Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy A30s Terlengkap

Samsung Galaxy A30s menambah panjang daftar ponsel Samsung yang “lahir kembali” di tahun 2019 silam. Ponsel ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy A30 yang telah diluncurkan pada awal Januari tahun lalu.

Sebagai ponsel yang “terlahir kembali”, ada cukup banyak perubahan yang dilakukan oleh vendor asal Korea Selatan tersebut. Salah satu hal paling menonjol yang terlihat adalah penambahan kamera di bagian belakang menjadi tiga buah.

Desain Elegan Samsung A30s

loader

Sebagai generasi penerus, perangkat ini hadir dengan membawa desain yang tidak jauh berbeda dengan sang kakak. Meski hadir di kelas menengah, Samsung masih tetap menggunakan material bodi dari bahan plastik sebagai coverSama seperti ponsel kekinian lain, vendor raksasa asal Korea Selatan ini juga memberikan sentuhan akhir berupa gradasi warna di cover bodi. Gradasi warna ini menimbulkan bayangan seperti hologram yang menambah kesan mewah perangkat.

Selain itu, bagian belakang ini juga terdapat lapisan glossy yang membuatnya tampak lebih elegan. Sayangnya, penggunaan bahan plastik ini membuat sidik jari maupun kotoran jadi lebih mudah menempel. Penggunaan soft case tambahan pun disarankan.

Selain menghadirkan kesan premium, perangkat ini juga menggunakan desain yang pas dalam genggaman. Dengan bobot hanya 166 gram, bodi seri ini hanya memiliki tebal 7,8 mm. Bagian belakang juga dibuat melengkung sehingga terasa nyaman saat digenggam.

Hal yang paling membedakan seri ini dengan pendahulunya adalah tiga buah kamera yang disusun secara vertikal di bagian belakang bodi. Kamera ini sudah dilengkapi dengan lampu flash LED. Pengguna tidak akan menemukan fitur keamanan pemindai sidik jari di bagian belakang.

Sementara di bagian depan, Samsung menggunakan desain poni mungil yang disebut dengan Infinity V. Di dalam poni ini tersembunyi sebuah kamera depan 16 MP yang siap dimanfaatkan untuk berswafoto.

Sisi bawah ponsel ini terlihat penuh dengan keberadaan jack audio 3,5 mm, speaker, dan juga USB Type-C. Bagian kiri menjadi tempat persembunyian untuk slot microSD dan juga SIM card. Sedangkan pada sisi kanan ditempati oleh tombol power dan volume.

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki

Layar yang Terlihat Lebih Luas

loader

Hadir di kelas menengah, Samsung sudah menyuguhkan layar Super AMOLED untuk memanjakan mata penggunanya. Layar khas milik Samsung ini memang memiliki kualitas yang lebih baik jika dibanding dengan panel IPS. Meski masih mengusung layar yang mumpuni, Samsung justru menurunkan resolusi layar yang digunakan menjadi HD+ saja. Penurunan kualitas ini tentu menjadi sebuah kekurangan yang cukup disayangkan.

Resolusi tersebut dihadirkan dalam bentang layar seluas 6,4 inch. Layar terlihat semakin luas berkat penggunaan desain poni Infinity V yang ditambah dengan bezel tipis di bagian sisinya. Dengan rasio layar 19,5:9, pengguna akan mendapatkan kerapatan layar hingga 268 ppi.

Kenyamanan mata pengguna juga semakin terjamin dengan keberadaan beragam fitur yang ramah mata. Misalnya saja dark mode yang membuat layar menjadi lebih gelap secara keseluruhan. Selain itu juga ada filter blue light yang dapat meminimalisir paparan sinar biru dari layar.

Hal yang menarik adalah kehadiran teknologi masa kini yang diadopsi dengan menempatkan sensor pemindai sidik jari di dalam layar. Layar juga sudah dibekali dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass.

Performa yang Tidak Jauh Berbeda dari Sang Kakak

loader

Jika dalam beberapa aspek seri ini mengalami beberapa perubahan dibanding pendahulunya, dari segi jeroan justru sama sekali tidak ada perubahan. Samsung Galaxy A30s masih mempercayakan chipset andalan Exynos 7904 yang juga dipakai sang kakak. 

Chipset ini didukung dengan CPU octa-core dan juga dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis (GPU) Mali-G71 MP2. Dapur pacu ini sudah mampu menghasilkan performa yang mumpuni di kelasnya. Skor yang didapat dari pengujian Benchmark dan Geekbench menunjukkan hasil cukup baik.

Saat digunakan untuk membuka beragam aplikasi, menonton video hingga multitasking gawai berjalan dengan mulus. Seri ini pun sudah bisa digunakan untuk bermain berbagai game masa kini seperti PUBG Mobile.

Hanya saja, pengguna harus puas menggunakan pengaturan low atau medium agar bisa menggunakannya dengan lancar. Jika memaksa dengan pengaturan tertinggi, game tidak akan bisa dimainkan dengan mulus.

Performa tersebut ditunjang dengan RAM 4 GB dan juga penyimpanan internal 64 GB. Jika merasa kurang lega, pengguna bisa menambahkan microSD hingga 512 GB. Selain memorinya yang besar, perangkat ini juga sudah bisa digunakan untuk dual SIM tanpa perlu mengorbankan microSD.

Hal yang menarik dari perangkat ini adalah keberadaan Near Field Communication atau yang lebih dikenal dengan NFC. Fitur ini banyak dicari kaum milenial yang mulai malas bertransaksi dengan uang fisik dan lebih memilih menggunakan e-money.

Jeroan yang sudah mumpuni tersebut dilengkapi dengan antarmuka andalan Samsung One UI berbasis Android Pie. Antarmuka ini membuat pengguna lebih mudah saat menggunakannya. Tidak ketinggalan fingerprint yang sudah ditanamkan di layar atau In-Display fingerprint.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A30

Kamera Terbaik dari Samsung A30s

loader

Kehadiran tiga buah kamera di seri ini menjadi salah satu pengobat kekecewaan terhadap performanya yang tidak istimewa. Ketiga sensor tersebut mampu bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.

Efek bokeh sudah bisa diperoleh dengan keberadaan depth sensor 5 MP yang dibenamkan pada seri ini. Selain itu, menangkap objek yang luas juga bukan menjadi masalah berkat lensa ultrawide 8 MP. Sementara untuk kamera utama, sudah ada lensa 25 MP yang siap diandalkan.

Penggunaan kamera tersebut akan lebih optimal saat cahaya yang ada di lingkungan mencukupi. Hasil jepretannya memiliki detail yang baik dan juga kecerahan yang baik. Fokus kamera juga bekerja lumayan cepat.

Sementara untuk kebutuhan selfie, ada lensa 16 MP yang juga menghasilkan gambar yang menarik. Kualitas potret yang dihasilkan cukup detail dengan noise yang sedikit. Hasil jepretannya pun tidak mengecewakan meski cahaya minim.

Baterai Samsung A30s

loader

Baterai yang dibenamkan pada perangkat ini juga tidak terlalu istimewa. Baterai 4000 mAh yang dibenamkan juga sudah banyak digunakan oleh ponsel lain. Penggunaan untuk akses internet terus menerus bisa mencapai 13 jam.

Baterai ini pun sudah dibekali dengan fitur pengisian cepat. Tidak ada lagi waktu menunggu lama ketika baterai ponsel habis.

Spesifikasi Samsung A30s

Berikut adalah tabel spesifikasi Samsung A30s:

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A30s

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 9.0 Pie

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Exynos 7904 Octa core

Kecepatan CPU

2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53

Storage

32 GB/64 GB/128 GB

RAM

3 GB/4 GB

External Storage

microSD up to 512 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,4 inci

Resolusi Layar

HD+ 720 x 1560 pixels Super AMOLED

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

UMTS B1(2100/B2(1900/B4(AWS)/B5(850)/B8(900)

4G (LTE)

FDD-LTE/TD-LTE

Kamera Belakang

25MP + 8MP + 5MP

Kamera Depan

16 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

158.5 x 74.7 x 7.8 mm

Berat

166 g


Harga Samsung A30s

Harga Samsung A30s hanya berkisar 3 jutaan Rupiah saja. Sangat menarik bukan? Mengingat kualitas yang ditawarkan rasanya harga Samsung A30s tersebut tidak akan menguras kantong Anda.

Baca Juga:  Review Samsung Galaxy A20S

Ingin Miliki Smartphone dengan 3 Kamera? Samsung A30s Jawabannya

Jika mencari ponsel terjangkau namun dengan kemampuan kamera sekelas flagship, Samsung Galaxy A30s mungkin jawabannya. Tiga buah kamera dan satu kamera selfie yang disematkan jelas mampu bersaing dengan ponsel kelas premium.

Apalagi, untuk menunjang beragam aktivitas harian standar ponsel ini juga sudah mumpuni. Baterai yang dibenamkan juga sudah cukup besar. Para penggemar fotografi rasanya layak untuk membawa pulang ponsel ini.