Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo 20

Para penggemar game dengan budget pas-pasan tampaknya bisa sedikit tersenyum menjelang akhir tahun. Pasalnya, pabrikan ponsel murah asal Tiongkok Realme baru saja mengeluarkan Narzo 20 yang memang dikhususkan untuk para gamer berbudget minim.

Mengusung tagline Feel The Power, jeroan yang dibawakan oleh seri ini memang tidak bisa diremehkan. Chipset MediaTek Helio 85 Octa-Core yang ditemani RAM 4GB jelas sudah memanjakan para penggemar game mobile kekinian.

Belum lagi dukungan baterai sebesar 6.000 mAh yang siap memanjakan penggunanya. Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo

Desain yang Sekilas Mirip Series C

desain realme narzo 20

Desain Realme Narzo 20

Hadir di kelas entry level, Realme Narzo 20 memang membawa performa yang sangat menggiurkan. Tetapi itu tidak lantas membuat tampilannya jadi diabaikan. Secara keseluruhan, Narzo 20 memiliki cukup banyak kemiripan dengan C series.

Tampilannya tidak terlalu mewah, tetapi juga tidak berarti jadi tampak murahan. Desain yang diusung cukup menawan dan cocok untuk ditenteng para kawula muda.

Menggunakan bahan polikarbonat, Realme menghadirkan ponsel ini dengan tampilan yang lebih sederhana namun tetap menawan. Sebagai sentuhan akhir, dua pilihan warna silver sword dan blue blade yang ditawarkan dilengkapi aksen V yang semakin mempercantik gawai. 

Simbol V yang diambil dari victory ini akan memberikan efek visual yang berubah ketika tertimpa cahaya. Meski tidak mengusung jenis desain berkilau seperti para pesaingnya, cover Narzo 20 tersebut justru memberi keuntungan karena sidik jari jadi tidak mudah menempel.

Karena mengusung baterai jumbo, bodi gawai juga terlihat cukup besar. Meski begitu, ponsel dengan dimensi 164,5 x 75,9 x 9,8 mm ini masih cukup nyaman digenggam. Perangkat juga tidak terasa licin saat berada dalam tangan.

Di bagian belakang, tiga buah kamera beserta lampu flash LED diletakkan dalam bingkai kotak di ujung kiri atas. Tidak ketinggalan fitur keamanan fingerprint ada di sebelahnya. Sedangkan di bagian depan, ada desain poni mini drop yang menjadi tempat sembunyi kamera selfie.

Realme meletakkan jack audio 3,5 mm, mikrofon, USB Type-C, dan speaker di bagian bawah. Sementara sisi kiri gawai juga masih dihuni oleh triple slot untuk SIMCard dan microSD. Di sisi kanan, ada tombol power dan volume yang berdampingan.

Kualitas Layar yang Cukup Baik

layar realme narzo 20

Layar Realme Narzo 20

Hadir sebagai solusi untuk para penggemar game, layar yang dibenamkan untuk ponsel ini sudah sangat mendukung. Di kelas harga yang ditawarkan, panel IPS LCD yang sudah mampu menghasilkan warna yang cukup apik.
Bezel cukup tipis yang dibenamkan pada setiap sisi juga membuat layar 6,5 inci ponsel jadi tampak semakin luas. Apalagi, layar tersebut sudah dilengkapi dengan resolusi gambar FHD+ dan 90 Hz Ultra Smooth Display. 

Kombinasi yang membuat pengalaman menonton video hingga bermain game jadi terasa lebih memuaskan. Desain mini drop yang digunakan pada bagian depan juga membuat tampilan layar ponsel semakin lebar. 

Keamanan layar juga sudah cukup terjamin karena adanya lapisan Corning Gorilla Glass yang dapat melindungi dari goresan dan benturan ringan.

Performa Ciamik

performa realme narzo 20

Performa Realme Narzo 20

Para penggemar game pasti suka dengan jeroan yang dibenamkan Realme pada seri ini. Vendor asal Tiongkok ini memang menyasar para gamer yang semakin menjamur lewat Narzo 20.

Chipset MediaTek Helio 85 Octa-Core dengan kecepatan maksimal 2.05 GHz menjadi otak dari perangkat ini. Untuk menunjang kemampuan grafisnya, ada GPU ARM Mali-G52 MC2 yang siap diandalkan.

Kombinasi ini jelas sudah lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas harian seperti chatting, browsing hingga multitasking. Apalagi dengan adanya RAM 4GB yang dipadukan dengan memori internal 64GB dan 128GB.

Pengguna tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kehabisan ruang penyimpanan. Untuk urusan bermain game pun seri ini sangat mumpuni di kelasnya. Game kekinian seperti Asphalt 9, Mobile Legend, hingga PUBG bisa dimainkan dengan mulus tanpa lag berarti.

Tidak hanya performanya yang apik, ponsel ini juga sudah dibekali antarmuka Realme UI 2.0 berbasis Android 10. Antarmuka ini ringan, hemat daya, dan memberikan tampilan yang bisa diatur dan disesuaikan oleh penggunanya.
Berbeda dengan versi pro, Realme Narzo 20 masih di desain dengan fitur pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang. Saat digunakan, fitur keamanan ini terbilang cukup responsif.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme C15

Dilengkapi Triple Cameras

kamera realme narzo 20

Kamera Realme Narzo 20

Seperti kebanyakan ponsel masa kini, Realme Narzo 20 juga sudah dilengkapi dengan triple kamera. Meski bukan menjadi unggulan, tetapi pabrikan asal Tiongkok ini tetap membekali sektor kamera dengan kemampuan yang tidak mengecewakan.

Para penggemar fotografi akan dimanjakan dengan lensa utama 48MP yang dapat memotret objek dengan hasil lebih jelas. Selain itu ada pula lensa wide angle 8MP yang mampu menjepret gambar hingga 119 derajat. Tidak ketinggalan lensa makro 2MP yang memiliki fokus 4 cm.

Selain itu, ada sejumlah fitur menarik yang bisa diandalkan pengguna untuk mendapat hasil jepretan yang lebih baik. Misalnya saja Super Nightscape yang memiliki Multi-frame untuk membuat foto di malam hari semakin baik.

Kebutuhan untuk selfie juga sudah bisa diakomodir oleh lensa 8MP di bagian depan. Kamera selfie ini pun sudah dilengkapi dengan AI beauty yang membuat foto jadi makin cantik.

Kapasitas Baterai Sangat Besar dan Bisa Jadi Power Bank

baterai realme narzo 20

Baterai pada Realme Narzo 20

Salah satu keunggulan yang diandalkan Realme pada seri ini adalah kapasitas baterai yang mencapai 6.000 mAh. 

Menurut situs resminya, dengan kapasitas sebesar itu ponsel bisa siaga hingga 45 hari. Sementara untuk mendengarkan musik hingga 117 jam, menonton YouTube 25 jam, dan melakukan panggilan telepon 43 jam.

Jika habis, ada pengisi daya 18W Type-C yang siap membuat baterai kembali penuh dalam waktu singkat. Selain itu, ponsel juga dibekali dengan fitur penghemat daya yang bakal membuat baterai bisa bertahan lebih lama. Ponsel ini pun bisa difungsikan sebagai power bank.

Spesifikasi Realme Narzo 20

Tabel Spesifikasi Realme Narzo 20
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, realme UI 2.0
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G85 (12nm)
Kecepatan CPU 2x 2.0GHz Cortex-A75 & 6x 1.8GHz Cortex-A55
Storage 64GB
RAM 4GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 6.000 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar FHD+ 2400 x 1080 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA 1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP
Kamera Depan 16 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.5 x 75.9 x 9.8 mm
Berat 208 g

Harga Realme Narzo 20

Sebagai ponsel yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, Narzo 20 jelas bisa menjadi pilihan yang menggiurkan. Jeroan yang dibekalkan jelas bisa memanjakan pengguna, bahkan untuk bermain game sekalipun. Apalagi dengan bekal baterai 6.000 mAh yang akan semakin meningkatkan pengalaman bermain.

Cocok untuk Para Gamers Pemula


Dengan spesifikasi tersebut, para gamer yang berbudget pas-pasan sangat cocok untuk memboyong ponsel ini ke rumah. Selain itu, para pembuat konten outdoor juga bisa mengandalkan Realme Narzo 20 untuk menghasilkan karya-karya baru.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online