Review, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy A21s

Samsung telah menjadi salah satu vendor yang memiliki penggemar setia di tanah air. Sebagai pemain lama, perusahaan asal Korea Selatan ini memiliki pelanggan setia yang rela merogoh kocek sedikit lebih dalam demi membawa pulang produk mereka.

Terbaru, Samsung meluncurkan Galaxy A21s di kelas menengah ke bawah untuk semakin memanjakan penggunanya. Di seri ini, Samsung menawarkan ponsel dengan empat kamera dan baterai besar. 

Penasaran spesifikasi lengkapnya? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online

Desain Kekinian

desain samsung galaxy a21s

Desain Samsung Galaxy A21s

Sebagai ponsel yang menargetkan anak muda zaman now, desain yang dibuat untuk perangkat ini terbilang cukup memukau. Dengan bodi berukuran 163,6 x 75,3 x 8,9 mm, pengguna akan memperoleh ponsel yang memanjakan mata. 

Meski masih menggunakan material bodi dari polikarbonat, cover bodi perangkat ini tidak terlihat murahan. Apalagi dengan sentuhan akhir glossy dan holografik yang membuat ponsel jadi lebih berkilau.

Ketika tertimpa cahaya, cover belakang gawai akan nampak warna yang mirip pelangi. Memberikan kesan yang berbeda dari para pesaingnya. Sayangnya, tampilan berkilau tersebut juga membuat bekas jari dan debu jadi gampang tertinggal di cover bodi belakang.

Dengan ukuran yang tidak terlalu bongsor, bodi Galaxy A21s juga memiliki lengkungan halus yang membuat ponsel lebih mudah dan semakin aman dan nyaman saat digenggam. Apalagi dengan bobot 192 gram yang membuatnya masih cukup ringan saat digunakan.

Empat buah kamera juga dipasang Samsung pada bagian belakang ponsel. Menariknya, Samsung meletakkannya di sisi kanan atas dengan susunan seperti huruf L lengkap dengan lampu flash. Tepat di sebelahnya, ada fitur keamanan pemindai sidik jari.

Berpindah ke sisi depan, ponsel ini sudah menggunakan desain infinity O untuk bagian layar. Sebuah punch hole yang diletakkan pada sudut kiri atas menjadi rumah bagi kamera selfie

Sementara di sisi bawah terlihat cukup penuh dengan keberadaan speaker, USB Type-C, dan jack audio 3,55 mm. Sementara di sisi kiri menjadi tempat untuk meletakkan SIM tray triple slot dan sisi kanan untuk tombol power dan volume.

Layar PLS TFT Tanpa Pelindung

layar samsung galaxy a21s

Layar Samsung Galaxy A21s

Di kelas harga yang ditawarkan, wajar jika Samsung masih belum mampu membekali ponsel ini dengan layar Super AMOLED yang biasa dipasang di flagship. Hanya ada layar PLS TFT capacitive touchscreen seluas 6,5 inci yang dihadirkan.

Meski begitu, gambar yang dihasilkan juga tidak mengecewakan. Layar masih mampu menyajikan tampilan yang jelas dan cukup memuaskan untuk menonton video, menikmati berbagai multimedia termasuk bermain game.

Resolusi HD+ yang didukung dengan bezel tipis di setiap sisi serta aspek rasio 20:9 membuat pengalaman menonton jadi semakin menyenangkan. Apalagi, Samsung juga memasang fitur Blue Light Filter yang dapat menurunkan pancaran sinar biru dari ponsel. 

Sayangnya, masih belum ada lapisan pelindung layar yang dibekalkan pada Galaxy A21s. Jadi pengguna harus memasang pelindung tambahan agar layar tidak mudah tergores.

Performa yang Bisa Diandalkan

performa samsung galaxy a21s

Performa Samsung Galaxy A21s

Dibanderol dengan harga Rp2,5 - 3 jutaan, performa yang dibawa oleh Samsung Galaxy A21s juga tidak mengecewakan. Chipset Exynos 850 dengan desain 8 nm yang telah didukung oleh CPU Octa-core dengan kecepatan mencapai 2.0 GHz dan dilengkapi GPU Mali-G52.

Kombinasi ini jelas lebih dari cukup untuk menunjang berbagai aktivitas harian pengguna. Tidak ada kendala sama sekali saat digunakan untuk browsing, memainkan video, membuka media sosial, bahkan hingga menjalankan multitasking.

Apalagi dengan adanya sokongan RAM dan ROM yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Bagi yang butuh performa lebih lancar bisa memboyong ponsel dengan RAM 6GB dan ROM 64GB. Sementara jika uang cekak, ada juga RAM 3GB dengan ROM 32GB yang lebih terjangkau.

Perpaduan jeroan mumpuni dan RAM besar juga membuat aktivitas bermain game bisa dilakukan dengan lancar. Game populer masa kini seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legend bisa dimainkan dengan pengaturan frame rate standar dan grafis tinggi.

Performa yang baik juga dilengkapi dengan tampilan yang menarik berkat antarmuka One UI 2.0 berbasis Android 10 yang dibawakan. Tidak lupa, fitur-fitur kekinian seperti Dual Messenger juga turut dihadirkan untuk membuat pengguna bisa menduplikasi aplikasi media sosial.

Masalah keamanan, ada Samsung Knox yang akan melindungi ponsel sejak pertama dihidupkan. Ada pengamanan berlapis yang melindungi informasi sensitif dari malware dan ancaman jahat lainnya.

Selain itu ada juga fitur keamanan pemindai sidik jari yang cukup sensitif. Anda pun dapat memanfaatkan face unlock untuk membuat keamanan ponsel lebih terjamin.

Menghadirkan Empat Kamera “L”

kamera samsung galaxy a21s

Kamera Samsung Galaxy A21s

Para pecinta fotografi cukup dimanjakan oleh perangkat terbaru milik Samsung ini. Empat buah kamera dengan konfigurasi lensa depth camera 2MP, kamera utama 48MP, ultra wide camera 8MP, dan macro camera 2MP sudah cukup memuaskan untuk memotret berbagai situasi. 

Untuk mendapatkan resolusi 48MP, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu karena secara bawaan ponsel hanya dibekali lensa 12MP. Besarnya resolusi yang digunakan jelas mampu menghasilkan gambar dengan detail yang lebih baik dan jelas. 

Jika ingin memotret dengan efek bokeh, gunakan lensa depth camera 2MP yang hasilnya juga cukup apik. Begitu juga dengan macro camera 2MP yang dapat menjepret objek dalam jarak dekat. Sementara untuk memotret dengan jangkauan luas, ultra wide camera 8MP telah mampu memotret area hingga 123 derajat.

Kebutuhan selfie juga terpuaskan berkat kamera 13MP yang ditanam di bagian depan. Jepretannya mampu menghasilkan foto yang berkualitas dan mulus. Anda juga bisa lebih menjadi pusat perhatian dengan mengaktifkan Live focus untuk memburamkan background

Baterai yang Cukup Besar

baterai samsung galaxy a21s

Baterai Samsung Galaxy A21s

Tidak ada lagi kekhawatiran kehabisan baterai saat menggunakan ponsel ini. Samsung telah membenamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh untuk mendukung berbagai aktivitas. Jika hanya digunakan untuk aktivitas harian normal, ponsel mampu bertahan seharian.

Jika baterai habis, Anda bisa langsung menggunakan pengisian daya 15W fast charging yang akan menyuplai daya baterai hingga penuh hanya dalam waktu kurang dari 3 jam.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20S

Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A21s
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Single SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Samsung Exynos 850 Octa core
Kecepatan CPU 4 x 2.0 GHz & 4 x 2.0 GHz
Storage 32GB/64GB
RAM 3GB/4GB/6GB
External Storage microSD, up to 512GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
3G UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 13 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
Berat 192 g

Harga Samsung Galaxy A21s

Harga Samsung Galaxy A21s dapat dikategorikan cukup "mahal" di kelasnya. Dengan kisaran harga, Rp2,5 - 3 jutaan Anda akan mendapatkan spesifikasi di atas.  

Sesuaikan Ponsel dengan Kebutuhan Anda

Untuk ponsel kelas menengah ke bawah, jeroan yang dibekalkan oleh Galaxy A21s jelas layak untuk dibawa pulang. Apalagi dengan baterai jumbo dan empat buah kamera yang sudah bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan masa kini.

Hanya saja, harga yang dibanderol terbilang cukup mahal untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Namun jika Anda merupakan penggemar Samsung dan senang membuat konten, ponsel ini jelas bisa menjadi pilihan yang bisa diandalkan.

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki