Kenalan Lebih Dekat dengan Reksadana Sinarmas dan Beragam Produk yang Bisa Dipilih

Bukan hal yang mengherankan jika reksadana menjadi salah satu instrumen investasi dengan jumlah peminat paling banyak. Alasannya tentu saja beragam, mulai dari, cara kerjanya yang simpel, bisa dimulai dengan modal yang terjangkau, serta lebih mudah disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi. 

Di samping itu, ada berbagai penyedia layanan investasi reksadana yang turut mewarnai industri keuangan tersebut dengan keunggulan dan keuntungan yang memanjakan nasabahnya. Di antara beragam penyedia layanan investasi reksadana yang ada di Indonesia, Reksadana Sinarmas tentu patut untuk dipertimbangkan. 

Disediakan dan dikelola oleh salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia, Sinarmas Reksadana kerap dijadikan pilihan sarana investasi reksadana oleh investor dari kalangan mana pun. Tidak hanya itu, ragam produk reksadana yang ditawarkan oleh layanan ini juga cukup lengkap dengan benefit dan tawaran menarik yang sulit disepelekan investor.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Reksadana Sinarmas, variasi produk yang tersedia, dan beragam hal penting lain seputarnya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Reksadana Manulife, Jenis, Keuntungan, Hingga Cara Membelinya

Tentang Reksadana Sinarmas

loader

Sinarmas Reksadana

Reksadana Sinarmas adalah layanan investasi reksadana yang termasuk ke dalam bagian dari Bank Sinarmas. Melalui layanan investasi tersebut, kamu bisa dengan mudah mendapatkan beragam tawaran menarik terkait produk reksadana dengan berbagai benefit yang tentunya sayang jika sampai dilewatkan. 

Terdapat beragam jenis produk dan layanan yang bisa dipilih melalui Sinarmas Reksadana. Beberapa di antaranya adalah Danamas Rupiah Plus, Danamas Pasti, Danamas Stabil, Danamas Dollar, Simas Satu, dan Simas Satu Prima. Selain itu, ada pula Simas Syariah Berkembang, Danamas Saham, Simas Saham Unggulan, Simas Saham Maksima, dan Simas Investment Plan yang bisa dipilih oleh nasabah dengan menyesuaikan kebutuhan, kondisi keuangan, ataupun tujuan investasi yang ingin diraih. 

Tentunya, setiap produk dan layanan yang ditawarkan oleh Reksadana Sinarmas tersebut memiliki keunggulan dan kelebihannya tersendiri. Dalam kata lain, kamu perlu memastikan kelebihan tersebut sesuai dengan kondisi keuanganmu dan tujuan investasi yang ingin diraih di masa mendatang agar mampu memberikan keuntungan yang optimal.

Ragam Produk Reksadana Sinarmas

Ada beragam produk reksadana yang ditawarkan oleh Bank Sinarmas dan bebas dipilih oleh nasabah. Pilihan produk reksadana yang bervariasi tersebut tentu mampu memudahkan nasabah memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan, kondisi keuangan, dan tujuan investasi. 

Berikut adalah sederet produk reksadana Sinarmas + reksadana Sinarmas Syariah.

  1. Danamas Rupiah Plus

    Produk ini menawarkan layanan reksadana pasar uang dengan peluang imbal hasil atau keuntungan yang optimal. Di samping itu, karena modal investasi dialokasikan pada produk reksadana pasar uang, tingkat risiko yang ditanggung oleh investor terbilang sangat rendah dan dapat ditoleransi. Jadi, kamu bisa memilih produk ini jika menginginkan layanan investasi reksadana yang cenderung stabil dan mampu memberikan keuntungan lebih pasti. 

  2. Danamas Pasti

    Pada produk ini, jenis reksadana yang dipilih adalah pendapatan tetap yang dikenal memiliki tingkat risiko kecil, tapi tetap mampu memberi keuntungan yang menjanjikan dan konsisten. Bagi yang belum tahu, produk reksadana besutan Bank Sinarmas ini berhasil meraih penghargaan sebagai produk Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik di tahun 2013. 

  3. Danamas Stabil

    Masih sama dengan Danamas Pasti, produk Danamas Stabil ini juga memanfaatkan instrumen reksadana pendapatan tetap dan mampu memberi imbal hasil stabil dan relatif lebih tinggi ketimbang deposito atau tabungan biasa. Produk investasi ini juga telah mendapatkan penghargaan dalam hal Best Fixed Income Fund dengan konsisten setiap tahunnya semenjak 2009. Total AUM yang dimiliki oleh produk reksadana Sinarmas ini mencapai lebih dari 1 triliun Rupiah.

  4. Danamas Dollar

    Selanjutnya ada pula Danamas Dollar, yaitu produk reksadana jenis pendapatan tetap yang berhasil meraih penghargaan sebagai Best Fixed Income USD Fund dengan konsisten di setiap tahunnya semenjak 2007. Alokasi dana investasi pada produk ini adalah sekitar 80 sampai 100 persen pada efek utang, serta maksimal 20 persen sisanya ditempatkan pada instrumen pasar uang dengan masa jatuh tempo di bawah 1 tahun pada denominasi dollar AS ataupun valuta asing lainnya.

  5. Simas Satu

    Selain yang telah disebutkan di atas, Bank Sinarmas juga menyediakan produk reksadana yang bernama Simas Satu. Produk ini merupakan reksadana campuran dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai produk Reksadana Campuran Terbaik jenis agresif di tahun 2014 sampai 2016. Dengan rekam jejak prestasinya tersebut, tentu Simas Satu bisa menjadi produk investasi reksadana campuran pilihan. 

  6. Simas Satu Prima

    Selain Simas Satu, ada pula produk Simas Satu Prima yang juga merupakan reksadana campuran dan mengalokasikan dananya pada sejumlah efek seperti efek ekuitas, pasar uang, dan juga pendapatan tetap dengan rasio sekitar 2 sampai 79 persen pada masing-masing instrumen tersebut. Karena termasuk sebagai produk reksadana campuran, Simas Satu Prima ini cocok dijadikan sebagai instrumen investasi jangka panjang agar bisa mendapatkan imbal hasil yang optimal.

  7. Simas Syariah Berkembang

    Beralih ke produk berbasis syariah, kamu juga bisa memilih Simas Syariah Berkembang yaitu produk reksadana campuran dengan basis syariah. Produk reksadana ini telah berhasil mendapatkan penghargaan menjadi Best Islamic Mixed Allocation Funds pada tahun 2017. 

  8. Danamas Saham

    Jika kamu termasuk sebagai investor jangka panjang dan memiliki profil risiko agresif, mungkin Danamas Saham bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi reksadana. Sesuai namanya, produk tersebut adalah reksadana saham dan pernah mendapatkan penghargaan berupa Reksadana Saham Terbaik di tahun 2009.

  9. Simas Saham Unggulan

    Masih seputar reksadana saham, nasabah Bank Sinarmas juga bisa memilih Simas Saham Unggulan jika tertarik berinvestasi pada instrumen tersebut. Selayaknya beragam produk lainnya, produk ini juga berhasil mendapatkan penghargaan menjadi Reksadana Saham Terbaik di kisaran AUM 1 miliar sampai 1 triliun Rupiah di tahun 2015. 

  10. Simas Saham Maksima

    Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi reksadana pada produk Simas Saham Maksima. Jika memilih produk ini, alokasi dana investasi pada portofolio adalah sekitar 80 sampai 98 modal ditempatkan di efek dengan sifat ekuitas.

  11. Simas Investment Plan

    Terakhir, produk ini hadir bagi nasabah yang ingin menikmati kemudahan berinvestasi reksadana dengan rutin dan berkala. Alasannya karena produk investasi reksadana ini memiliki fitur autodebit yang mampu membuat penggunanya lebih disiplin berinvestasi sesuai rencana dan alokasi dana yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: Reksadana BCA: Pengertian, Jenis Produk, dan Cara Membeli yang Perlu Diketahui

Beberapa Produk Reksadana Sinarmas yang Sempat Dibekukan OJK

Terlepas dari ragam produk reksadana yang ditawarkannya, ternyata beberapa layanan reksadana Sinarmas pernah dihentikan sementara pembelian ataupun switching produknya oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Tercatat, terdapat 7 produk reksadana Sinarmas yang sempat dibekukan, antara lain, Danamas Pasti, Danamas Rupiah, Danamas Stabil, Danamas Rupiah Plus, Simas Syariah Berkembang, Saham Unggulan, dan Simas Syariah Unggulan.

Kebijakan suspensi tersebut dilatarbelakangi instruksi OJK yang tertuang pada surat edaran di tanggal 20 Mei tahun 2020 lalu. Menanggapi hal tersebut, pihak Sinarmas memberikan klarifikasi jika masalah ini terjadi karena volatilitas nilai obligasi serta likuiditas pada pasar lebih ketat dan terbatas. Alhasil, hal tersebut membuat pihaknya sulit mencapai nilai jual yang sewajarnya.

Akan tetapi, penghentian atau suspensi tersebut hanya terjadi untuk sementara waktu saja. Setelah pihak Sinarmas menginformasikan pada pihak OJK terkait penyesuaian harga aset yang dimaksud, produk reksadana Sinarmas tersebut sudah dibuka kembali dan dapat ditransaksikan seperti biasa. 

Tetap Sesuaikan Produk Investasi Reksadana dengan Kebutuhan dan Tujuan Keuangan

Itulah penjelasan mengenai Reksadana Sinarmas, ragam produk, dan sekilas tentang masalah suspensi beberapa produknya oleh OJK. Jika kamu tertarik untuk berinvestasi pada salah satu produk yang telah diulas di atas, pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan serta tujuan keuangan. Dengan begitu, aktivitas investasi bisa berjalan dengan lebih lancar dan menghasilkan imbal hasil sesuai harapan di masa mendatang.

Baca Juga: Reksadana BNI: Jenis Produk, Keunggulan, hingga Cara Belinya