Review Redmi Note 8

Kesuksesan Redmi Note 7 dipasaran membuat vendor asal Tiongkok ini mengeluarkan seri penerusnya. Diberi nama Redmi Note 8, perangkat ini hadir dengan membawa peningkatan di sektor dapur pacu dan kamera. 

Namun, apakah peningkatan tersebut membuat Redmi Note 8 jauh lebih unggul dari Redmi Note 7? Daripada menebak-nebak, langsung simak review selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Review Xiaomi Mi 8 Lite

Desain Berbeda dari Redmi Note 8

loader

Sebagai penerus sang kakak, tidak banyak desain fisik yang diubah dari seri ini. Material bodi yang digunakan juga berlapis kaca dengan dilengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Perangkat jadi lebih tahan terhadap benturan dan goresan benda tajam.

Material kaca yang digunakan dipadukan dengan desain S-curve yang menghasilkan perangkat terlihat cukup premium. Gawai juga terlihat semakin mewah dengan penggunaan finishing warna memukau. Menggunakan warna gradasi, pengguna memiliki tiga pilihan warna yang bisa dibawa pulang. Ketiganya adalah Moonlight White, Neptune Blue, dan juga Space Black. Saat tertimpa cahaya, akan muncul gradasi warna yang menawan.

Ponsel pun semakin nyaman digenggam berkat adanya desain rounded edges pada setiap sisinya. Sebagai ponsel masa kini, sisi depan gawai juga sudah menggunakan desain poni yang stylish. Di dalam poni yang berbentuk dot drop tersebut tersembunyi sebuah kamera depan.

Pada bagian belakang, sudah ada empat buah kamera yang disusun berjajar pada tepi kiri. Tidak ketinggalan sebuah lampu flash LED untuk membantu memberikan tambahan cahaya. Di sisi tengah atas terdapat fingerprint yang bisa digunakan untuk mengamankan data.

Seperti desain pada Xiaomi maupun Redmi yang lain, pada bagian kanan terdapat tombol power dan juga volume. Sementara di sisi sebaliknya dihuni oleh slot untuk microSD dan juga dua slot untuk SIM cardDi bagian atas juga masih terdapat sensor yang dapat digunakan untuk mengendalikan beragam alat elektronik. Sedangkan di bagian bawah, ada speaker dan juga jack audio 3.5 mm yang mengapit USB Type-C. 

Layar Redmi Note 8

Meski mengalami beberapa peningkatan dibanding dengan sang kakak, untuk urusan layar Redmi tidak banyak melakukan perubahan. Panel IPS dengan kedalaman 16 juta warna masih menjadi andalan. Layar tersebut memiliki luas 6,3 inch dengan resolusi yang sudah Full HD+. Keberadaan desain poni di bagian depan dengan rasio screen to body mencapai 81,7%.

Meskipun teknologi layar yang digunakan masih tergolong biasa, seri ini ternyata mampu digunakan untuk menonton Netflix maupun YouTube berkualitas HD. Hal ini dikarenakan ponsel ini telah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Kenyamanan mata pun bisa dimaksimalkan dengan adanya Reading Mode yang dapat mengurangi pancaran sinar biru dari layar. Lapisan Corning Gorilla Glass 5 pun siap untuk melindungi dari goresan benda tajam maupun benturan ringan. 

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Performa Redmi Note 8

loader

Salah satu peningkatan yang dilakukan oleh Redmi Note 8 adalah dari segi performa. Dari antarmuka saja sudah menggunakan Android Pie 9.0 dengan MIUI 10.3. Beragam fitur pun turut dibawakan untuk semakin memanjakan pengguna. Fitur andalan berupa aplikasi ganda yang bisa menduplikat aplikasi tertentu bisa ditemukan. Bagi yang tidak ingin privasinya terganggu, Redmi membekali seri ini dengan fitur ruang kedua atau second space.

Para orang tua juga bisa lebih tenang ketika meminjamkan perangkat kepada buah hati. Sebab ada fitur kontrol orang tua yang bisa digunakan untuk mengawasi ponsel dari jarak jauh. Ada pula fitur kesehatan digital yang dapat digunakan memantau status kesehatan.

Peningkatan yang paling signifikan pada perangkat ini terlihat jelas pada dapur pacu yang dibekalkan. Sebagai ponsel anyar, prosesor yang dibekalkan juga menggunakan salah satu chipset generasi baru Snapdragon 665 octa-core dengan fabrikasi 11 nm.  

Unit pemrosesan grafis Adreno 610 yang juga dibekalkan menambah kemampuan gawai jadi semakin mumpuni. Kombinasi tersebut jelas sudah sangat mencukupi untuk menunjang beragam aktivitas harian mulai dari menonton video hingga multitasking.

Menghabiskan waktu memainkan game mobile juga semakin menyenangkan dengan menggunakan perangkat ini. Game kekinian dengan grafis tinggi seperti PUBG saja berjalan lancar tanpa hambatan. Game dengan grafis lebih rendah pun berjalan lebih mulus.

Ketika akan membeli perangkat ini, pengguna juga bebas memilih besaran RAM dan juga memori internal yang akan dibawa pulang. Ada RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, RAM 4 GB dengan 64 GB, serta 6 GB dengan 128 GB. Fitur keamanan yang dibawakan pun cukup lengkap. Selain keamanan standar seperti password, ada juga tambahan berupa pemindai sidik jari dan juga face unlock yang siap untuk digunakan.

Hasilkan Gambar yang Istimewa dengan Kamera Redmi Note 8

loader

Selain performa yang meningkat cukup signifikan, sektor kamera juga mengalami perubahan yang besar. Jika sang kakak mengandalkan dual kamera selevel flagship, Redmi Note 8 telah menggunakan empat buah kamera sekaligus di sisi belakang.

Keempat kamera ini masing-masing mampu menghasilkan gambar dengan detail yang berbeda. Kamera paling bawah memiliki sensor 2 MP yang dapat memotret objek hingga jarak 2 cm. Diatasnya, ada kamera dengan besar sensor sama yang. diandalkan untuk mendapatkan efek bokeh.

loader

Nomor dua dari atas merupakan kamera ultra-wide dengan sensor 8 MP yang dapat mengabadikan objek sampai 120 derajat. Sementara kamera utama memiliki sensor 48 MP yang dapat digunakan untuk memotret malam dengan lebih jelas.

Para penggemar selfie juga dipuaskan dengan sensor kamera 13 MP yang ada di bagian depan. Meski tidak dilengkapi lampu flash LED, tetapi ada fitur screen flash yang bisa digunakan untuk menambah cahaya saat berfoto. Pengalaman berfoto juga semakin menyenangkan dengan dibenamkannya teknologi kecerdasan buatan (AI). Algoritma AI Beautify mampu menghasilkan potret terbaik untuk Anda.

Ketahanan Baterai Redmi Note 8

loader

Baterai yang dibenamkan pada perangkat ini memiliki kapasitas 4000 mAh. Besarnya kapasitas tersebut sudah mampu digunakan untuk bermain game selama 7 jam. Jika hanya untuk penggunaan standar tentu baterai bertahan lebih lama.

Tidak hanya memiliki kapasitas besar, perangkat juga dibekali dengan fitur fast charging.  Menggunakan konektor USB Type-C, daya bisa diisi hingga penuh dalam waktu 2 jam.

Spesifikasi Redmi Note 8

Berikut adalah tabel spesifikasi Redmi Note 8:

Tabel Spesifikasi Redmi Note 8

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 9.0 Pie

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11nm) Octa-core

Kecepatan CPU

4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver

Storage

32 GB/64 GB/128 GB

RAM

3 GB/4 GB/ 6 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,4 inci

Resolusi Layar

FHD+ 2340 x 1080 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM: B2/3/5/8

3G

WCDMA: B1/2/4/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Kamera Depan

13 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Infrared, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

158.3 x 75.3 x 8.35 mm

Berat

190 g

Harga Redmi Note 8

Harga Redmi Note 8 hanya berada pada kisaran 2 jutaan Rupiah saja. Harga yang sangat miring jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. 

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Dapatkan Smartphone Empat Kamera Hanya dengan 2 Juta Rupiah Saja

loader

Peningkatan cukup signifikan jelas dilakukan Redmi Note 8 dari sang kakak. Hal yang paling menonjol adalah keberadaan empat buah kamera yang dapat memiliki kemampuan berbeda-beda. Performanya pun turut meningkat sehingga semakin lancar digunakan.

Dengan spesifikasi yang dibawa, para penggemar fotografi dan game mobile berkantong cekak bisa memilih Redmi Note 8 sebagai gawai kesayangan.