Review, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy A70

Samsung telah menjadi salah satu merek ponsel yang dianggap berkelas di Indonesia. Meski jika dibanding dengan para pesaingnya harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal, peminatnya tidak pernah sepi.

Bahkan ponsel yang dirilis beberapa tahun lalu pun masih cukup diminati di pasaran. Termasuk Galaxy A70. Diluncurkan pada 2019, Samsung menghadirkannya untuk para konten kreator muda.

Tidak heran jika spesifikasi yang dibawakan oleh raksasa teknologi asal Korea Selatan ini sangat mendukung untuk membuat beragam konten video. Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya?

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari 5 CEO Brand Terkenal yang Tak Populer

Desain Tipis, Nyaman Digenggam

desain Samsung Galaxy A70

Desain Samsung Galaxy A70

Untuk sebuah ponsel kelas menengah di masa sekarang ini, tampilan Samsung Galaxy A70 terlihat biasa saja. Desainnya sederhana dan tidak ditemukan kesan mewah saat mengeluarkan ponsel ini dari kardusnya. 

Bahan yang digunakan sebagai cover bodi belakang juga masih polikarbonat yang dicampur dengan kaca. Agar tidak terlihat seperti gawai murah, Samsung memberikan sentuhan akhir 3D Glasstic yang membuat cover jadi tampak berkilau.

Jika dilihat sekilas, penampakan fisik dari ponsel ini mirip dengan pendahulunya Galaxy A50. Yang membuatnya terlihat berbeda adalah ukuran Galaxy A70 yang lebih bongsor dibanding dengan seri sebelumnya. Akan muncul refleksi warna pelangi saat tertimpa cahaya.

Meski ukurannya terbilang bongsor, untungnya Samsung membuat perangkat ini ringan dan tipis. Dimensi bodinya mencapai 164,3 x 76,67 x 7,9 mm dengan bobot hanya 183 gram saja. Bodi ringan dan tipis ditambah desain yang ergonomis membuat gawai ini tetap nyaman digenggam satu tangan.

Soal urusan penempatan port dan aksesoris lain, gawai ini tidak berbeda dibanding seri lainnya. Slot untuk SIM dan juga microSD diletakkan di sisi kiri sedangkan bagian kanan tetap dihuni tombol power dan volume.

Bagian bawah juga masih menjadi rumah untuk USB Type-C, speaker, mikrofon, dan jack audio 3,5 mm. Untuk bagian depannya, vendor asal Korea Selatan ini menggunakan desain Infinity-U. Pada bagian tengah atas terdapat poni yang menjadi rumah bagi kamera depan.

Di sisi belakang ada tiga buah kamera yang disusun berjajar di sisi kiri atas. Tidak ada pemindai sidik jari yang dibenamkan pada bagian belakang gawai.

Layar Super AMOLED

layar Samsung Galaxy A70

Layar Samsung Galaxy A70

Sebagai ponsel kelas menengah, Samsung sudah memberikan panel Super AMOLED sebagai layar dari seri ini. Mengusung desain layar Infinity-U membuat bagian depan gawai ini terlihat lebih lebar. Hanya ada notch kecil di bagian atas yang berfungsi untuk meletakkan kamera selfie.

Selain tampak lebar karena desain Infinity-U, ukuran layar perangkat ini juga mencapai 6,7 inci. Ditambah dengan resolusi Full HD+, pengguna sudah akan dimanjakan dengan tampilan gambar dan video yang berkualitas.

Meski sudah diluncurkan pada 2019 lalu, seri ini sudah membenamkan fingerprint di dalam layar. Tetapi sayangnya, seri ini justru tidak dilengkapi dengan sertifikasi IP67/68 yang membuat ponsel ini rentan jika terkena air atau debu dalam jumlah banyak.

Untungnya masih ada lapisan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 yang membuat layar lebih aman dari benturan dan goresan ringan. 

Performa Samsung Galaxy A70

Sebagai ponsel yang dihadirkan di 2019, seri ini masih menggunakan antarmuka One UI berbasis Android 9 Pie. Antarmuka ini masih belum terlalu ketinggalan jika digunakan untuk saat ini. Apalagi, seri ini juga sudah mendukung untuk diperbarui dengan OS Android 10 dan One UI 2.

Soal keamanan data pada perangkat ini juga tidak perlu dikhawatirkan. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang dibenamkan di layar atau On Screen Fingerprint yang cukup responsif.

Selain itu ada Samsung Knox yang dibuat untuk memberikan perlindungan terhadap chipset maupun perangkat lunak. Ada juga Samsung Pass yang membuat pengguna bisa menjelajah web serta aplikasi menggunakan otentikasi biometrik.

Soal urusan performa, gawai ini tidak kalah bersaing dengan beberapa ponsel keluaran terbaru. Dengan bekal chipset Qualcomm Snapdragon 675 Octa Core dengan kecepatan hingga 2 GHz. Prosesor ini memiliki kemampuan yang baik dalam hal daya tahan baterai dan kinerja.

Kemampuan tersebut dilengkapi dengan keberadaan RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Kombinasi yang sangat mumpuni untuk mendukung beragam aktivitas normal harian. Tidak akan ada lag yang dirasakan saat membuka beragam aplikasi hingga melakukan multitasking.

Untuk melakukan aktivitas dengan grafis berat pun gawai masih bisa digunakan dengan cukup baik. Bermain game kekinian seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile hingga grafis ultra pun berjalan mulus. Melakukan edit video dengan Adobe Clip dan Quick pun tidak ada gangguan yang berarti.

Triple Cameras

kamera Samsung Galaxy A70

Kamera Samsung Galaxy A70

Nilai jual untuk ponsel ini terletak pada sektor kamera. Tidak heran jika Samsung menghadirkan kualitas kamera yang sangat memuaskan. Di bagian depan, ada kamera selfie 32MP yang siap untuk dimanfaatkan mengabadikan beragam swafoto.

Untuk bisa mendapatkan gambar dengan resolusi 32MP, pengguna harus lebih dulu mengubah aspek rasio ke 3:4 H. Selain bisa mendapat gambar wefie maupun selfie yang apik, kamera ini juga sudah bisa digunakan untuk mengambil video gerak lambat (slow motion) dan dipercepat (hyperlapse).

Sedangkan untuk kamera utamanya juga mengandalkan lensa 32MP. Lensa ini sudah mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Proses memotret juga terbilang mulus dan cepat.

Sebagai pendukung kamera utama, ada juga depth sensor 5MP yang dapat digunakan untuk mendukung mode live focus. Ada juga lensa ultra wide 8MP yang bisa diandalkan untuk memotret dengan sudut hingga 120 derajat. Kamera gawai ini juga sudah bisa diandalkan untuk merekam berbagai video hingga 4K UHD pada 30 fps.

Kapasitas Baterai Cukup Besar dengan Fitur Fast Charging

baterai Samsung Galaxy A70

Baterai Samsung Galaxy A70

Kemampuan kamera dan performa yang mumpuni ditunjang dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Baterai sebesar ini sudah bisa digunakan untuk menemani aktivitas seharian. Saat baterai habis, pengguna juga bisa mengisi daya dengan cepat berkat fitur fast charging 25 W.

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki

Spesifikasi Samsung Galaxy A70

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A70
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 9 (Pie), Samsung One UI
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Snapdragon 675
Kecepatan CPU 2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver
Storage 128GB
RAM 6GB/8GB
External Storage microSD, up to 512GB
Baterai 4.500 mAh
Ukuran Layar 6,7 inci
Resolusi Layar Super AMOLED FHD+ 1080 x 2400 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
3G UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 32MP + 8MP + 5MP
Kamera Depan 32 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.3 x 76.7 x 7.9mm
Berat 183 g

Harga Samsung Galaxy A70

Harga Samsung Galaxy A70 terbaru di tahun 2021 ini ada di angka Rp4 juta awal. Bagaimana? Apakah tertarik?

Ponsel yang Masih Sangat Layak Dimiliki di Tahun 2021

Meski diluncurkan pada 2019, tetapi Samsung Galaxy A70 masih layak untuk menjadi pilihan di awal 2021. Selain jeroan yang mumpuni dan sektor kamera yang sangat bisa diandalkan, seri ini juga mendapat update sistem operasi Android 10 dan One UI 2.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini bisa dipilih oleh para pembuat konten yang memiliki budget terbatas. Selain itu, para penggemar fotografi juga bisa mengandalkan gawai ini untuk memotret.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!