Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi 9C

Belum lama ini, Redmi baru saja meluncurkan Redmi 9C untuk pasar kelas entry level. Dibanderol dengan harga hanya Rp1 jutaan spesifikasi yang dibawakan oleh seri ini terbilang lumayan memikat di kelasnya.

Meski harganya begitu terjangkau, pengguna tetap disuguhi dengan performa yang memuaskan di kelasnya, bahkan untuk aktivitas bermain game juga masih cukup baik. Selain itu, pengguna juga akan dimanjakan dengan baterai 5.000 mAh yang siap mendukung berbagai aktivitas harian.

Ingin tahu seperti apa spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Desain Baru yang Menarik

desain redmi 9c

Desain Redmi 9C

Sebagai keluarga dari Redmi 9, tampilan Redmi 9C ini terbilang cukup berbeda dari dua saudara yang lain. Meski menggunakan bahan polikarbonat, Redmi dapat meramunya menjadi sesuatu yang cukup menarik untuk kelas entry level.

Kesan plastik jelas tidak bisa dihilangkan dari perangkat ini mengingat harganya yang begitu murah. Tetapi warna-warna mencolok seperti sunrise orange, midnight grey, dan twilight blue, lengkap dengan sentuhan akhir desain bertekstur masih tetap membuat ponsel ini layak dibawa kemana-mana.

Sentuhan tekstur pada bodi bagian belakang ini tidak hanya mempercantik penampilan, tetapi juga membuat ponsel jadi semakin nyaman saat digenggam tanpa khawatir ponsel akan jatuh. Selain itu, bekas sidik jari juga jadi tidak mudah menempel.

Bagian belakang bodi Redmi 9C juga menjadi rumah untuk sensor sidik jari yang berada di sisi tengah. Di bagian pojok kiri atas juga terdapat bingkai kotak yang berisi tiga buah kamera lengkap dengan lampu flash LED.

Beralih ke bagian depan, ada layar seluas 6,53 inci yang terpasang. Meski hadir di tahun 2020, Redmi masih memertahankan desain poni berbentuk tetesan air pada seri ini. Sebuah kamera untuk swafoto disembunyikan pada poni tersebut.

Di seri ini, bagian sisi kiri masih dihuni oleh slot untuk dual nano SIM Card serta satu slot microSD. Di sisi seberang, ada tombol power dan volume yang disusun berjajar. Sedangkan pada bagian atas hanya ada jack audio 3.5 mm.

Sayangnya, sensor infrared yang biasa hadir di ponsel Redmi yang berfungsi sebagai remot untuk berbagai peralatan elektronik absen dari perangkat ini. Sedangkan pada bagian bawah, akan ditemukan speaker, lubang mikrofon, dan port microUSB.

Layar Standar

layar redmi 9c

Layar Redmi 9C

Layar yang dibekalkan Redmi pada seri ini terbilang biasa saja. Layar seluas 6,53 inci yang dibekalkan hanya menggunakan panel IPS LCD. Selain itu, perangkat ini juga hanya mampu menghasilkan resolusi HD+ saja.

Tetapi untungnya, hal ini tidak lantas membuat kualitas gambar yang disajikan jadi tidak bisa dinikmati. Layar ini masih mampu menghasilkan tampilan warna dan gambar yang cukup tajam.

Apalagi dengan adanya desain poni di bagian depan yang membuat gambar dalam layar tampak lebih luas. Tingkat kecerahan pada perangkat ini maksimal hingga 400 nit yang dilengkapi dengan mode Sunlight.

Menariknya, saat digunakan dalam kondisi matahari terik layar dari perangkat ini masih terlihat cukup jelas. Selain itu ada pula sertifikasi perlindungan cahaya biru yang membuat pengguna bisa tetap nyaman meskipun memandang layar dalam waktu lama.

Performa Ciamik

performa redmi 9c

Performa Redmi 9C

Jika menengok jeroan yang dibekalkan, Redmi 9C mengalami peningkatan dibanding dengan sang kakak 9A. Tidak lagi mengandalkan MediaTek Helio G25, seri ini menggunakan MediaTek Helio G35 octa-core 2.3 GHz untuk menjadi otaknya.

Adanya peningkatan teknologi pada chipset yang digunakan juga berdampak pada performanya yang meningkat. RAM 3GB dan 4GB yang dibekalkan pada perangkat ini juga sudah mampu mendukung berbagai aktivitas harian dengan cukup baik.

Saat digunakan untuk aktivitas sederhana seperti bermain media sosial hingga chatting ponsel masih bisa berjalan dengan baik. Tidak ditemukan masalah berarti, bahkan ketika digunakan untuk aktivitas multitasking.

Meski untuk menunjang aktivitas harian terbilang lancar, soal urusan game tidak banyak hal yang bisa diandalkan dari ponsel ini. Hal ini rasanya cukup wajar mengingat Redmi 9C memang dihadirkan untuk kelas entry level dengan budget yang terbatas.

Teknologi HyperEngine yang disematkan pada chipset perangkat ini tampaknya tidak mampu berbuat banyak. Hanya game-game yang membutuhkan kinerja grafis rendah yang dapat dimainkan dengan mulus termasuk game popular AoV dan Mobile Legends.

Saat dilakukan pengujian, skor yang diperoleh Redmi 9C terbilang cukup baik. Beberapa pesaingnya di harga yang sama, termasuk sang kakak 9A bahkan tertinggal di bawahnya. 

Untuk antarmukanya, Redmi mempercayakan MIUI 12 berbasis Android 10 pada perangkat ini. Antarmuka ini dibuat sedemikian rupa sehingga saat dibuka akan lebih banyak efek visual yang terlihat.

Soal urusan keamanan, pengguna juga tidak perlu khawatir. Meski harganya murah, Redmi sudah membekali perangkat ini dengan sensor sidik jari di bagian belakang gawai. Selain itu, ada juga fitur AI Face Unlock yang akan menambah keamanan data ponsel.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 9

Triple Camera

kamera redmi 9c

Kamera Redmi 9C

Jika dari sisi performa ponsel ini terbilang biasa saja, sektor kamera tampaknya jadi nilai jual yang diangkat dari Redmi 9C. Dibandingkan dengan 9A, perangkat ini memiliki konfigurasi kamera belakang yang lebih lengkap.

Mengandalkan kamera utama 13MP, perangkat juga didukung dengan sebuah kamera depth sensor 2MP dan kamera makro 2MP. Depth sensor akan membantu pengguna untuk mendapatkan efek bokeh, sementara kamera makro dapat digunakan memotret dalam jarak dekat.

Para penggemar swafoto pun bisa memanfaatkan kamera 5MP yang dibenamkan pada bagian poni gawai. Selain dilengkapi dengan AI Beautify, kamera depan juga sudah memiliki palm shutter. Cukup dengan memperlihatkan telapak tangan ke kamera dan timer selfie akan mulai secara otomatis.

Baterai yang Cukup Besar

baterai redmi 9c

Baterai Redmi 9C

Sektor baterai tampaknya menjadi salah satu nilai jual dari perangkat ini. Dengan harga murah yang ditawarkan Redmi 9C telah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Disebutkan jika baterai ini dapat bertahan hingga 1000 kali siklus pengisian daya.

Saat digunakan untuk memutar musik, baterai bisa bertahan hingga 167 jam, sedangkan untuk bermain game bisa bertahan hingga 10 jam. Jika hanya digunakan untuk aktivitas harian seperti media sosial dan chatting bisa bertahan hingga 2 hari.

Jika baterai habis pun hanya butuh waktu sekitar 3 jam untuk mengisi daya hingga kembali penuh dengan menggunakan charger bawaan 10W.

Spesifikasi Redmi 9C

Tabel Spesifikasi Redmi 9C
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, MIUI 12
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G35 (12 nm) Octa Core
Kecepatan CPU 4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53
Storage 32GB/64GB
RAM 3GB/4GB
External Storage microSDXC
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,53 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/2/4/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 5 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.9 x 77.07 x 9.0 mm
Berat 196 g

Harga Redmi 9C

Redmi 9C dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp1,4 sampai 1,7 jutaan. Harga yang cocok bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan.

Cocok untuk Aktivitas Harian

Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, performa yang ditawarkan Redmi 9C memang tidak istimewa. Tetapi jika menilik dari harga , baterai yang ditanamkan dan kemampuan kameranya, ponsel ini jelas bisa menjadi pilihan di kelas entry level. Apalagi sudah ada sensor pemindai sidik jari untuk menambah keamanan data.

Para pelajar yang membutuhkan ponsel untuk menunjang aktivitas belajar daring bisa memilih untuk membawa pulang perangkat ini. Selain itu, baterainya yang awet membuat gawai ini juga cocok untuk orang-orang yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 9 Pro