Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo V19

Pandemi Covid-19 tampaknya tidak menghalangi para pengusaha telepon genggam untuk meluncurkan produknya. Salah satunya adalah Vivo yang pada awal tahun ini meluncurkan smartphone kelas menengah Vivo V19.

Hadir dengan harga di atas Rp3 juta, sejumlah peningkatan pun dilakukan pada produk anyar pabrikan asal Tiongkok ini. Selain mengusung desain yang stylish ponsel ini juga dibekali dengan jeroan yang mumpuni dan RAM 8 GB yang tentu sangat mendukung untuk berbagai aplikasi masa kini.

Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Review Vivo V15

Desain Klasik Nan Mewah

desain vivo v19

Desain Vivo V19

Vivo V19 tampaknya memang didesain khusus untuk menarik para pelanggannya secara visual. Meski dibuat dengan menggunakan material bodi dari plastik, tampilan dari perangkat ini tetap terlihat begitu menawan.

Mengusung gaya retro, tampilan yang dibawakan vendor asal Tiongkok pada salah satu seri terbarunya ini tampak begitu klasik. Namun justru tampilan klasik ini yang memikat saat dipadukan dengan warna-warna yang diusung.

Meski mengusung layar 6,44 inci, Vivo rupanya mampu membuat V19 hadir dengan bentuk bodi yang ramping. Ponsel juga masih cukup ringan dan bisa disimpan di dalam saku celana. Saat digenggam pun perangkat ini terasa cukup nyaman dan kokoh.

Secara tampilan ponsel ini juga mudah dikenali. Berbeda dengan kebanyakan ponsel yang menyusun kamera secara berjajar, Vivo memilih membenamkan empat buah kamera lengkap dengan lampu flash LED dalam sebuah wadah berbentuk kotak.

Tampilan belakang ini sekilas mungkin terlihat terlalu lebar, tetapi hal tersebut justru menjadi ciri khas bagi Vivo V19. Kalian tidak akan menemui sensor pemindai sidik jari pada bagian belakang bodi ponsel ini.

Sebab, fitur keamanan biometrik ini sudah ditempatkan Vivo pada bagian depan tepat di bawah layar. Selain fitur keamanan, bagian depan dari seri ini juga terdapat kamera swafoto yang diletakkan pada bagian sudut kanan atas.

Kemudian di bagian sisi kiri pengguna akan menemukan slot untuk dual SIMCard dan microSD sekaligus tombol power dan volume di sisi sebaliknya. Sementara di bagian bawah akan ditemui jack audio 3.5 mm, port USB Type-C, dan speaker.

Layar yang Luas

layar vivo v19

Layar Vivo V19

Hadir di kelas menengah, Vivo sudah menawarkan panel Super AMOLED E3 OLED pada seri ini. Selain itu, pengguna juga akan disajikan dengan gambar yang berkualitas Full HD+ dalam layar yang berukuran 6,44.

Panel super AMOLED ini juga telah memiliki color gamut DCI-P3 100 persen. Soal urusan desain, bagian depan ponsel ini mengusung Ultra O Screen yang menempatkan sebuah kamera selfie di sisi kanan atas.

Desain ini juga membuat tampilan layar V19 jadi tampak lebih luas. Bezel tipis di bagian sisinya juga membuat layar jadi semakin luas. Dengan tampilan luas dan gambar yang begitu jelas, pengalaman menonton film dan menikmati berbagai konten jadi terasa lebih nyaman, bahkan di bawah sinar matahari sekalipun.

Soal urusan keamanan layar juga tidak perlu khawatir. Sudah ada pelindung layar Corning Gorilla Glass yang dibekalkan pada perangkat ini. Selain itu, di bagian depan juga ada fitur finger scan screen yang membuat pengguna semakin mudah membuka kunci layar.

Performa yang Serupa dengan Vivo V17

Jeroan yang dibekalkan Vivo di salah satu seri terbarunya ini sebenarnya tidak terlalu istimewa. Chipset yang dibekalkan pada seri ini sama dengan Vivo V17 Pro, yakni Qualcomm Snapdragon 675 AIE.

Dengan komponen jeroan yang sama, performa yang dihasilkan oleh V19 pun tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya. Apalagi besaran RAM yang digunakan pada seri ini juga sama-sama 8GB dengan pilihan penyimpanan internal 256GB dan 128GB.

Kombinasi ini tentu sudah jauh lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Tidak akan dijumpai adanya lag ataupun gangguan saat digunakan membuka berbagai aplikasi media sosial maupun multitasking.

Bagi para pecinta game pun ponsel ini sudah bisa memberikan pengalaman yang cukup memuaskan. Berbagai game kekinian yang populer seperti Mobile Legends, COD Mobile, Asphalt 9, hingga PUBG pun bisa dimainkan dengan baik. 

Selain itu, ada juga fitur Ultra Game Mode yang siap memaksimalkan pengalaman saat bermain. Tidak ketinggalan fitur Multi Turbo yang dapat memaksimalkan performa dan voice changer yang bisa memunculkan beragam karakter suara.

Untuk antarmuka, Vivo menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka Funtouch 10.0. Tampilannya cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. 

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Menghadirkan Empat Kamera

kamera vivo v19

Kamera Vivo V19

Sebagai salah satu vendor yang mengagungkan sektor fotografi, empat buah kamera yang dibekalkan pada seri ini jelas tidak bisa diremehkan. Mengandalkan kamera utama 48MP, perangkat ini juga didukung dengan tiga kamera lain yang memiliki fungsi berbeda.

Lensa ultra-wide 8MP yang dipasangkan berfungsi untuk memotret dalam sudut lebar hingga 120 derajat. Ada juga lensa makro 2MP yang berguna memotret objek dekat dengan jarak hingga 4 cm. Tidak ketinggalan lensa depth sensor 2MP yang siap menghasilkan gambar bokeh.

Hasil jepretan kamera belakang ini pun tidak mengecewakan. Ketika digunakan dengan kondisi cahaya ideal, hasilnya sangat memuaskan dengan detail dan warna yang apik. Bahkan saat memotret di malam hari pun kualitasnya tidak terlalu mengecewakan.

Para penggemar swafoto juga dimanjakan dengan lensa 32MP pada bagian depan. Apalagi dengan adanya fitur AI Beauty yang bisa memoles wajah penggunanya menjadi semakin menawan saat melakukan swafoto. 

Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Sebagai ponsel yang hadir di tahun 2020, baterai telah menjadi salah satu komponen yang banyak dipertimbangkan oleh para pengguna ponsel sebelum membeli. Menyadari hal ini, Vivo V19 pun hadir dengan mengusung baterai berkapasitas 4.500 mAh.

Besarnya kapasitas baterai ini tentu sudah sangat mendukung berbagai aktivitas harian tanpa khawatir kehabisan baterai. Saat baterai habis pun, ada fitur pengisian daya cepat 18W yang dapat mengisi baterai hingga penuh kembali hanya dalam waktu sekitar 2 jam.

Spesifikasi Vivo V19

Tabel Spesifikasi Vivo V19
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10; Funtouch OS 10
SIM Nano SIM/Single SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 AIE Octa core
Kecepatan CPU 2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver
Storage 128GB/256GB
RAM 8GB
Baterai 4.500 mAh
Ukuran Layar 6,44 inci
Resolusi Layar FHD+ 2400 x 1080 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 32 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Quad Cameras
Dimensi dan Ukuran 159.01 x 74.17 x 8.54 mm
Berat 176 g

Harga Vivo V19

Vivo V19 dibanderol di pasaran dengan kisaran harga dari Rp3-4 jutaan. Apakah sebanding dengan spesifikasinya?

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Apakah Layak untuk Dibawa Pulang?

Sebagai ponsel yang hadir di tahun 2020, cukup disayangkan jeroan yang dibawa masih sama dengan Vivo V17 Pro. Meski begitu, soal urusan performa dan kemampuan fotografi dari ponsel ini sudah bisa diandalkan menemani aktivitas harian termasuk bermain game sekelas PUBG mobile.

Dengan spesifikasi tersebut, para pecinta game maupun fotografi rasanya cocok untuk membawa pulang perangkat ini.