Jadi Bukti Bisnis Digandrungi Konsumen, Yuk Kenali Apa Itu Repeat Order dan Tips Mendapatkannya

Salah satu kunci penting agar bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis adalah memiliki produk atau layanan dengan kualitas yang bagus dan digandrungi masyarakat. Apabila kamu sebagai seorang pebisnis mempunyai produk dengan daya jual tinggi serta banyak dicari oleh konsumen, kemungkinan bisnis mendapatkan banyak pesanan dan berkembang akan menjadi lebih tinggi.

Di samping itu, jika ada banyak konsumen yang melakukan pemesanan ulang, itu artinya produk yang kamu tawarkan disenangi dan mampu memenuhi kebutuhan mereka. Konsumen yang kembali melakukan pemesanan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah bisnis tersebut dikenal dengan istilah repeat order. 

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan repeat order ini dan kepentingannya dalam sebuah bisnis? Selain itu, apa saja hal atau tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang konsumen melakukan pemesanan ulang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan tentang apa itu repeat order dan sederet tips meningkatkannya berikut ini.

Baca Juga: Market Order – Pengertian, Contoh, dan Bedanya dengan Limit Order

Apa Arti Repeat Order?

loader

Arti Repeat Order

Jika melihat secara harfiah, yang dimaksud dengan repeat order adalah pemesanan kembali. Arti repeat order mengacu pada perilaku atau tindakan konsumen yang melakukan pemesanan atau transaksi pembelian kembali terhadap produk atau layanan tertentu pada sebuah bisnis. Istilah tersebut juga bisa diartikan sebagai aktivitas berbelanja kembali pada tempat atau toko yang sama secara berulang kali.

Tentunya, ada beragam alasan kenapa seorang konsumen melakukan pemesanan kembali pada sebuah bisnis atau toko. Salah satu contohnya adalah karena produk yang pernah dibelinya dianggap memiliki kualitas dan value yang memuaskan. 

Selain itu, ada juga alasan lain yang membuat seseorang bersedia melakukan repeat order, seperti karena mendapatkan pelayanan yang bagus, hingga pengalaman berbelanja yang mampu memudahkan pelanggan atau pembeli. Nilai tambah yang dimiliki oleh sebuah usaha atau bisnis inilah yang bisa mendatangkan konsumen dan mengubahnya menjadi seorang pelanggan setia.

Manfaat Repeat Order pada Bisnis

Bisa dibilang, semua pengusaha harus bisa menargetkan bisnisnya supaya mampu mendapatkan jumlah repeat order yang banyak. Pasalnya, ketika bisnisnya mampu mendapatkan banyak pelanggan yang selalu melakukan pemesanan atau pembelian ulang, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pengusaha. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Memangkas Biaya Promosi atau Pemasaran

    Manfaat pertama dari bisnis dengan tingkat repeat order yang tinggi adalah bisa memangkas biaya marketing atau promosi. Seperti yang sudah dipahami oleh hampir semua pebisnis, biaya pemasaran atau promosi tidak jarang membutuhkan budget yang paling besar dan bisa menguras keuangan bisnis. Hal ini dikarenakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendatangkan konsumen baru sehingga bisnis mampu mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi.

    Namun, karena ada banyak konsumen yang selalu melakukan pemesanan ulang, pebisnis bisa mengalihkan biaya untuk promosi ke biaya lainnya yang mungkin lebih penting. Alasannya penjualan bisnis tetap mampu meningkat karena kebanyakan konsumen selalu melakukan pemesanan berulang sehingga tidak begitu urgent untuk melakukan promosi. 

  2. Menekan Biaya Operasional Bisnis

    Masih berkaitan dengan manfaat yang pertama, bisnis yang mampu membuat konsumen melakukan repeat order juga mampu menghemat biaya operasionalnya. Khususnya bagi sebuah bisnis yang mengeluarkan cukup banyak biaya agar bisa memancing konsumen yang baru selain melalui biaya pemasaran. 

  3. Mendapatkan Kelompok Konsumen dengan Loyalitas Tinggi

    Tidak kalah pentingnya, pemesanan ulang juga bermanfaat untuk menciptakan kelompok pelanggan atau konsumen yang memiliki tingkat loyalitas tinggi terhadap brand atau produk yang ditawarkan oleh bisnis. Dengan begitu, risiko pelanggan beralih ke produk kompetitor akan menjadi jauh lebih kecil dan peluang bisnis mendapatkan pangsa pasar yang besar akan menjadi semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi seorang pebisnis untuk membuat usahanya bisa meraih tingkat repeat order yang tinggi agar meningkatkan daya saingnya dengan para kompetitornya.

Baca Juga: Purchase Order, Memudahkan Kegiatan Transaksi Bisnis yang Semakin Kompleks

5 Tips Meningkatkan Peluang Bisnis Mendapatkan Repeat Order 

loader

Tips Meningkatkan Peluang Bisnis Mendapatkan Repeat Order

Lantas, bagaimana caranya agar tingkat repeat order dalam sebuah bisnis bisa ditingkatkan? Pada dasarnya, ada banyak cara dan langkah yang bisa dilakukan oleh pengusaha untuk menciptakan kondisi tersebut pada bisnisnya. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan agar bisa meningkatkan peluang bisnis mendapatkan repeat order. 

  1. Pastikan untuk Memberi Pelayanan yang Terbaik

    Terlepas dari mampu memberikan produk yang berkualitas, kamu juga wajib menunjukkan presentasi yang baik terhadap kualitas pelayanan pada bisnis agar mampu mendapatkan repeat order. Hal ini penting untuk dilakukan karena pelanggan yang merasa nyaman berbelanja di suatu tempat tidak akan ragu untuk mendatanginya kembali.

    Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Tidak harus bisa menunjukkan keramahan, pebisnis juga harus bisa menunjukkan sikap saling menghargai terhadap setiap konsumennya. Bisa dibilang, pepatah pembeli adalah raja harus dipraktikkan agar konsumen bersedia untuk melakukan pemesanan ulang.

    Tentunya, hal tersebut tidak bisa dilakukan tanpa kesabaran dan sikap yang telaten. Termasuk pula dalam menanggapi komplain, pastikan untuk memberi perhatian ekstra serta memberikan solusi terbaik agar bisnis tidak kehilangan pelanggan. 

  2. Jangan Ragu Tawarkan Promo Menarik secara Berkala

    Salah satu manfaat repeat order adalah memberikan profit tambahan bagi bisnis. Nah, hal tersebut bisa kamu lakukan dengan rutin menawarkan promosi menarik kepada konsumen. Tidak harus mahal, ada banyak cara promosi terjangkau namun tetap mampu memberi dampak yang besar.

    Sebagai contoh, berikan diskon pada konsumen yang sering berbelanja pada bisnis guna meningkatkan potensi repeat order. Dengan begitu, loyalitas pelanggan akan meningkat dan akan terus melakukan pesanan di tempatmu. 

    Cara lainnya dengan menawarkan beli 1 gratis 1, memberikan voucer bebas ongkir, dan lain sebagainya. Dengan promo menarik tersebut konsumen tentu akan lebih tergugah untuk terus membeli berulang kali. 

  3. Ciptakan Kemasan Produk Semenarik Mungkin

    Tips lainnya agar potensi repeat order semakin tinggi adalah membuat kemasan produk yang menarik dan mudah diingat. Terlebih yang memiliki desain multifungsi, kemasan yang bagus pasti bisa menjadi nilai plus pada produk dan juga bisnis. 

    Misalnya, pada bisnis jam tangan, ciptakan kemasan yang juga bisa dialihfungsikan sebagai celengan koin, tempat minuman, ataupun semacamnya. Dengan ide yang unik tapi tetap mampu memberikan fungsi nyata, dijamin akan ada lebih banyak pelanggan yang tertarik dengan bisnismu dan melakukan repeat order lebih banyak lagi. 

  4. Manfaatkan Media Sosial dan Buat Konten yang Menarik

    Dewasa ini, semua pebisnis pasti setuju jika media sosial bisa dijadikan sebagai sarana promosi yang hemat biaya, tapi tetap mampu memberi manfaat yang masif. Tidak harus membuat konten yang benar-benar baru, sesederhana mengupload ulang unggahan atau ulasan konsumen yang ditulis di media sosial bisa menjadi cara promosi yang ampuh. Yang terpenting, usahakan untuk selalu aktif mengelolanya dan ada konten baru yang dibagikan setiap harinya agar ada lebih banyak konsumen yang mengetahui akun media sosial dari bisnis tersebut. 

  5. Pastikan Produk Selalu Tersedia dan Bisa Dikirim Tepat Waktu

    Yang terakhir, tips meningkatkan repeat order bisa melalui memastikan produk selalu tersedia dan bisa dikirimkan ke konsumen tepat waktu. Perhatikan pula cara pengemasan produk agar kualitasnya tetap terjaga dan aman sampai di tangan konsumen. 

    Tidak hanya itu, hanya pilih layanan ekspedisi profesional dan memiliki kredibilitas tinggi agar pengiriman barang tidak terlambat. Cara ini bisa membantu bisnis memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dan menjamin tingkat kepuasannya agar tak segan untuk kembali melakukan pemesanan. 

Jamin Kelancaran dan Kesuksesan Berbisnis dengan Memastikan Konsumen Selalu Lakukan Repeat Order

Itulah penjelasan mengenai apa itu repeat order, keuntungannya bagi bisnis, dan berbagai tips untuk meningkatkannya. Karena berkaitan erat dengan tingkat penjualan bisnis, semua pengusaha harus bisa mengupayakan bisnisnya agar mampu meraih banyak pelanggan setia yang selalu melakukan pemesanan ulang terhadap produk atau layanan yang ditawarkannya. Dengan begitu, kelancaran bisnis akan lebih terjamin dan peluangnya meraih kesuksesan menjadi semakin tinggi

Baca Juga: Pengertian Newsletter dan Proses Menyusunnya untuk Bantu Perusahaan Jangkau Pelanggan Lebih Banyak