Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y20s

Para pemburu ponsel entry level kedatangan mainan baru. Baru-baru ini Vivo telah meluncurkan salah satu ponsel baru dari seri Y.

Diberi nama Vivo Y20s, seri ini hadir dengan spesifikasi yang menggiurkan di kelasnya. Dibekali dengan chipset Qualcomm SnapdragonTM 460, ponsel juga dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 128GB.

Kira-kira selain RAM yang besar, apa lagi ya kelebihan dari gawai ini? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y20

Desain Stylish dan Premium

desain vivo y20s

Desain Vivo Y20s

Vivo memang selalu mengusung desain yang menawan pada setiap ponsel yang dikeluarkan. Tidak terkecuali untuk seri ini. Meski hadir dengan bingkai dan cover bodi plastik, kesan murahan tidak tampak pada seri ini.

Dua pilihan warna obsidian black dan purist blue yang dijadikan sentuhan akhir pada cover bodi belakang juga membuat tampilannya semakin stylish. Kesan premium juga diperoleh berkat penggunaan AG Matte Design yang membuat bekas sidik jari tidak mudah menempel.

Tidak hanya stylish, gawai ini juga nyaman saat digenggam. Ini berkat bodi yang didesain dengan lengkungan 2,5D sehingga membuat ponsel jadi lebih ergonomis dan nyaman dalam genggaman.

Kenyamanan ponsel dalam genggaman juga dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar. Dimensi keseluruhan dari seri ini hanya 164,4 x 76,3 x 8,4 mm dengan berat 192,3 gram. Penggunaan dengan satu tangan pun bisa dilakukan dengan mudah.

Sebagai ponsel di kelas entry level, perangkat ini hadir dengan susunan port yang tidak jauh beda dengan ponsel pada umumnya. Slot untuk SIMCard masih berada pada sisi kiri dan bisa diisi dengan dua nano SIM sekaligus sebuah microSD.

Pada sisi kanan, ada tombol volume dan power yang diletakkan berdampingan. Selain untuk on/off, tombol power pada seri ini juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara di bagian bawah masih dihuni oleh port microUSB, speaker, dan audio jack 3,5 mm.

Beralih ke bagian belakang, ada tiga buah kamera yang diletakkan secara bersusun di bagian sudut kiri atas lengkap dengan lampu flash LED. Di bagian depan, Vivo menggunakan desain Ultra All Screen Display lengkap dengan kamera selfie pada sisi tengah atas. 

Layar Besar dengan Teknologi In-Cell

layar vivo y20s

Layar Vivo Y20s

Dengan harga yang ditawarkan, cukup disayangkan Vivo hanya membenamkan panel IPS LCD seluas 6,51 inci pada seri ini. Apalagi, tampilan gambarnya hanya disajikan dengan resolusi HD+. Padahal untuk kelas harga yang sama, para pesaingnya sudah menanamkan layar dengan teknologi Full HD+.

Tetapi untungnya, desain yang digunakan adalah Ultra All Screen sehingga pengguna sudah disuguhi layar penuh yang luas. Peletakan kamera pada punch hole di bagian tengah juga membuat pengguna jadi lebih leluasa menikmati film dan berbagai konten media lain.

Tidak hanya tampilan layar yang besar, tetapi juga ada teknologi In-Cell terbaru di seri ini. Layar pun jadi terlihat lebih berwarna dan mengesankan. Selain itu, detail gambar jadi lebih terlihat jelas dan membuat pengalaman bermain game dan menonton video jadi lebih menyenangkan.

Untuk membuat pengguna merasa semakin nyaman saat menatap layar, Vivo juga sudah membenamkan teknologi Eye Protection yang dapat menyaring cahaya biru. Dengan begitu, penglihatan jadi lebih terlindungi.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online

Performa yang Sudah Bisa Diandalkan

performa vivo y20s

Performa Vivo Y20s

Salah satu nilai jual yang diutamakan oleh Vivo pada seri ini tampaknya ada pada segi performa. Meski masih mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 460 Octa-Core sebagai otaknya, tetapi RAM dan ROM yang dibekalkan pada seri ini jelas menggiurkan.

Pengguna tidak lagi perlu khawatir tidak bisa memasang aplikasi populer kekinian seperti TikTok, Instagram, hingga berbagai jenis game berkat RAM 8GB yang dibenamkan. Apalagi dengan dukungan memori internal sebesar 128GB.

Berbagai aktivitas harian pun bisa berjalan dengan lancar. Menonton video streaming hingga multitasking bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan. Ponsel ini pun sudah dilengkapi dengan Multi-Turbo 3 yang akan membuat performa menjadi semakin lancar.

Bagi para penggemar game juga tidak perlu khawatir. Ada Ultra Game Mode yang siap mendukung pengalaman gaming lebih menarik. Soal antarmuka, seri ini mengandalkan Funtouch 10.5 berbasis Android 10.

Meski bukan yang terbaru, tetapi beragam fitur yang ada di dalamnya sudah sangat memudahkan pengguna. Soal keamanan data, ada sensor pemindai sidik jari yang dibenamkan pada tombol power di samping kanan gawai. Fitur ini cukup responsif dan dapat membuka gawai dalam waktu 0,22 detik saja.

Dilengkapi Tiga Buah Kamera

kamera vivo y20s

Kamera Vivo Y20s

Tiga buah kamera yang dibenamkan pada sisi belakang gawai sudah mampu memberikan pengalaman memotret yang cukup memuaskan. Kamera utama 13MP dilengkapi dengan kamera super bokeh 2MP dan kamera makro 2MP.

Hasil jepretannya cukup halus dan akurat. Untuk kamera super bokeh, algoritma yang diperbarui membuat potret jadi terlihat lebih hidup. Sedangkan kamera makro bisa memotret dengan fokus 4 cm dan untuk selfie, ada kamera 8MP yang cukup untuk memanjakan para penggemar swafoto.

Baterai Jumbo

baterai vivo y20s

Baterai Vivo Y20s

Dibanderol dengan harga yang tidak begitu murah, Vivo tentu membekalkan baterai jumbo yang tahan lama. Selain karena kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh, ada dukungan teknologi artificial intelligence yang hemat daya.

Dengan baterai jumbo, ponsel bisa digunakan untuk streaming HD selama 16 jam. Selain itu, untuk memainkan game online yang butuh daya besar selama 11 jam.

Jika baterai habis pun tidak perlu bingung. Dalam situs resminya disebutkan jika hanya dalam waktu 69 menit, pengisian baterai sudah akan mencapai 70 persen. 

Pengguna pun bisa menggunakan perangkat ini sebagai power bank karena adanya fitur reverse charging yang dibekalkan.

Spesifikasi Vivo Y20s

Tabel Spesifikasi Vivo Y20s
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, Funtouch OS 10.5
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm) Octa core
Kecepatan CPU 4x1.8 GHz Kryo 240 & 4x1.6 GHz Kryo 240
Storage 128GB
RAM 4GB/6GB/8GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,51 inci
Resolusi Layar HD+ 1600 x 720 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Triple Cameras
Dimensi dan Ukuran 164.4 x 76.3 x 8.4 mm
Berat 192.3 g

Harga Vivo Y20s

Sebagai ponsel kelas entry level, harga yang dibanderol untuk gawai ini memang cukup tinggi yaitu sekitar Rp2-3 jutaan. Tetapi itu sepadan dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dan dukungan RAM besar mencapai 8GB.

Cocok Bagi Anda yang Menginginkan Kapasitas dan Baterai Besar

Kapasitas RAM dan ROM yang lega membuat pengguna tak perlu khawatir ponsel akan mengalami lag saat digunakan bahkan untuk bermain game. Ditambah lagi dukungan baterai besar yang siap diandalkan untuk menemani berbagai aktivitas.

Dengan spesifikasi tersebut, para penggemar game online yang memiliki budget terbatas bisa memilih seri ini sebagai teman bermain. Selain itu, besarnya daya baterai cocok untuk para anak muda aktif yang perlu selalu terhubung internet tetapi jauh dari tempat pengisian daya.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!