Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y30

Persaingan para vendor di kelas menengah ponsel memang cukup ketat. Spesifikasi dan harga yang ditawarkan pun hampir seragam membuat para calon pembeli sering merasa kesulitan memilih. Nah, jika kalian juga sedang mencari ponsel di kelas ini, Vivo Y30 bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ponsel besutan Vivo ini hadir di harga Rp2 jutaan dengan menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya. Dengan RAM 4GB, gawai ini juga sudah dilengkapi sistem operasi Android 10. Selain itu, sudah ada Quad Camera yang bisa diandalkan untuk fotografi. 

Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Desain yang Elegan

desain vivo y30

Sebagai ponsel yang hadir di kelas menengah, desain yang diusung Vivo pada seri ini cukup menawan. Kesan elegan terlihat dari pilihan paduan warna yang terinspirasi dari berbagai keindahan batu-batuan yang menghasilkan warna Emerald Black dan Moonstone White.

Vivo Y30 juga dirancang dengan detail yang begitu halus. Lekukan 3D dibuat secara cerdas sehingga pengguna akan merasa ponsel terasa ramping dan halus pada bagian samping. Secara dimensi, ponsel memiliki ukuran 162 x 76,5 x 9,1 mm dengan bobot 197 gram. 

Vivo juga masih menggunakan material bodi berbahan plastik untuk cover belakang. Meski begitu, build quality nya masih cukup nyaman dan ponsel tetap terasa enak ketika digenggam.

Pada bagian depan, kalian akan menjumpai desain layar yang lebar dengan sebuah kamera yang berada di sudut kiri atas. Desain ini tampaknya menjadi salah satu favorit bagi para pengguna ponsel di tahun 2020.

Sementara beralih pada bagian belakang, kalian akan menjumpai empat buah kamera sekaligus. Namun berbeda dengan desain umumnya, secara kasat mata hanya akan terlihat tiga buah kamera yang berjajar di sisi kanan belakang ponsel lengkap dengan lampu flash.

Baru ketika bagian belakang ponsel dilihat lebih dekat, pengguna akan menemukan sebuah kamera kecil yang diletakkan tepat di samping kamera besar yang paling atas. Selain kamera, bagian belakang Vivo Y30 juga masih dihuni oleh fitur keamanan pemindai sidik jari.

Berpindah ke bagian samping, ada tombol power dan volume. Sementara di sisi sebaliknya dihuni oleh sim tray yang sudah mendukung triple slot. Artinya, pengguna tidak lagi perlu ragu untuk memasang dual SIM sekaligus microSD.

Bagian bawah menjadi yang paling penuh karena keberadaan speaker, USB Tipe-C, mikrofon, dan juga audio. Sedangkan di bagian atas dibiarkan polos tanpa diberi port apapun. 

Baca Juga:  Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online

Layar Dilengkapi dengan Ultra O Screen

layar vivo y30

Para pecinta streaming pasti akan sangat menyukai desain layar yang diusung oleh Vivo Y30. Layar 6,47 inci yang dibekalkan dilengkapi Ultra O Screen yang membuat tampilannya jadi semakin luas. Penempatan kamera di sudut kiri atas dan bezel tipis membuat pengalaman menonton video jadi lebih menyenangkan.

Layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna yang dibekalkan juga sudah cukup mendukung untuk aktivitas streaming dan bermain game. Apalagi resolusi yang dibawakan sudah 720 x1560 piksel. Dengan kombinasi tersebut, kerapatan yang dihasilkan sudah bisa mencapai 266 density.

Untuk membuat pengguna semakin merasa nyaman, ada juga fitur Eye Protection. Ketika diaktifkan, pengguna dapat mengatur warna tampilan sehingga cahaya biru bisa dikurangi dan membuat mata lebih nyaman saat melihat layar. Sayangnya, masih belum ada pelindung layar yang ditanamkan.

Performa yang Cukup Mumpuni

performa vivo y30

Jika ponsel yang kalian butuhkan adalah yang memiliki kemampuan prosesor tinggi, Y30 jelas bukan menjadi pilihan. Sebab ponsel ini hanya dibekali MediaTek Helio P35 dengan desain 12 nm. 

Prosesor ini didukung dengan CPU Octa-Core 2.3 GHz. Kombinasi ini jelas sudah lebih dari cukup untuk menemani berbagai aktivitas harian tanpa hambatan. Apalagi dengan RAM 4GB yang dibekalkan serta memori penyimpanan internal 128GB yang mampu menampung banyak aplikasi dan gambar.

Soal antarmuka, Y30 sudah menggunakan Funtouch OS 10 yang berbasis pada Android 10. Antarmuka ini juga dilengkapi dengan i Manager yang siap menjadi asisten pribadi dan menjaga ponsel tetap dalam kondisi prima ketika pengguna terlelap.

Sementara bagi para pengguna game, sudah ada Multi-Turbo 3.0 dan Ultra Game Mode yang siap membuat bermain game semakin menyenangkan. Ponsel ini juga masih sanggup digunakan untuk bermain game grafis tinggi seperti PUBG meski harus digunakan dalam pengaturan smooth.

Quad Camera

kamera vivo y30

Kamera menjadi sektor yang diunggulkan oleh seri ini. Dengan harga yang ditawarkan, pengguna sudah mendapatkan empat buah kamera di bagian belakang lengkap dengan fitur lampu flash.

Kamera utama mengusung lensa 13MP yang mampu menangkap gambar dengan cukup apik. Di bawahnya, ada lensa 8MP Super Wide-Angle yang dapat menangkap gambar horizontal hingga 120 derajat. Jangkauan gambar pun jadi lebih luas.

Selain itu, dua buah kamera 2MP yang turut dibenamkan dapat membuat pengalaman memotret lebih menyenangkan. Kamera super macro dengan fokus 4 cm dapat dipakai untuk mengabadikan keindahan dunia dalam ukuran micro. Sementara kamera super bokeh bisa menghasilkan gambar dengan efek blur yang kekinian.

Sementara pada bagian depan, ada kamera 8MP yang siap memenuhi keinginan pengguna untuk berswafoto ataupun melakukan panggilan video. Potret yang dihasilkan oleh kamera milik Y30 ini pun sudah baik dan layak dipamerkan di media sosial.

Baterai Berkapasitas Besar

baterai vivo y30

Di kelas harga yang ditawarkan, tidak aneh rasanya jika ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Menurut situs resminya, baterai ini bisa digunakan untuk menonton main game 11,35 jam, video selama 12,97 jam, dan mendengarkan musik selama 46,3 jam.

Jika habispun, baterai bisa diisi dengan cepat berkat dukungan konektor Type-C. Asyiknya lagi, ponsel ini juga didukung kemampuan reverse charging sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y11

Spesifikasi Vivo Y30

Berikut adalah tabel spesifikasi Vivo Y30:

Tabel Spesifikasi Vivo Y30
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Single SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm) Octa core
Kecepatan CPU 4x 2.35GHz Cortex-A53 & 4x 1.8GHz Cortex-A53
Storage 64GB/128GB
RAM 4GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,47 inci
Resolusi Layar HD+ 1560 x 720 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Quad Cameras
Dimensi dan Ukuran 162.04 × 76.46 × 9.11 mm
Berat 197 g

Harga Vivo Y30

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, Vivo Y30 hanya dibanderol dengan harga Rp2 jutaan saja. Bagaimana? Apakah harga tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki?

Ponsel dengan Kamera dan Baterai yang Unggul

Sebagai ponsel di kelas menengah, Vivo Y30 telah dibekali dengan jeroan yang cukup mumpuni. Apalagi dengan kapasitas RAM 4GB serta memori besar yang mampu menampung beragam aplikasi. Kamera dan baterainya pun bisa diandalkan dalam berbagai situasi.

Bagi para penggemar fotografi ponsel, perangkat ini sayang rasanya untuk dilewatkan. Begitu juga dengan para vlogger yang membutuhkan kamera apik dengan daya tahan baterai besar. Tapi jika kalian gamer yang menuntut performa tinggi, ponsel ini kurang disarankan.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta