Review, Spesifikasi, dan Harga Realme C15

Pasar ponsel kelas Rp1-2 jutaan di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran Realme C15. Dengan harga tersebut, spesifikasi yang dibawakan oleh seri ini terbilang cukup menggiurkan.

Baterai berkapasitas 6.000 mAh yang sudah didukung teknologi pengisian daya cepat tentu menarik banyak perhatian. Chipset MediaTek Helio G35 yang dibekalkan juga sudah cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas harian.

Tapi kira-kira layak dibeli atau tidak ya? Sebelum memutuskan, simak dulu yuk ulasan berikut ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo

Desain Elegan

desain realme c15

Desain Realme C15

Para calon pembeli akan langsung terpikat saat melihat penampakan Realme C15 untuk pertama kalinya. Permainan gradasi warna pada cover bodi belakang menghasilkan tampilan yang berganti-ganti ketika sudut pandang diubah.

Apa yang disebut sebagai Desain Geometric Gradient ini mampu memberikan kesan yang unik sekaligus trendi pada gawai. Penggunaan material bodi dari polikarbonat pun tidak lantas menjadikan tampilan perangkat terlihat murahan.

Pengguna masih akan menjumpai gawai yang memiliki bodi kokoh ketika menggenggamnya. Sentuhan akhir yang diberikan juga membuat jejak sidik jari tidak mudah menempel maupun terasa licin.

Selain memiliki tampilan luar yang menawan, dalam situs resminya Realme juga menyebut jika perangkat berdimensi 164,5 x 9,8 x 75,9 mm ini sudah didesain tahan dengan percikan air. 

Pada bagian belakang gawai ini, ada 4 buah kamera yang ditempatkan dalam sebuah bingkai berbentuk kotak. Selain itu, ada juga fitur keamanan pemindai sidik jari yang berbentuk bulat di bagian tengah. 

Sementara di bagian depan, ada desain poni berbentuk mini drop yang digunakan untuk menyembunyikan kamera depan. Desain ini mirip dengan yang ada pada Realme C11.

Soal susunan port, perangkat ini masih menempatkan speaker, micro USB, mikrofon, dan jack audio 3,5mm pada bagian bawah. Sementara di bagian kiri ada slot untuk dua nano SIMCard dan untuk microSD sekaligus. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol volume dan power.

Layar Lebih Luas

layar realme c15

Layar Realme C15

Pada bagian depan, Realme mengadopsi desain mini-drop fullscreen yang membuat layar 6,5 inci yang dibenamkan jadi terlihat semakin luas. Apalagi ditambah dengan rasio layar yang mencapai 88,7 persen.

Layar yang luas ini menggunakan panel IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna. Panel ini dilengkapi dengan resolusi HD+ yang sudah mampu memberikan sajian gambar yang cukup memuaskan.

Para pengguna dapat mendapatkan pengalaman menyenangkan saat menggunakannya untuk menonton video, bermain game, maupun akses media sosial. Keamanan layar juga sudah dijamin berkat keberadaan Corning Gorilla Glass 3 yang turut dipasang pada seri ini.

Performa Ciamik

performa realme c15

Performa Realme C15

Bagi orang-orang yang hobi bermain game tetapi memiliki budget terbatas, performa yang ditawarkan oleh Realme C15 tampaknya cukup menarik. Mengusung chipset anyar milik MediaTek Helio G35 octa-core dengan fabrikasi 12nm, ponsel ini tampaknya memang berusaha menjual sektor gaming

Chipset baru milik MediaTek ini memang didesain khusus untuk menyokong aktivitas bermain game mobile. Di dalam segmentasinya, prosesor ini pun termasuk dalam golongan yang tercepat.

Penggunaan chipset baru yang mumpuni juga didukung pilihan RAM sebesar 3GB dengan penyimpanan internal 64GB dan 4GB dengan ROM 128GB. Besaran RAM ini tentu sudah cukup untuk menampung beragam aplikasi kekinian yang banyak menghabiskan memori. 

RAM yang digunakan pada perangkat ini juga sudah bukan LPDDR3, tetapi diganti dengan LPDDR4X. Penggunaan jenis ini membuat RAM mengalami peningkatan kinerja hingga 100 persen dan grafis naik 20 persen.

Dengan spesifikasi tersebut, gawai ini sudah bisa digunakan untuk bermain berbagai game kekinian seperti Mobile Legend, Call of Duty, Arena of Valor, hingga PUBG Mobile bisa berjalan lancar asalkan menggunakan pengaturan grafis yang tepat.

Karena untuk bermain game bisa diandalkan, untuk menunjang aktivitas keseharian pun jelas sudah sangat mumpuni. Jika hanya sekadar mengakses media sosial, melakukan streaming, dan kegiatan multitasking ponsel berjalan dengan sangat mulus.

Untuk antarmukanya, Realme mempercayakan Realme UI versi 1.0 yang berbasis Android 10. Antarmuka ini memiliki banyak kemiripan dengan UI asli milik Android sehingga pengguna lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Soal keamanan data, ada fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari, dan face unlock yang bisa diandalkan. Pengguna yang butuh privasi pun bisa lebih merasa aman saat meninggalkan ponsel di antara teman-teman yang bertangan jahil.

Dilengkapi Empat Kamera

kamera realme c15

Kamera Realme C15

Dibanderol dengan harga di bawah Rp3 juta, Realme sudah memanjakan para penggunanya dalam sektor fotografi. Ada empat buah kamera sekaligus yang dibekalkan lengkap dengan lampu flash LED untuk memberikan cahaya tambahan saat memotret di kondisi gelap.

Kamera utama 13MP yang dibekalkan mampu menghasilkan gambar yang baik dan dapat menangkap fokus lumayan cepat. Untuk memotret pemandangan atau objek yang luas, ada lensa ultrawide 8MP.

Kemudian dua lensa lain adalah lensa Retro dan B&W yang masing-masing beresolusi 2MP untuk menghasilkan potret hitam putih yang menawan. Lensa-lensa ini pun sudah menghasilkan gambar yang apik di kelas entry level, bahkan mengungguli C11.

Sementara untuk kebutuhan swafoto dan panggilan video, ada kamera 8MP yang sudah dilengkapi dengan AI beauty. Hasilnya pun sudah layak untuk diunggah ke berbagai media sosial. 

Kapasitas Baterai yang Besar

baterai realme c15

Baterai Realme C15

Segmen pasar entry level tampaknya sedang diramaikan dengan ponsel-ponsel berbaterai jumbo. Realme C15 pun hadir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Angka ini mengungguli beberapa pesaingnya yang kebanyakan hanya memasangkan baterai 5.000 mAh. 

Tidak ada lagi kekhawatiran kehabisan baterai saat menggunakan ponsel ini untuk menemani aktivitas di luar ruangan. Bahkan jika tersesat pun gawai ini masih bisa digunakan untuk melihat Google Maps selama 27 jam.

Bahkan di situs resminya disebut jika Power Saving Mode dalam perangkat mampu membuatnya bertahan hingga 107 menit untuk mengakses WhatsApp saat baterai tinggal 5 persen. 

Daya baterai yang besar ini juga sudah dilengkapi dengan pengisian daya cepat 18W sehingga pengguna tidak perlu lama-lama menunggu baterai terisi penuh. Ponsel ini pun dapat dimanfaatkan sebagai power bank saat dibutuhkan.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Realme C15

Tabel Spesifikasi Realme C15
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, realme UI
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G35 (12 nm) Octa-core Cortex-A53
Kecepatan CPU 2.3 GHz
Storage 64GB/128GB
RAM 3GB/4GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 6.000 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.5 x 75.9 x 9.8 mm
Berat 209 g

Harga Realme C15

Harga Realme C15 di pasaran berada pada kisaran Rp1,9-2 jutaan. Harga yang tidak terlalu tinggi mengingat spesifikasi yang ditawarkan.

Ponsel Entry Level yang Layak Dijadikan Pilihan

Sebagai ponsel entry level, apa yang ditawarkan oleh Realme C15 bisa dibilang mengungguli beberapa pesaingnya. Kapasitas baterai yang begitu besar dan dilengkapi dengan fitur pengisian cepat menjadi nilai jual yang paling tinggi. Ditambah lagi performa yang dihasilkan juga sudah mumpuni di kelasnya.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini sangat layak dipinang oleh para pelaku jasa transportasi online yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain itu, para pelajar dan mahasiswa yang aktif berkegiatan maupun yang membutuhkan gawai untuk pembelajaran daring juga bisa memilih perangkat ini.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online