Rekomendasi Oleh-Oleh dari Pangkalpinang yang Khas, Wajib Dicoba!

Ketika berlibur ke Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung jangan hanya memikirkan destinasi tujuan wisatanya atau ingin makan apa. Tapi juga perlu memikirkan akan membeli apa untuk oleh-oleh saat pulang nanti. 

Pasalnya kebahagiaan saat liburan di Pangkalpinang juga harus dirasakan oleh keluarga yang ada di rumah atau orang-orang terdekat. Oleh sebab itu, kamu harus membawakan oleh-oleh yang tak terlupakan.

Pangkalpinang dikenal dengan destinasi wisata alamnya yang menakjubkan. Tak kalah dengan tempat wisatanya, oleh-olehnya juga terkenal bikin ketagihan. 

Berikut ini rekomendasi oleh-oleh dari Pangkalpinang yang khas dan pastinya bikin ketagihan.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Daftar Oleh-oleh dari Pangkalpinang yang Khas 

1. Kue Rintak

loader

Rekomendasi pertama untuk oleh-oleh yang bisa kamu pertimbangkan saat liburan di Pangkalpinang adalah kue rintak. Dikenal juga dengan sebutan kue bangkit, kue rintak termasuk dalam kategori kue kering sehingga tahan lama saat dibawa perjalanan jauh.

Bahannya dari sagu atau tepung tapioka, santan kelapa, dan gula sehingga terasa gurih serta manis. Meskipun luarnya terlihat renyah, namun dalamnya lembut. Kue berbentuk bunga ini seringkali dinikmati bersama dengan kopi atau susu hangat.

2. Kemplang

loader

Kemplang merupakan salah satu oleh-oleh Pangkalpinang yang sangat populer. Bentuknya seperti kerupuk dengan aroma yang kuat karena terbuat dari udang, ikan tenggiri atau cumi segar. Agar teksturnya lebih terlihat, bahan-bahan tersebut dicampur dengan tepung tapioka.

Kamu bisa membeli kemplang yang belum digoreng ataupun yang sudah digoreng. Selain itu, ada juga kemplang yang dipanggang dan digoreng dengan pasir. Jadi cocok untuk kamu yang menghindari minyak.

3. Otak-Otak Ase

loader

Kalau datang ke Pulau Bangka, wajib banget nyobain otak-otak ase. Selain dimakan di tempat, kamu juga bisa menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Tersedia dua varian dari otak-otak ase ini yakni berbahan cumi dan ikan. Untuk varian ikan ini bisa dimasak dengan cara dibakar, direbus, atau digoreng. Sedangkan varian cumi hanya bisa direbus saja.

Baca Juga:  Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

4. Dodol Bangka

loader

Dodol Bangka termasuk oleh-oleh yang tahan lama. Jadi kamu bisa membawanya untuk perjalanan jauh hingga berminggu-minggu lamanya. Biasanya dodol ini banyak dijual ketika menjelang perayaan Imlek, terutama di daerah Pangkalpinang dan sekitarnya.

Seperti dodol pada umumnya, dodol Bangka memiliki cita rasa manis, legit, dan gurih. Teksturnya lembut dan kenyal yang memberikan sensasi unik ketika memakannya dan bikin nagih.

5. Kericu

loader

Dari namanya saja sudah sangat unik bukan? Kericu merupakan camilan khas dari Pangkalpinang yang terlihat mirip dengan bidaran. Rasanya begitu gurih karena terbuat dari campuran telur cumi-cumi dan beberapa bahan lainnya, seperti telur ayam, sagu, garam, dan penyedap rasa. 

Cemilan berbentuk panjang kecil ini termasuk ke dalam kategori kerupuk. Jika suka dengan cemilan gurih dan renyah, bisa bawa pulang oleh-oleh kericu ini. Apalagi harganya pun cukup terjangkau. 

6. Terasi Toboali

loader

Bangka dan Pangkalpinang ternyata juga memiliki terasi yang khas dan dikenal dengan nama terasi Toboali. Jenis terasi ini bahkan menjadi salah satu oleh-oleh yang selalu diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke pulau ini. 

Terasi Toboali atau belacan Bangka Belitung satu ini bahan baku utamanya adalah udang rebon. Sama seperti jenis terasi lainnya, terasi Toboali juga kerap ditambahkan pada sambal agar mendapatkan rasa yang lebih khas. 

Tenang saja, meskipun jenis terasi ini memiliki warna yang sedikit kemerahan namun rasanya bakal bikin kamu ketagihan. Warna kemerahan tersebut malah menunjukkan kualitasnya yang bagus. 

7. Bong Li Piang

loader

Kue lezat lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh selepas pulang liburan dari Pangkalpinang ada Bong Li Piang. Dari namanya, mungkin sudah banyak yang menduga jika kue ini merupakan salah satu akulturasi budaya lokal serta Tionghoa. 

Penganan ini paling lezat jika dimakan bersama dengan secangkir teh. Ciri khasnya ada dari isiannya, yakni selai nanas yang membuat makanan ini tambah lezat. Meskipun tidak termasuk kue kering, namun kue ini relatif tahan lama untuk dibawa pulang. 

Baca Juga: Konyol dan Bikin Baper, Inilah 11 Rekomendasi Film Komedi Korea Romantis yang Terbaik

8. Asinan Kelubi

loader

Kelubi atau juga dikenal dengan nama asam paya merupakan buah yang mirip dengan salak. Bahkan ada juga yang menyebutnya dengan nama salak hutan saking miripnya.

Orang Pangkalpinang biasanya memakai kelubi untuk membuat asinan yang lezat dan menyegarkan. Cita rasa asam, manis, dan asin bisa membuat ketagihan. Biasanya asinan kelubi ini dimakan bersama dengan garam cabe. 

9. Sambal Rusip

loader

Bukan hanya sambal dengan tambahan terasi toboali saja yang lezat dan nikmat, sambal rusip khas Pangkalpinang ini juga tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sambal rusip termasuk sambal yang sangat unik.

Sambal dibuat dengan cara fermentasi ikan kecil selama kurang lebih satu minggu. Bumbu-bumbu yang dipakai seperti bawang merah, gula merah, garam, cabai, serta jeruk kunci. Fermentasi membuat cita rasanya kuat, asam, sekaligus manis. Sulit menemukan rasa seperti sambal rusip dari sambal lainnya

10. Sirup Jeruk Kunci

loader

Rekomendasi oleh-oleh dari Pangkalpinang yang terakhir adalah sirup jeruk kunci. Warnanya kuning dengan cita rasa asam manis yang cukup segar. Apalagi jika ditambahkan es, maka akan terasa semakin segar. 

Sirup jeruk kunci tidak hanya menyegarkan, namun juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh karena ada yang dijual dalam bentuk kemasan atau botol.

Siapkan Budget untuk Berburu Oleh-oleh dari Pangkalpinang yang Khas 

Menarik bukan oleh-oleh dari Pangkalpinang yang ada di atas? Kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh daerah setempat untuk mendapatkan jajanan atau kue favorit pilihan. Semoga membantu dan selamat berlibur di Pangkalpinang. Jangan lupa membeli asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan baik untuk liburan ke luar kota atau negeri, agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga:  Pecinta Horor Merapat, Intip Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru 2023 yang Seram Plus Menegangkan

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!