Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y50

Ponsel dengan RAM besar semakin banyak dicari di pasaran. Pasalnya, berbagai aplikasi masa kini membutuhkan ruang penyimpanan sistem yang besar agar bisa berjalan optimal. Sayangnya, RAM besar biasanya memiliki harga yang menguras kantong.

Tetapi seri baru milik Vivo, tampaknya tidak begitu. Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, ponsel ini sudah memiliki RAM 8GB yang sangat lega untuk mendukung berbagai aktivitas. Apalagi dengan dukungan baterai 5.000 mAh yang membuatnya semakin lengkap.

Berniat membeli perangkat ini? simak dulu yuk ulasan berikut.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Desain yang Mewah

desain vivo y50

Desain Vivo Y50

Desain yang diusung Vivo Y50 jelas tidak mengecewakan. Bahan polikarbonat yang digunakan sebagai cover belakang masih mampu menghadirkan build quality yang apik dan kokoh saat digenggam. 

Apalagi dengan sentuhan akhir serupa gradasi cahaya yang disapukan pada permukaan glossy yang membuatnya tampak menawan. Dua varian warna yang ditawarkan, yakni iris blue dan starry black juga menambah kesan premium pada gawai. Sayangnya, finishing glossy ini membuat bekas sidik jari dan kotoran mudah menempel.

Memiliki dimensi bodi 162,04 x 76,46 x 9,11 mm memang membuat perangkat ini tampak lebih tebal. Namun Vivo berusaha mengakalinya dengan membuat desain 3D secara detail sehingga tampak lebih elegan dan ramping. 

Bagi beberapa orang ukuran ponsel ini mungkin terasa cukup lebar dan kurang nyaman saat digenggam. Meski begitu, ponsel yang memiliki berat 197 gram ini masih cukup nyaman ketika disimpan dalam saku celana.

Penempatan empat buah kamera pada belakang bodi tidak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel masa kini. Keempat kamera ini disusun berderet pada bingkai persegi panjang lengkap dengan fitur lampu flash. Di sebelahnya ada pemindai sidik jari yang dapat digunakan untuk mengamankan data.

Di sisi depan, Vivo memasang desain Ultra O Screen dan menempatkan sebuah kamera mini di bagian sudut kiri atas. Tombol power dan volume masih diletakkan pada sisi kanan gawai sementara SIM tray triple slot ada di sisi kiri. 

Ponsel ini juga masih memiliki jack audio 3,5 mm yang mulai jarang ditemukan di ponsel-ponsel seri baru. Jack audio ini diletakkan pada sisi bawah bersama dengan speaker dan port USB Type-C.

Layar yang Cukup Memuaskan

layar vivo y50

Layar Vivo Y50

Sebagai ponsel kelas menengah, wajar rasanya jika Vivo Y50 mengusung layar beresolusi Full HD+. Namun cukup disayangkan dengan harga yang ditawarkan, Vivo belum mampu memboyong layar AMOLED pada seri ini. 

Layar seluas 6,53 inci yang ditanamkan hanya menggunakan IPS LCD yang memiliki kualitas di bawah AMOLED. Meski begitu, tidak berarti jika kualitas gambar yang disajikan mengecewakan para penggunanya.

Vivo membuat layar ini menghasilkan warna yang lumayan apik dan memiliki kecerahan yang baik. Saat dioperasikan di luar ruangan bahkan saat matahari bersinar terik pun layar masih bisa terlihat cukup jelas.

Sajian gambar yang baik juga didukung dengan layar yang luas berkat desain Ultra O Screen yang dipasang pada layar. Apalagi, bezel di setiap sisinya cukup tipis. Ditambah lagi dengan aspek rasio 19,5:9 dan rasio layar ke bodi mencapai 90,77 persen. Pengguna akan disuguhi dengan layar yang luas.

Pengalaman menikmati berbagai konten multimedia hingga bermain game pun lebih menyenangkan. Apalagi layar tersebut juga responsif ketika disentuh dengan jari.

Keamanan layar juga lebih terjamin dengan adanya Corning Gorilla Glass 5 yang sudah terpasang secara bawaan. Lapisan ini akan melindungi layar dari goresan maupun benturan ringan.

Performa Ciamik

performa vivo y50

Performa Vivo Y50

Vivo Y50 sudah menanamkan chipset Qualcomm Snapdragon 655 dengan fabrikasi 11 nm. Chipset ini disokong oleh GPU Adreno 610 dan CPU octa-core berkecepatan maksimal 2.0 GHz.

Jeroan yang mumpuni ini dilengkapi dengan RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Kombinasi ini jelas mampu menghasilkan performa yang mumpuni dan mulus untuk menunjang berbagai aktivitas harian standar.

Pengguna tidak akan merasakan lag ketika menggunakannya untuk membuka sosial media maupun melakukan multitasking. Untuk urusan bermain game, performa perangkat ini juga tidak mengecewakan. Game sekelas PUBG Mobile dan Mobile Legends pun dapat dimainkan dengan mulus meski pengaturan harus disesuaikan.

Sistem operasi perangkat ini sudah menggunakan Android 10 dengan mengandalkan antarmuka khas Vivo FunTouch OS 10. Fitur andalan Jovi Smart Scene juga masih bisa diandalkan untuk memberikan saran terkait menjaga kesehatan. Urusan keamanan, ada pemindai sidik jari yang cukup responsif untuk melindungi data.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y30

Dilengkapi dengan Empat Kamera

kamera vivo y50

Kamera Vivo Y50

Kamera depan perangkat ini juga sudah cukup bisa diandalkan. Kamera 16MP yang ditanamkan pada sudut kiri atas sudah mampu menangkap gambar dengan apik. Apalagi ada fitur Super Night Camera yang dapat memotret di kondisi kurang cahaya.

Sementara di bagian belakang, ada empat buah kamera dengan konfigurasi 13MP, 8MP super wide-angle, 2MP super bokeh, dan 2MP super macro. Fitur Super Night Camera juga dapat ditemukan pada kamera belakang.

Gambar yang diabadikan tampak natural namun tetap menawan dan tajam . Hasil jepretan itu pun sudah sangat layak untuk dipajang di media sosial. Kamera super wide-angle di ponsel ini mampu menangkap gambar hingga 108 derajat. 

Efek bokeh yang dihasilkan pada perangkat ini juga terlihat rapi dan tampak alami. Sementara kamera makro mampu menghasilkan potret jarak dekat yang baik dengan catatan cahaya cukup. Mode malam yang dibekalkan juga sudah cukup membantu di kondisi minim cahaya meski hasilnya tidak sebaik ketika cahaya memadai. 

Baterai Berkapasitas Besar

baterai vivo y50

Baterai Vivo Y50

Baterai besar juga menjadi andalan Vivo Y50 untuk menarik para pembeli. Dengan kapasitas 5.000 mAh sudah mampu digunakan untuk menunjang beragam aktivitas seharian. Ketika kehabisan daya pun, baterai dapat diisi hingga penuh hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam 30 menit.

Spesifikasi Vivo Y50

Tabel Spesifikasi Vivo Y50
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm) Octa core
Kecepatan CPU 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver
Storage 128GB
RAM 6GB/8GB
External Storage microSDXC
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,53 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2340 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 16 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 162.04 x 76.46 x 9.11 mm/td>
Berat 197 g

Harga Vivo Y50

Harga Vivo Y50 di pasaran berkisar dari Rp3 juta awal. Harga yang cukup ramah di kantong mengingat empat kamera dan RAM besar yang sudah disematkan.

Ponsel dengan RAM Besar

Harga yang ditawarkan Vivo sebanding dengan kemampuan yang dimiliki Y50. Dengan desain kekinian dan jeroan yang mumpuni, ponsel ini jelas bersaing di kelas Rp3 jutaan. Apalagi dengan RAM 8GB yang dibenamkan dan membuatnya menjadi salah satu ponsel murah dengan RAM besar.

Kombinasi dari spesifikasi ini membuatnya layak dipinang oleh para pecinta game yang butuh performa mumpuni dengan baterai awet. Para konten kreator juga bisa menjadikan perangkat ini sebagai alternatif untuk menunjang kreativitasnya.

Baca Juga: Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online