Review dan Spesifikasi Oppo A9 2020

Meski ada embel-embel 2020 di namanya, ponsel ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2019 silam. Kehadiran Oppo A9 2020 ini sekaligus menjadi penanda jika ponsel seri A besutan vendor asal Tiongkok tersebut telah naik kelas.

Disebut naik kelas karena selama ini, seri A yang dikeluarkan oleh Oppo adalah ponsel yang dihadirkan untuk kelas pemula. Namun di seri ini, mulai dari jeroan, baterai hingga kemampuan kamera yang dibawakan jelas mampu bersaing dengan ponsel di kelas menengah. Yuk simak reviewnya.

Desain Khas yang Stylish

loader

Meski sudah naik kelas, sepertinya Oppo tidak ingin meninggalkan desain khas yang dimiliki oleh seri A sebelumnya. Hal ini terlihat dari cover bodi yang digunakan untuk menutup perangkat masih menggunakan bahan plastik.

Meskipun dengan bahan plastik, Oppo mampu mengolahnya menjadi cover yang stylish dan masa kini. Sebagai sentuhan akhir, digunakan lapisan menyerupai kaca yang membuatnya jadi berkilau ketika tertimpa cahaya. Selain sentuhan lapisan mirip kaca, Oppo juga memoleskan warna gradasi yang membuat tampilan semakin memukau. Pengguna pun bisa memilih untuk memiliki gawai berwarna space purple atau marine green

Tidak hanya mengusung desain modern dan masa kini, Oppo juga sangat memperhatikan kenyamanan bagi para penggunanya. Gawai pun didesain ergonomis dengan konsep 3D yang membuatnya terasa pas berada dalam genggaman.

Ponsel berbobot 195 gram ini pada bagian depan sudah menggunakan poni water drop seperti kebanyakan ponsel kekinian lainnya. Di dalam poni tersebut, ada sebuah kamera depan yang siap dimanfaatkan untuk berswafoto. 

Sedangkan di bagian belakang, pengguna akan menjumpai sensor sidik jari pada sisi tengah atas. Tepat di atasnya, ada empat buah kamera yang disusun secara vertikal lengkap dengan lampu flash LED.

Susunan tombol volume dan juga slot untuk SIM card maupun micro SD masih tetap berada pada sisi kiri. Slot kartu yang disediakan pun sudah ada tiga. Dengan demikian, pengguna bisa memasang dua kartu SIM tanpa mengorbankan microSD. Sementara di bagian kanan hanya dihuni oleh tombol power yang juga sekaligus menjadi tombol pengunci. Bagian bawah terlihat lebih penuh dengan keberadaan lubang audio jack 3,5 mm, mikrofon, port USB, dan juga speaker.

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik

Kualitas Layar Oppo A9 2020

loader

Meski hadir dengan berbagai peningkatan pada desain, tetapi ternyata soal urusan layar ponsel ini cukup tertinggal dari pesaingnya. Bahkan dari saudaranya sendiri Oppo K3, layar yang dibenamkan untuk seri ini berada cukup jauh di belakang.

Tidak ada panel AMOLED memukau yang bisa dilihat ketika menggunakan perangkat ini. Pengguna hanya akan disuguhi dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen. Meski begitu, layar ini sudah dibekali dengan Sunlight Screen dan juga Blue Shield.

Keberadaannya mampu membuat gambar serta tulisan masih tetap terlihat jelas meskipun berada di bawah terik matahari. Tidak hanya itu aja, Blue Shield mampu menjadi perlindungan tambahan agar pancaran cahaya biru layar tidak membuat mata cepat lelah.

Oppo sendiri membekali perangkat ini dengan layar seluas 6,5 inch. Layar jadi tampak lebih luas dengan adanya rasio layar ke bodi yang mencapai 89%. Selain itu, keberadaan poni berbentuk water drop juga membuat sudut pandang jadi lebar.

Resolusi yang ditawarkan pada seri ini juga tidak istimewa, hanya HD+. Dengan resolusi tersebut, kualitas gambar yang dihasilkan sudah cukup baik. Tidak lupa perlindungan layar Corning Gorilla Glass 3 juga disematkan.

Performa yang Lebih Unggul

loader

Sebagai ponsel seri A yang sudah naik kelas, performanya jelas jauh lebih unggul dibanding para pendahulunya. Hal ini berkat kehadiran chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang dibuat dengan fabrikasi 11 nm.

Saat awal diluncurkan, seri ini bisa dibilang adalah ponsel kelas menengah Indonesia pertama yang menjajal chipset tersebut. Di seri A sendiri, Oppo A9 2020 juga menjadi yang pertama menggunakan chipset besutan Qualcomm. Snapdragon 665 sudah didukung dengan prosesor octa-core yang dapat berjalan dengan kecepatan hingga 2.0 GHz. Agar performanya semakin memuaskan, dibekalkan juga unit pemrosesan grafis Adreno 610.

Penggunaan jeroan tersebut mampu menghasilkan performa yang sudah mumpuni. Penggunaan untuk berbagai aktivitas harian standar berjalan dengan lancar. Begitu pula untuk menjalankan multitasking hingga bermain game.

Apalagi dengan disematkannya beragam fitur yang membuat pengalaman bermain game lebih menyenangkan. Salah satunya adalah Game Boost 2.0 yang di dalamnya terdapat Touch Boost dan Frame Boost yang membuat kemampuan game meningkat. Agar performanya semakin mumpuni, Oppo membekali perangkat ini dengan memori internal dan RAM yang besar. Pengguna akan disuguhi dengan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 128GB ketika membeli perangkat ini.

Dengan besarnya RAM dan juga memori internal ini, beragam aplikasi kekinian pun bisa ditampung. Sistem operasi Android Pie 9.0 yang menggunakan ColorOS 6.01 menjadi antarmuka yang siap diandalkan. Beragam fitur pun turut dibekalkan untuk memudahkan pengguna.

Selain itu, fitur keamanan biometrik face unlock  yang cukup responsif. Selain itu ada pula fitur fingerprint menjadikan data di dalam ponsel lebih aman. 

Memiliki Empat Kamera Belakang

loader

Sebagai ponsel besutan Oppo, rasanya sudah tidak mengejutkan jika kamera yang dibekalkan untuk beragam perangkatnya sudah mumpuni. Begitu juga dengan kamera milik Oppo A9 2020 ini. Para penggemar selfie akan dipuaskan dengan kamera 16 MP.

Besarnya lensa yang digunakan sudah mampu menangkap gambar dengan cukup baik. Efek bokeh pun sudah bisa didapat dengan kamera ini. Apalagi ada fitur kecerdasan buatan AI Beauty yang dapat digunakan untuk memoles hasil jepretan lebih menarik. 

Sementara untuk kamera belakang, sudah ada empat buah kamera yang memiliki fungsi yang berbeda. Dua buah kamera 2 MP berfungsi sebagai kamera untuk menghasilkan efek bokeh dan juga lensa monokromatik.

Sensor 8 MP ultra-wide hadir untuk mendapatkan hasil jepretan dengan jangkauan objek yang lebih luas hingga 119 derajat. Sementara kamera utama 48 MP dapat menghasilkan foto yang lebih optimal. Beragam fitur seperti Ultra Night Mode 2.0 pun hadir untuk mempercantik hasil memotret.

Baterai dengan Kemampuan Reverse Charging

loader

Keistimewaan lain yang dibawa oleh seri ini adalah baterai besar dengan kemampuan untuk reverse charging. Dengan kapasitas 5000 mAh, pengguna bisa memberikan bantuan kepada teman yang sedang kehabisan baterai.

Selain itu, ponsel ini juga sudah dibekali dengan fitur fast charging. Jadi tidak perlu khawatir menunggu lama ketika baterai habis.

Harga Oppo A9 2020

Harga Oppo A9 2020 dapat dikatakan tidak terlalu murah. Karena harga Oppo A9 2020 ini berada pada kisaran 3,5 - 4 juta Rupiah. 

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Oppo A9 2020

Berikut adalah tabel spesifikasi Oppo A9 2020 yang terbaru.

Tabel Spesifikasi Oppo A9 2020

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

ColorOS 6 (Android 9 Pie)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11nm) Octa-core

Kecepatan CPU

4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver

Storage

64 GB

RAM

6 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

5000 mAh

Ukuran Layar

6,5 inci

Resolusi Layar

HD+ 1600 x 720 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

WCDMA Bands 1/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Kamera Depan

16 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

163.6 x 75.6 x 9.1 mm

Berat

195 g


Ponsel Baru dengan Harga Terjangkau

Para pencari ponsel terjangkau yang mumpuni untuk bermain game bisa menjadikan Oppo A9 2020 sebagai pilihan. Dibekali dengan chipset Snapdragon 665, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan RAM 8 GB.

Meski layarnya tidak sehebat pesaingnya, tetapi sudah cukup baik untuk menonton video maupun bermain game. Hasil jepretan empat kameranya juga tidak mengecewakan. Bisa menjadi alternatif bagi penggemar fotografi ponsel maupun vlogger.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda