Review dan Harga Oppo K3

Persaingan ponsel kelas Rp 4 jutaan memang semakin ketat dengan kehadiran beragam ponsel anyar di pertengahan 2019. Salah satunya adalah seri baru dari Oppo yang diberi nama Oppo K3. Gawai ini hadir dengan membawa beragam spesifikasi mumpuni di kelasnya.

Mengadopsi konsep Oppo F11 Pro, kamera ponsel ini pun sudah menggunakan mode pop up. Hal ini tentu membuat layar yang disajikan menjadi lebih luas karena tidak lagi ada poni. Desain bodinya pun cukup minimalis dan terlihat elegan. Penasaran? Berikut reviewnya.

Desain Elegan dan Minimalis

loader

Meski hadir sebagai ponsel kelas menengah, Oppo sepertinya lebih memilih desain minimalis untuk ponsel besutannya di pertengahan 2019 ini. Meski terlihat minimalis, namun kesan mewah tidak bisa dihilangkan dari perangkat ini. 

Dua seri sebelumnya, yakni Oppo Reno dan F11 Pro agaknya memang menjadi inspirasi dari terlahirnya Oppo K3. Bentuk bodi perangkat ini akan membuat pengguna membayangkan kehadiran Oppo Reno.

Bagian belakang ini juga diberikan lapisan glossy yang menghadirkan efek cermin saat tertimpa cahaya. Sayangnya, penggunaan lapisan ini membuat perangkat jadi mudah kotor terkena bekas sidik jari. Untungnya, ada softcase bawaan yang siap digunakan.

Tidak hanya menawan, perangkat ini juga didesain nyaman untuk digenggam. Bagian sisi dari gawai dibuat melengkung sehingga memudahkan saat digenggam. Ada juga desain 3D yang membuat ponsel tetap nyaman meski digunakan dalam waktu cukup lama.

Menilik kelengkapan aksesoris gawai, pengguna tidak akan menemukan kamera depan di atas layar. Hal ini dikarenakan Oppo K3 mengadopsi layar F11 Pro yang dibenamkan pada bagian sisi atas perangkat. Kamera ini akan muncul atau istilahnya pop up ketika pengguna membuka  kamera selfie.

Sementara di bagian belakang ada dua buah kamera yang sudah dilengkapi dengan lampu flash LED. Jika terbiasa dengan keberadaan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, pengguna tidak akan menemukannya pada seri ini.

Bagian sisi kiri dan kanan gawai juga masih dihuni oleh slot untuk SIM card, microSD, dan tombol volume serta tombol power. Di bagian bawah terdapat jack audio 3,5mm, speaker, dan juga USB Type-C.

Layar yang Lebih Tajam

loader

Dengan harga Rp 4 jutaan yang ditawarkan, layar yang disuguhkan oleh Oppo K3 jelas tidak mengecewakan. Dengan panel AMOLED, pengguna disajikan tampilan dengan warna yang lebih jelas dan tajam.

Selain itu, layar ini menggunakan layar 6,5 inch Panoramic Full Screen yang memberikan sajian lebih luas. Apalagi dengan penggunaan kamera pop up yang membuat layar depan benar-benar penuh. Bezel yang ada di tepi layar pun sudah cukup tipis. Layar yang luas tersebut didukung dengan sajian gambar beresolusi Full HD+. Tampilan pada layar ini sudah memberikan pengalaman memuaskan untuk menikmati beragam konten multimedia. Termasuk saat bermain game.

Keamanan layar juga terjamin dengan diberikannya lapisan Corning Gorilla Glass 5. Layar jadi lebih tahan terhadap goresan maupun benturan ringan. Kenyamanan mata juga  semakin terjamin dengan adanya fitur Eye Protection.

Keunggulan yang cukup menjadi andalan Oppo K3 dibanding pesaingnya adalah keberadaan pemindai sidik jari yang sudah diletakkan pada layar. Teknologi canggih yang tadinya hanya hadir di gawai kelas premium.

Baca Juga: Review dan Spesifikasi Oppo A9 2020

Performa yang Bisa Diandalkan

loader

Meskipun hadir di kelas menengah, Oppo tidak lantas memberikan jeroan yang biasa pada perangkat ini. Mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 710 octa-core, performa perangkat ini cukup kencang meninggalkan beberapa pesaingnya.

Chipset ini sendiri dibuat dengan fabrikasi 10nm dengan CPU yang dapat berlari dengan kecepatan hingga 2.2 GHz. Konon kabarnya, chipset ini memiliki kemampuan bermain game yang paling mumpuni di kelasnya.

Performa ampuh tersebut didukung dengan unit pemrosesan grafis Adreno 616 dan RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB yang membuat bermain game berjalan makin mulus. Penggunaan untuk bermain game grafis tinggi dapat dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Apalagi dengan keberadaan beragam fitur khusus yang dapat diandalkan untuk meningkatkan pengalaman bermain. Misalnya saja Game Boost 2.0 yang dapat menaikkan akselerasi frame-rate (Frame Boost), dan juga sensor sentuh layar (Touch Boost). Ucapkan selamat tinggal pada lag.

Menggunakan Oppo K3 juga semakin mudah karena penggunaan sistem operasi Android Pie 9.0 yang mengusung antarmuka Color OS seri 6.0. Beragam fitur yang memudahkan pengguna juga turut dibekalkan.

Fitur keamanan biometrik face unlock dan pemindai sidik jari juga sudah dibekalkan. Pemindai sidik jari tidak diletakkan pada bodi bagian belakang melainkan tertanam dalam layar. Mengusung teknologi kecerdasan buatan, sensor ini disebut bekerja 28,5% lebih cepat membuka kunci.

Dilengkapi Teknologi Rising Camera

loader

Memiliki desain yang mengadopsi Oppo Reno dan juga Oppo F11 Pro, tidak mengherankan jika kamera depan seri ini juga menggunakan teknologi rising camera. Mengandalkan sensor Sony IMX 471, Oppo sudah menggunakan sensor 16MP.

Penggunaan teknologi rising camera ini membuat kamera depan tersembunyi di dalam bodi gawai. Kamera ini akan keluar ketika dibutuhkan untuk melakukan face unlock ataupun saat akan digunakan untuk selfie. Prosesnya pun hanya membutuhkan 0,8 detik saja.

Oppo juga memberikan jaminan jika kamera ini dapat digunakan hingga 100 kali sehari naik turun dan 5 tahun pemakaian. Selain itu juga ada intelligent device protection yang dapat melindungi kamera saat jatuh.

Sementara untuk kamera belakang hanya dibekali dengan dua buah kamera lengkap dengan lampu flash LED. Kedua kamera ini memiliki lensa 2 MP depth-sensor untuk menghasilkan efek bokeh dan 16 MP sebagai kamera utama.

Baik kamera depan maupun belakang sudah hadir dengan membawa fitur kecerdasan buatan. Fitur tersebut mampu membuat pengalaman memotret semakin menyenangkan. Hasil jepretannya pun layak untuk bersaing.

Baterai Cukup Besar

loader

Meski performa dan kamera apik, Oppo K3 hanya dibekali baterai 3.765 mAh saja. Meski tidak terlalu besar, tetapi besarnya daya ini sudah cukup digunakan untuk menunjang beragam aktivitas cukup lama.

Apalagi, ketika baterai habis pengguna bisa mengisinya dalam waktu cukup singkat. Hal ini berkat adanya fitur VOOC Flash Charge 3.0 yang juga disematkan.

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik

Spesifikasi Oppo K3

Berikut adalah tabel spesifikasi Oppo K3:

Tabel Spesifikasi Oppo K3

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

ColorOS 6 (Android 9 Pie)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM 710 Snapdragon 710 (10 nm) Octa-core

Kecepatan CPU

2x 2.2GHz Kryo 360 Gold & 6x 1.7GHz Kryo 360 Silver

Storage

64 GB

RAM

6 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

3765 mAh

Ukuran Layar

6,5 inci

Resolusi Layar

FHD+ 2340 x 1080 pixels at 396 ppi density, AMOLED

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

WCDMA Bands 1/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

16MP + 2MP

Kamera Depan

16MP (Motorized Pop-up)

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

161.2 x 76.0 x 9.4 mm

Berat

191 g


Harga Oppo K3

Harga Oppo K3 berada dalam kisaran Rp 4,5 jutaan. Harga yang tidak begitu mahal tapi juga tidak begitu murah. Namun, melihat spesifikasi yang ditawarkan sepertinya ponsel ini layak Anda jadikan pertimbangan. 

Ponsel yang Layak Masuk ke Dalam Wish List

Penggemar game mobile rasanya wajib memiliki gawai ini. Performa yang ditawarkan jelas menghadirkan pengalaman bermain game lebih memuaskan. Begitu pula dengan beragam fitur pendukungnya.

Kemampuan kameranya juga tidak bisa diremehkan. Penggunaan sensor Sony IMX 471 pada kamera mampu menghasilkan foto yang memukau. Para vlogger sepertinya juga bisa menjadikan gawai ini sebagai andalan.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!