Resolusi Cerdas untuk Keuanganmu di Akhir Tahun 2017

Tahun 2017 sudah berjalan lebih dari setengahnya. Lalu bagaimana dengan rencana keuangan tahunan kamu, sudah tercapaikah setengah dari yang kamu targetkan sejak awal tahun kemarin?

Menjalankan rencana keuangan kerap menjadi hal yang tidak semudah ketika kamu menyusunnya, terutama jika kamu termasuk orang yang suka kembali ke masa lalu. Kamu mungkin saja memiliki seribu satu alasan untuk kembali kepada kebiasaan buruk kamu dalam mengelola keuangan, meskipun kamu telah memiliki anggaran keuangan yang baik sejak awal.

Cara seseorang dalam mengelola keuangan, akan sangat tergantung pada kebiasaan-kebiasaan yang dimilikinya di dalam kesehariannya. Hal ini mungkin akan terdengar sederhana, namun jika terus berlanjut, maka bisa saja kamu akan berada pada titik yang sama dengan tahun kemarin.

Artinya, tidak ada perbaikan dalam pengelolaan keuangan yang bisa kamu lakukan dengan baik di tahun ini, dan hal ini akan membuat kamu gagal mencapai tujuan keuangan kamu secara keseluruhan. Kondisi seperti ini tentu sangat buruk, apalagi jika kamu memiliki banyak rencana keuangan yang belum terwujudkan dengan baik.

Hentikan kegagalan dalam mengelola keuangan di tahun 2017 ini, lakukan beberapa resolusi cerdas berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jeli dalam Membeli

belanja
Jeli dalam Membeli

Belanja tanpa rencana adalah salah satu alasan utama yang membuat seseorang sering gagal dalam mengelola keuangannya, bisa jadi kamu juga sering melakukan ini. Hentikan kebiasaan belanja seperti ini, sebab uangmu bisa saja habis untuk berbagai barang yang pada dasarnya tidak begitu kamu butuhkan.

Pahamilah dengan baik cara belanja yang tepat, di mana kamu hanya perlu membeli barang-barang yang memang sangat kamu butuhkan, atau bahkan tidak bisa lagi untuk ditunda. Misalnya: berbagai kebutuhan pokok, perlengkapan mandi dan juga obat-obatan, dan yang lainnya. Biasakan juga untuk membuat daftar belanja, sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk memilih dan menentukan barang apa saja yang benar-benar kamu butuhkan dan akan kamu beli. Jangan lupa untuk mematuhi daftar belanjamu tersebut saat belanja nanti.

2. Menabung dengan Senang Hati

menabung
Menabung

Kapan terakhir kamu menabung? Menabung bukan sekedar menyisihkan uang sesaat setelah gajian, lalu menggunakannya kembali di tengah / akhir bulan di saat kamu kehabisan uang. Dana tabungan adalah dana khusus yang diperuntukkan sebagai dana darurat, jika sewaktu-waktu kamu mengalami masalah atau krisis di dalam keuangan. Dana tabungan ini juga bisa dialokasikan sebagai dana darurat, jika sewaktu-waktu kamu mengalami masa sulit atau kehilangan pekerjaan.

Jika melihat tujuan di atas, jelas dana tabungan harus dipisahkan dari dana lainnya. Bukalah rekening khusus untuk menampung dana ini, sehingga tidak tercampur dengan dana lainnya dan tidak kamu gunakan dengan sembarangan juga. Mulailah menabung secara rutin setidaknya 10% dari penghasilan kamu, sehingga kamu bisa mencapai titik aman dana darurat dengan cepat. Ingatlah tujuan pengadaan dana tabungan ini, sehingga kamu bisa melakukannya dengan senang hati.

3. Mulai Berinvestasi

berinvestasi
Berinvestasi

Bukan nanti, namun investasi harus mulai dilakukan saat ini. Jangan menunda investasi di dalam keuanganmu, sebab ini akan sangat menentukan kesuksesanmu dalam mengelola keuangan. Investasi akan membantumu mencapai tujuan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat. Pilihlah instrumen investasi yang kamu kenal dan pahami dengan baik, sehingga kamu bisa mengelola dan mengatasi risikonya dengan baik.

4. Kelola Utang dan Jangan Ciptakan yang Baru

mengelola utang
Mengelola Utang

Punya utang tahun lalu? Apakah kamu sudah melunasinya di tahun ini, atau bahkan menambah jumlahnya? Utang adalah salah satu pos yang bisa memperburuk kondisi keuangan, terutama jika utang kamu adalah utang yang tidak produktif (tidak menghasilkan). Segera lunasi utang ini, jika jumlahnya besar, maka mulailah mencicilnya secara bertahap. Hentikan kebiasaan berhutang dan jangan ciptakan utang yang baru, agar keuangan kamu membaik tahun ini.

5. Beli Asuransi

beli asuransi
Beli Asuransi

Alihkan risiko keuangan atas kesehatan yang kamu miliki pada perusahaan asuransi, agar kamu bisa aman dari berbagai masalah. Namun sangat penting untuk memilih asuransi yang tepat dan pertanggungannya sesuai dengan kebutuhan kamu, agar layanan ini bisa bermanfaat maksimal.

Baca Juga: Cara Jitu Gaji 4 Juta Bisa Beli Rumah dan Mobil

6. Terapkan Pola Hidup Hemat

berhemat
Berhemat

Selain poin di atas, pola hidup hemat adalah salah satu resolusi penting yang tidak bisa kamu lupakan di dalam keuangan. Hematlah dalam membelanjakan uangmu, sehingga berbagai tujuan keuanganmu bisa dicapai dengan baik dan tepat sasaran.

Baca Juga: Ini Cara Modern untuk Mengatur Keuangan Pribadi

Mulai Resolusi Keuanganmu Hari Ini

Jika ternyata keuanganmu masih memburuk di tahun 2017 ini, maka saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengevaluasinya. Jangan ditunda lagi, mulailah resolusi keuanganmu hari ini juga, sehingga kondisi keuanganmu bisa segera membaik dan tujuan keuanganmu tercapai dengan tepat sasaran.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Menurut Zodiak Anda