Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 9

Xiaomi telah sejak lama menjadi merek andalan para pengguna gadget berbudget rendah. Vendor asal Tiongkok ini memang terkenal memiliki spesifikasi yang mumpuni di harga yang cukup miring. Tidak heran jika ponsel buatannya selalu dinantikan.

Salah satu yang cukup dinantikan adalah Redmi Note 9. Gawai yang baru diluncurkan pada bulan Juni lalu ini digadang-gadang sebagai ponsel terbaik untuk kelas Rp 2 jutaan. Dibanding pendahulunya Redmi Note 8, ada pembaruan yang membuatnya jadi semakin mumpuni.

Kira-kira apa saja ya peningkatan yang diusung oleh Redmi Note 9? Simak ulasan lengkap yang sudah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Menawarkan Desain Premium

desain redmi note 9

Dari segi tampilan, Redmi Note 9 membawa cukup banyak perubahan dibanding dengan seri sebelumnya. Perubahan ini terlihat jelas ketika melihat bagian belakang perangkat. Empat buah kamera yang dibekalkan disusun simetris di bagian tengah. 

Dengan konfigurasi dua-dua, empat buah kamera ini dilingkupi frame persegi yang membuat tampilannya memiliki kesan premium. Tepat di bawah kamera, ada fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari.

Sementara untuk bagian depan, Xiaomi memberikan desain yang disebut dengan DotDisplay. Desain ini memberikan tampilan layar yang lebih luas karena kamera diletakkan pada lubang punch hole pada sebelah kiri atas.

Bodinya sendiri terbilang cukup bongsor karena memiliki dimensi 162,3 x 77,2 x 8,9 mm dengan bobot mencapai 199 gram. Luas layar mencapai 6,53 inci yang membuatnya terasa cukup lebar saat berada dalam genggaman. 

Selain desain kamera dan layar yang menarik, Xiaomi juga menawarkan tiga pilihan warna yang cukup menarik yakni forest green, midnight grey, dan polar white. Sayangnya, material polikarbonat dengan efek glossy yang digunakan membuatnya rentan kotor.

Soal urusan penempatan port, perangkat ini masih menggunakan desain yang sama dengan ponsel Redmi pada umumnya. Di bagian atas terdapat mikrofon dan sensor infrared yang bisa digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat elektronik.

Pada sisi kiri, ada SIM tray triple slot yang memungkinkan pengguna menggunakan dual SIM sekaligus microSD secara bersamaan. Sedangkan di sisi sebaliknya, ada tombol volume dan power yang diletakkan berdampingan.

Sisi bawah ponsel menjadi yang paling penuh karena adanya USB tipe-C, mikrofon, audio jack 3,5 mm, dan juga speaker. Menariknya, meski menggunakan bingkai plastik, perangkat sudah diberi pelapis nano tahan percikan air.

Baca Juga: Review Redmi Note 8

Layar Lebih Lebar

layar redmi note 9

Layar yang ditawarkan oleh Redmi Note 9 terbilang cukup lebar jika dibandingkan dengan pendahulunya Redmi Note 8. Di seri terbaru ini, Xiaomi membenamkan layar 6,53 inci IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna.

Desain DotDisplay yang digunakan juga menambah kesan luas layar dari seri ini. Apalagi bezel di semua sisi layar juga terbilang tipis. Pengalaman bermain game maupun menonton video jadi lebih menyenangkan.

Apalagi dengan adanya resolusi FHD+ yang akan membuat tampilan gambar jadi lebih jelas dan detail. Menurut situs resminya, layar ini juga sudah mengantongi sertifikasi cahaya biru rendah TUV Rheinland sehingga semakin nyaman saat dilihat.

Soal urusan perlindungan layar, Xiaomi sudah menyematkan Corning Gorilla Glass 5. Jadi, tidak lagi perlu khawatir layar akan tergores ketika jatuh atau terkena benda tajam.

Performa Redmi Note 9

performa redmi note 9

Digadang-gadang sebagai ponsel terbaik di kelasnya, Redmi Note 9 dibekali dengan chipset MediaTek Helio G85. Chipset ini dilengkapi dengan CPU octa-core dengan kecepatan mencapai 2.0 GHz dan GPU ARM G52 MC2.

Kombinasi dari jeroan ini diklaim mampu menghadirkan performa yang mumpuni. Jika dibandingkan dengan Redmi Note 8, GPU yang dibenamkan memiliki performa 32 persen lebih kuat. Sedangkan CPUnya meningkat hingga 22 persen. 

Kombinasi apik tersebut dilengkapi dengan pilihan RAM yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Ada RAM 4 GB dengan ROM 64 GB dan RAM 6 GB dengan ROM 128 GB yang bisa dipilih. Semakin besar RAM yang dipilih, ponsel pun akan semakin mulus ketika digunakan.

Soal urusan bermain game, pengguna juga sudah dimanjakan berkat fitur Game turbo. Fitur ini dapat membantu meningkatkan grafis dan performa secara otomatis. Ketika digunakan untuk bermain Asphalt 9 dengan pengaturan grafis tinggi masih lumayan smooth meski ada frame drop yang muncul.

Urusan antarmuka, seri ini sudah menggunakan MIUI 11 berbasis Android 10. Tampilannya pun sudah cukup menarik dan mudah untuk digunakan. Pengguna juga diberi keleluasaan untuk menggunakan app drawer.

Keamanan data dalam ponsel juga dijamin oleh fitur face unlock dan pemindai sidik jari. Keduanya diklaim mampu membuka kunci dengan cukup cepat.

Quad Camera

kamera redmi note 9

Desain cantik quad camera di bagian belakang juga didukung dengan kemampuan lensanya yang mumpuni. Kamera utama mengandalkan lensa 48 MP yang memiliki resolusi tinggi dapat memotret objek dengan pencitraan yang baik.

Lensa 8 MP yang dibenamkan juga mampu menangkap gambar panorama dengan lebih sempurna. Hal ini karena lensa memiliki sudut pandang hingga 118 derajat yang menjadikan lebih banyak objek yang mampu ditangkap.

Lensa depth sensor 2 MP dapat diandalkan untuk mengambil foto bokeh dan menyesuaikan efek buram yang diinginkan. Sementara para pecinta foto makro bisa menggunakan kamera makro 2 MP yang mampu menghasilkan foto menawan. Hasil jepretan keempat kamera ini tidak terlalu jauh dari Redmi Note 8. 

Selain kamera belakang, kamera depan ponsel ini juga sudah mumpuni. Dengan sensor 13 MP yang dibenamkan, pengguna sudah bisa dipuaskan dengan hasil selfie yang memukau. Saat melakukan panggilan video pun wajah jadi terlihat lebih jelas.

Baterai dengan Kapasitas Besar

baterai redmi note 9

Keunggulan lain dari ponsel ini adalah kapasitas baterai yang mencapai 5020 mAh. Kapasitas baterai yang besar tentu membuat ponsel bisa digunakan lebih lama. Menurut situs resminya, ponsel dapat bertahan hingga 147 jam ketika digunakan untuk memutar musik.

Sedangkan ketika digunakan bermain game, baterai bisa bertahan hingga 13 jam. Ketika baterai habis, pengguna juga bisa mengisinya dengan cepat karena adanya pengisian daya cepat 18W yang dibekalkan.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Redmi Note 9

Berikut adalah tabel spesifikasi Redmi Note 9 terlengkap:

Tabel Spesifikasi Redmi Note 9
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G85 (12nm) Octa core
Kecepatan CPU 2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55
Storage 64GB/128GB
RAM 4GB/6GB
External Storage microSDXC
Baterai 5.020 mAh
Ukuran Layar 6,53 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2340 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/2/4/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 13 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, NFC, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant
Dimensi dan Ukuran 162.3 x 77.2 x 8.9 mm
Berat 199 g

Harga Redmi Note 9

Dibanderol dengan harga Rp2jutaan, harga Redmi Note 9 dapat dikatakan cukup ramah di kantong. Mengingat spesifikasi dan desain baru yang ditawarkan.

Redmi Note 9 Hadir dengan Kualitas yang Lebih Baik

Spesifikasi yang dihadirkan Redmi Note 9 cukup sebanding dengan harga yang ditawarkan. Kemampuan kameranya jelas bisa diandalkan untuk memotret dalam berbagai situasi. Untuk bermain game pun cukup mumpuni berkat jeroannya yang lumayan apik.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini layak dipilih oleh para vlogger yang memiliki aktivitas luar ruangan tinggi dan membutuhkan kualitas kamera yang baik. Selain itu, para pecinta Netflix dan YouTube juga bisa memilih ponsel ini untuk menikmati berbagai tayangan streaming

Baca Juga: Review Redmi Note 8 Pro