Review Asus Zenfone Max M2

Salah satu smartphone berkualitas dengan harga bersahabat saat ini adalah Asus Zenfone Max M2. Meski sempat menuai keraguan saat diluncurkan. Namun, tak dapat disangkal bahwa ponsel pintar satu ini akan disukai oleh para gamer. 

Ya, Asus memang merilis serangkaian tipe smartphone yang memang dibuat untuk menunjang kebutuhan gaming dari para penggunanya.

Ditawarkan dengan harga tak jauh dari seniornya, ASUS Zenfone Max Pro M1. Ponsel pintar satu ini cukup membuat galau para calon pembeli karena pasti kerap dibandingkan dengan pendahulunya. Lantas, apa saja keunggulan dan kelemahan ponsel pintar ini? Mari simak ulasannya berikut ini.

Desain Asus Zenfone Max M2 yang Menawan

Desain Asus Zenfone Max M2

Dirilis resmi pada Desember 2018, desain smartphone ini cenderung mirip dengan seniornya seperti Zenfone Max M1 dan Zenfone Max Pro M2. Perangkatnya mengusung desain berkonsep unibody berbalutan metal sebagai material pembungkus, meski terdapat perbedaan signifikan dengan Zenfone Max Pro M2.

Jika Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan tampilan glossy dan polycarbonate, Asus Zenfone Max M2 terlihat lebih biasa saja secara estetika. Meski begitu, ia tampak lebih kokoh dan mantap.

Logo Asus bisa ditemukan di bagian bawah. Selain itu, frame dengan bahan dari metal di bagian sisi yang menyatu dengan cap diatas dan menggunakan plastik. Material plastik itu diaplikasikan menjadi celah untuk keperluan sinyal selular.

Dari segi ergonomi, body terasa agak licin saat digenggam akibat penggunaan tekstur metalnya. Selain itu, masih agak besarnya bezel tepi di bagian layar menyebabkan ukuran body jadi terasa agak lebar saat digenggam. Sebagai saran, agar smartphone tidak tergelincir dari genggaman, gunakan jelly case yang ikut tersedia dalam box paket.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Layar Asus Zenfone Max M2 

Layar Asus Zenfone Max M2

Di desain layarnya, ponsel pintar ini telah menggunakan rasio 19:9 di mana notch terdapat di bagian atasnya. Namun, sayang sekali pengguna tak bisa mengatur layar, apakah akan ditampilkan dengan notch ataupun tidak. 

Kendati demikian, ponsel ini pintar mengetahui mana saja aplikasi yang memerlukan tampilan layar dengan ataupun tanpa notch.

Contoh, sewaktu digunakan untuk bermain game PUBG, bar hitam akan menutupi bagian layar notch. Dan secara penuh, konten hanya dipertunjukkan pada sisa layar. Di bagian itu, terdapat sensor kamera depan, LED flash, sensor ambient light, LED notifikasi, dan tak ketinggalan speaker handset.

Sedangkan tombol navigasinya berada di bagian dalam layar. Karena perangkat ini berfungsi dengan mengoperasikan Android PureStock, maka posisi navigasi default adalah tombol back di sebelah kiri, dengan recent app di sebelah kanan dan home di tengah. Tombol power serta volume diletakkan di bagian sisi kanan smartphone. Untuk bagian kirinya, ada Tray SIM Card dan Micro SD. 

Anda dapat dengan nyaman mengaktifkan dual SIM tanpa harus mengorbankan slot Micro SD atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan tersedia tiga slot yang secara dedicated tersedia. Di posisi bawah ada slot Micro USB, grill speaker dan juga lubang microphone

Ada pun untuk peletakan lubang jack 3,5mm dan microphone ANC berada di sisi bagian atas. Sementara itu, sisi belakangnya mempunyai dua sensor kamera di kiri atas, dengan lampu LED di bawahnya. Terdapat juga sensor fingerprint dengan bentuk bulat di bagian tengahnya.

Meskipun resolusi terlihat masih kurang maksimal, tetapi layar Zenfone Max M2 jadi tampak cukup cerah dengan visibilitas yang baik di segala kondisi cahaya. Hal ini dimungkinkan oleh layar IPS ukuran 6,26 inch resolusi HD+ 1520x720p.

Bagian jeroannya, smartphone ini dipacu oleh SoC menengah besutan Qualcomm yakni Snapdragon 632 (4x 1.8GHz Kryo 250 Gold + 4x 1.8GHz Kryo 250 Silver, GPU Adreno 506). 

Performa dan Kamera Asus Zenfone Max M2

  Performa Asus Zenfone Max M2

Ada pun perangkatnya dibekali RAM kapasitas 3GB LPDDR3X dan internal storage 32GB. Sementara urusan kameranya juga tak kalah ciamik. 

Kamera Asus Zenfone Max M2

 

Kamera Asus Zenfone Max M2

Pasalnya, perangkat ini dibekali dual sensor di kamera utama, 13MP (F/1.8) + 2MP depth sense. Untuk perekaman video, teknologi EIS mendukung dengan maksimal perekaman sampai 4K. Di bagian kamera depan, ada sensor 8MP yang ditemani LED Flash. 

Baterai Asus Zenfone Max M2

Baterai Asus Zenfone Max M2

Menyoal kapasitas baterainya pun cukup besar yakni 4000mAh kendati belum bisa disandingkan dengan versi yang Pro. Sementara itu, untuk pengisiannya menggunakan adaptor charger output 10W (5V/2A). Smartphone ini pun sudah semakin mumpuni dengan adanya sensor seperti proximity, acceleration, compass, ambient light, dan gyroscope. 

Dari konektivitasnya, smartphone ini telah dibarengi jaringan seluler 4G LTE, fitur VoLTE, Wi-Fi 802.11n, GPS/GLONASS dan Bluetooth 4.2. Sementara konektivitas data kabelnya masih memakai micro USB. Bagaimana dengan segi keamanannya? 

Zenfone yang berfungsi dengan sistem operasi Android Pure Stock Oreo 8.1.2 ini rupanya telah dibekali dengan sistem otentikasi face unlocked dan fingerprint. Tampilannya pun terbilang minimalis dengan pengoperasian yang seamless karena sedikit aplikasi yang terunduh di dalamnya. Hal ini sedikit berbeda dengan ponsel pintar Asus lainnya yang dibekali ZenUI sehingga banyak terpasang aplikasi yang pre-installed. 

Spesifikasi Asus Zenfone Max M2 

Berikut adalah spesifikasi Asus Zenfone Max M2:

Tabel Spesifikasi Asus Zenfone Max M2
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Stock Android 8.1 (Oreo)
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 Octa core
Kecepatan CPU 4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver
Storage 32 GB/64 GB
RAM 3 GB/4 GB/6GB
External Storage microSD
Baterai 5000 mAh
Ukuran Layar 6.3 inci
Resolusi Layar HD+ 1520 x 720 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM
3G WCDMA
4G (LTE) FDD-LTE/TD-LTE
Kamera Belakang 12 MP + 5 MP
Kamera Depan 13 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 158 x 76 x 7.7 mm
Berat 160 g

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Harga Asus Zenfone Max M2

Meskipun desain yang cenderung mirip dengan seniornya, yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1. Namun, harga Asus Zenfone Max M2 hanya berkisar di angka 1,7 juta saja. Harga yang cukup murah dengan desain berkelas dan fitur yang beraneka ragam

Smartphone Ramah Kantong untuk Para Gamers

Bagi Anda penggemar tampilan OS ringkas, ini tentu menguntungkan. Namun, bagi Anda yang ingin menambahkan aplikasi berfitur fungsional lainnya, hal ini akan menjadi tak sesuai selera. Dalam penjualannya, paket dilengkapi dengan adaptor charger, kabel Micro USB, buku petunjuk, kartu garansi serta jelly case. 

Dengan keunggulan mampu bertahan tanpa overheat meski tanpa fitur fast charging, tag The Next Generation Gaming terbukti cukup memanjakan hasrat bermain game para penggunanya.