Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y17

Seri Y milik Vivo menjadi salah satu ponsel murah yang hadir dengan mengusung baterai dan kamera yang cukup bersaing. Vivo Y17 sendiri hadir dengan mengusung triple kamera yang mampu memotret dengan hasil tidak mengecewakan.

Serupa dengan beberapa saudaranya, seri ini juga datang dengan mengusung baterai berkapasitas 5000 mAh. RAM dan juga memori internal yang dibekalkan pun cukup besar. Tidak heran jika kemampuan seri ini cukup mumpuni di kelasnya.

Desain Elegan

loader

Dibanderol dengan harga murah, kesan pertama saat melihat dan menggenggam ponsel ini sama sekali tidak tampak murahan. Ada kesan berkilau yang muncul di cover bodi belakang yang terlihat seperti lapisan kaca.

Meski begitu, cover tersebut sebenarnya terbuat dari material plastik yang diberikan sentuhan glossy. Kesan mewah juga tampak dari pemilihan warna yang digunakan. Penggunaan gradasi menghasilkan tampilan memukau dengan pilihan warna pearl pink dan mineral blue.

Tidak hanya memunculkan kesan mewah, rupanya saat digenggam gawai ini juga terasa cukup nyaman. Bodi yang cukup tebal dan berat tidak mengganggu kenyamanan karena ada desain membulat di setiap sudutnya.

Mengusung desain unibodi dengan bahan polikarbonat, gawai ini cukup solid saat digenggam. Bobot dan ketebalan dari gawai ini cukup besar, namun berkat adanya sudut yang membulat membuat pengguna cukup nyaman saat memainkannya. 

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, bagian depan perangkat ini juga sudah mengusung desain poni kekinian seperti para pesaingnya. Di dalam poni itu menjadi tempat persembunyian untuk kamera depan. Tidak ditemukan adanya LED notifikasi di sisi depan.

Sebagai ponsel masa kini, perangkat ini sudah mendukung penggunaan dual kartu SIM sekaligus. Saat memasang dua kartu ini pun Anda masih bisa menambahkan memori eksternal. Hal ini berkat keberadaan tiga slot yang disembunyikan di sisi kiri gawai.

Di sisi kanan masih menjadi tempat untuk tombol power dan volume. Sisi bawah terlihat paling penuh dengan keberadaan port microUSB, jack audio 3,5 mm, dan juga speaker. Sedangkan di bagian belakang gawai, terdapat tiga buah kamera sekaligus.

Tiga kamera ini ditemani oleh sebuah lampu flash LED untuk menghasilkan cahaya tambahan saat memotret. Selain itu, ada juga sebuah fitur keamanan tambahan fingerprint yang turut ditanamkan.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Layar Luas dengan Resolusi HD+

loader

Sebagai ponsel kelas menengah, Vivo Y17 hadir mengusung layar beresolusi HD+. Resolusi tersebut ditempatkan vivo pada panel IPS LCD capacitive touchscreen seluas 6,35 inch. Hal tersebut menghasilkan kepadatan layar hingga 268 ppi.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, perangkat ini memang memiliki layar yang lebih luas. Apalagi dengan adanya desain poni di bagian depan. Vivo pun membekali seri ini dengan halo full view display untuk membuatnya jadi semakin lebar.

Penggunaan resolusi HD+ untuk layar seri ini memang bisa dibilang sebuah kekurangan. Sebab beberapa pesaingnya sudah berani mengusung layar Full HD+ di harga yang sama. Meski begitu, kualitas gambar yang disajikan masih cukup tajam dan detail.

Pengujian multitouch pada perangkat ini juga menunjukkan hasil yang cukup responsif. Hanya saja tidak disebutkan apakah ada pelindung layar serupa Corning Gorilla Glass yang dibekalkan pada seri ini.

Performa Vivo Y17

loader

Menilik soal performa, perangkat yang diluncurkan sejak pertengahan tahun 2019 ini sudah dibekali dengan jeroan yang cukup mumpuni. Pada seri ini, Vivo mempercayakan chipset Mediatek Helio P35 sebagai otak gawai.

Chipset tersebut dilengkapi dengan CPU octa-core yang berlari dengan kecepatan hingga 2.43 GHz. Agar performanya semakin mumpuni, ada unit pemrosesan grafis PowerVR IMG GE 8320 yang turut dibekalkan. Pengujian Benchmark menunjukkan hasil yang baik.

Penggunaan untuk beragam aktivitas harian standar bisa berjalan lancar. Membuka beragam konten multimedia hingga aktivitas multitasking juga dapat dilakukan dengan baik. 

Bagi para penggemar game, Vivo juga sudah memberikan fitur Ultra Game Mode yang membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan. Sumber daya yang ada pun dapat lebih diprioritaskan untuk meningkatkan performa game. 

Selain itu, ada dual turbo yang dapat meningkatkan performa menjadi dua kali lipat. Kemampuan yang mumpuni ini juga didukung dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Jika masih kurang lega, bisa ditambahkan microSD hingga 256 GB

Jeroan yang sudah mumpuni tersebut dilengkapi dengan FunTouch OS 9 berbasis Android Pie 9.0. Keberadaan antarmuka yang cukup baru ini mampu memudahkan pengguna dalam melakukan beragam aktivitas.

Sistem keamanan data pada Vivo Y17 juga cukup lengkap. Selain keamanan standar pola dan juga pin, pengguna juga bisa memanfaatkan keamanan biometrik seperti face unlock dan pemindai sidik jari. Dua fitur ini pun terbilang cukup responsif.

Triple Camera

loader

Vivo memang salah satu vendor yang mengandalkan sektor kamera sebagai jualan utamanya. Pada seri ini pun hal tersebut masih menjadi keunggulan. Dengan harga yang ditawarkan, pengguna sudah mendapatkan tiga buah kamera di bodi bagian belakang.

Tiga buah kamera ini hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan pengguna dalam memotret. Kamera dengan lensa 2 MP ditanamkan untuk mendapatkan efek bokeh yang menarik. Sedangkan kamera 8 MP AI Super Wide untuk memenuhi kebutuhan para pecinta foto pemandangan.

Sebab, keberadaan kamera ini mampu menangkap gambar lebih luas hingga sudut 120 derajat. Kamera utama mengandalkan kamera 13 MP yang sudah menghasilkan foto dengan kualitas baik. Tidak lupa, fitur kecerdasan buatan (AI) membuat pengalaman memotret semakin memuaskan.

Perekaman video, juga sudah menghasilkan gambar full HD. Selain itu juga ada fitur slow-motion video yang membuat hasil rekaman semakin menarik. 

Di bagian depan, disematkan kamera dengan resolusi lebih besar yakni 20 MP. Ketiadaan lampu flash LED di bagian depan dapat diganti dengan screen flash

Kapasitas Baterai yang Besar

loader

Keberadaan baterai dengan kapasitas 5000 mAh di seri ini jelas sudah lebih dari cukup untuk menemani beragam aktivitas harian lebih lama. Besarnya baterai tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging sehingga pengisian daya lebih cepat.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y15

Spesifikasi Vivo Y17

Berikut spesifikasi Vivo Y17:

Tabel Spesifikasi Vivo Y17

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Funtouch OS 9 (Android 9.0 Oreo)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

MediaTek MT6765 Helio P35 Octa-core Cortex-A53

Kecepatan CPU

4x 2.3GHz Cortex-A53 & 4x 1.8GHz Cortex-A53

Storage

128 GB

RAM

4 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

5000 mAh

Ukuran Layar

6,35 inci

Resolusi Layar

HD+ 1544 x 720 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 8 MP + 2 MP

Kamera Depan

20 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

159.43 x 76.77 x 8.92 mm

Berat

190.5 g

Harga Vivo Y17

Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, harga Vivo Y17 masih dibanderol dengan harga yang wajar. Harga Vivo Y17 berada pada kisaran 2 juta Rupiah.

Bisa Digunakan oleh Vlogger Pemula

Jika sedang mencari ponsel murah dengan daya tahan baterai mumpuni, Vivo Y17 bisa menjadi salah satu jawabannya. Selain mengusung baterai 5000 mAh, seri ini juga hadir dengan RAM dan memori internal yang besar.

Dengan keberadaan triple kamera, kemampuan fotografinya juga tidak bisa diremehkan. Kaum milenial yang ingin memulai karir sebagai vlogger, khususnya bertema alam, rasanya layak membeli perangkat ini. 

Baca Juga:  Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12