Rekomendasi Pinjaman KTA untuk Biaya Pendidikan Sarjana

Seiring dengan berkembangnya IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), membuat jenjang pendidikan menjadi hal yang penting untuk ditempuh. Pendidikan dianggap menjadi modal seseorang untuk berkarir. 

Berbagai jenis dan jenjang pendidikan marak tersebar di berbagai juru dunia. Hal ini juga yang menjadikan tambahan biaya yang harus direncanakan dengan matang.

Walaupun sudah dipersiapkan dengan matang, tidak menutup kemungkinan jika terjadi sesuatu yang mendesak. Kredit Tanpa Agunan (KTA) hadir untuk memudahkan kamu menyelesaikan permasalahan keuangan tersebut.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar pendidikan tersebut dapat selesai dengan semestinya? Salah satu program yang ditawarkan beberapa pihak bank bisa menjadi solusi loh. Simak berbagai jenis pinjaman yang ditawarkan untuk biaya pendidikan dibawah ini ya.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Daftar Bank dengan Produk KTA untuk Biaya Pendidikan 

loader

KTA khusus untuk biaya pendidikan bisa digunakan oleh kalangan muda atau mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan loh. Program yang ditawarkan beberapa pihak bank tentu dapat memudahkan kamu dalam menyelesaikan problem finansial. 

Kemudahan pengajuan KTA membuat kamu harus lebih selektif dalam pemilihan pihak bank yang sesuai dengan kriteria. Pahami berbagai kelebihan dan kekurangan dari setiap program tersebut ya. Selengkapnya, ulasan beberapa program KTA yang bisa kamu pertimbangkan dibawah ini.

1. Mandiri Kredit Serbaguna

Produk pinjaman dari Bank Mandiri ini merupakan program kredit yang ditujukan pada pegawai atau karyawan dengan dengan penghasilan tetap untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk membiayai pendidikan, bisa dibilang program kredit ini bisa digunakan oleh para pegawai tetap untuk membiayai pendidikannya. Baik pegawai BUMN, ASN maupun perusahaan swasta. 

Catat kriteria yang harus dipenuhi, berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia produktif mulai dari 21 tahun dan maksimal 55 tahun ketika kredit tersebut lunas.
  • Masa kerja minimal 1 tahun dengan penghasilan lebih dari 3 Juta Rupiah.
  • Membuka rekening Mandiri atas nama sendiri.
  • Menyiapkan sejumlah dokumen, mulai dari identitas diri, slip gaji disertai keterangan pegawai dari perusahaan tempat bekerja.

Pahami kekurangan dan keuntungan dari program Mandiri Kredit Serbaguna, antara lain:

Setelah memahami apa saja kriteria yang tersebut, perhatikan kelebihan serta kelemahan program kredit dari Mandiri ini.

  • Nominal yang ditawarkan terbilang lebih besar dibandingkan dengan bank lain. Mulai dari 2 juta rupiah hingga 1 milyar.
  • Proses pencairan terbilang cepat, dari mulai 24 jam.
  • Jangka waktu pembayaran yang panjang hingga 180 bulan maksimal.
  • Kelemahan program ini yakni syarat usia debitur maksimal 55 tahun saat pinjaman tersebut lunas.

2. Briguna Pendidikan

Program KTA yang ditawarkan oleh pihak bank BRI ini sungguh akan memudahkan kamu untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, program ini hanya diberikan untuk nasabah yang berniat melanjutkan pendidikan S2 atau S3 dengan penghasilan tetap.

Karena dikhususkan untuk membiayai pendidikan, program KTA dari BRI ini dibuat dengan skema kredit adaptif, dari syarat pengajuan hingga kesesuaian plafon pinjaman. Berikut ini beberapa kelebihannya, antara lain:

  • Limit kredit senilai biaya kuliah, maksimal hingga 250 juta rupiah.
  • Tenor kredit bervariasi, antara enam hingga sepuluh tahun sesuai jenjang pendidikan yang ditempuh.
  • Jumlah angsuran sama hingga jatuh tempo pinjaman berakhir.
  • Terdapat asuransi pinjaman untuk debitur yang meninggal dunia selama masa pinjaman.

Hal utama yang perlu disiapkan adalah kelengkapan identitas diri dan sejumlah dokumen terkait pekerjaan. Selain itu, surat rekomendasi dari pihak pendidikan serta nilai IPK yang akan dipertimbangakan. Namun, program pembiayaan pendidikan ini hanya ditujukan bagi debitur yang menempuh pendidikan S2 serta S3 saja. 

Baca Juga: Ini Dia yang Harus Diketahui dari Biaya Pendidikan Anak Pra Sekolah

3. BNI Fleksi

Keunggulan BNI fleksi ini menawarkan beberapa subprogram yang membuat alokasi dana lebih maksimal. Program tersebut diantaranya berupa BNI Fleksi Mahasiswa, BNI Fleksi untuk mahasiswa berprestasi dan untuk mahasiswa yang akan melakukan penelitian.

Syarat khusus program ini nasabah pengguna payroll BNI. Tidak hanya itu, calon nasabah diwajibkan berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat pinjaman berakhir. Keunggulan program ini yaitu didukung oleh sistem pengajuan online, sehingga dapat diakses dimana saja..

Penawaran Plafon hingga 500 juta rupiah dengan tenor yang relatif panjang mencapai 15 tahun. Namun, kamu akan dikenakan biaya administrasi awal sebesar Rp. 150 ribu dan biaya provisi 1 persen dari total pinjaman.

4. Maybank KTA 

Kemudahan program ini tentu disesuaikan dengan persyaratan yang diajukan. Seperti beberapa program dari pihak bank lain, berpenghasilan tetap menjadi syarat utama. Penghasilan kotor yang diterima oleh nasabah minimal 4 juta rupiah. 

Kelebihan dari program ini akan dirasakan ketika kamu adalah nasabah payroll bank ini. Nominal pinjaman lebih besar maksimal 250 juta tenor 5 tahun serta bunga hanya 0,79 persen dari total pinjaman.

Sedangkan untuk nasabah non payroll hanya dapat melakukan pengajuan hingga 150 juta dengan tenor 3 tahun dan bunga yang lebih tinggi yaitu 1,49 persen. 

5. Kredit Ringan (KRING) BTN

Sama hal nya dengan program lain, bank BTN memberi program ini khusus untuk mahasiswa yang memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Masa kerja paling sedikit satu tahun untuk karyawan perusahaan BUMN/BUMD dan dua tahun untuk perusahaan swasta.

Ketentuan lainnya juga pihak bank akan melakukan perjanjian kerjasama dengan perusahan kamu bekerja. Sehingga pembayaran dilakukan dengan sistem pemotongan gaji secara langsung.

Plafon yang ditawarkan mencapai 500 juta dengan tenor 15 tahun. Namun, persyaratan yang ditentukan lebih rumit dibanding program KTA pihak bank lainnya.

6. BNI Cerdas

Program BNI cerdas ini memfasilitasi jenjang pendidikan yang lebih luas. Mulai dari preschool hingga perguruan tinggi dengan syarat lembaga pendidikan terkait berasal dari dalam Negeri dan terdaftar pada Departemen Pendidikan minimal sudah berdiri lebih dari tiga tahun.

Disamping itu, program BNI cerdas ini memiliki beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan. Nominal pinjaman hanya mencapai 200 juta dengan tenor 3 tahun. Terdapat biaya administrasi sebesar 100 ribu rupiah dan biaya provisi 1 persen dari maksimal pinjaman.

Baca Juga: Menghitung Biaya Sekolah Anak dan Pilih Tabungan Pendidikan yang Tepat

7. Aplikasi Fintech Cicil.co.id

Saat ini fintech sudah merambah pembiayaan di sektor pendidikan. Aplikasi cicil ini dipastikan keamanannya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Syarat relatif lebih mudah, kamu hanya perlu menyiapkan data identitas diri beserta Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Berikut ini beberapa kelebihan dari Cicil.co.id untuk pembiayaan pendidikan mahasiswa, antara lain:

  • Program pinjaman bervariasi, terdapat dua jenis pembiayaan yang bisa digunakan mahasiswa untuk bayar uang kuliah dan beli kebutuhan perkuliahan.
  • Syarat dan proses pengajuan pinjaman cukup mudah, hanya dengan kartu mahasiswa dan kartu identitas diri.
  • Tidak memerlukan dokumen lainnya, seperti kartu kredit.
  • Bunga kompetitif,
  • Tidak memerlukan penjamin untuk mendapatkan pinjaman.

Selain kelebihan, pahami juga kekurangan dari program pembiayaan pendidikan mahasiswa dari Cicil.co.id:

  • Mengharuskan pembayaran uang muka paling sedikit 20 persen dari total pembayaran uang kuliah.
  • Proses pengajuan pinjaman cukup panjang, karena memerlukan verifikasi wajah tatap muka, 
  • Masih terbatas di beberapa universitas yang sudah menjalin kerjasama.

Pahami Perbedaan dan Maksimalkan Keuntungannya

Biaya pendidikan yang semakin tinggi jangan dijadikan sebagai hambatan untuk berkarir. Berbagai kemudahan dapat kamu rasakan dengan maraknya program Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan oleh banyak pihak bank. 

Pastikan memilih program pinjaman yang memberikan banyak keuntungan untuk menunjang pendidikan. Bandingkan kelebihan dan kelemahan dari semua program KTA yang ada sebelum melakukan pengajuan.

Pahami juga persyaratan yang harus dipersiapkan, agar pengajuan pinjaman berjalan dengan lancar. Jangan lupa, alokasikan dana pinjaman tersebut dengan sebaik mungkin ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pusing Mau Bayar Biaya Pendidikan Anak? Pinjam KTA Saja