Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 7

Ponsel dengan harga murah dan spesifikasi mumpuni memang menjadi banyak incaran di pasaran. Redmi pun memperketat persaingan dengan mengeluarkan Redmi Note 7. Mengusung spesifikasi lebih dibanding pesaing, seri ini bahkan menyajikan pilihan dengan RAM hingga 6 GB.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Review Redmi 7, Spesifikasi Lengkap dengan Harga Satu Jutaan

Dibuat dengan Desain Premium

Sebagai ponsel murah dengan kemampuan hampir setara flagship, desain yang diberikan untuk Redmi Note 7 terbilang menawan. Bodi yang disematkan memiliki lapisan kaca dengan gradasi yang menjadikannya tampak seperti gawai premium.

Selain menjadikan perangkat terlihat premium, lapisan kaca ini juga membuat bodi ponsel jadi licin. Agar lebih aman, ada baiknya memasang soft case tambahan. Menariknya, bodi dari Redmi Note 7 ini juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Lapisan ini memang umum digunakan, tetapi biasanya hanya untuk mengamankan bagian layar. Dengan menggunakan lapisan pelindung di bagian depan dan belakang, ponsel asal Tiongkok ini pun menjadi lebih unggul dibanding para pesaingnya.

Dalam beberapa kesempatan, Redmi juga sempat memamerkan ketahanan dari bodi perangkat ini. Ada juga desain 2.5 D berupa lengkungan pada bodi yang membuat ponsel terasa nyaman ketika digenggam. 

Peletakkan tombol dan slot pada seri ini juga cukup efisien. Tombol power dan juga volume berada di sisi kanan gawai. Sementara di sisi kiri dihuni oleh dua buah slot yang bisa diisi dengan dua SIM Card dan satu microSD.

USB Type-C diletakkan pada sisi bawah gawai bersama dengan speaker. Sementara di sisi atas ada sensor IR blaster dan juga jack audio 3.5 mm. Keberadaan sensor IR blaster ini membuat pengguna dapat mengendalikan beragam peralatan elektronik.

Pada bagian depan terdapat sebuah kamera selfie yang diletakkan pada poni dot drop. Sedangkan di bagian belakang, ada dual kamera lengkap dengan lampu flash LED. Tidak ketinggalan fitur keamanan fingerprint juga turut disematkan. 

Layar Berkualitas

Sebagai perangkat dengan harga yang cukup terjangkau, Redmi Note 7 sudah hadir dengan layar Full HD+. Mengusung layar seluas 6.3 inch, Redmi menggunakan teknologi IPS dengan kedalaman hingga 16 juta warna.

Layar tersebut mampu menghasilkan kerapatan piksel hingga 409 ppi. Pengguna pun dimanjakan dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih. Apalagi layar yang dibenamkan juga terbilang luas. 

Penggunaan aspek rasio 19,5:9 dan desain poni kekinian dot drop menjadikan penampakan layar jadi semakin lebar. Menonton video, bermain game, hingga menikmati konten multimedia lain pun semakin menyenangkan.

Apalagi keberadaan beragam fitur Reading Mode yang membuat mata pengguna merasa lebih nyaman. Keamanan layar pun lebih terjamin berkat adanya lapisan Corning Gorilla Glass 5. 

Performa Mumpuni

Sebagai gawai berharga miring, antarmuka yang dibekalkan pada seri ini terbilang cukup baru. Menggunakan MIUI 10.2 berbasis Android Pie 9.0, ada banyak fitur yang siap digunakan untuk memudahkan pengguna.

Bahkan menurut kabar terbaru, seri ini akan menjadi salah satu ponsel yang mendapat upgrade MIUI 11 dan juga Android 10 terlebih dahulu. Hal ini tentu membuat Redmi Note 7 semakin layak untuk dibawa pulang.

Soal urusan dapur pacu, perangkat ini juga hadir dengan jeroan yang mumpuni. Sebagai motor utamanya, ada chipset Snapdragon 660 octa-core dengan fabrikasi 14 nm. Prosesor ini terdiri dari 4x 1.8 GHz Kryo 260 dan 4x2.2 GHz Kryo 260.

Untuk membuat gawai semakin mumpuni, ada unit pemrosesan grafis Adreno 512. Jeroan tersebut lebih dari cukup untuk menemani beragam aktivitas harian. 

Urusan bermain game juga tidak perlu dikhawatirkan. Dapur pacu yang dibenamkan sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan para pecinta game online. Redmi juga membekali seri ini dengan Game Speed Booster.

Fitur ini membuat ponsel jadi lebih pintar dalam melakukan pengaturan sumber daya, khususnya untuk beberapa game tertentu. Game PUBG pun bisa dimainkan dalam pengaturan HD dan tetap berjalan lancar.

Pengguna pun bisa bebas memilih besaran RAM dan memori internal yang diinginkan. Sebab ada tiga versi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dompet pengguna. Paling kecil ada pilihan RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dan 6 GB dengan memori internal 64 GB.

Keamanan data pada perangkat ini pun semakin terjamin dengan keberadaan sistem biometrik. Pada bagian belakang ada pemindai sidik jari yang siap digunakan. Sementara dari sisi depan, ada pula fitur face unlock yang cukup bisa diandalkan.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Dual Kamera dengan Kualitas Ciamik

Salah satu hal yang diunggulkan oleh Redmi Note 7 adalah segi kamera. Hal ini tidak mengherankan mengingat perangkat ini memiliki kamera ganda level flagship di bagian belakang. Dua buah kamera dengan sensor 5 MP dan 48 MP siap mengabadikan beragam momen berharga.

Meski disebut 48 MP, lensa kamera sesungguhnya dari perangkat ini hanya 12 MP saja. Namun ponsel ini sudah dibekali dengan mode pro yang dapat menangkap gambar dengan kemampuan lensa 48 MP. 

Ketika digunakan, kualitas gambar yang dihasilkan memang lebih baik dibanding dengan saat menggunakan mode normal 12 MP. Ada peningkatan pada ketajaman dan juga detail gambar menjadi lebih baik. Efek blur alias bokeh pun bisa dihasilkan dengan kamera 5 MP.

Sementara pada bagian depan terdapat kamera 13 MP yang sudah mumpuni untuk melakukan selfie. Tersembunyi pada poni, pengguna harus puas mendapatkan cahaya tambahan lewat fitur screen flash tanpa lampu flash LED.

Sebagai ponsel kekinian, beragam fitur yang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) juga dibekalkan. Keberadaannya pun mampu menghasilkan foto yang lebih menawan.

Sudah Dilengkapi dengan Fitur Fast Charging

Tidak hanya dibekali dengan lapisan pelindung, ponsel ini juga hadir dengan baterai besar. Kapasitas baterai 4000 mAh yang dibenamkan sudah lebih dari cukup untuk menemani beragam aktivitas harian. Penggunaan daya juga lebih optimal berkat adanya sistem manajemen yang baik.

Kapasitas baterai yang besar tersebut semakin lengkap karena adanya fitur fast charging. Dengan menggunakan konektor USB Type-C, pengisian baterai pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Spesifikasi Redmi Note 7

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

MIUI 10 (Android 9.0 (Pie))

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 AIE (14 nm) Octa core

Kecepatan CPU

2.2GHz

Storage

32 GB/64 GB/128 GB

RAM

3 GB/4 GB/6 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,3 inch

Resolusi Layar

FHD+ 2340 x 1080 pixels, 409 PPI

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

48MP + 5MP

Kamera Depan

13 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

159.21 x 75.21 x 8.1 mm

Berat

186 g


Harga Redmi Note 7

Harga Redmi Note 7 saat ini berada pada kisaran 2 jutaan Rupiah saja. Harga yang pas, jika melihat kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan.

Baca Juga: Review Redmi Note 8

Ponsel Premium dengan Harga Terjangkau

Redmi Note 7 menjadi salah satu alternatif bagi pengguna yang menginginkan ponsel serupa premium tetapi dengan harga terjangkau. Dapur pacu yang dibenamkan jelas sudah mumpuni di kelasnya. Kapasitas baterai yang dibenamkan juga besar.

Soal urusan memotret pun pengguna sudah dimanjakan dengan kamera 48 MP. Spesifikasi tersebut menjadikan seri ini layak untuk dibawa pulang bagi penggiat fotografi pemula maupun para penggemar game dengan kantong cekak.