Review Redmi Note 8 Pro

Sebagai penerus Redmi Note 7, Redmi Note 8 hadir dengan pilihan versi biasa dengan Pro. Selain harga, perbedaan mencolok dari keduanya adalah segi dapur pacu yang jelas lebih mumpuni versi Pro. Selain itu, ada juga kamera 64 MP yang pertama hadir di Indonesia.

Namun, apakah Redmi Note 8 Pro lebih baik dari Redmi Note 8? Ponsel manakah yang harus Anda beli? Berikut review selengkapnya.

Desain Redmi Note 8 Pro yang Tidak Banyak Berubah

Sebagai ponsel dengan seri yang sama, desain yang digunakan pada versi Pro ini juga tidak terlalu beda jauh. Penggunaan material bodi yang berlapis kaca tetap menjadi andalan untuk melingkupi perangkat. Lapisan kaca ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 seperti saudaranya yang lain. Sayangnya, penggunaan lapisan berkilau ini membuat gawai jadi  mudah terkena kotoran atau noda sidik jari.

Penggunaan jelly case bening pun sangat disarankan untuk ponsel ini. Hal tersebut dikarenakan finishing yang digunakan pada bodi gawai menggunakan desain warna yang menarik, yakni Pearl White, Forest Green, dan Mineral Grey.

Memiliki dimensi 161.35 x 76.4 x 8.79 mm memang membuat gawai ini terlihat cukup besar. Ketika digenggam dengan satu tangan cukup menyulitkan. Bagian belakang sendiri dibuat lengkungan 3D pada keempat sudut sehingga nyaman saat digunakan dengan dua tangan.

Sebagai ponsel masa kini, desain takik alias poni berbentuk dot drop pun dihadirkan pada bagian depan. Poni berbentuk tetesan air ini dihuni oleh sebuah kamera selfie yang siap digunakan untuk berswafoto. Berpindah pada bagian belakang, empat buah kamera juga menjadi andalan untuk memuaskan para pecinta fotografi. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lampu flash LED. Selain itu, ada juga sensor sidik jari yang siap digunakan.

Untuk desain yang lain, Redmi tidak memberikan perubahan. Slot untuk SIM dan microSD serta tombol volume dan power masih diletakkan di sisi kiri dan kanan. Bagian bawah pun masih terdapat speaker yang berdampingan dengan USB Type-C. Pada sisi atas juga masih ada sensor infrared yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan bermacam-macam alat elektronik.

Baca Juga: Review Redmi Note 8

Layar Luas Redmi Note 8 Pro

Dari segi layar, versi Pro ini memiliki layar yang lebih luas yakni 6,53 inch. Layar semakin terlihat luas dengan keberadaan desain poni dot drop. Ditambah lagi rasio screen to body yang mencapai 91,4%. Layar luas tersebut sudah mampu digunakan untuk menampilkan gambar dengan resolusi full HD+. Kecerahan layar yang dihasilkan juga mampu menembus angka 500 nit, sedangkan NTSCnya bisa mencapai 84%.

Agar pengguna merasa semakin nyaman, Redmi juga membuat layar memiliki cahaya biru rendah yang tersertifikasi TÜV Rheinland. Selain itu, ada juga mode malam dan mode baca yang bisa digunakan untuk mengurangi cahaya biru layar. 

Layar juga sudah terlindungi dari benturan ringan dan juga goresan benda tajam dengan adanya lapisan Corning Gorilla Glass 5. Ada juga lapisan pelindung anti sidik jari dan juga anti minyak.

Performa Redmi Note 8 Pro

loader

Sebagai gawai anyar, versi Pro ini mengandalkan MIUI 10 berbasis Android Pie untuk antar mukanya. Serupa dengan versi biasanya, seri Pro juga mengusung beragam fitur yang membuat pengguna semakin dimudahkan.

Satu hal yang menjadi kelebihan dari seri ini dibanding saudaranya adalah keberadaan fitur Near Field Communication alias NFC. Fitur ini sangat berguna bagi para pengguna yang tidak suka membawa uang cash dan melakukan transaksi dengan uang elektronik.

Soal dapur pacu, seri ini pun sudah dibekali dengan chipset mumpuni dan terbaru buatan dari MediaTek. Diberi nama Helio G90T, chipset dengan CPU Octa-core ini didesain untuk menunjang kinerja ponsel dalam memainkan game mobilePerforma yang dihasilkan oleh chipset ini bahkan disebut mengalahkan Snapdragon 710. Bermain game juga semakin memuaskan dengan adanya GPU Mali-G76. Game sekelas PUBG pun bisa dimainkan dengan settingan tinggi. 

Apalagi chipset besutan MediaTek tersebut memiliki fitur Hyperengine yang membuat bermain game semakin menyenangkan. Ada pula teknologi Liquid Cool yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur suhu gawai lebih efisien. 

Jika tertarik, ada dua varian memori internal yang bisa dibawa pulang. Sama-sama mengusung RAM 6 GB, pengguna bisa memilih memori internal 64 GB atau 128 GB. Keamanan data dalam perangkat ini juga semakin terjamin dengan adanya fitur face unlock dan pemindai sidik jari.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Kamera Redmi Note 8 Pro untuk Anda yang Gemar Fotografi

loader

Jika versi biasa mengusung kamera dengan sensor 48 MP, versi Pro ini hadir dengan sensor kamera lebih besar. Dengan membawa sensor 64 MP, Redmi Note 8 Pro ponsel pertama yang hadir di Indonesia dengan sensor terbesar. Kamera 64 MP tersebut bisa diperoleh dengan mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika tidak, secara otomatis kamera utama akan diatur dalam resolusi 16 MP. Selain kamera utama 64 MP, perangkat ini juga dibekali dengan tiga buah kamera pendukung. 

loader

Sensor 8 MP ultra wide berfungsi untuk menangkap gambar dengan jangkauan lebih luas. Sementara dua sensor yang lain sama-sama memiliki resolusi 2 MP. Hanya saja, satu sensor berfungsi sebagai kamera makro yang mampu menangkap objek hingga jarak 2 cm. 

loader

Sensor 2 MP yang lain hadir untuk menghasilkan efek blur alias bokeh kekinian. Selain itu, pada sisi depan juga terdapat satu buah kamera untuk berswafoto. Kamera depan ini hadir dengan sensor 20 MP yang bisa diandalkan untuk selfie dan wefie.

Fitur kecerdasan buatan (AI) yang disematkan juga membuat hasil jepretan jadi semakin memukau. Untuk melakukan rekaman video pun sudah ada image stabilization yang mampu meredam goncangan. 

Kapasitas Baterai Redmi Note 8 Pro yang Meningkat

loader

Selain sensor kamera yang lebih besar, kapasitas baterai yang dibenamkan pada perangkat ini juga mengalami peningkatan. Jika versi regular memiliki kapasitas 4000 mAh, versi Pro ini hadir dengan baterai 4500 mAh.

Kapasitas baterai yang meningkat akan berpengaruh dengan daya tahan baterai ketika digunakan untuk menemani aktivitas. Jika daya habis pun, baterai dapat terisi cepat berkat keberadaan fitur pengisian daya cepat dengan konektor USB Type-C.

Baca Juga:  Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Berikut adalah tabel spesifikasi dari Redmi Note 8 Pro:

Tabel Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 9.0 Pie

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

MediaTek Helio G90T (11 nm) Octa-core

Kecepatan CPU

2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55

Storage

64 GB/128 GB

RAM

6 GB/ 8 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4500 mAh

Ukuran Layar

6,53 inci

Resolusi Layar

FHD+ 2340 x 1080 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM: B2/3/5/8

3G

WCDMA: B1/2/4/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Kamera Depan

20 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Infrared, Flash, NFC, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

161.35 x 76.4 x 8.79 mm

Berat

199.80 g

Harga Redmi Note 8 Pro

Dengan kualitas yang ditawarkan, harga Redmi Note 8 Pro terbilang ramah di kantong. Hanya dengan 3,5 juta Rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang ponsel ini.

Redmi Note 8 Pro yang Cocok Bagi Si Penggemar Game dan Fotografi

Redmi Note 8 Pro memiliki perbedaan sangat signifikan dibanding dengan versi biasanya. Selain penggunaan chipset baru dari MediaTek, kamera yang dibawa juga memiliki resolusi lebih besar. Fitur NFC yang mulai banyak diminati pun turut dihadirkan.

Pecinta game dengan kantong cekak rasanya akan cocok dengan gawai ini. Begitu juga para pecinta fotografi maupun vlogger yang membutuhkan kamera dengan kualitas mumpuni.