Review, Spesifikasi, dan Harga Realme C17

Persaingan ponsel Tiongkok menghadirkan perangkat berharga miring dengan spesifikasi mumpuni tampaknya semakin panas dengan kehadiran Realme C17. Ponsel yang dibanderol dengan harga di bawah Rp3 juta ini sudah hadir dengan sejumlah kelebihan yang mampu membuat para pesaingnya berpikir dua kali.

Bayangkan saja dengan harga segitu, pengguna sudah ditawari RAM 6GB dengan penyimpanan internal 256GB. Kapasitas yang sangat mencukupi untuk menampung berbagai aplikasi populer masa kini yang ukurannya menguras memori penyimpanan.

Selain itu, kapasitas baterainya juga cukup besar dan layarnya pun apik. Kira-kira apalagi ya yang membuat gawai ini layak untuk dibawa pulang? 

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme C15

Desain Trendsetting

desain realme c17

Desain Realme C17

Seperti kebanyakan ponsel kelas menengah milik Realme, tidak banyak sentuhan glamor yang terlihat dari desain seri ini. Tetapi kesan elegan masih tetap dapat dirasakan oleh pengguna melalui pemilihan warna dan sentuhan akhir matte yang diberikan.

Menyebutnya sebagai desain trendsetting, realme memoleskan warna navy blue dan lake green yang bisa menjadi pilihan. Menurut situs resminya, warna biru terinspirasi dari laut yang memberikan kesan misterius. Sedangkan hijau dari danau yang memberikan ketenangan.

Tidak hanya warnanya saja yang memukau, desain AG coating yang digunakan pada cover bodi membuat sidik jari tidak mudah menempel. Meski bahan cover-nya masih menggunakan material polikarbonat, tetapi ponsel ini sama sekali tidak terkesan murahan.

Soal urusan bodi, seri ini memiliki dimensi 164.1 x 75.5 x 8.9 mm dengan bobot 188 gram saja. Tidak terlalu besar dan masih cukup tipis saat digunakan. Bodinya pun cukup kokoh dan nyaman saat digenggam, hanya saja jika digunakan dalam waktu lama terasa sedikit licin.

Kesan premium juga muncul pada tampilan belakang ponsel ini. Empat buah kamera yang disusun berbentuk L dalam bingkai mengingatkan pada desain Realme 7i. Tidak ketinggalan, fitur keamanan pemindai sidik jari juga ditempatkan tak jauh dari bingkai kamera.

Di bagian depan, Realme sudah menggunakan desain punch hole yang menempatkan kamera selfie pada pojok kiri atas. Beralih ke bagian sisi kiri, ada triple slot yang bisa diisi dual SIM Card dan microSD secara bersamaan.

Sementara di bagian bawah, ada USB Type-C, speaker, mikrofon, dan jack audio 3,5 mm. Sedangkan di sisi kanan masih dihuni oleh tombol power dan volume yang disusun berdampingan. 

Menariknya, meski ponsel ini bukan tergolong flagship, tetapi port speaker dan pengecasan memiliki perlindungan terhadap cipratan air. Dengan begitu, ponsel jadi lebih awet.

Layar Masih Satu Tingkat di Bawah Pesaingnya

layar realme c17

Layar Realme C17

Cukup disayangkan Realme C17 hanya menggunakan panel IPS LCD beresolusi HD+ saja. Padahal di kelas harga yang sama, para pesaingnya sudah banyak yang menanamkan layar dengan resolusi full HD+. 

Meski begitu, tidak berarti jika tampilan layar dari perangkat ini jadi mengecewakan. Layar seluas 6,5 inci yang ditanamkan pada Realme C17 sudah dilengkapi dengan kemampuan refresh rate hingga 90 Hz ultra smooth yang membuat gesekan layar jadi lebih mulus.

Bezel yang cukup tipis dengan rasio layar ke bodi hingga 90 persen dan desain punch hole membuat tampilan jadi tampak semakin luas. Saat digunakan untuk menonton maupun bermain game pun semakin menyenangkan.

Keamanan layar juga tidak perlu dikhawatirkan karena secara bawaan Realme sudah membenamkan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Layar pun lebih terlindung dari benturan ringan dan goresan.

Performa yang Mumpuni

performa realme c17

Performa Realme C17

Sesuai dengan slogan yang diusung oleh Realme, RAM 6GB dengan penyimpanan internal 256GB menjadi bekal perangkat ini. Ruang penyimpanan yang begitu lega ini jelas lebih dari cukup untuk menampung berbagai aplikasi kekinian dan file.

Meski soal memori Realme tidak pelit, cukup disayangkan chipset yang dibekalkan tidak terlalu istimewa. Hanya ada prosesor Qualcomm Snapdragon 460 Octa-Core dengan kecepatan hingga 1,8 GHz yang menjadi otaknya. 

Kemampuannya memang masih bisa diandalkan, tetapi para pesaingnya sudah banyak yang menggunakan chipset lebih tinggi. Meski begitu, jeroan ini tetap bisa diandalkan untuk menunjang berbagai aktivitas harian dengan nyaman.

Membuka beragam aplikasi hingga multitasking bisa berjalan dengan lancar. Untuk bermain game pun gawai masih dapat diandalkan. Game kekinian seperti Mobile Legend, Asphalt 9, hingga PUBG Mobile pun masih mulus dimainkan meski pengaturan grafisnya harus disesuaikan.

Apalagi ada fitur Game Space yang siap untuk mengoptimalkan performa smartphone ketika digunakan bermain game online. Ini juga dapat membantu membuat jaringan lebih stabil serta menghemat daya.

Kemampuan jeroan yang sudah mumpuni ini dilengkapi dengan antarmuka Realme UI 1.0 berbasis Android 10. Selain memberikan tampilan yang lebih menyenangkan untuk dipandang, beragam fitur yang ditanamkan juga semakin memudahkan pengguna.

Keamanan data pun lebih terjamin karena adanya fitur pemindai sidik jari yang ditempatkan pada bagian belakang gawai. Fitur ini cukup responsif dan mampu bekerja dengan cepat. Selain itu, ada juga Face Unlock yang siap membantu menjaga kerahasiaan isi ponsel pengguna.

Baca Juga: 8 Momen Ini Tanda Anda Perlu Ganti HP Baru

Quad Cameras

kamera realme c17

Kamera Realme C17

Para penggemar fotografi ponsel tampaknya cukup dimanjakan dengan C17. Konfigurasi empat buah kamera, 13MP, ultrawide 8MP, monochrome 2MP, dan retro 2MP, yang disusun berbentuk L di belakang gawai cukup bisa diandalkan.

Saat digunakan untuk memotret dengan cahaya cukup, hasilnya cukup natural dan tajam. Tetapi sayang saat cahaya rendah noise yang muncul lumayan banyak. Keberadaan Mode Nightscape yang dibekalkan cukup membantu mendapatkan foto apik saat malam hari.

Sedangkan untuk pecinta selfie, kamera 8MP yang ditanam pada bagian depan sudah cukup memuaskan. Hasil jepretannya sudah layak untuk dibagikan di berbagai media sosial.

Kapasitas Baterai yang Besar

baterai realme c17

Baterai Realme C17

Seperti kebanyakan ponsel keluaran saat ini, baterai yang dibekalkan pada seri ini juga cukup besar. Dengan harga yang ditawarkan, pengguna akan mendapatkan gawai yang memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. 

Daya yang cukup besar untuk menemani beragam aktivitas harian tanpa khawatir kehabisan baterai. Apalagi, ada fitur Super Power Saving yang akan membuat penggunaan daya jadi lebih hemat.

Besarnya daya ini membuat ponsel bisa standby selama 34 hari, menonton YouTube 18,6 jam, dan bermain game selama 12,3 jam. Jika kehabisan daya, ada ada pengisi daya cepat 18W yang siap untuk digunakan.

Spesifikasi Realme C17

Tabel Spesifikasi Realme C17
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
Kecepatan CPU 4x1.8 GHz Kryo 240 & 4x1.6 GHz Kryo 240
Storage 64GB/128GB/256GB
RAM 4GB/6GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.1 x 75.5 x 8.9 mm
Berat 188 g

Harga Realme C17

Harga Realme C17 hanya berada di kisaran 2 juta Rupiah. Harga yang sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Apakah Anda tertarik?

“Memori Cadas, Layar Super”

Mengusung slogan “memori cadas, layar super”, gawai ini memang memiliki ruang penyimpanan yang begitu luas. Selain itu, gawai juga sudah dilengkapi dengan empat buah kamera yang siap memanjakan. Ditambah lagi, kapasitas baterai yang besar didukung dengan penggunaan daya yang hemat. Kombinasi tersebut membuat gawai cocok untuk dibawa pulang para pembuat konten yang mengandalkan ponsel untuk berkreasi. Selain itu, orang-orang yang hobi bermain game juga bisa memilih seri ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo