Review, Spesifikasi, dan Harga Realme 5

Kehadiran Realme 5 di Indonesia membuat persaingan ponsel kelas menengah jadi semakin sengit. Menjadi penerus dari Realme 3, seri ini pun sudah hadir dengan beragam peningkatan yang cukup signifikan. 

Hadir membawa empat buah kamera sekaligus, harga yang dibanderol untuk perangkat ini terbilang ramah kantong. Pengguna pun bebas memilih besaran RAM dan memori internal sesuai dengan kebutuhannya. Penasaran? Berikut reviewnya.

Desain yang Elegan

loader

Hadir di kelas harga Rp 2 jutaan, Realme 5 masih dibalut dengan casing berbahan plastik. Bahan plastik tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan desain dengan sentuhan serupa potongan berlian pada bagian belakang. Sebagai finishing, Realme menggunakan gradasi warna yang menjadikan tampilan gawai jadi semakin cantik. Pengguna pun bisa memilih untuk membeli crystal blue atau crystal purple untuk dibawa pulang.

Hal yang membuatnya menarik adalah warna dari cover bodi belakang perangkat ini akan muncul bervariasi ketika tertimpa cahaya dalam sudut yang berbeda. Meski memiliki bobot yang cukup berat, namun berkat adanya desain kurva 3D menjadikan gawai tetap nyaman dalam genggaman.

Selain menghadirkan tampilan warna yang memukau, bagian belakang gawai ini juga dijejali dengan beragam aksesoris. Sensor pemindai sidik jari terlihat berdampingan dengan empat buah kamera yang sudah dilengkapi dengan lampu flash LED.

Bagian depan layar juga tampak modern dengan kehadiran poni berbentuk mirip tetesan air yang disebut dengan dewdrop. Bagian poni ini dijadikan tempat untuk meletakkan kamera depan tanpa  ditemani lampu flash LED.

Bagian bawah ponsel terlihat cukup penuh dengan berjejalnya mic, speaker, port micro USB, serta audio jack 3,5mm. Bagian kiri dihuni oleh slot untuk SIM card dan microSD yang bersebelahan dengan tombol volume. 

Sisi kanan terlihat lebih lapang karena hanya dihuni oleh tombol power. Sebagai ponsel kelas menengah, secara keseluruhan ponsel ini sudah mengusung tampilan yang cukup menarik.

Baca Juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Layar Lebih Luas

loader

Hal yang cukup diunggulkan dari perangkat ini adalah kehadiran layar yang mencapai 6,5 inch. Layar ini bahkan lebih lebar dibanding saudaranya Realme 5 Pro. Penampakannya juga terlihat semakin luas karena desain poni yang digunakan pada bagian depan.

Sayangnya, layar luas ini hanya dibekali dengan resolusi HD+ saja. Kombinasi ini pun sudah mampu menghasilkan kerapatan layar hingga 269 dpi. Kualitas gambar yang disajikan pun sudah cukup memuaskan saat digunakan untuk beraktivitas.

Selain layar yang hanya mengusung resolusi HD+, panel yang digunakan untuk perangkat ini masih menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna. Teknologi standar di ponsel kelas menengah ini sudah mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam dan natural.

Keamanan layar juga lebih terjamin berkat adanya lapisan bawaan Corning Gorilla Glass 3+. Keberadaan lapisan ini mampu melindungi layar dari benturan ringan maupun goresan benda tajam. Pengguna pun bisa merasa lebih aman saat menggunakannya.

Performa yang Sudah Bisa Diandalkan

loader

Performa yang dihasilkan oleh perangkat ini rasanya tidak perlu ditanyakan lagi. Realme pun mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE octa-core sebagai otak dari penerus Realme 3 ini. 

Chipset tersebut mampu berlari dengan kecepatan hingga 2.0 GHz. Untuk menunjang performanya, pengolahan grafis dipercayakan kepada Adreno 610. Kombinasi ini mampu menghasilkan performa yang sudah sangat mumpuni di kelasnya.

Untuk berbagai aktivitas standar seperti membuka aplikasi sosial media, menonton video, membuka aplikasi, hingga multitasking berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu saja, penggemar game mobile bisa lebih leluasa bermain.

Hal tersebut berlaku untuk game-game dengan kualitas grafis rendah hingga menengah. Untuk game grafis tinggi serupa PUBG, pengguna harus puas dengan pengaturan smooth agar bisa mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan.

Selain itu, pengguna juga bebas memilih varian RAM maupun memori internal yang ingin digunakan. Sebab untuk Realme 5, vendor asal Tiongkok ini mengeluarkan tiga varian RAM untuk dipilih. Ketiga varian itu adalah 4 GB/128 GB, 3 GB/64 GB, serta 3 GB/32 GB. 

Performanya yang sudah apik juga didukung dengan antarmuka yang cukup baru. Antarmuka ColorOS 6 berbasis Android Pie 9 menjadi software andalan. Berbagai fitur pun turut disematkan untuk memudahkan pengguna. Keamanan data juga lebih terjamin dengan beragam sistem yang disajikan. Selain sistem keamanan standar seperti password, ada juga fitur keamanan pemindai sidik jari.

Baca Juga: Review Realme U1

Hadir dengan Empat Kamera

loader

Sebagai ponsel yang masih bersaudara dengan Oppo, Realme juga dihadirkan dengan kemampuan fotografi yang mumpuni. Hal ini tampak dari dibekalinya seri ini dengan empat buah kamera sekaligus. 

Resolusi paling kecil pada konfigurasi ini menggunakan lensa 2 MP. Kamera 2 MP yang pertama berfungsi sebagai lensa makro. Lensa ini berguna untuk mendapatkan gambar objek yang ditangkap dari jarak dekat.

Lensa 2 MP yang kedua berfungsi sebagai depth sensor yang bertugas untuk mendapatkan efek bokeh. Selain itu, ada pula lensa ultrawide 8 MP yang mampu menangkap objek dengan jangkauan yang lebih luas.

Sementara kamera utama mengandalkan lensa 12 MP dengan bukaan f/1.8. Dengan bukaan yang cukup besar, kamera ini pun mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup baik. Terutama saat berada dalam kondisi cahaya cukup.

Namun ketika cahaya minim, foto yang dihasilkan cenderung kurang memiliki detail. Bahkan meski sudah menggunakan mode nightscape, hasil yang didapatkan tetap tidak banyak berubah. Tetapi untungnya, saat memotret ponsel ini cepat fokus.

Sedangkan untuk kebutuhan berswafoto, Realme menempatkan kamera 13 MP pada bagian poni gawai. Kamera ini sudah mampu menghasilkan gambar yang apik, terutama ketika cahaya cukup terang.

Baterai Realme 5

loader

Baterai 5000 mAh yang diusung oleh Realme 5 sudah tergolong besar. Besarnya baterai ini bahkan dapat bertahan lebih dari satu hari saat hanya digunakan untuk aktivitas harian standar.

Hal yang cukup disayangkan adalah ketiadaan fitur fast charging sebagai pelengkap. Dengan begitu, ketika baterai habis pengguna harus sedikit bersabar menunggu hingga penuh.

Spesifikasi Realme 5

Berikut adalah tabel spesifikasi Realme 5 terlengkap:

Tabel Spesifikasi Realme 5

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

ColorOS 6.0 (Android 9.0 Pie)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 AIE Octa-core

Kecepatan CPU

4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver

Storage

32/64/128GB

RAM

3/4GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

5000mAh

Ukuran Layar

6,5 inci

Resolusi Layar

HD+ 1600 x 720 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

WCDMA (B1/B5/B8)

4G (LTE)

FDD-LTE/TD-LTE

Kamera Belakang

12MP + 8MP + 2MP + 2MP

Kamera Depan

13MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi , Hotspot/Tethering , GPS , Bluetooth , Flash , Fingerprint Scanner , 3.5mm Headphone Jack , Quad Cameras , Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

164.4 x 75.6 x 9.3 mm

Berat

198 g


Harga Realme 5

Sebagai ponsel kelas menengah, harga Realme 5 yang ditawarkan cukup wajar dan ramah di kantong. Harga Realme 5 yang dibanderol dipasaran yaitu 2 jutaan Rupiah saja. Tertarik? 

Harga Murah, Kualitas Bersaing

Untuk ponsel dengan harga Rp 2 jutaan, Realme 5 jelas sudah sangat bersaing dengan perangkat yang lain. Mengusung empat buah kamera sekaligus di bodi belakang, hasil jepretan yang didapat sudah memuaskan.

Ditambah lagi dengan kemampuan baterai dan juga performa yang mumpuni. Spesifikasi tersebut rasanya layak dimiliki oleh para penggemar fotografi ponsel dengan kantong cekak. 

Baca Juga: Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online? Gunakan Aplikasi Cicilan Berikut Ini