Review dan Spesifikasi Oppo A1k

Seiring berkembangnya teknologi membuat banyak ponsel pintar dibanderol dengan harga yang terjangkau. Sehingga, para pengguna pemula pun kini bisa memiliki gawai kekinian meski kantong cekak. Salah satu pilihannya adalah Oppo A1k yang hadir dengan spesifikasi cukup mumpuni.

Ingin tahu kualitasnya? Berikut review selengkapnya.

Desain Mewah Oppo A1k 

loader

Harga murah tidak membuat tampilan yang disuguhkan bodi Oppo A1k terlihat murahan. Bahan plastik yang digunakan dilapisi dengan finishing dove. Hal ini menjadikan penampakan fisik Oppo A1k cukup elegan.

Tidak hanya segi desain bodi saja yang menarik, Oppo juga sudah membekali bagian depan gawai dengan poni alias notch. Rumah bagi kamera depan ini didesain menyerupai tetesan air.

Keberadaan finishing dove bukan hanya membuat gawai jadi terlihat elegan. Tetapi juga menjadikannya kesat dan bebas noda sidik jari saat digenggam. Penggunaan dengan satu tangan juga cukup nyaman berkat ukurannya yang terbilang kecil.
Port dan tombol yang dibekalkan juga terbilang cukup lengkap. Tombol power diletakkan pada sisi kanan, sementara bagian kiri dipenuhi dengan dua buah slot SIM Card dan satu slot micro SD yang bersebelahan dengan tombol volume. 

Di sisi bawah gawai dihuni oleh port micro USB, jack audio 3,5 mm dan speaker. Sedangkan pada bodi bagian belakang, tertanam lampu flash LED yang menemani kamera utama.

Layar yang Lebih Luas

loader

Harga murah yang ditawarkan membuat ponsel ini hanya mampu menggunakan layar IPS LCD seluas 6,1 inch. Meski demikian, kerapatan yang dimiliki mampu menembus angka 282 ppi density.

Kualitas gambar yang dihasilkan juga sudah memiliki resolusi HD+. Desain poni serta bezel cukup tipis di bagian depan membuat layar jadi lebih luas. Pengalaman menonton video maupun menikmati beragam konten multimedia cukup memuaskan.

Soal keamanan layar pengguna juga tidak perlu khawatir. Gawai berdimensi 154.5 x 73.8 x 8.4 ini sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik

Performa Oppo A1k

loader

Meskipun hadir di kelas pemula, ternyata Oppo tidak lantas pelit fitur pada seri ini. Bahkan bisa dibilang OPPO A1k merupakan salah satu gawai murah yang banjir beragam fitur kekinian. Misalnya saja keberadaan Smart Bar yang membuat proses berkirim pesan bisa dilakukan bersamaan dengan menonton video. Ada pula fitur Smart Assistant yang siap memudahkan beragam aktivitas.

Berkendara dengan sepeda motor maupun mobil juga lebih nyaman berkat fitur Smart Driving. Semua notifikasi menjadi senyap selama dalam perjalanan. Telepon masuk juga lebih mudah dijangkau berkat keberadaan fitur Riding Mode.

Hadirnya berbagai fitur menarik ini menjadi lebih lengkap berkat adanya sistem operasi yang tidak ketinggalan jaman. Keberadaan ColorOS 6 berbasis Android Pie 9.0 membuat perangkat semakin mudah dioperasikan. 

Kemampuannya untuk aktivitas harian lebih dari cukup untuk diandalkan. Chipset MediaTek Helio P22 siap diandalkan untuk menunjang berbagai aktivitas harian standar. Apalagi dengan dukungan prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Soal urusan grafis pun terbilang cukup baik di kelasnya. Sudah ada Unit Pemrosesan Grafis PowerVR GE 8320 yang siap mendukung aktivitas Anda. 

Hasil dari dukungan berbagai jeroan tersebut menghasilkan performa yang sudah sangat bersaing di kelasnya. Berbagai aktivitas multitasking bisa berjalan mulus tanpa hambatan. Apalagi jika sekadar menonton video maupun akses media sosial.

Urusan bermain game pun cukup bisa diandalkan. Fitur Game Space yang disematkan pada seri ini menjadikan pengalaman bermain game menjadi lebih memuaskan. Khususnya untuk game sekelas Mobile Legend ataupun Free Fire. 

Kualitas grafis yang dihasilkan sudah cukup smooth dan tajam. Tetapi jika ingin menggunakannya untuk permainan yang memiliki grafis lebih tinggi, ponsel ini tidak disarankan. Sayangnya, untuk keamanan pengguna harus puas dengan fitur standar.

Harga jual yang murah membuat Oppo harus menghilangkan fitur keamanan fingerprint. Meski begitu, keamanan standar berupa pola dan password masih bisa digunakan atau bisa memanfaatkan fitur Face Unlock yang responsif.

Kamera Oppo A1k Sudah Cukup Bisa Anda Andalkan

loader

Jika beragam gawai keluaran Oppo selalu dibekali dengan kamera yang apik, seri ini tidak demikian. Rasanya hal ini tidak aneh mengingat harga yang ditawarkan memang cukup murah dibanding saudaranya yang lain. Di sisi belakang, hanya ada satu kamera utama 8MP dengan bukaan f/2.2 yang menjadi andalan. Meski hanya ada satu kamera, tetapi kemampuannya dalam mengabadikan momen cukup mumpuni.

Dalam keadaan cukup cahaya, kamera utama ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang bisa diadu. Hanya saat cahaya minim seperti malam hari, kualitas gambarnya menurun. Namun, hal itu sedikit terbantu dengan keberadaan lampu Flash LED.

Sama seperti bagian belakang, di sisi depan juga hanya mengandalkan kamera tunggal yang tersembunyi pada poni. Beresolusi 5 MP, kamera ini dibekali bukaan yang lebih besar dibanding kamera belakang, yakni f/2.0.

Hasil jepretannya pun sudah cukup layak untuk dipajang di berbagai platform media sosial. Khususnya ketika cahaya saat memotret mencukupi. Baik kamera depan belakang ini pun mampu membuat rekaman video yang cukup baik.

Kapasitas Baterai yang Besar

loader

Salah satu hal yang banyak dipertimbangkan pengguna sebelum membeli ponsel adalah kapasitas baterai yang dibekalkan. Oppo pun menjawab kebutuhan penggunanya dengan membekalkan baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh pada seri ini.

Kapasitas yang terbilang cukup besar ini tentu lebih dari cukup untuk diandalkan saat beraktivitas di luar ruangan. Jika hanya digunakan untuk aktivitas harian normal baterai mampu bertahan hingga 2 hari.

Tidak hanya itu saja. Walau tanpa kemampuan pengisian cepat, proses pengisian daya pada ponsel ini cukup singkat. Dalam waktu 2 jam, kondisi kritis baterai ponsel dapat kembali penuh.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Spesifikasi Oppo A1k

Berikut adalah tabel spesifikasi Oppo A1k terlengkap.

Tabel Spesifikasi Oppo A1k

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

ColorOS 6 (Android 9 Pie)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

MediaTek MT6762R Helio P22 (12 nm) Octa core

Kecepatan CPU

2.0 GHz Cortex-A53

Storage

32 GB

RAM

2 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,1 inci

Resolusi Layar

HD+ 1560 x 720 pixels, 19.5:9 ratio (~282 ppi density)

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

WCDMA Bands 1/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

8 MP

Kamera Depan

5 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

154.5 x 73.8 x 8.4 mm

Berat

170 g


Harga Oppo A1k

Untuk ponsel kelas pemula, harga Oppo A1k dibanderol dengan harga 2 jutaan Rupiah saja. Harga Oppo A1k tersebut dapat dikatakan cukup murah jika dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan. 

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Kualitas yang Baik untuk Ponsel Kelas Pemula

Jika sedang mencari ponsel kelas pemula dengan baterai jumbo, seri ini layak untuk menjadi pilihan. Baterai 4000 mAh yang dibekalkan sudah lebih dari cukup untuk diandalkan beraktivitas di luar ruangan. Kemampuan kameranya memang biasa saja, tetapi tidak terlalu mengecewakan untuk para pemilik budget cekak. Hasil jepretannya masih cukup layak untuk diunggah di media sosial .

Jeroan yang ditanamkan juga sudah bisa bersaing di kelasnya. Aktivitas harian hingga multitasking berjalan lancar. Bahkan bermain game Mobile Legend juga bisa berjalan cukup mulus di seri ini. Dengan beragam kemampuan yang dimiliki, rasanya ponsel ini cukup layak dibawa pulang bagi penggemar game. Bisa juga untuk para pekerja berbudget cekak yang harus selalu terhubung internet dan menghabiskan waktu di luar ruangan.