Review, Spesifikasi, dan Harga Oppo A91

Sedang bingung mencari ponsel untuk menemani hari-hari di tengah pandemi? Atau bimbang mau memilih ponsel mana yang paling cocok dengan budget cekak tetapi spesifikasi mumpuni? Review Oppo A91 ini mungkin bisa membantu.

Ponsel yang mulai dijual pada bulan Maret ini, memiliki spesifikasi RAM 8GB dengan ROM 128GB. Selain memiliki RAM besar, ponsel ini juga dibekali empat buah kamera yang siap memuaskan hobi fotografi penggunanya. Biar nggak penasaran, berikut spesifikasi lengkap dari Oppo A91.

Desain Tipis dan Modern

desain oppo a91

Desain Oppo A91

Sebagai ponsel yang dihadirkan untuk generasi muda, Oppo tidak ingin membuat penggunanya merasa malu saat membawa perangkat ini keluar rumah. Bodinya tampak begitu tipis dan ringan dengan ketebalan 7,9mm dan bobot hanya 172gram saja.

Mengusung desain tipis dan ringan membuat Oppo A91 menjadi perangkat yang mudah dibawa kemana-mana dan nyaman disimpan di saku. Layar 6,4 inci yang dipasang tidak membuat ponsel ini terasa lebar. Dengan desain ergonomis, material bodi polikarbonat yang digunakan masih terasa nyaman dan solid meski digenggam dengan satu tangan. 

Sayangnya, bagian depan perangkat ini masih menggunakan model lawas water-drop screen dengan poni kecil di bagian tengah. Poni ini menjadi tempat untuk meletakkan kamera depan. 

Berpindah ke sisi belakang, Oppo sudah membenamkan empat buah kamera sekaligus. Keempat kamera ini dibalut cincin pelindung dan dilengkapi lampu flash. Agar kamera tidak mudah tergores, disarankan untuk menggunakan softcase tambahan.

Seperti kebanyakan smartphone masa kini, tombol power dan volume diletakkan terpisah pada sisi kanan dan kiri. Selain tombol volume, pada sisi kiri perangkat juga dihuni oleh triple slot untuk SIM card dan microSD.

Pada bagian bawah ponsel terlihat cukup penuh dengan keberadaan speaker, port USB Type C, mikrofon, dan jack audio 3,5mm. Sementara bagian atas hanya ada mikrofon sekunder tanpa ditemani port apapun.

Baca Juga: Review dan Harga Oppo K3

Layar Sudah Cukup Luas

layar oppo a91

Layar Oppo A91

Jika kalian membutuhkan ponsel dengan layar cukup luas tapi masih nyaman digenggam, Oppo A91 bisa jadi pilihan. Dengan bentang layar 6,4 inci, tampilan layar terlihat lebih luas dengan desain tetes air. Apalagi bezel yang membalut layar ini juga cukup tipis.

Tampilan luas tersebut juga sudah didukung layar AMOLED capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna. Agar lebih memuaskan, layar ini juga sudah memiliki resolusi HD+ dengan kerapatan mencapai 408 ppi yang jelas bisa memuaskan mata. 

Tampilan layar juga semakin luas berkat rasio layar yang mencapai 90,7 persen. Gambar jadi terlihat lebih cemerlang sehingga pengalaman menonton video hingga bermain game pun jadi lebih menyenangkan. 

Biar semakin merasa aman dan nyaman, Oppo juga sudah membenamkan pelindung layar Gorilla Glass 5. Pelindung ini akan menjaga layar tetap utuh saat terjatuh ataupun tergores. Corning Gorilla Glass 5 juga sudah teruji, dengan 80 persen layar bertahan ketika jatuh dari ketinggian 1,6 meter. 

Performa Lama

performa oppo a91

Performa Oppo A91

Meski memiliki desain masa kini yang ringan dan tipis, jeroan yang dibekalkan Oppo pada seri ini terbilang cukup ketinggalan jaman. Sebagai ponsel yang dihadirkan pada 2020, ponsel ini masih mengandalkan chipset MediaTek Helio P70.

Chipset ini didukung dengan unit pemrosesan grafis GPU Mali-G72 MP3 yang disokong oleh CPU octa-core. Meski begitu, performanya sudah cukup mumpuni untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Apalagi dengan adanya RAM 8GB yang juga dilengkapi memori penyimpanan internal hingga 128GB.

Tidak ditemukan adanya lag saat digunakan untuk aktivitas normal seperti browsing dan bermain media sosial. Untuk bermain game dengan grafis tinggi pun masih lancar. PUBG Mobile dan Call of Duty bisa dimainkan dengan pengaturan frame rate high.

Soal software Oppo A91 juga hanya dibekali ColorOS 6.1 yang berbasis Android 9 Pie. Untungnya, di bulan Juli ini Oppo memberikan update untuk seri ini. Pengguna bisa meningkatkan sistem operasi menjadi ColorOS 7 berbasis Android 10. Cukup dengan membuka pengaturan dan melakukan update, pembaruan versi akan terjadi secara otomatis.

Selain itu, keamanan data dalam ponsel juga terjamin dengan adanya fitur biometrik fingerprint. Fitur ini tidak lagi disematkan di bagian belakang gawai, tetapi sudah mengusung desain in-display masa kini.

Sensor sidik jari ini juga diklaim sangat sensitif dan bisa membuka kunci hanya dalam waktu sepertiga detik. Apalagi, sensor ini dilengkapi dengan filter khusus yang dapat mengoptimalkan sensitivitas pada detail sehingga sidik jari palsu sulit untuk digunakan.

Jika dibandingkan pendahulunya, Oppo A9, gawai ini jelas lebih kekinian berkat fitur sidik jari yang dibenamkan di layar. 

Dilengkapi Quad Camera

kamera oppo a91

Kamera Oppo A91

Sebagai ponsel dengan harga Rp3 jutaan yang keluar pada tahun 2020, Oppo telah memasang empat kamera sekaligus untuk memuaskan penggunanya. Keempat kamera ini juga dilengkapi dengan fitur lampu flash.

Quad camera Oppo A91 dibekali dengan sensor 48MP yang mampu memenuhi keinginan pengguna dalam berfoto terutama pada cahaya minim. Hal ini dikarenakan ada perpaduan teknologi 4-in-1 piksel yang mampu menghasilkan gambar tajam dan detail.

Para penggemar foto landscape juga dimanjakan lewat sensor 8MP yang dapat mengambil gambar dengan jangkauan lebih luas. Lensa ultra wide angle yang dibekalkan telah mampu menangkap gambar hingga 119 derajat. Foto bersama dalam jumlah banyak pun bukan lagi masalah.

Dua buah lensa 2MP yang dibekalkan juga sudah cukup mumpuni untuk memenuhi hasrat fotografi. Kamera depth sensor 2MP bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan efek bokeh. Sementara yang memiliki lensa monokrom akan memberikan hasil apik pada mode hitam putih.

Kamera perangkat ini juga sudah dibenamkan electronic image stabilization (EIS). Jadi, tidak perlu khawatir gambar akan goyang meskipun pengguna merekamnya sambil berjalan.

Sementara di bagian depan, pengguna sudah dimanjakan dengan lensa 16MP lengkap dengan fitur AI Beautification. Hasil jepretan tentu sudah sangat memuaskan. Untuk keperluan video call, selfie, hingga nge-vlog kamera depan ini sudah bisa diandalkan.

Menghadirkan VOOC Flash Charge 3.0

baterai oppo a91

Baterai Oppo A91

Nilai jual lain dari perangkat ini adalah adanya VOOC Flash Charge 3.0 yang dapat digunakan untuk mengisi daya dengan cepat. Dibekali baterai 4000 mAh, perangkat ini sudah bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas sepanjang hari.

Ponsel juga sudah bisa melakukan panggilan selama 2 jam hanya dengan pengisian baterai selama 5 menit. Sedangkan dalam waktu 30 menit, 50 persen daya akan terisi.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Oppo A91

Tabel Spesifikasi Oppo A91
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 9.0 Pie
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek MT6771V Helio P70 Octa core
Kecepatan CPU 4x 2.1GHz Cortex-A73 & 4x 2.0GHz Cortex-A53
Storage 128GB
RAM 4GB/8GB
External Storage microSDXC
Baterai 4.025 mAh
Ukuran Layar 6,4 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2400 pixels, AMOLED
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA Bands 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 16 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 160.2 x 73.3 x 7.9 mm
Berat 172 g

Harga Oppo A91

Harga Oppo A91 hanya berada pada rentang 3,5 juta Rupiah saja. Harga yang sebanding bagi Anda yang mengingini ponsel kelas menengah.

Ponsel yang Pas untuk Kantong Pas-Pasan

Secara harga dan spesifikasi, perangkat ini jelas sudah layak untuk dibawa pulang oleh para pemilik budget terbatas. Performanya sudah cukup apik untuk mendukung beragam aktivitas kekinian. Selain itu, quad camera yang dibekalkan jelas mampu memanjakan pecinta fotografi.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini layak dipertimbangkan bagi para fotografer pemula. 

Baca Juga: Kredit HP Oppo: 10 Handphone Oppo dengan Harga Kurang dari 3,5 Jutaan Terbaik