Rekomendasi Tabungan Online yang Wajib Jadi Pertimbangan

Siapa bilang bahwa menabung tidak menguntungkan? Sesuai dengan pepatah lama, kini menabung memang benar-benar dapat membuat seseorang menjadi kaya, lho! Pasalnya, dengan menabung di lembaga keuangan yang tepat, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat beragam keuntungan yang dapat memperkecil pengeluaran keuangan. 

Dahulu, banyak orang menganggap jika menabung dirasa kurang efektif dijadikan fasilitas untuk menjadi kaya. Banyak yang berpendapat bahwa daripada uang ditabung di bank, akan jauh lebih baik dan menguntungkan jika dana tersebut diinvestasikan. Memang, anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah.

Akan tetapi, dengan adanya fasilitas tabungan online yang kini mulai menarik perhatian masyarakat, menabung dapat memberikan kelebihan lain yang tidak kalah menggiurkannya. Tabungan online merupakan produk tabungan dengan memanfaatkan layanan digital pada ragam fiturnya. Berbeda dengan produk tabungan biasa, Anda dapat mendaftarkan tabungan online melalui ponsel saja. 

Selain itu, kebanyakan layanan tabungan online memberikan beragam fasilitas menarik yang dibutuhkan oleh nasabahnya, seperti proses transaksi yang lebih simpel dan juga pemberian bunga lebih tinggi. Daya tarik itulah yang membuat tak sedikit orang mulai mencoba memiliki layanan tersebut. 

Nah, jika Anda juga tertarik untuk mencoba layanan tabungan online dan menikmati keunggulannya, akan lebih baik jika Anda ketahui dulu pilihannya.

Baca Juga: Apa Perbedaan Deposito dan Tabungan?

6 Tabungan Online Terbaik

tabungan online

  1. Jenius 

    Rekomendasi yang pertama adalah Jenius yang juga menjadi pelopor layanan tabungan online di Indonesia. Tidak sulit untuk bisa menjadi nasabah Jenius, hanya dengan mengunduh aplikasinya di smartphone, melakukan pendaftaran, dan kartu debit Jenius akan langsung dikirimkan ke alamat Anda atau bisa diambil sendiri di lokasi tertentu.

    Salah satu keunikan tabungan online ini adalah, nasabah Jenius akan menggunakan #Cashtag yang menjadi nama pengguna atau username nasabah. Soal bunganya, Jenius menawarkan bunga sebesar 4% per tahun untuk jenis tabungan Dream Saver dan Flexi Saver, serta 5.25% untuk pemilik tabungan Jenius Maxi Saver. 

    Nasabah Jenius juga tidak harus mengisi saldo awal berjumlah tertentu, serta tidak dibebani dengan minimal saldo yang mengendap pada rekening. Ada pula fitur unggulan yang dimiliki oleh Jenius adalah split bill, yaitu membagi tagihan transaksi nasabah bersama teman, send it atau fitur penjadwalan transfer dana, dan juga Pay me atau fitur penagihan pembayaran pada pengguna tabungan Jenius lain. 

    Untuk beban biaya transaksi, nasabah Jenius tidak perlu risau banyak dana terkuras karena tidak dikenakan biaya administrasi per bulan dan bebas biaya tarik tunai pada ATM BTPN atau TCR Jenius. Selain itu, Jenius juga menggratiskan biaya tarik tunai pada ATM Prima atau Bersama serta transfer online sampai 25 kali (*Syarat dan ketentuan berlaku).

  2. Digibank

    Selanjutnya ada Digibank yang merupakan produk tabungan online dari DBS Indonesia. Sama halnya dengan Jenius, calon nasabah dapat melakukan pendaftaran dengan mengunduh aplikasi di smartphone. Setelah itu, Anda diharuskan untuk menyiapkan e-KTP dan mengisi data untuk menyelesaikan pendaftaran rekening online Digibank.

    Digibank menawarkan bunga kepada nasabahnya hingga 5,25%, khususnya pada produk depositonya. Tidak hanya itu, nasabah Digibank dapat memanfaatkan fitur Spending Tracker dan Virtual Assistant untuk mengatur transaksi dan pengeluaran, serta melakukan transfer melalui chat. 

    Nasabah Digibank juga tidak perlu membayar biaya administrasi per bulan dan bebas biaya tarik tunai pada ATM DBS. Sedangkan untuk tarik tunai pada ATM ALTO, Bersama, atau Prima, juga biaya transfer daring akan digratiskan hingga 100 kali pemakaian per bulannya (dengan saldo rata-rata 1 juta Rupiah). Jadi, nasabah tidak perlu takut uangnya akan terbuang setiap kali menarik uang di ATM atau melakukan transfer. 

  3. Tabungan Online Sinarmas

    Proses pembukaan rekening online Sinarmas dapat dilakukan secara online, yaitu melalui laman website Sinarmas atau aplikasi SimobiPlus. Sederhana saja, proses pendaftaran dilakukan nasabah dengan mengisi data pribadi dan melakukan setoran awal yang bisa ditransfer dari nomor virtual account. Setelah itu, nasabah dapat mengambil kartu debitnya di cabang Bank Sinarmas terdekat. 

    Untuk keunggulannya, nasabah hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 50 ribu saja sebagai saldo awal pendaftaran rekening. Selain itu, nasabah juga dapat menggunakan aplikasi bernama SimobiPlus untuk mengakses aplikasi tabungan online Sinarmas menggunakan koneksi internet. Nasabah juga digratiskan melakukan penarikan tunai pada jaringan ALTO atau ATM Bersama dan Prima asal saldo yang dimiliki lebih dari 5 juta Rupiah.

  4. PermataMe

    PermataMe merupakan tabungan online yang diluncurkan oleh Bank Permata. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menjadi nasabah PermataMe, yaitu mendapatkan 10% cashback setiap bertransaksi transportasi online, 20% cashback saat berbelanja online, dan 30% cashback setiap bertransaksi ngopi ataupun nonton dengan catatan syarat dan ketentuannya dipenuhi. 

    Untuk membuka rekening tabungan PermataMe, calon nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi PermataMobile X dan pilih PermataMe. Pendaftaran nasabah dapat dilakukan dengan mengisi formulir dan menunjukkan identitas diri seperti KTP. PermataMe menggratiskan sejumlah biaya, seperti administrasi bulanan, transfer online, tarik tunai pada ATM tertentu, biaya kartu, dan tutup rekening selama memenuhi ketentuannya.  

  5. Tahapan BCA

    Tahapan BCA juga dapat disebut sebagai tabungan online karena nasabah dapat melakukan transaksi menggunakan aplikasi BCA Mobile Banking/m-BCA yang bisa diunduh di smartphone. Calon nasabah Bank BCA juga dapat mengajukan pembukaan rekening baru melalui aplikasi tersebut secara online.

    Nasabah dapat memilih produk tabungan Bank BCA berupa Tahapan Xpresi, Tahapan Blue atau Silver, Gold dengan minimal setoran awal mulai dari Rp50.000,-. Kelebihan yang dimiliki oleh Bank BCA adalah penawaran pada luasnya jaringan bank tersebut dan kemudahan transaksi bagi setiap nasabahnya. 

    Meski begitu, jika dibandingkan dengan produk tabungan online lainnya, Tahapan BCA terbilang lebih mahal karena mengenakan biaya administrasi per bulan hingga Rp20.000,-, saldo ditahan Rp50.000,-, saldo rata-rata minimal per bulan Rp100.000,-, dan biaya penutupan rekening sebesar Rp50.000,-. 

  6. Britama

    Diluncurkan oleh BRI, Anda juga dapat memilih produk tabungan online Britama. Adapun fitur yang dimiliki oleh Britama adalah AFT atau transfer dana secara otomatis, account sweep atau transfer dana sesuai batasan dari saldo minimal dan maksimal per tanggal tertentu berdasarkan aturan nasabah, dan juga AGF untuk penarikan dana oleh rekening lain guna memenuhi keperluan tertentu. 

    Tidak hanya memiliki fitur tersebut, Britama juga memberikan layanan-layanan menarik lainnya.

    Untuk membuka rekening Britama, calon nasabah harus berusia minimal 17 tahun dan menunjukkan dokumen identitas diri, seperti KTP dan NPWP atau form pernyataan bagi yang belum memiliki NPWP. Untuk WNA, syarat menjadi nasabah Britama adalah Paspor dan KITAP, KIMS, atau KITAS.

    Setelah memenuhi persyaratan tersebut, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran. Satu hal yang perlu diketahui, Britama membebankan biaya administrasi per bulan sebesar Rp11.000,- jika saldo kurang dari Rp10.000.000,- dan Rp12.000,- jika saldo lebih dari Rp10.000.000,-. Setoran awal untuk Britama Kartu Gold adalah Rp500.000,- dengan biaya kartu per bulan Rp6.500,- dan untuk Britama Kartu Classic adalah Rp250.000,- dengan biaya kartu Rp2.000,- per bulan. Britama juga menahan saldo minimum nasabah sebesar Rp50.000,-. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Jadi, Sudahkah Menentukan Tabungan Online yang Akan Dipilih?

Itulah enam rekomendasi tabungan online yang bisa Anda pilih untuk mempermudah kegiatan transaksi sehari-hari. Masing-masing rekomendasi tersebut tentu memiliki keuntungan dan kekurangan yang berbeda tergantung kebutuhan nasabahnya. 

Nah, adakah rekomendasi tabungan online yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan siap untuk dipilih?

Baca Juga: Informasi Lengkap Tentang Tabungan Digital