Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y11

Jika Anda sedang mencari ponsel yang memiliki kapasitas baterai besar, Vivo Y11 wajib berada dalam daftar. Bayangkan saja, dengan harga hanya 1 jutaan Rupiah, Anda sudah disuguhi ponsel dengan kapasitas baterai 5000 mAh. 

Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? Yuk langsung kita intip.

Desain Kekinian

Desain Vivo Y11

Soal urusan desain, gawai ini sudah cukup layak dan tidak memalukan untuk dibawa kemanapun. Meski hadir dengan tampilan ala ponsel kelas entry level, tetapi dengan adanya pattern pada cover bodi membuatnya tampil masa kini.

Gradasi warna yang digoreskan pada bodi bagian belakang membuat tampilannya memukau. Paduan warna di setiap sisinya terinspirasi dari keindahan batu permata menjadikan ponsel tampak elegan meski berada di kelas entry level.

Meski menggunakan material bodi dari bahan plastik, perangkat ini memiliki konstruksi yang kokoh dan solid. Dimensi bodinya juga tidak terlalu besar, hanya 159,4 x 76,8 x 8,9 mm yang membuatnya masih nyaman dalam genggaman.

Di bagian depan, gawai ini masih menggunakan desain poni berbentuk tetesan air yang menjadi tempat persembunyian bagi kamera depan. Sementara di bagian belakang, ada dual kamera yang diletakkan di sisi kanan atas lengkap dengan lampu flash.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Y12, kamera yang dibekalkan pada seri ini berkurang satu. Selain kamera, bagian belakang juga tersemat fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari yang letaknya tidak jauh. 

Bagian sisi kanan gawai dipenuhi oleh tombol volume yang berdampingan dengan tombol power. Sementara di sisi sebaliknya, diletakkan SIM tray. Ponsel ini telah mengusung tiga slot yang membuat pengguna bisa memasang dual SIM card sekaligus microSD.

Sementara bagian atas dibiarkan kosong tanpa ada port apapun. Berbanding terbalik, bagian bawah perangkat terlihat begitu penuh dengan keberadaan jack audio, USB, serta speaker.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12

Belum Dilengkapi dengan Pelindung Layar

Layar Vivo Y11

Sebagai ponsel kelas pemula, tidak ada hal istimewa yang dibekalkan pada bagian layar. Hanya ada layar IPS LCD yang ditanamkan Vivo di seri ini. Layar ini memiliki luas 6,53 inci Ultra All Screen yang sudah mampu memberikan tampilan luas.

Apalagi dengan desain poni tetesan air yang digunakan. Bagian sisi layar juga hanya memiliki bezel tipis sehingga membuat penampakan layar jadi lebih luas. Agar pengguna semakin puas, Vivo telah membekalinya dengan resolusi HD+.

Meski hanya HD+, kerapatan layar ini disebut dapat mencapai 268 ppi. Dengan begitu, pengalaman pengguna menonton video maupun menikmati multimedia lain jadi lebih menyenangkan karena gambar terasa lebih realistis dan jernih.

Sayangnya, untuk menekan harga jual Vivo tidak sanggup membekali ponsel ini dengan pelindung layar. Jadi sangat disarankan begitu membeli ponsel ini, sesegera mungkin pasang pelindung layar tambahan untuk mencegah goresan pada layar.

Tidak Ada Peningkatan Performa

Performa Vivo Y11

Pengguna tentu tidak bisa mengharapkan performa luar biasa seperti pada ponsel kelas atas. Jika dibandingkan dengan sang kakak, Y12, seri ini juga mengalami penurunan pada sisi performa.

Versi lebih murah dari Vivo Y12 ini memilih untuk menggunakan Qualcomm Snapdragon 439 dibanding dengan MediaTek Helio P22 yang dibenamkan pada sang kakak. Secara kemampuan sebenarnya kedua chipset ini tidak berbeda jauh.

Vivo Y11 sendiri menggunakan CPU octa-core dengan desain 12 nm dan konfigurasi 4 x 1.95 GHz Cortex-A53 dan 4 x 1.45 GHz Cortex-A53. Soal urusan grafis, GPU Adreno 5 sudah cukup bisa diandalkan. Hal yang membuat performa keduanya berbeda adalah besaran RAM yang dibawakan.

RAM milik Vivo Y11 ini hanya 2 GB yang tentunya terasa cukup minim untuk penggunaan di tahun 2020. Apalagi hanya dilengkapi dengan memori internal bawaan 32 GB. Pengguna harus pintar-pintar memilih aplikasi penting dan menyingkirkan yang tidak terlalu sering digunakan. Untungnya soal penyimpanan masih didukung oleh microSD yang bisa ditambahkan.

Meski demikian, ketika digunakan untuk aktivitas standar seperti browsing, akses media sosial, maupun menonton video masih bisa berjalan lancar. Untuk aktivitas bermain game juga cukup bisa diandalkan. Game kekinian seperti PUBG masih bisa dimainkan meski dalam pengaturan grafis rendah.

Sementara untuk urusan antarmuka, Vivo Y11 mengandalkan Funtouch OS 9.1. Sistem operasi ini berbasis Android Pie 9 yang sudah mampu untuk membuat pengguna merasa nyaman ketika mengoperasikan ponsel. 

Urusan keamanan data pengguna juga tidak perlu terlalu khawatir. Selain fitur keamanan tradisional, ponsel ini turut dibekalkan fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari. Dengan begitu, jari-jari usil tidak akan mudah mengakses data ponsel.

Dilengkapi Dual Camera

Kamera Vivo Y11

Beralih ke bagian kamera, Vivo Y11 harus merelakan satu sensor dibanding sang kakak agar bisa dibanderol dengan harga lebih murah. Meski begitu, konfigurasi dual kamera yang dibekalkan masih cukup mumpuni untuk ponsel di kelasnya.

Sebagai kamera utama ada sensor 13 MP yang sudah dapat diandalkan untuk memotret berbagai objek dengan baik. Agar pengalaman mengambil gambar lebih menyenangkan, ada pula depth sensor 2 MP yang dapat digunakan untuk mengambil foto bokeh.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan selfie dan panggilan video, ada sensor 8 MP yang ditanam pada bagian depan. Seperti kebanyakan ponsel masa kini, kamera milik Y11 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur AI Face Beauty yang dapat menghasilkan foto lebih jernih dan tampak natural.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Kapasitas Baterai Besar dan Tahan Lama

Baterai Vivo Y11

Sektor baterai adalah nilai jual yang diandalkan oleh Vivo Y11. Ponsel ini sudah dibekalkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mampu digunakan untuk berbagai aktivitas normal seharian.

Apalagi, Vivo juga membekali gawai ini dengan sistem manajemen cerdas yang dapat membuat penggunaan baterai lebih efektif. Namun cukup disayangkan, kapasitas baterai yang begitu besar tidak didukung oleh pengisian daya cepat.

Hanya ada adapter charger 10W saja yang dibekalkan. Hal ini tentu membuat pengguna harus sabar ketika menunggu pengisian daya pada ponsel. Namun mengingat harga yang ditawarkan, ketiadaan fitur ini bukan hal aneh.

Spesifikasi Vivo Y11

Berikut tabel spesifikasi Vivo Y11 terlengkap:

Tabel Spesifikasi Vivo Y11
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 9.0 Pie
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 Octa core
Kecepatan CPU 2x1.95 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53
Storage 32GB
RAM 2GB/3GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,35 inci
Resolusi Layar HD+ 1544 x 720 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G HSDPA 850 / 900 / 2100
4G (LTE) LTE band
Kamera Belakang 13MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, NFC, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 159.43 × 76.77 × 8.92 mm
Berat 190.5 g

Harga Vivo Y11

Hanya dibanderol 1 jutaan Rupiah saja, ponsel ini rasanya bisa dijangkau oleh semua kalangan. Harga tersebut juga sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Harga Terjangkau untuk Kualitas yang Cukup Memukau

Sebagai adik dari Y12, spesifikasi yang ditawarkan oleh perangkat ini tidak terlalu banyak perbedaan. Meski begitu, dengan hanya ada RAM 2 GB yang dibenamkan membuat performanya sedikit di bawah sang kakak. Tapi jika menyinggung soal daya tahan baterai, ponsel ini jelas bisa diandalkan.

Dengan melihat spesifikasi tersebut, ponsel ini layak dibeli oleh orang-orang yang hanya membutuhkan perangkat untuk menunjang aktivitas harian standar. Selain itu, para penggemar streaming juga bisa memilih ponsel ini mengingat layar cukup luas dengan bezel tipis.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas