Berikut 7 Rekomendasi Penyedia Asuransi Perjalanan ke Eropa yang Bisa Dipercaya

Saat berpergian ke luar negeri, kamu pasti membutuhkan visa sebagai dokumen pendukung agar bisa masuk ke negara tujuan. Setiap negara memiliki ketentuan tersendiri mengenai visa bagi para pelancong yang datang. Cara mendapatkannya pun beragam, ada yang mudah dan ada pula yang cukup rumit.

Hal tersebut juga berlaku jika destinasi wisata yang dituju adalah negara-negara di Uni Eropa. Bedanya, kamu hanya memerlukan satu visa untuk menjelajahi Eropa. Visa tersebut dikenal dengan nama visa Schengen.

Visa ini merupakan hasil perjanjian 22 negara anggota Uni Eropa dan 3 negara non-Uni Eropa dengan salah satu isinya adalah penghapusan pengawasan perbatasan antara negara-negara di Eropa. Namun, perlu diingat bahwa visa Schengen ini hanya berlaku selama 90 hari masa tinggal dalam kurun waktu enam bulan.

Karena termasuk perjalanan yang cukup ‘besar’ dan berisiko, maka tak semua perusahaan asuransi memiliki jaminan perlindungan untuk perjalanan ini. Hanya perusahaan besar yang terpercaya dan memiliki jaringan luar negeri yang luas saja yang memilikinya. Pasalnya, persyaratan bagi perusahaan yang ingin menyediakan produk ini juga terbilang tak mudah.

Nah, agar tidak bingung, berikut beberapa daftar penyedia asuransi perjalanan Eropa yang perlu diketahui.

Baca juga: Lakukan Tips Ini Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan Agar Perjalanan Aman Dan Nyaman

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Daftar Penyedia Asuransi Perjalanan Eropa

loader

Penyedia Asuransi Perjalanan

Melengkapi dokumen pribadi sebelum berangkat ke luar negeri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan dokumen ini, perjalanan pun akan lebih nyaman dan berjalan lancar. Hal ini juga termasuk mempersiapkan visa sebagai syarat masuk ke sebuah negara.

Di Eropa, para wisatawan yang datang diwajibkan memiliki visa Schengen sebagai dokumen kelengkapan identitas diri. Dengan visa ini, wisatawan bisa mengunjungi berbagai negara di Eropa cukup hanya dengan satu visa saja. Nah, berikut beberapa daftar penyedia asuransi perjalanan Eropa, di antaranya:

  1. AXA Travel Insurance Smart Traveler

    Asuransi pertama yang menyediakan layanan visa Schengen adalah Axa Travel Insurance Smart Traveler. Asuransi ini bisa dimiliki oleh pelaku perjalanan berusia 1 sampai 75 tahun. Biaya premi yang harus dikeluarkan pun mulai dari Rp1 juta rupiah per orang dengan lamanya perjalanan 26 – 30 hari.

    Asuransi ini menawarkan cukup banyak manfaat perlindungan yang menggiurkan. Mulai dari besarnya biaya pertanggungan yang mencapai 5,2 Milyar. Lalu, jaminan perlindungan terhadap berbagai risiko perjalanan, seperti kecelakaan, jatuh sakit, kehilangan atau kerusakan bagasi, hingga perlindungan rumah maupun harta benda akibat kebakaran, pencurian, maupun bencana alam yang terjadi saat ditinggal pergi.

  2. Allianz New TravelPro

    Selanjutnya, ada Allianz New TravelPro yang menyediakan asuransi perjalanan dalam beberapa paket, salah satunya Basic Schengen. Visa ingin bisa digunakan dengan durasi perjalanan 1-31 hari dengan durasi perjalanan tidak lebih dari 183 hari.

    Peserta pemegang polis asuransi ini harus berusia antara 14 sampai 84 tahun. Jika tertarik, kamu bisa membayar premi senilai Rp47 ribu rupiah per hari. Perlindungan yang didapat melalui asuransi ini mencakup biaya medis, biaya pemulangan jenazah, pembatalan atau perubahan jadwal perjalanan, hingga biaya risiko pada mobil sewaan selama berada di perjalanan.

  3. ACA New Travel Safe Internasional

    Nah, jika perjalanan ke Eropa dilakukan untuk tujuan bisnis, mungkin asuransi perjalanan ACA ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Perlindungan asuransi ini bisa dinikmati peserta asuransi yang berusia 1 hingga 70 tahun, tentunya harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani saat berpergian.

    Pertanggungan yang diberikan pada pemegang polisnya mencapai Rp1,4 miliar dengan batas maksimal perjalanan 180 hari untuk satu kali perjalanan dan 90 hari jika memiliki polis tahunan.

    Dengan memilih asuransi ACA ini, kamu diwajibkan membayar premi senilai Rp900 ribu setiap orang dengan lamanya waktu berlibur berkisar antara 26-31 hari. Menarik, kan?

  4. Zurich Passport Travel Silver

    Asuransi Zurich Passport Travel Silver ini memiliki tarif premi yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp782 ribu per harinya. Karena nilai preminya yang relatif terjangkau, maka perlindungan yang didapatkan pun cukup terbatas ini. Tak ada jaminan perlindungan untuk rumah atau harta benda yang rusak akibat kebakaran yang terjadi selama ditinggal bepergian.

     Meskipun begitu, asuransi ini tetap memberikan limit pertanggungan hingga Rp490 juta. Ada pula jaminan ganti rugi akibat pencurian hingga Rp14 juta, serta kompensasi kerusakan atau kehilangan bagasi senilai Rp2,1 juta. Batas maksimal usia tertanggung adalah di bawah 75 tahun.

  5. Chubb Schengen

    Asuransi perjalanan Chubb Schengen ini cukup dibilang paling memudahkan. Pasalnya, pembeliannya bisa dilakukan secara online melalui situs resmi perusahaan. Biaya premi yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp756 ribu per harinya.

    Bagi pemegang polis asuransi Chubb, perlindungan yang didapatkan pun beragam. Mulai dari layanan medis, risiko kecelakaan, pembatalan atau perubahan jadwal perjalanan. Sebagai informasi tambahan, Chubb memberikan bantuan hotline Chubb Assistance yang bisa dimanfaatkan selama 24 jam penuh. Jadi, kamu bisa menghubungi pihak asuransi kapan pun dan di mana pun.

  6. Simas Travel Overseas

    Asuransi perjalanan yang satu ini tersedia dengan berbagai pilihan plan limit, pertanggungan, mulai dari Rp 50 juta hingga 1 miliar. Makin tinggi limit yang yang diinginkan, maka makin besar pula premi yang harus dibayarkan. Itulah mengapa asuransi ini mewajibkan pemiliknya memiliki plan limit sedikitnya Rp360 juta.

    Tarif yang dibebankan asuransi ini mencapai Rp400 ribu per orang. Batas usia pemegang polisnya pun mulai dari 17 hingga 80 tahun. Jika tertarik membeli asuransi ini, maka bisa dilakukan melalui situs resmi Sinarmas.

  7. AXA MAndiri Travel Platinum

    Pada asuransi perjalanan AXA Mandiri Platinum, perlindungan yang diberikan meliputi banyak hal di antaranya, risiko kecelakaan, kematian, biaya medis, perubahan atau penjadwalan ulang penerbangan, hingga kerusakan bahkan kehilangan bagasi. Asuransi ini menawarkan limit klaim yang cukup besar, yaitu mencapai Rp2,8 miliar. Tarif premi yang dibayarkan mencapai Rp900 ribu dengan durasi perjalanan tak lebih dari 26-31 hari.

Baca juga: Ingin Beli Asuransi Perjalanan Online Dimana?

Penyedia Asuransi Perjalanan Eropa Mana yang Kamu Pilih?

Dari tujuh penyedia asuransi perjalanan Eropa di atas, adakah yang menjadi pilihanmu? Tenang saja, ketujuh pilihan tersebut sudah terjamin kredibilitasnya dan terdaftar di OJK. Jadi, kamu tak perlu khawatir adanya penipuan atau hal yang merugikan.

Kini, hanya tinggal menyesuaikan asuransi mana yang memberikan perlindungan yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan budget, ya. Selamat mencoba!

Baca juga: Asuransi Perjalanan Buat yang Hobi Travelling, Perlukah?