Review Samsung Galaxy J6 Plus

Menjadi generasi penerus dari Samsung Galaxy J6, Galaxy J6 Plus diluncurkan dengan desain yang kekinian yang berlayar penuh (full-view). Dari spesifikasinya, smartphone yang telah rilis sejak Oktober 2018 ini juga sudah mengalami peningkatan pada beberapa sektor. Bisa dibilang, ponsel ini merupakan kembaran dari Samsung Galaxy 4+.

Hanya saja, perbedaannya terletak pada sektor fotografi milik Galaxy J6 Plus yang sudah dipersenjatai dengan kamera ganda di belakang. Memiliki empat warna pilihan yakni Black, Gray, Red dan Blue, apa saja kekurangan dan kelebihannya?

Desain Kekinian Milik Samsung Galaxy J6 Plus

Desain Samsung Galaxy J6 Plus

Dengan display layar berukuran 6 inch Full HD+ beresolusi 720x1480, ponsel ini memiliki dimensi ukuran 161.4 x 76.9 x 7.9 mm. Perangkat ini dirancang dengan layar yang lebih lebar ketimbang generasi sebelumnya, dengan aspek rasio 18,5:9. Sehingga layar tampak memenuhi seluruh permukaan depan ponsel.

Ada penempatan unik yang menarik perhatian konsumen. Samsung Galaxy J6 Plus ini telah dibekali dengan sistem sekuritas sensor fingerprint (pemindai sidik jari). Beberapa smartphone lain umumnya menempatkan sensor ini di bagian punggung belakang. 

Sementara beberapa ponsel lainnya menempatkan sensor fingerprint tersebut pada layar (on screen). Anti mainstream, ponsel ini menempatkan sensor tersebut di samping body ponsel, tepatnya berdekatan dengan tombol power. Hal ini menjadi nilai tambah dan menarik dari fitur yang ditawarkannya.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M20

Kamera Berkualitas Samsung Galaxy J6 Plus

Kamera Samsung Galaxy J6 Plus

Device ini mengandalkan kamera belakang beresolusi 13 MP Auto Focus (F1.9) dan 5 MP (F2.2) dengan depth sensor. mengikuti tren kekinian smartphone saat ini, penggunaan dua kamera ini juga ikut diadopsi Samsung Galaxy J6 Plus. Dengan berbekal dua kamera tersebut, Samsung Galaxy J6 Plus menjajal pasar dengan menghasilkan efek foto bokeh yang apik.

Sementara itu, untuk kamera depannya Galaxy J6 Plus menempatkan selfie camera berukuran 8 MP (F1.9) serta LED Flash. Kamera depan ini tergolong cukup mumpuni degnan hasil gambar yang tajam dan jernih. Hanya saja, belum ada teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung performanya. 

Padahal seperti diketahui, saat ini penggunaan teknologi AI juga sedang menjadi tren. Hampir semua smartphone kekinian telah menjadi yang terdepan dengan menyematkan Kecerdasan Buatan di kameranya. Meski begitu, hasil bidikan kamera Galaxy J6 Plus cukup mumpuni di kelasnya.

Fitur Samsung Galaxy J6 Plus

Keamanan Samsung Galaxy J6 Plus

Pada dapur pacunya, ponsel ini telah ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Quad Core 1.4GHz yang dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB dan varian 4GB. Dipadukan dengan memori internal seluas 32 GB dan varian 64 GB, sistem operasi OS Android 8.1 (Oreo) ikut mendukung performa ponsel ini. Meski begitu, mungkin bagi beberapa pengguna, prosesor yang disematkan Galaxy J6 Plus akan terasa ketinggalan zaman.

Pasalnya, beberapa kompetitornya sudah mengusung prosesor yang lebih tinggi namun masih dibanderol dengan harga yang sama. Contohnya Mi 8 Lite yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Ponsel tersebut telah di-support oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang kinerjanya diketahui berada di atas Qualcomm Snapdragon 450 ini.

Meski begitu, Galaxy J6 Plus sudah menyisipkan fitur NFC (Near Field Communication). Fitur ini tentunya akan mempermudah penggunanya dalam melakukan pengecekan saldo e-money serta pembayaran digital. Dengan begitu, kinerja perangkat ini menjadi cukup apik dan canggih sebagai daily driver penggunanya. 

Dengan baterai berkapasitas 3,300 mAh, ponsel ini memiliki daya tahan yang lumayan awet. Hanya saja, ponsel ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Alhasil, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk pengisian daya baterainya. 

Ponsel ini dilengkapi dengan jaringan 4G LTE Cat.4, non-CA dan Wi-Fi 802.11 b/g/n (2.4GHz), HT40. Sedangkan, untuk Bluetooth v 4.2 up to 1Mbps, ANT+(NA). Ponsel ini memiliki USB tipe B. 

Sementara untuk Accelerometer, tersedia side Fingerprint Sensor, Light Sensor, Geomagnetic Sensor, Gyro Sensor, Hall Sensor(NA), dan Proximity Sensor. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur audio untuk pemutaran MP3, M4A, hingga ASF.

Samsung Galaxy J6 Plus ini juga menawarkan pengalaman menyenangkan di urusan stereonya karena sudah dilengkapi dengan Dolby Atmos audio stereo.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20

Spesifikasi Samsung Galaxy J6 Plus

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy J6 Plus

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 8.1 (Oreo)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad core Cortex-A53

Kecepatan CPU

1.4 GHz

Storage

32 GB/64 GB

RAM

3 GB/4 GB

External Storage

microSD up to 512 GB

Baterai

3300 mAh

Ukuran Layar

6 inci

Resolusi Layar

HD+ 720 x 1480 pixels (18:5:9)

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

UMTS B1(2100/B2(1900)/B5(850)/B8(900)

4G (LTE)

FDD-LTE/TD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 5 MP

Kamera Depan

8 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

161.4 x 76.9 x 7.9 mm

Berat

178 g


Harga Samsung Galaxy J6 Plus

Harga Samsung Galaxy J6 Plus hanya berkisar 2 jutaan Rupiah saja. Namun, harga Samsung Galaxy J6 Plus dapat berbeda, disesuaikan dengan memori internal yang dipilih. Ini merupakan HP pintar yang ramah di kantong dengan kualitas bersaing, cocok untuk dijadikan pilihan ponsel baru Anda. 

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki

Smartphone yang Cocok dengan Penikmat Film dan Musik

Layar Samsung Galaxy J6 Plus

Hadir dengan layar penuh 6.0 inch HD+ Infinity Display, Samsung Galaxy J6 Plus sangat mumpuni untuk bermain game sambil browsing dan membalas pesan. Selain itu, suara jernih dari Dolby Atmos juga memberi pengalaman menonton video jadi lebih menyenangkan.

Singkatnya, pengalaman menikmati film dan musik dengan efek tiga dimensi akan membuatnya semakin tampak nyata.