menggunakan sistem menabung emas. Kamu bisa menabung emas dimulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

4. Obligasi

Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun panjang yang dapat dipindahtangankan.

 

Surat utang ini berisi janji dari pihak penerbit untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi utang pokok pada waktu yang sudah ditentukan kepada pemegang obligasi. Imbalan bunga yang diterima oleh pemegang obligasi adalah kupon.

 

Obligasi adalah investasi yang cocok dicoba jika kamu menginginkan investasi yang aman dan dijamin oleh pemerintah. Karena risiko terjadinya gagal bayar pada investasi obligasi cukup minim.

5. Deposito Berjangka

Deposito berjangka memiliki bunga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tabungan biasanya. Selain itu, deposito berjangka memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas, biasanya 3 – 12 bulan.

 

Meskipun keuntungan yang didapat dari investasi ini tidak sebesar saham, reksadana dan emas. Tapi deposito berjangka merupakan investasi yang tahan inflasi dan tentunya keamanannya sangat dijamin oleh pihak bank.

 

Intinya jika ingin berinvestasi deposito berjangka jika ingin untung lebih besar, artinya kamu juga semakin besar pula nominal uang yang dimasukan sebagai deposito.

6. Investasi Properti

Jika kamu memiliki modal yang cukup besar mulai dari ratusan juta. Kamu bisa langsung berinvestasi properti sekalian.

 

Seperti yang diketahui, tanah dan bangunan merupakan investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan. Nilai properti yang terus meningkat dari tahun ke tahun mencapai 15-20% tentu sangat menggiurkan, bukan? Terlebih bila lokasinya strategis.

 

Investasi property juga dikenal sebagai investasi minim risiko dan jaminan keuntungan yang tinggi. Karena property merupakan kebutuhan dasar dari banyak orang, jadi tidak mungkin tidak ada properti yang tidak terjual.

 

Dalam berinvestasi property kamu tidak harus menempatinya, kamu bisa bisa menyewakan properti tersebut, dan tetap menghasilkan meskipun ditinggal tidur.

7. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link atau asuransi yang berbasis investasi ini merupakan penggabungan dari 2 produk, yakni asuransi dan dana kelolaan seperti reksa dana.

 

Umumnya, premi yang akan Anda bayarkan dikonversikan dalam bentuk unit. Uni inilah yang akan dibagi menjadi 2 jenis, yakni untuk membayar biaya asuransi dan untuk diinvestasikan. Jadi premi yang dibayarkan biasanya lebih tinggi dari produk investasi lainnya.

 

Investasi unit link cocok untuk kamu yang tidak hanya ingin berinvestasi tapi juga bisa mendapatkan benefit Asuransi. Baik itu Asuransi untuk melindungi kesehatan fisik dan jiwa dan berbagai hal tidak terduga yang bisa terjadi dimasa depan.

 

8. Peer to Peer Lending

Meski masih terbilang baru, tapi peminat dari investasi ini sudah cukup banyak lho!

 

Ini karena telah banyak perusahaan berbasis fintech lending yang menjalankan model bisnis ini. Dalam peer to peer lending, pada dasarnya Anda meminjamkan sejumlah uang kepada pihak yang membutuhkan, baik individu maupun badan usaha.

 

Dengan investasi P2P Lending, maka investor akan menerima pengembalian pokok pinjaman dan bunga atas pinjaman tersebut. Itu kenapa investasi P2P Lending menjadi instrument favorit terbaru karena kemudahan dan keuntungannya.

 

Keuntungan dari berinvestasi P2P Lending sendiri bisa mencapai 12-16 persen per tahun. Tapi jangan lupa untuk hanya berinvestasi P2P Lending di perusahaan pinjaman online yang berlisensi dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca Juga: Ketahui Peluang Investasi Paling Cuan di Indonesia untuk Investor Pemula

Ketahui Invetasi Mana yang Sesuai Kebutuhan dan Maksimalkan Keuntungannya

Apapun jenis investasi yang dipilih, semua tetap butuh strategi dan pemahaman yang baik. Jangan sampai sudah susah-susah mengumpulkan uang untuk modal investasi malah berujung kerugian karena tidak memahami jenis investasi yang dipilih baik cara dan risiko-risikonya.

Pastikan untuk mempersiapkan dirimu dengan matang terlebih dahulu baik dari sisi keuangan dan pengetahuan agar kegiatan berinvestasi lancar dan hujan cuan.

Baca Juga: Proposal Investasi: Pengertian, Manfaat dan Tips Membuat Proposal Investasi yang Tepat