Pusing Mau Bayar Biaya Pendidikan Anak? Pinjam KTA Saja

Pendidikan merupakan salah satu bekal penting untuk masa depan. Menyadari hal ini, para orang tua akan berusaha semaksimal mungkin untuk merencanakan pendidikan anak dari TK sampai melangkah ke perguruan tinggi.

Merencanakan pendidikan tidak mudah, karena butuh biaya yang tidak sedikit. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10% per tahun. Kalau orangtua tidak punya persiapan matang, maka akan sulit memenuhi kebutuhan primer tersebut.

Sebaiknya biaya pendidikan mulai kamu kumpulkan setelah kelahiran sang buah hati. Dengan begitu, kamu memiliki waktu cukup panjang untuk mempersiapkan biaya sekolah. Akan tetapi, bila kamu membutuhkan biaya pendidikan dalam waktu dekat, namun tabungan tidak cukup, Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu pilihan tepat.

Kamu bisa mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa perlu menjaminkan barang berharga. Kini, fasilitas KTA dapat kamu ajukan langsung ke bank, atau lewat marketplace produk keuangan, seperti Cermati.com.

Berikut ini beberapa alasan KTA cocok untuk memenuhi biaya pendidikan anak:

Baca Juga: Mengenal Riba dan Kaitannya dengan Bunga Bank

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Proses dan Syarat Sangat Mudah

loader

Proses dan Syarat Sangat Mudah

Berbeda dengan fasilitas kredit lain yang membutuhkan berbagai syarat rumit, KTA jauh lebih mudah. Pinjaman ini bisa diajukan tanpa agunan. Hal ini akan memudahkanmu untuk mengakses kredit tersebut.

Proses pengajuan KTA sampai disetujui tidak membutuhkan waktu lama. Jika sudah melengkapi semua syarat yang dibutuhkan, maka kamu hanya perlu menunggu beberapa hari saja untuk pencairan pinjaman.

Beberapa bank dan lembaga keuangan lain bahkan menyediakan layanan pengajuan online atau menggandeng marketplace produk keuangan untuk mengajukan KTA online dengan mudah dan segera mendapatkan kabar hanya sekitar 1 jam setelahnya. 

2. Plafon hingga Rp500 Juta

loader

Plafon Pinjaman Besar

Dalam produk KTA, batas pinjaman bervariasi jumlahnya. Secara umum, bank akan memberikan pinjaman dana tunai hingga Rp300 juta sesuai dengan ketentuan dan persyaratan masing-masing bank tersebut.

3. Jangka Waktu Fleksibel

loader

Jangka Waktu Fleksibel

KTA memungkinkanmu untuk memilih jangka waktu pinjaman dengan leluasa. Sebab produk ini biasanya menawarkan jangka waktu fleksibel. Tenornya dari 12 bulan sampai 60 bulan.

Kamu bisa memilih masa cicilan yang paling tepat, sehingga pinjaman KTA benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi pendidikan anakmu. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengambil tenor singkat, apalagi jika hal tersebut akan membebani keuanganmu.

Baca Juga: Kesalahan Peminjam KTA yang Mesti Dijadikan Pelajaran

4. Cicilan Sesuai Kemampuan Keuangan

loader

Cicilan Sesuai Kemampuan Keuangan

Kamu juga dapat memilih besaran cicilan atau angsuran yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Lakukan dulu simulasi awal dan melihat kemampuan bayarmu, sebelum akhirnya memilih besaran angsuran ideal. Hal ini akan sangat membantumu untuk menghindari gagal bayar dan berbagai masalah keuangan lain di kemudian hari. 

5. Cepat dan Praktis

loader

Cepat dan Praktis

Biaya pendidikan bisa saja sudah kamu rencanakan, namun tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu kamu harus membayar biaya sekolah secara mendadak. Ketika kamu tidak memiliki dana cukup, maka KTA bisa jadi solusinya. Kamu hanya perlu melengkapi syarat yang dibutuhkan dan melakukan pengajuan. Dalam waktu cepat, kredit akan cair dan dapat digunakan untuk biaya sekolah anak.

6. Satu Risiko Sekaligus

loader

Satu Risiko Sekaligus

Selama masa pendidikan anak, bukan hanya biaya SPP atau biaya semesteran saja yang dibutuhkan, tapi biaya lain, seperti buku, seragam, dan sebagainya. Hindari untuk mengajukan berbagai pinjaman, sebab mengajukan satu KTA saja akan jauh lebih baik. Kamu bisa mengajukan KTA dengan limit yang tepat, sehingga persiapan untuk berbagai biaya ini bisa terpenuhi.

Kamu hanya perlu fokus pada satu risiko sekaligus, tanpa perlu pusing memikirkan tagihan lainnya. Hal ini tentu akan membuatmu merasa nyaman, daripada kamu memiliki banyak jenis utang yang berbeda dengan bunga dan ketentuan lain yang memberatkan. 

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Di balik kemudahan tersebut, kamu perlu tahu bahwa produk KTA biasanya menawarkan suku bunga cukup tinggi. Selain itu, ada biaya-biaya lain, salah satunya biaya keterlambatan yang dibebankan kepada nasabah jika telat membayar cicilan bulanan KTA. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, bayar tagihan tepat waktu.

Baca Juga: Tips Cerdas Menggunakan KTA secara Maksimal