Rekomendasi Novel Wattpad yang Wajib Dibaca

Membaca merupakan salah satu hobi yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan membaca, kamu bisa masuk ke berbagai dunia yang disuguhkan oleh penulis.

Tak heran jika seseorang yang hobi membaca sangat betah menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelami cerita lebih dalam. 

Dengan kemajuan teknologi, membaca buku semakin mudah dan bisa dilakukan kapan saja saat memiliki waktu senggang. Dengan mengunduh aplikasi buku digital seperti Wattpad, misalnya, kamu bisa membaca buku kesukaan dari mana saja.

Sebagai informasi, Wattpad merupakan wadah digital yang berisi ribuan buku karya penulis-penulis andal. Membaca Wattpad menjadi tren pada 2015 dengan remaja adalah target pembacanya. 

Kamu bisa menemukan berbagai genre untuk dibaca dengan cerita alur dan karakter fiksi yang menarik. Hingga saat ini, terdapat 400 juta cerita lebih yang disediakan oleh Naver Corporation ini.

Dengan jumlah cerita yang banyak itu, bisa dipastikan cerita fiksi di Wattpad mencakup semua genre cerita, mulai dari romansa, horor, hingga life. Kualitas cerita di Wattpad juga sangat baik dan well written.

Jika ingin ikut merasakan keseruan novel digital ini, berikut 5 rekomendasi novel Wattpad terbaik layak dibaca.

Baca Juga: Mengenal Wattpad dan Tips Menggunakannya dengan Maksimal

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Bukan Cinderella

    loader

    Novel ini meluncur pada 2020 karya Dheti Azmi. Sempat booming pada masanya, Bukan Cinderella bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Amora yang mengalami kejadian “aneh” saat memiliki sepatu Converse baru.

    Tiba-tiba, ia mendapati salah satu sepatunya ditukar dengan sepatu butut yang ukurannya lebih besar. Pencarian sepasang sepatu barunya yang hilang berujung pada pertemuannya dengan Ketua OSIS yang terkenal angkuh, Adam Wijaya.

    Konflik pun justru menyebar, yang tadinya soal sepatu yang hilang kini turut menyeret teman-teman Amora dan Adam. Apa yang terjadi selanjutnya? Apakah Amora berhasil menemukan sepatunya yang tertukar?

  2. Unconsciously in Love

    loader

    Novel karya Kincirmainan ini terbit pada 2018 dan langsung bisa mengambil hati para pecinta K-Pop berkat alur ceritanya yang menarik. Menceritakan seorang fans K-Pop bernama Kekira Lamusu yang berharap memiliki kisah cinta dengan idol.

    Siapa sangka, harapan Kekira itu tiba-tiba terwujud ketika seorang rising idol bernama Raksa Hadrian mengajaknya untuk menikah. Tentu saja, Kekira kaget dengan ajakan itu, tapi ia menerima pinangan Raksa.

    Namun, pernikahan mereka terpaksa dibatalkan oleh Raksa. Anehnya, ketika Kekira ingin  melupakan Raksa, dirinya menerima kabar bahwa idol itu meninggal dunia akibat kecelakaan.

    Apa yang terjadi dengan Raksa? Apakah Kekira mampu mendapatkan cinta sejatinya dan menikah dengan idol?

  3. Mariposa

    loader

    Novel karya Luluk  HF ini sangat menyita perhatian ketika dirilis pada 2019. Formula cerita yang disajikan cukup umum, tentang good girl Acha yang jatuh cinta kepada bad boy Iqbal.

    Paras Acha yang cantik ternyata tidak serta merta meluluhkan hati Iqbal yang dingin dan cuek. Bahkan, berkali-kali Iqbal menolak Acha, tapi gadis periang itu tidak mudah menyerah.

    Lantas, apakah pada akhirnya Iqbal akan luluh dan ikut jatuh cinta kepada Acha? Apakah Acha bisa mengubah hidup Iqbal yang suram menjadi lebih ceria berkat kehadirannya?

  4. Claires

    loader

    Valerie Parkar menuangkan kisah cinta Claire dan Kai dalam novel yang ia terbitkan pada 2018. Kisah cinta Claire dan Kai harus diuji dengan hadirnya Ares.

    Ares yang tadinya denial dengan perasaannya, lama-lama harus mengakui bahwa dirinya jatuh cinta pada Claire. Kini, mereka harus mengalami cinta segitiga yang penuh konflik dan lika-liku.

    Seberapa kuat hubungan Claire dan Kai? Apakah Claire mampu menjaga hatinya untuk Kai atau malah beralih ke Ares?

  5. Antares

    loader

    Kisah menarik lainnya bisa kamu nikmati dari karya Rweinda yang terbit pada 2019 ini. Mengisahkan seorang laki-laki anggota dari geng motor bernama Antares yang bertemu dengan gadis lugu bernama Zea.

    Pertemuan Zea dengan Antares menyeretnya pada konflik yang seru, termasuk ikut ke dalam Geng Motor Calderoliz yang terkenal garang. Namun, kedekatan Antares dengan Zea bukan cuma urusan cinta, tetapi juga mengungkap misteri besar yang ditutup oleh gadis polos dan perhatian itu.

    Apa yang ditutupi oleh Zea? Akankan Antares memilih pergi meninggalkan Zea ketika rahasia perempuan ini terungkap?

Itulah 5 rekomendasi novel Wattpad terbaik yang bisa kamu nikmati. Kelimanya memiliki alur cerita yang menarik dan plot twist yang mengejutkan.

Untuk mencari judul-judul di atas melalui Wattpad, bakun terlebih dulu lalu masuk ke menu utama. Pilih “Discovery”, dan masukkan judul. Jika sudah ketemu judul novel yang ingin dibaca, klik “Read” dan kamu bisa langsung menikmati ceritanya.

Cara Baca Buku di Wattpad

Kemudahan menjadi salah satu alasan banyak orang membaca novel di Wattpad. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. 

Cara menggunakan aplikasi ini juga terbilang mudah. Pertama, kamu harus log in dulu dan membuat akun di Wattpad. Bisa juga dengan menggunakan email aktif. 

Setelah mendaftar, kamu akan melihat tiga menu utama, yaitu “Discover”, “Create“, dan “Community”. Jika ingin membaca novel dengan judul atau genre tertentu, klik “Discover”.

Pada search bar, masukan judul atau kata kunci dari novel yang ingin dibaca. Misalnya, masukan genre atau nama penulis juga bisa dilakukan untuk mencari novel di Wattpad.

Setelah itu, Wattpad akan menampilkan beberapa hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Jika sudah menemukan judul yang dimaksud, klik “Read”. 

Saat menekan tombol, akan muncul dua pilihan, yaitu Library dan Daftar Baca. Opsi Library memungkinkan pembaca untuk mengakses perpustakaan pribadi, lalu novel bisa langsung dibaca. 

Sedangkan, opsi “Daftar Bacaan” digunakan untuk menampilkan novel apa yang sedang dibaca secara publik. Fitur ini dapat mempermudah jika kamu ingin membagikan atau merekomendasikan novel kepada pembaca lainnya. 

Selain untuk smartphone, Wattpad juga bisa diakses melalui website. Masukan link https://www.wattpad.com/ pada mesin pencari, lalu buat akun melalui log in dengan email ataupun Facebook. 

Di website Wattpad, kamu dapat mencari judul pada bar “Telusuri” pada bagian atas. Tentukan juga genre novel yang ingin dibaca dengan menu “Jelajahi”. Pilih genre sesuai keinginan, klik cover novel, lalu tekan “Baca”.

Itulah cara mudah untuk membaca novel di Wattpad. Akses novel kesukaan kapan saja dan di mana saja dengan mudah. 

Baca Juga: Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? 10 Buku Ini Jadi Rekomendasi yang Layak Dibaca!

Manfaat Membaca Novel

loader

Membaca Novel

Kebanyakan orang gemar membaca novel untuk mengisi waktu luang. Jalan cerita yang menarik dan alur yang sulit ditebak membuat membaca novel begitu mengasyikan.

Selain sebagai hiburan di kala senggang, membaca novel juga baik memberikan dampak baik, terutama dari segi emosional dan sosial. Berikut beberapa 5 manfaat dari membaca novel.

  1. Dapat membangun empati

    Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa membaca novel dapat membantu kamu merasakan empati dan memahami perspektif baru. Hal ini dikarenakan ketika  membaca novel, bagian otak yang berfungsi memahami orang lain akan diaktifkan. 

    Akibatnya, kamu akan memahami perasaan dan situasi karakter pada novel. Tanpa disadari, pemahaman ini akan terbawa ke dunia sosial. Kamu akan lebih memahami kondisi orang lain dan perasaan mereka ketika suatu hal terjadi.

  2. Melepas stres

    Selain membangun rasa empati, membaca novel disebutkan juga dapat melepas stres. Hal ini ditemukan berdasarkan sebuah penelitian kepada orang yang gemar membaca. 

    Dalam penelitian itu, diketahui bahwa membaca merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan stres, bahkan lebih baik daripada jalan-jalan atau mendengarkan musik. Alasannya, karena ketika membaca, otak ditempatkan dalam keadaan mirip trans layaknya meditasi. 

    Dalam penelitian lain, orang yang rajin membaca novel juga disebut dapat tidur lebih nyenyak dan tingkat depresi yang rendah.

  3. Kemampuan interaksi sosial

    Berdasarkan penelitian, novel membantu seseorang untuk dapat mengenal emosi kompleks. Sebab, membaca menghadirkan semacam simulasi realitas pada otak. 

    Simulasi tersebut dapat menjadi “bekal” ketika kamu harus berhadapan dengan situasi sosial yang rumit. Hal ini membantu dalam memecahkan masalah dari interaksi sebab dan akibat antar sesama manusia. 

Itulah beberapa manfaat dari membaca novel yang perlu diketahui. Jadi, jangan ragu untuk mulai hobi membaca sekarang juga. Cari novel favorit di Wattpad agar bisa membacanya di mana dan kapan saja.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Teman Flightmu