Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y15

Kehadiran Vivo Y15 menambah panjang daftar seri Y yang hadir di Indonesia. Dipasarkan setelah Vivo Y17, penampakan fisik dari ponsel ini tidak berbeda jauh dengan sang pendahulu. Desain bodi bagian depan dan belakang bahkan terlihat serupa.

Meski begitu, secara performa seri ini bisa dibilang berada di bawah Y17. Hal ini rasanya wajar mengingat harga yang ditawarkan juga lebih rendah. Meski begitu, kemampuannya masih tetap bisa diandalkan untuk menemani aktivitas harian, termasuk dalam memotret. Penasaran? Berikut ulasannya.

Menawarkan Desain dengan Kesan Mewah

loader

Dibanderol dengan harga yang lebih rendah, material bodi yang digunakan untuk membungkus perangkat ini masih berbahan plastik. Agar membuatnya tampak lebih mewah, diberikan sentuhan glossy yang menjadikan tampilan serupa material kaca.

Kesan mewah tersebut ditambah dengan sentuhan akhir gradasi warna yang jadi berkilau ketika tertimpa cahaya. Perbedaan pemilihan warna ini menjadi salah satu hal yang cukup membedakan untuk kedua seri tersebut.

Vivo Y17 hadir dengan warna pearl pink, mystic purple, dan mineral blue. Sementara Vivo Y15 hadir dengan warna burgundy red dan phantom black. Hasil gradasi warna tersebut juga membentuk pola yang berbeda ketika terkena cahaya. 

Dengan desain apik yang dibawakan, rupanya bobot dari perangkat ini terbilang cukup berat. Secara keseluruhan pengguna akan menggenggam ponsel berbobot 190,5 gram. Meski begitu, gawai tetap nyaman ditangan berkat adanya desain membulat pada setiap sudutnya.

Di bagian belakang, ada lampu flash LED yang siap digunakan untuk menunjang tiga buah kamera yang disusun vertikal. Selain itu, pada sisi ini juga ditempatkan sebuah fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari.

Pada sisi depan, ada layar seluas 6,35 inch yang dipercantik dengan kehadiran poni berbentuk tetesan air. Poni ini hadir tidak hanya membuat gawai lebih menawan, tetapi juga menjadi tempat untuk kamera depan bersembunyi.

Kemiripan peletakkan kamera depan dan belakang dengan Vivo Y17 ini juga diikuti dengan beragam tombol dan port yang lain. Pengguna akan menemukan tombol volume dan juga power pada bagian kanan gawai.

Slot untuk SIM card dan juga microSD diletakkan pada sisi kiri. Pengguna pun bisa memasang dua buah SIM card sekaligus tanpa perlu mengorbankan kartu memori eksternal. Sedangkan pada bagian bawah, ada speaker, jack audio, dan juga port micro USB.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12

Layar yang Luas

loader

Jika dari segi desain masih bisa ditemukan adanya perbedaan, urusan layar seri ini benar-benar dibekali layar sama persis dengan Vivo Y17. Luas layar yang diusung masih tetap 6,35 inch dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen

Keberadaan poni di bagian depan membuat seri ini jadi terlihat memiliki layar yang semakin luas. Bahkan disebut sebagai salah satu ponsel dengan layar terluas di kelasnya. Keberadaan resolusi tersebut di layar 6,35 inch hanya mampu menghasilkan kepadatan 268 ppi density. Padahal beberapa pesaingnya, dengan harga Rp 2 jutaan sudah berani mengusung layar Full HD+. 

Meski demikian, kemampuan layar ini dalam menyajikan gambar masih tampak tajam dan detail. Saat digunakan untuk menonton video pun masih cukup memuaskan. Begitu juga saat digunakan untuk bermain game.

Layar seri ini hadir dengan kemampuan multitouch yang cukup responsif saat digunakan. Namun untuk soal perlindungan layar, tidak disebutkan jelas apakah ada lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass atau tidak.

Performa yang Cukup Baik

loader

Jika membicarakan performa, harga lebih rendah yang ditawarkan juga berpengaruh dengan jeroan yang dibekalkan. Jika Vivo Y17 mengandalkan chipset MediaTek P35 sebagai otak gawai, seri ini hanya menggunakan chipset MediaTek Helio P22 dengan fabrikasi 12 nm.

Meski chipset yang dibenamkan berbeda, tetapi prosesor yang diandalkan tetap octa-core ARM cortex-A53 2 GHz. Selain prosesor, unit pemrosesan grafis yang digunakan pun masih PowerVR Rogue GE 8320.

Untuk harga Rp 2 jutaan, penggunaan SoC Helio P22 bisa dibilang kurang mumpuni dari para pesaingnya. Saat dilakukan pengujian, nilai AnTuTu yang dihasilkan bahkan cukup tertinggal di bawah para pesaingnya. 

Meski demikian, kombinasi dari jeroan tersebut sudah bisa diandalkan untuk menemani beragam aktivitas harian masih berjalan lancar. Hanya saja, para pecinta game mobile tidak bisa banyak berharap pada seri ini. Perangkat ini tentu tidak segahar sang kakak.

Soal urusan RAM, seri ini lebih memiliki variasi dibanding Vivo Y17. Pengguna bisa lebih menyesuaikan besaran RAM dan memori internal yang dibutuhkan. Mau memilih RAM 3 GB atau 4 GB dengan memori internal sama-sama 64 GB.

Jika merasa kurang lega, pengguna bisa menambahkan memori eksternal hingga 256 GB. Sementara untuk antarmuka, seri ini tetap dibenamkan Funtouch OS 9 yang berbasis Android Pie 9. Beragam fitur andalannya pun turut dibawakan pada seri ini.

Keamanan data juga lebih terjamin berkat adanya fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari. Kerahasiaan data pun bisa dijauhkan dari tangan-tangan jahil.

Kamera Terbaik

loader

Para pecinta fotografi dengan ponsel tidak ada salahnya melirik perangkat ini. Sebab, meski memiliki jeroan yang biasa saja, tetapi Vivo Y15 sudah mengusung tiga buah kamera yang disematkan pada bagian belakang bodi.

Tiga buah kamera ini memiliki konfigurasi sama persis dengan Vivo Y17. Lensa terkecil 2MP depth sensor dapat menghasilkan efek bokeh. Lensa 8 MP ultra-wide mampu menangkap objek lebih luas hingga 120 derajat.

Sedangkan lensa 13 menjadi kamera utama andalan untuk mengabadikan setiap momen. Sementara untuk kamera depan ada sensor 16MP yang tersembunyi di poni. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan atau AI.

Keberadaan AI face beauty ini mampu menghadirkan foto yang terlihat lebih memukau. Hasil jepretan kamera depan dan belakang pun tidak terlalu mengecewakan. Sudah layak untuk dibagikan di media sosial.

Kapasitas Baterai yang Besar

loader

Seri ini hadir dengan mengusung baterai 5000 mAh. Baterai dengan kapasitas besar ini juga didukung dengan chipset yang mampu mengatur penggunaan daya lebih baik. Hasilnya, ponsel bisa bertahan cukup lama.

Hal yang cukup disayangkan adalah tidak ada dukungan fast charging. Dengan begitu, pengguna harus bersabar menunggu baterai penuh.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Spesifikasi Vivo Y15

Tabel Spesifikasi Vivo Y15

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Funtouch OS 9 (Android 9.0 Oreo)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

MediaTek MT6762 Helio P22 Octa-core Cortex-A53

Kecepatan CPU

2.0 GHz

Storage

64 GB

RAM

3 GB/4 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

5000 mAh

Ukuran Layar

6,35 inci

Resolusi Layar

HD+ 1544 x 720 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 8 MP + 2 MP

Kamera Depan

16 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

159.43 x 76.77 x 8.92 mm

Berat

190.5 g


Harga Vivo Y15

Harga Vivo Y15 berada pada kisaran Rp 2 jutaan, harga yang tidak dapat dikatakan mahal atau pas mengingat beberapa spesifikasi yang ditawarkan. Selain itu jangan lupa untuk membandingkan harga Vivo Y15 di berbagai platform agar mendapatkan harga terbaik.

Ponsel Pas untuk Anda yang Senang Beraktivitas

Meski secara fisik sangat mirip dengan Vivo Y17, tetapi jeroan dan performa yang dihasilkan masih berada di bawahnya. Walau begitu, kemampuan kamera dan baterai yang dibenamkan jelas tidak bisa diremehkan.

Dengan spesifikasi tersebut, para penggemar fotografi kamera sepertinya layak membawa pulang perangkat ini. Selain itu, jika membutuhkan gawai untuk menunjang aktivitas harian dan berdaya besar, ponsel ini layak untuk dipilih.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online