Review, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy A11

Jika memiliki budget terbatas tapi ingin membawa pulang smartphone milik Samsung, Galaxy A series bisa menjadi pilihan. Ponsel-ponsel di seri ini hadir dengan beragam fitur cukup menarik yang masih ramah di kantong.

Salah satunya adalah Galaxy A11 yang diluncurkan pada akhir Mei silam. Di kelas harga Rp2 jutaan, ponsel keluaran vendor asal Korea Selatan ini mengusung spesifikasi yang lumayan menggiurkan. Terutama dari segi baterai yang awet dan desain yang menawan.

Nah, sebelum memutuskan membeli, simak dulu yuk ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga:  Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Desain Menawan

desain samsung galaxy a11

Desain Samsung Galaxy A11

Desain yang diusung oleh seri ini terbilang cukup menawan. Bodi polikarbonat yang membalut bagian belakang layar tidak lantas membuatnya terlihat murahan. Apalagi dengan adanya sentuhan akhir glossy yang berkilau.

Meski glossy, perangkat ini tidak terasa licin ketika berada dalam genggaman. Hanya saja, debu dan bekas jari jadi lebih mudah menempel dan membuatnya tampak kotor. Penggunaan soft case pun disarankan agar gawai lebih bersih.

Memiliki dimensi bodi 161,4 x 76,3 x 8 mm, gawai ini hanya memiliki bobot 177 gram saja. Selain ringan, desain melengkung yang halus di setiap sisinya juga membuat ponsel terasa nyaman saat berada dalam genggaman.

Di sisi depan, ada layar dengan desain Infinity-O dengan sebuah kamera selfie ditempatkan pada sudut kiri atas. Di sisi atas, Samsung masih berbaik hati untuk memberikan jack audio 3.5 mm yang sudah banyak hilang di beberapa ponsel terbaru.

Penempatan tombol power dan volume juga masih di sisi kanan dan SIM tray triple slot ada di sebelah kiri. SIM tray tersebut mampu digunakan untuk menempatkan dual SIM sekaligus microSD. Bagian bawah hanya diisi Samsung dengan mikrofon utama, port USB Type-C, dan speaker.

Di sisi belakang, ada tiga buah kamera yang ditempatkan pada sudut kanan atas lengkap dengan lampu flash. Letak kamera ini sedikit lebih menonjol dari cover sehingga rawan tergores. Di sebelahnya ada pula sensor pemindai sidik jari untuk menambah keamanan.

Layar Mirip Samsung Galaxy M11

layar samsung galaxy a11

Layar Samsung Galaxy A11

Jika secara desain luar Galaxy A11 memiliki banyak kemiripan dengan Galaxy M11, urusan layar pun tidak jauh berbeda. Di harga yang ditawarkan, jelas layar andalan Samsung Super AMOLED tidak mungkin digunakan.

Namun layar TFT PLS berukuran 6,4 inci yang dibekalkan sudah mampu memenuhi ekspektasi pengguna untuk ponsel entry level. Sajian gambarnya sudah didukung dengan tampilan beresolusi HD+.

Berbagai konten yang disajikan pun masih bisa dilihat dengan jelas. Untuk kebutuhan menonton video hingga bermain game masih cukup memuaskan untuk dilihat. Apalagi berkat dukungan desain Infinity-O dan juga bezel tipis di sisi kanan kiri yang membuat layar terasa lebih luas.

Untuk menambah kenyamanan saat menatap layar, ada pula fitur Blue Light Filter yang dipasang pada perangkat ini. Fitur ini mampu mengurangi paparan radiasi sinar biru sehingga layar lebih ramah mata. Saat digunakan di bawah sinar matahari layar ini juga masih belum menghasilkan tampilan yang jelas.

Sayangnya tidak disebutkan apakah perangkat ini memiliki lapisan pelindung layar anti gores semacam Gorilla Glass atau tidak. Namun agar layar lebih aman, sebaiknya pengguna memasang pelindung tambahan.

Performa Terbaru dan Cukup Bisa Diandalkan

performa samsung galaxy a11

Performa Samsung Galaxy A11

Sebagai ponsel yang hadir di tahun 2020, Samsung sudah membekalinya dengan antarmuka One UI 2.0 berbasis Android 10. Antarmuka ini telah dikenal memiliki tampilan yang sederhana dengan ikon besar yang semakin memudahkan pengguna saat mengoperasikan gawai.

Performa ponsel juga cukup mumpuni dengan keberadaan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dilengkapi dengan GPU Adreno 506 dan CPU octa-core Cortex-A53. Kombinasi jeroan ini dilengkapi dengan RAM 3GB yang juga bisa diandalkan.

Untuk menemani berbagai aktivitas harian, seperti akses media sosial, multimedia, hingga multitasking berjalan dengan lancar. Untuk bermain game pun gawai ini masih bisa memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan.

Game-game kekinian seperti Free Fire, Mobile Legend, PUBG Mobile, hingga Arena of Valor masih bisa dimainkan dengan lancar. Tapi tentu saja dengan syarat pengaturan grafis dan frame rate nya harus disesuaikan agar tidak mengalami lag ketika asyik bermain.

Keberadaan fitur pemindai sidik jari di bodi belakang juga membuat data ponsel jadi lebih aman dari tangan jahil. Fitur ini pun terbilang cukup responsif ketika digunakan. 

Dilengkapi dengan Tiga Kamera

kamera samsung galaxy a11

Kamera Samsung Galaxy A11

Pengguna setia Samsung pasti sudah hafal jika di kelas entry level, vendor asal Korea Selatan ini jarang memberikan keistimewaan pada sektor kamera. Di seri ini pun, tiga buah kamera yang dibekalkan terbilang standar dan biasa saja. Susunan kameranya serupa dengan Galaxy M11, yakni 13MP kamera utama, 5MP kamera ultra wide, dan 2MP depth sensor.

Hasil jepretan kamera utama akan terlihat apik ketika digunakan untuk memotret dalam kondisi terang. Sementara jika cahaya kurang atau minim, masih cukup banyak noise yang muncul. Selain itu, pengguna juga harus sedikit bersabar untuk tidak bergerak saat memotret agar gambar tidak blur.

Sementara itu, kamera ultra wide 5MP yang dibekalkan mampu memotret dengan jangkauan lebih luas hingga 115 derajat. Soal urusan memotret dengan efek bokeh, kamera 2MP dari ponsel ini sudah cukup mampu memuaskan pengguna.

Beralih ke kamera depan, hanya ada sensor 8MP yang ditanamkan pada sudut kiri atas. Meski begitu, kamera ini sudah mampu memenuhi kebutuhan pengguna untuk berselfie, wefie, melakukan panggilan video, hingga untuk face unlock. Hanya saja, efek bokeh yang dihasilkan oleh kamera depan masih belum maksimal.

Baterai Tahan Lama

baterai samsung galaxy a11

Baterai Samsung Galaxy A11

Meski performa dan kemampuan kameranya biasa saja, tetapi baterai 4.000 mAh yang ditanamkan menjadi keunggulan tersendiri. Kapasitas baterainya memang lebih kecil dibanding Galaxy M11, namun soal urusan daya tahan tidak jauh berbeda. 

Galaxy A11 masih mampu bertahan seharian saat digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas secara normal. Jika daya habis pun, ada pengisi daya 18W yang mampu mengisi baterai dalam kurun waktu kurang dari 3 jam. 

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A10s

Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A11
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Single SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Cortex-A53 Octa core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
Storage 32GB
RAM 2GB/3GB
External Storage microSD, up to 512GB
Baterai 4.000 mAh
Ukuran Layar 6,4 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1520 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
3G UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 5MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 161.4 x 76.3 x 8.0 mm
Berat 177 g

Harga Samsung Galaxy A11

Harga Samsung Galaxy A11 yang berada pada kisaran 1,8 - 2 jutaan Rupiah, membuat ponsel entry level ini bisa dimiliki oleh siapa saja. 

Ponsel untuk Penggunaan Normal

Sebagai ponsel kelas entry level, Samsung Galaxy A11 sudah mengusung berbagai fitur yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna masa kini. Kemampuan kamera dan jeroannya cukup mumpuni meski tidak istimewa. Keunggulannya jelas ada di sektor baterai yang awet sehingga memudahkan pengguna ketika jauh dari listrik.

Dengan spesifikasi tersebut, para penggila game kurang disarankan untuk membeli perangkat ini. Ponsel ini lebih cocok untuk pengguna yang hanya membutuhkan smartphone dengan kemampuan standar seperti multitasking dan akses media sosial. Selain itu, orang-orang yang memiliki akses terbatas terhadap listrik juga bisa menjadikan seri ini pilihan.

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki